Jagalah Hepar, Jangan Kau Kotori

Setidaknya kita punya dua jenis organ hati dalam diri ini, ada yang bersifat ruhiyah dan ada yang berbentuk fisik. Keduanya sama vitalnya untuk menunjang keseharian hidup kita. Wajib untuk dijaga dan dimanjakan.

Berhubung lagi hangat belajar tentang sistem digestif di kuliah, saya cuma bakal membahas cara merawat si hati yang berwujud fisik saja. Hati yang disebut juga liver, dan dipanggil juga dengan sebutan hepar ini salah satu organ penting. Sedikitnya mencapai 500 fungsi yang diberikan hepar. Itu yang baru ditemukan, masih lebih dari itu tentunya saudara-saudara!

Jagalah Hepar
Foto: CATIE

Hepar merupakan pusat dari metabolisme seluruh tubuh, merupakan sumber energi tubuh sebanyak 20%. Ketika organ lain terganggu, secara otomatis hepar pun akan terganggu juga. Obat-obatan kimia yang ga terkendali dan zat toksik dari makanan yang dikonsumsi menjadi penyebab menurunnya fungsi hepar.

Berikut tips sehat yang saya kutip langsung tanpa pengeditan dari artikel berjudul Keeping Your Liver Healthy.

Healthy Liver Tips

  • Cek kesehatan rutin, termasuk tes fungsi hati.
  • Hindari atau batasi konsumsi alkohol dan obat-obatan rekreasional.
  • Hindari substansi toksik seperti pestisida, pelarut dan pengencer cat.
  • Melakukan diet sehat dan seimbang.
  • Olahraga teratur.
  • Minum air.
  • Jangan mengonsumsi obat di luar batas.
  • Berhati-hati ketika menggunakan beberapa macam obat, herbal, atau antara obat dan herbal secara bersamaan.
  • Informasikan tenaga kesehatan tentang segala macam obat, herbal, suplemen, dan terapi alternatif yang kita gunakan.
  • Dapatkan vaksinasi Hepatitis A dan B.

Intinya sih, mengatur pola hidup, pola tidur, dan pola makan merupakan jalan pencegahan utama dari datangnya penyakit, khususnya dalam mencegah penyakit di hepar.

Yang paling perlu disoroti sih dari pola makan kita, bahkan Rasulullah SAW pun mewanti-wanti dalam satu hadist, “Wahai Aisyah menahan diri adalah obat, perut adalah sarang penyakit, dan biasakan setiap anggota badan sesuai kemampuannya”. So, manjakan perutmu dengan makanan tepat!

Lain kali saya bakal bahas kiat merawat si hati yang bersifat ruhiyah. Doakan saja. Semoga ingat.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

31 Comments

  1. iya obat2an itu juga katanya bisa merusak hati juga ya. padahal saya dikit2 masuk angin ngambil obat warung…deuh.

  2. Kalau Hati yang sakit, ada obatnya, tapi kalau sakit hatiiiiiiiiiiiiiiiiiiii… dan yang sakit hati yg ruhiyah, obatnya susaaah….

  3. ah .. Eat a healthy, well-balanced diet and Get regular, moderate exercise … Those two hard to follow :mrgreen: … kalau yang lain sih InsyaAlloh saya selalu menjalankannya …

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *