10 Jenis Website yang Bisa Dibangun dengan WordPress

Apakah kamu punya ide bagus buat bisnis online, tetapi tak yakin bagaimana memulainya? Menggunakan WordPress akan memastikan bahwa kamu dapat membangun hampir semua jenis website, dan kamu dapat melakukannya sendiri.

Jika kamu belum tahu apa sebenarnya WordPress, ini adalah platform Content Management System (CMS) tercanggih yang digunakan untuk membuat, menerbitkan, dan mengelola konten online. CMS adalah aplikasi open source dan didukung oleh komunitas pengembang terbesar, yang terus bekerja untuk meningkatkan source code WordPress.

Dengan WordPress, kamu tak memerlukan pengetahuan teknis untuk membangun situs web impian kamu. Yang kamu butuhkan hanyalah host web, dan sedikit waktu luang.

Kamu dapat membangun hampir semua jenis website. Dalam posting ini, saya akan membagikan beberapa informasi bermanfaat soal berbagai situs web yang dapat dibangun dengan WordPress.

1. Blog

girl smile laptop living room jenis website wordpress

Pada awalnya, WordPress banyak digunakan untuk pembuatan blog. Salah satu alasan utama untuk mulai mengembangkan WordPress adalah untuk membuat platform blogging yang luar biasa.

WordPress masih merupakan jenis website dasar dan paling banyak digunakan yang dibuat melalui sistem manajemen konten.

Saat ini, WordPress bekerja dalam skala yang jauh lebih besar, tetapi tetap menjadi platform blogging yang luar biasa, terutama dibandingkan dengan platform paling populer dari jenis itu, seperti Blogger, Joomla!, dan Tumblr.

Apa pun jenis blog yang ingin kamu mulai, baik pribadi atau profesional, WordPress memiliki lebih dari cukup fitur untuk memastikan kamu mendapatkan semua yang kamu butuhkan.

CMS jauh lebih canggih daripada saat dimulai. Ini mencakup banyak sekali tema dan plugin, yang akan membantu kamu menjaga SEO kamu, dan untuk memastikan kamu dapat mengembangkan blog unik kamu.

Saat membuat blog baru, ingatlah bahwa konten yang bagus sekalipun tidak akan dibaca jika headline buruk. Pastikan kamu meluangkan waktu dan menangkap ide kamu dengan sempurna. Pikirkan tentang apa yang orang ingin baca dan bagaimana kemungkinan besar mereka ingin itu disampaikan.

Sertakan gambar dan jenis media lainnya untuk membuat konten kamu kaya, dan gunakan judul untuk menkamui semua bagian artikel kamu. Gunakan plugin SEO seperti Yoast untuk membantu kamu menjaga semua posting kamu dengan benar.

Baca juga: Apakah Blog Masih Relevan? Ini Cara Menghasilkan Uang Secara Online Paling Efektif!

2. Portofolio

sony alpha 7 mark iii kamera full frame mirrorless

Kamu dapat menemukan banyak situs web Seniman, Fotografer, dan Desainer Web yang dibuat dengan WordPress. Jika kamu adalah orang yang memiliki portofolio dan perlu mempresentasikan karya kamu kepada dunia, kamu dapat melakukannya dengan bantuan tema yang memiliki bilah geser yang indah, serta galeri gambar yang menakjubkan.

Bagi sebagian besar desainer, berpikir kreatif itu mudah, tetapi bagian teknisnya sedikit membingungkan. Dalam hal ini, WordPress adalah solusi yang tepat. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kamu memulai dengan jenis website Portofolio kamu:

Jadikan etalase bukan bibliografi

Pilih karya terbaik kamu. Jangan perlakukan situs portofolio kamu sebagai unit penyimpanan. Pastikan orang melihat seberapa baik kamu saat kamu dalam kondisi terbaik dan jangan tunjukkan seberapa buruk kamu saat kamu kekurangan inspirasi.

Ketahui tujuan

Jika tujuan kamu adalah untuk meningkatkan peluang saat bekerja di genre atau industri tertentu, tunjukkan karya sebelumnya yang sesuai dengan demografi tertentu. Jika kamu tidak memiliki industri tertentu, tampilkan gaya kamu secara seimbang.

Buat identitas visual

Buat merek dan gunakan elemen visual yang menggambarkan gaya kamu. Dengan cara ini, portofolio kamu akan jauh lebih mudah dikenali, dan orang akan dapat dengan mudah melihat karya kamu kapan pun dan di mana pun mereka melihatnya. Di WordPress, gaya visual kamu akan dikontrol oleh sebuah tema, dan karenanya kamu harus memilihnya dengan hati-hati.

Atur konten

Atur portofolio desain kamu. Jadikan bersih dan mudah dijelajahi. Jika kamu ingin memiliki jenis website yang menarik yang akan membawa kamu menuju kemakmuran, buatlah sistem yang mudah dipahami, sekaligus komprehensif. Kegunaan sangat penting ketika kamu membuat situs web yang luar biasa.

WordPress dapat membuatnya lebih mudah untuk membuat portofolio online kamu yang luar biasa.

3. Website Bisnis

girl working on laptop

Karena beragamnya tema yang ditawarkan WordPress, ini digunakan oleh banyak merek global dan regional besar di seluruh dunia.

Untuk bisnis, tepat dengan presentasi produk dan memiliki alat yang tepat untuk melakukan itu sangat penting. WordPress membuat proses menyertakan gambar dan video menjadi cepat dan mudah, sekaligus menawarkan banyak ekstensi untuk membantu membuat situs web kamu lebih mudah diakses.

Beberapa perusahaan terkemuka di industri seperti Mercedes-Benz dan Sony Music mengandalkan WordPress untuk memberdayakan situs web mereka.

Saat membuat jenis website bisnis, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah membuat bagian Frequently Asked Questions (FAQ) yang berkualitas. Pastikan bagian tersebut mudah ditemukan dan coba cakup sebanyak mungkin informasi tentang produk kamu.

Selain itu, pengunjung kamu perlu mengetahui tentang bisnis kamu, segera setelah mereka memasuki wilayahnya. Itu sebabnya kamu perlu menyatakan visi dan tujuan perusahaan kamu. Berikut adalah beberapa hal penting yang harus diikuti untuk jenis website bisnis kamu:

Sertakan Call to Action (CTA)

Dengan cara ini, kamu akan memaksa pengunjung untuk berlangganan buletin kamu, membayar layanan kamu, atau membeli produk kamu.

Memiliki konten yang kuat

Itulah yang akan membuat kamu memenangkan persaingan. Buat konten yang bermanfaat dalam bentuk artikel, tutorial, dan bahkan cerita yang lebih pribadi dan menarik. Orang-orang menyukai ketika mereka dapat berhubungan dengan sesuatu, dan itu dapat membuat kamu lebih disukai, oleh karena itu tingkatkan tingkat konversi kamu.

Jangan berlebihan

Membesar-besarkan dengan terlalu banyak superlatif atau paragraf teks yang besar dapat membuat calon pelanggan menjauh. Pastikan kamu menjaga hal-hal yang tepat, mengatakan jumlah yang tepat.

Terhubung dengan pelanggan

Saat menulis tentang produk atau layanan kamu, pastikan kamu menekankan manfaat yang akan diperoleh pelanggan dari hal itu. Jangan hanya menjelaskan betapa hebatnya produk kamu, dan berapa banyak waktu dan upaya yang kamu lakukan untuk pekerjaan kamu. Orang ingin memastikan bahwa uang mereka dibelanjakan dengan baik.

4. E-Commerce

young girl money laptop

WordPress dengan cepat menjadi solusi masuk untuk bisnis yang baru mengenal eCommerce karena kemudahan penggunaannya. Ekstensi dapat menangani pembayaran, inventaris, pajak penjualan, dan pengiriman. Sebagian besar pemilik toko online menggunakan WooCommerce, yang dibuat untuk WordPress.

Selain itu, ada ekstensi seperti plugin Ultimate WordPress Auction yang memungkinkan kamu mengatur bahkan situs lelang di WordPress.

Arsitektur plugin yang kuat yang dimiliki WordPress memungkinkan semua orang untuk mengubah jenis website atau blog WordPress biasa mereka menjadi toko online yang lengkap.

Selain WooCommerce, ada banyak sekali plugin gratis dan premium yang tersedia yang akan membantu kamu saat memulai toko online. Untuk beberapa nama: Unduhan Digital Mudah, WP eCommerce, JigShop, dan MarketPress adalah semua plugin eCommerce yang hebat.

Mampu memberikan pengalaman eCommerce yang stabil membuktikan sekali lagi bahwa WordPress jauh lebih dari sebelumnya pada awal pengembangannya. Platform terus berkembang dengan setiap rilis baru, menghadirkan lebih banyak fitur ke meja.

5. Portal Berita

WordPress memberdayakan beberapa situs web berita utama, seperti majalah People, New Yorker, dan Vogue. Tentu masih ada banyak, tapi ini seharusnya cukup untuk meyakinkan kamu bahwa WordPress adalah pilihan yang bagus saat membuat jenis website berita, tetapi mari kita lanjutkan.

Dengan tema khusus, kamu akan memiliki kesempatan untuk menarik pasar target kamu dengan cara terbaik, sambil memastikan tampilan khas kamu.

Dapat dimengerti mengapa banyak sumber berita online memilih WordPress, yang menawarkan:

  • Alat bagian komentar yang dapat disesuaikan;
  • Opsi pembayaran yang aman;
  • Ekstensi yang memungkinkan pembatasan konten;
  • Memasukkan foto dan video untuk membuat cerita menjadi hidup.

Pertimbangkan untuk menggunakan Largo – kerangka tema WordPress yang responsif. Ini dirancang khusus untuk penerbit berita. Kerangka kerjanya dibuat dengan halus dan diasah secara ahli agar sesuai dengan kebutuhan siapa pun yang mengelola situs web berita.

6. Wiki

Membuat situs Wiki kamu sendiri mungkin terasa sulit, dan sejujurnya, pasti akan menghabiskan banyak waktu kamu. Selain itu, kamu perlu melakukan banyak penelitian untuk melakukan hal yang benar. Sekali lagi, WordPress ada di sini untuk membantu membangun situs wiki yang bagus untuk kamu dan basis pengetahuan khusus yang kamu pilih untuk itu.

Setelah kamu memahami apa yang diperlukan untuk membuat wiki berhasil, kamu perlu tahu harus mulai dari mana setelah jenis website ini dibuat. Pertimbangkan untuk melakukan penelitian kamu sendiri dan lebih luas dengan membaca halaman Bantuan Wikipedia, yang menyeluruh dan pasti akan membantu kamu memahami apa yang penting. Inilah yang perlu kamu lakukan:

Riset

Pertama dan terpenting – lakukan riset kamu. Sebelum membuat konten apa pun, pelajari tentang situs Wiki dan kerja komunitas.

Pilih plugin atau tema wiki

Secara default, WordPress tidak diatur untuk berfungsi dengan baik sebagai wiki. Namun, hal itu dapat diperbaiki dengan cepat menggunakan tema wiki atau plugin.

Untuk tema, pertimbangkan untuk menggunakan MyWiki, dan jika kamu menginginkan plugin Wiki yang bagus, kamu dapat menggunakan BuddyPress Docs, Wiki Lite, Pencil Wiki, Encyclopedia Lite, atau Yada Wiki.

Susun struktur organisasi yang jelas

Sebagian besar wiki menyertakan banyak konten, dan itulah mengapa kamu harus menetapkan struktur organisasi yang jelas sejak awal. Jika kamu membiarkan pengguna mencoba mengatur konten saat mereka mengunggahnya, kemungkinan besar kamu akan mendapatkan konten yang membingungkan dan tidak konsisten.

Buat dan posting aturan untuk komunitas kamu. Bukan ide yang buruk untuk memikirkan tentang bagaimana pengguna akan menggunakan Wiki kamu. Yang terbaik adalah memulai dengan hanya beberapa pengguna yang disetujui karena dengan cara ini, kamu tidak perlu terlalu khawatir tentang SEO dan User Experience (UX).

7. Lowongan Kerja

Saat ingin memulai bisnis online kamu, situs direktori pekerjaan bisa menjadi sumber pendapatan yang sebenarnya. Selalu ada orang yang mencari pekerjaan baru. Beberapa ingin mengubah karir, yang lain hanya membutuhkan posisi pembayaran yang lebih baik, atau mungkin hanya untuk masuk ke bidang baru.

Jadi, jika kamu membuat jenis website yang mencantumkan posisi pekerjaan yang tersedia di area tertentu, kamu akan membantu orang menemukan apa yang mereka cari, sekaligus menciptakan aliran pendapatan pasif untuk kamu sendiri.

Ada beberapa fitur penting yang dibutuhkan setiap situs direktori pekerjaan. Pertimbangkan fitur-fitur tersebut saat memilih tema papan pekerjaan yang tepat untuk situs web kamu.

Pengajuan di front-end

Ini memudahkan pelamar kerja dan pemilik bisnis untuk melamar pekerjaan atau mengirimkan daftar mereka langsung di beranda.

Ini menghemat waktu orang dan membuat seluruh proses jauh lebih cepat. Siapa pun yang ingin mengirimkan daftar atau melamar pekerjaan memiliki pengalaman pengguna yang lebih baik.

Area profil pengguna

Tema yang bagus juga akan memberi kamu area profil untuk pemilik bisnis dan pelamar kerja. Itu akan memungkinkan pemilik bisnis untuk melacak cantuman mereka dengan mudah, serta untuk melihat kapan cantuman tersebut dikirimkan dan kapan cantuman tersebut perlu diperbarui. Selain itu, pelamar kerja akan dapat dengan mudah memperbarui profil mereka, mengunggah resume, dan melacak status lamaran mereka.

Opsi pencarian dan pemfilteran

Memberi pengguna kemampuan untuk mencari pekerjaan dan memfilter melalui kategori akan membantu orang dan menghemat banyak waktu, yang, sekali lagi, menghasilkan pengalaman pengguna yang lebih baik. Dengan begitu, tidak perlu melihat hasilnya satu per satu untuk mengetahui apakah suatu pekerjaan cocok dengan keahlian mereka.

Desain responsif

Pastikan kamu memilih tema WordPress dengan desain responsif, terutama karena saat ini mayoritas pengguna lebih suka menjelajahi Internet di perangkat seluler mereka. Desain responsif meminimalkan kemungkinan seseorang menjadi frustrasi karena pengalaman buruk mereka dengan jenis website ini.

Opsi penyesuaian

Cari tema WordPress dengan banyak opsi penyesuaian. Dengan cara ini, kamu akan dapat menggabungkan merek kamu dan membangun situs papan kerja yang dapat dikenali.

Sebagian besar papan pekerjaan bukan sekadar daftar pekerjaan dan indeks pencarian. Termasuk ulasan perusahaan dan gaji rata-rata selalu merupakan ide bagus. Jika kamu melakukan upaya ekstra, kamu juga dapat menambahkan blog untuk membantu meningkatkan SEO kamu.

8. Podcast

Podcaster terbaik menjalankan situs web mereka sendiri. Jika kamu bercita-cita menjadi salah satunya, kamu dapat menggunakan WordPress sebagai platform. Saat ini, podcast sedang tren, untuk sedikitnya, dan jumlahnya sangat banyak.

Podcast adalah untuk memberi orang informasi yang mereka minati, dan kamu dapat memilih subjek apa pun yang kamu inginkan. Podcasting PowerPress adalah salah satu plugin terbaik untuk membantu kamu dalam membuat situs podcasting yang sempurna untuk kamu. Inilah yang dapat dilakukan plugin untuk kamu:

  • Memungkinkan kamu mengelola episode podcast kamu;
  • Mendukung iTunes dan Google Play Musik;
  • Memungkinkan kamu mengirimkan episode podcast ke Direktori iTunes langsung dari dasbor plugin kamu;
  • Memungkinkan kamu menawarkan opsi berlangganan ke semua pendengar kamu;
  • Dapat mendukung banyak podcast di satu situs;
  • Tersedia dalam berbagai bahasa.

Gagasan menyusun situs web podcast, atau jenis website lainnya, di WordPress dari awal mungkin mengintimidasi, tetapi kenyataannya, prosesnya cukup mudah.

Ingatlah untuk membuatnya tetap sederhana pada awalnya. Undang tamu yang menarik dan biarkan podcast kamu berfungsi dengan sendirinya.

9. Website Pemerintah

Jenis website bisnis jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan situs web di seluruh negara. Karena pemerintah dan departemen juga membutuhkan perwakilan, mereka juga perlu menggunakan aplikasi untuk itu, dan aplikasi ini seringkali adalah WordPress. Swedia, misalnya, adalah salah satu negara yang memilih WordPress untuk website resminya.

Desain yang bagus berarti lebih dari sekadar terlihat cantik. Ini juga tentang kegunaan dan kredibilitas yang lebih baik. Pertimbangkan untuk mempekerjakan seorang desainer profesional (jika kamu bukan salah satunya).

Selain itu, kamu harus menghabiskan beberapa sumber daya untuk foto-foto berkualitas, tetapi jangan lupa menelusuri beberapa jenis website pemerintah yang mapan sebelum kamu memulai apa pun.

Saat membuat spanduk, misalnya, kamu tidak perlu mengisinya dengan informasi. Itu bisa membuat situs kamu terlihat berantakan, yang tidak menarik atau ramah pengguna. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan rotator gambar dan membuatnya familiar bagi pengunjung situs.

Sebaiknya, warna ini menjadi salah satu warna bendera nasional negara tersebut. Gunakan warna itu dan nuansa yang berbeda karena kamu tidak ingin situs web pemerintah yang serius menjadi terlalu “segar”.

Sertakan sesuatu yang menarik. Setiap negara memiliki sesuatu yang mereka terkenal. Sertakan itu di situs web kamu. Orang suka mempelajari fakta-fakta yang menarik (menyenangkan).

10. Situs Amal

Jenis website yang bagus tidak perlu biaya mahal. Platform modern seperti WordPress dapat membantu siapa saja, dan itu tidak mengecualikan orang yang ingin membuat jenis website amal.

Jika kamu memutuskan untuk menyewa agensi atau pekerja lepas untuk membantu kamu saat membuat situs web amal kamu sendiri, berikut adalah beberapa tip yang dapat kamu ikuti:

Membuat rencana

Membuat strategi konten yang jelas membutuhkan pemikiran yang cermat, tetapi tidak harus memakan waktu terlalu lama. Meskipun terasa sedikit mengintimidasi, jangan lewatkan langkah ini, karena ini akan menghemat banyak waktu dan membuat segalanya lebih mudah dalam jangka panjang.

Draf konten

Buat konten untuk memandu semua orang untuk mengambil tindakan. Jangan terlalu rumit, dan ingatlah bahwa kamu selalu dapat menambahkan lebih banyak konten di masa mendatang. Ceritakan kisah untuk membantu orang merasa lebih dekat dengan gerakan yang kamu dukung.

Pilih gambar yang bagus

Sebaiknya gunakan gambar kamu sendiri jika memungkinkan, tetapi jika tidak, luangkan waktu untuk menemukannya. Ada banyak tempat kamu dapat menemukan gambar gratis yang tersedia untuk digunakan kembali (termasuk pencarian gambar Google).

Rencanakan penggalangan dana secara online

Semua amal membutuhkan dana. Itulah mengapa bukanlah ide yang buruk untuk menyiapkan beberapa situs web donasi online untuk bekerja dengan situs web amal kamu. Saat ini, media sosial seperti Facebook juga sangat membantu untuk menyebarkan berita, terutama tentang amal.

Orang-orang telah terbukti baik berkali-kali. Jenis website amal ini adalah bagian dari bukti itu, dan ada ribuan badan amal yang sedang berlangsung, serta yang baru dimulai setiap hari.


Kesimpulannya, WordPress dapat digunakan lebih dari sekadar blogging!

Ini sangat mudah beradaptasi, dan ide-ide itu tidak eksklusif satu sama lain. Seorang seniman dapat mengatur portofolio, manajer pemesanan dapat membuat situs untuk acara, dan situs lowongan kerja dapat memberikan peluang bagi orang-orang setiap hari.

Jika mau, jangan ragu untuk menambahkan lebih banyak saran untuk jenis website yang dapat dibangun dengan WordPress. Saya hanya menyebutkan beberapa. Terus terang, WordPress bisa melakukan semuanya.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *