Lirik dan Terjemahan Lagu Jalan Braga dari Hetty Koes Endang

Hetty Koes Madewy atau yang lebih dikenal dengan Hetty Koes Endang, lahir di Tasikmalaya, 6 Agustus 1957, adalah seorang aktris dan penyanyi Indonesia keturunan Sunda-Minangkabau.

Jalan Braga adalah salah satu judul lagu Hetty Koes Endang, yang terdapat dalam album pop Sunda Cinta (1988). Lagu yang memotret suasana Jalan Braga di Kota Bandung yang masih relevan sampai sekarang.

Lirik Lagu Sunda Jalan Braga

Jalan Braga jalan intelek
tidak boleh masuk keretek
beca, roda, bemo, honda
jalanna muter, ter datang ti kaler, har kaburu lieur

Jalan Braga mobil plat beureum
perhiasan emasna reunceum
tahan harga, jaga gengsi
meuli tarasi duh kukurilingan, har teu beubeunangan

Jalan Braga tempat shoping jalma gede
soal harga itu mah soal sepele
tontonan nu gratis, pamer mode nu gareulis
dulak dilak ucad aced, nu nenjokeun panas tiris

Jalan Braga tetep teu robah
teu galider tahan sajarah
gunta ganti henteu niru cara nu sejen
tuh jalan nu paten, hey jalan konsekwen

Jalan Braga heurin ka gigir
satengahna beak ku parkir
pareng macet, lalu lintas hese rek mundur
duh baeud nu ngatur, keun wayahna sabar

Jalan Braga jadi jalan kelas hiji
jadi catur pangimpian urang sisi
pusat perdagangan urat nadi Kota Kembang
pageuh kuat Jalan Braga ngarojong ka balarea

Jalan Braga tetep teu robah
teu galider tahan sajarah
gunta ganti heunteu niru cara nu sejen
tuh jalan nu paten hey jalan konsekwen

Jalan Braga heurin ka gigir
satengahna beak ku parkir
pareng macet lalu lintas hese rek mundur
duh baeud nu ngatur keun wayahna sabar

Jalan Braga jadi jalan kelas hiji
jadi catur pangimpian urang sisi
pusat perdagangan urat nadi Kota Kembang
pageuh kuat Jalan Braga ngarojong ka balarea

Terjemahan Indonesia

Jalan Braga jalan intelek
tidak boleh dimasuki delman
becak, roda, bemo, Honda
jalannya berputar, yang datang dari utara, dibikin pusing

Jalan Braga, mobil plat merah
perhiasan emasnya banyak
tahan harga, jaga gengsi
Beli terasi harus berputar-putar, tetap tak dapat

Jalan Braga tempat shoping orang-orang besar
soal harga itu sepele
tontonan yang gratis, pamer mode yang cantik
berlenggak-lenggok, yang melihat panas dingin

Jalan Braga tetap tidak berubah
tidak terguncang mempertahankan sejarah
berganti rupa tapi tidak seperti yang lain
inilah jalan yang paten, jalan konsekuen

Jalan Braga padat ke samping
setengahnya habis oleh parkir
ditambah macet, lalu lintas susah mau mundur
yang mengatur cemberut, sudah semestinya tetap sabar

Jalan Braga jadi jalan kelas satu
jadi impian orang-orang pinggiran
pusat perdagangan urat nadi Kota Kembang
teguh kuat Jalan Braga merangkul semua

Jalan Braga tetap tidak berubah
tidak terguncang mempertahankan sejarah
berganti rupa tapi tidak seperti yang lain
inilah jalan yang paten, jalan konsekuen

Jalan Braga padat ke samping
setengahnya habis oleh parkir
ditambah macet, lalu lintas susah mau mundur
yang mengatur cemberut, sudah semestinya tetap sabar

Jalan Braga jadi jalan kelas satu
jadi impian orang-orang pinggiran
pusat perdagangan urat nadi Kota Kembang
teguh kuat Jalan Braga merangkul semua
Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1772

15 Comments

  1. Lagu yang penuh nilai nih Kak. Bukan sekedar lirik, tapi bernilai sejarah. Berisi informasi jalan Braga dari waktu ke waktu. Baru tahu isinya dari terjemahan ini

  2. Jalan Braga ini emg instagramble bgt ya. Aku prnh ke sana, pdhl gayanya biasa, tp jd kece hasilnya hehe.

  3. lagu kenangannya mimi dan ayah ini. molly belom lahir nih pas jaman lagu ini hahaa

  4. Jadi ingat pengalaman tinggal di Bandung, beberapa kali memang sering nongkrong di Jalan Braga ini. Suasananya memang yahud!, Gak berlebihan kalau seorang Hetty Koes Endang kemudian mengabadikannya menjadi sebuah Lagu.

  5. Dah lama banget nggak ke Bandung. Sempet lewat ke Jl. Braga juga. Vibes Bandung itu khas ngangenin bgt sih. Dengerin lagu ini juga vibesnya kaya ada di sana wkwk. First time nih denger lagunya. Untung ada translatenya

  6. Jalan braga itu jalan yg terkenal di Bandung. Bener ngga ya? Pas ke bandung kayaknya pernah jalan2 di jalan braga. Ini yg jadi lokasi salah satu film preman pensiun bukan sih?

    • Iya salah satu tempat terkenal di Bandung. Kalau di Jogja semacam Malioboro, atau Kota Tua kalau di Jakarta.

      Pastinya pernah kalau jadi lokasi syuting Preman Pensiun mah.

  7. Orang Bandung mah pasti tau atuh jalan Braga, atmosfirnya emang beda sih begitu masuk Braga. tapi sayang menurut saya sekarang kurang tertata. paving blok mulai ada yang pecah dan banyak bar nya. kurang sesuai dengan citra braga

  8. Lihat foto di video, saya merasa enggak familiar akhirnya penasaran nyari di google siapa Hetty Koes Endang, muncul foto beliau yang terbaru. Oh ternyata saya kenal wajah dia yang sekarang.

    Rupanya beliau ada keturunan minangkabau juga.

  9. Kayaknya Lagu Jalan Braga ini aku sempat dengerin kemarin pas bapakku lagi santai santai di rumah. Ternyata punya nya Hetty Koes Endang.
    Lagi jaman dulu memang puitis dan sarat akan makna dan juga selalu ada kearifan lokalnya.. jujur aku baru pertama kali denger pas bapakku dengerin lagi ini juga dan tau artinya blog ini..

  10. Belum pernah bener bener jalan jalan di jalan Braga.karena berapa kali ke Bandung cuma lewat doang di sana.Ntar kalo ke Bandung lagi pengen jalan sambil menikmati suasana seperti pada lagu bunda Hetty

  11. Yang saya suka dari lagu jaman dulu,, syairnya itu natural tapi bermakna. Jadi ingat orang tua suka sama lagu lagu Hetty Koes Endang,

  12. Artis favorit mendiang mama daku ini Bunda Hetty.

    Daku kudu nanya sepupu yang ada di Bandung nih, Jalan Braga ada di mana, hehe. Soalnya waktu ke Bandung baru sampai Gedung Sate.

  13. wah sepertinya seru banget jalan braga ini, tempatnya pasti istimewa banget ini pengen ke bandung hehe semoga pandemi ini cepat selesai

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *