10 JRPG Nintendo Switch Terbaik

Nintendo Switch telah berubah menjadi mesin JRPG andalan, dengan koleksi beragam judul terbaik, baik dari yang lama dan yang baru. Hal yang menarik dari Nintendo Switch untuk penggemar JRPG adalah portabilitas konsolnya yang ringkas.

Banyak JRPG akan menghabiskan lebih dari 40 jam waktu kita, dan itu mungkin untuk menyelesaikan cerita saja, belum untuk menyelesaikan ratusan side quest yang bakal kita temui di sepanjang jalan. Oleh sebab itu, Nintendo Switch adalah pilihan tepat.

jrpg nintendo switch
Foto: Sara Kurfeß / Unsplash.

Jika kita tidak yakin harus mulai dari mana dengan game yang padat dan panjang ini, berikut adalah daftar pilihan JRPG Nintendo Switch terbaik.

1. Fire Emblem: Three Houses

DeveloperIntelligent Systems, Koei Tecmo
Rilis2019

Peringkat: 4 dari 5.

Dari segi mekanisme pertarungan, Fire Emblem: Three Houses berfokus pada taktik berbasis giliran. Pertarungan ini sangat indah, dengan pergeseran perspektif dari atas ke bawah menjadi dari dekat saat animasi pertempuran terjadi.

Di luar pertempuran ini, kita akan memimpin sebuah rumah pelatihan murid sekolah di sebuah biara dan memiliki tugas yang berbeda setiap hari yang melibatkan berbagai karakter dan masalah di dalam JRPG Nintendo Switch ini.

2. Dragon Quest XI

DeveloperSquare Enix, Toylogic, Armor Project, ORCA
Rilis2017

Peringkat: 4 dari 5.

Saya pikir Dragon Quest XI adalah pengalaman JRPG terbaik yang dapat kita miliki di Nintendo Switch. Game ini sangat besar, penuh dengan karakter dan tempat yang dinamis.

Itu juga benar-benar menawan, penuh dengan kepribadian bahkan dari NPC selewatan. Ini memiliki pemeran karakter yang bersemangat, masing-masing dengan perjuangan mereka sendiri. Ceritanya mengambil liku-liku tak terduga yang menumbangkan ekspektasi pemain.

Pada saat yang sama, kota-kota dirancang dengan rumit untuk menciptakan jaring rahasia labirin. Game ini adalah JRPG Nintendo Switch yang sempurna dan tempat yang bagus untuk memulai jika kita belum pernah memainkannya.

3. Xenoblade Chronicles

DeveloperMonolith Soft, Nintendo
Rilis2010 (Wii)

Peringkat: 4 dari 5.

Rilis Definitive Edition memunculkan kembali versi terbaik dari game ini. Dunia Bionis tidak pernah terlihat semeriah sekarang. Musik yang disusun ulang masih luar biasa. Tak ada alasan bagi penggemar JRPG untuk tidak memainkan Xenoblade Chronicles.

Latarnya indah dan luas, musiknya indah dan kuat, dan ceritanya klasik dalam segala hal. Pemeran karakternya beragam dan sarat dengan kepribadian menyenangkan yang memiliki banyak kedalaman. Bahkan side quest dalam JRPG Nintendo Switch begitu menarik untuk diselesaikan.

Ngomong-ngomong, sekuelnya juga sangat bagus, dan harus dimainkan juga. DLC untuk Xenoblade Chronicles 2, Torna – The Golden Country, juga benar-benar luar biasa. Seri JRPG ini adalah salah satu yang terbaik, dan harus dimainkan oleh setiap pemilik Nintendo Switch.

4. Final Fantasy X

DeveloperSquare, Virtuos
Rilis2001 (Playstation 2)

Peringkat: 4 dari 5.

Kita bisa mendapatkan berbagai judul-judul lama Final Fantasy yang sudah di-remaster. Apakah itu Final Fantasy VII, VIII, XI, X, X-2, XII, setiap salah satu dari game ini adalah Final Fantasy favorit seseorang. Jadi jika belum pernah memainkannya, pilih saja secara acak. Final Fantasy favorit saya antara VI dan IX, yang sekarang sudah bisa dimainkan lewat HP.

Lalu kenapa saya merekomendasikan Final Fantasy X? Bayangkan ini adalah game PlayStation 2 yang dulu rilis tahun 2000, tapi masih terlihat seperti game baru, apalagi dengan remaster.

Petualangan Tidus dan Yuna begitu seru untuk diikuti, sekaligus kisah cinta yang memikat. Final Fantasy X membawa nuansa Final Fantasy klasik, yang membuat kenapa franchise ini begitu dicintai.

5. Octopath Traveler

DeveloperSquare Enix
Rilis2018

Peringkat: 4 dari 5.

Octopath Traveler terinspirasi JRPG retro, yang memunculkan nostalgia bagi fans veteran.

Octopath Traveler, dari studio pengembangan di balik Bravely Default, mengambil inspirasi dari judul-judul klasik Square. Kali ini, Octopath mengambil inspirasi dari seri game SaGa. Judul-judul ini menampilkan sejumlah protagonis yang dapat dimainkan di dunia yang saling berhubungan yang tidak sepenuhnya linier.

Visualnya penuh gaya dan mengesankan, musiknya luar biasa, gaya fokus lembut kotak mainannya yang cantik, mekanisme pertarungan yang ketat, dan cerita memikat dari 8 petualang semuanya bersatu untuk menciptakan perpaduan sempurna antara getaran JRPG retro dan perubahan modern.

Octopath Traveler begitu indah, luas, dan panjang; persis seperti yang kita inginkan dari JRPG.

6. Tokyo Mirage Sessions #Fe Encore

DeveloperIntelligent Systems, Atlus
Rilis2015

Peringkat: 4 dari 5.

Tokyo Mirage memadukan seri Shin Megami Tensei dan Fire Emblem menjadi sebuah anime kejar-kejaran di Tokyo yang penuh setan, dengan sistem pertempuran yang unik dan karakter yang luar biasa.

Siapa pun yang menunggu Persona hadir ke Switch, ini mungkin yang bisa kita dapatkan untuk saat ini. Game ini jarang dibahas karena tersembunyi di konsol Wii U. Saya sangat menyarankan agar semua orang memainkan JRPG Nintendo Switch ini.

7. Valkyria Chronicles

DeveloperSega
Rilis2008 (Playstation 3)

Peringkat: 4 dari 5.

Sementara Valkyria Chronicles 4 mungkin lebih mudah untuk dimasuki, yang asli jelas merupakan permainan yang lebih baik.

Serial itu sendiri tidak seperti yang lain dalam daftar ini, menggabungkan elemen tembak-tembakan dengan gerakan taktis berbasis giliran pada peta terbuka, yang bukan berbasis grid. Benar-benar sesuatu, dan cerita yang luas disajikan dengan indah dalam JRPG Nintendo Switch ini.

8. Legend of Heroes: Trails of Cold Steel III

DeveloperNihon Falcom
Rilis2017

Peringkat: 4 dari 5.

Dalam hal franchise RPG yang sudah berjalan lama, seri Legend of Heroes dari Falcom berdiri sebagai salah satu yang tertua. Seri ini telah bertahan dan meningkat pesat dengan setiap entri baru. Seperti judulnya, Trails of Cold Steel III adalah yang ketiga dalam saga Erebonia.

Saya akan selalu merekomendasikan untuk memainkan seri ini secara berurutan dari awal, dimulai dari Trails in the Sky.

Trails of Cold Steel III memberikan semua yang diinginkan penggemar. Side quest menarik, pertarungan berbasis giliran yang memikat, dan ceritanya begitu JRPG. Meski port untuk Switch memiliki beberapa masalah, bisa memainkan Trails of Cold Steel secara portabel begitu sepadan dengan kinerja yang dicapai.

Baca juga: Panduan Lengkap Memainkan Serial JRPG Trails/Kiseki

9. Atelier Ryza: Ever Darkness & The Secret Hideous

DeveloperKoei Tecmo
Rilis2019

Peringkat: 4 dari 5.

Seri Atelier adalah franchise lama lainnya yang baru-baru ini makin ngehits. Atelier Ryza kemungkinan adalah judul pertama bagi banyak orang yang masuk ke seri ini.

Banyak yang menyoal Atelier Ryza ini cuma menjual desain karakter fanservice doang, padahal memang itulah salah satu elemen penting seri Atelier. Berbeda dari JRPG lain yang berfokus pada protagonis penyelamat dunia, Atelier justru menawarkan seorang cewek imut yang berprofesi sebagai alchemist.

Baca juga: Atelier: Serial JRPG dengan Protagonis Cewek Kawaii

Gameplay Atelier Ryza sangat membuat ketagihan. Menjelajahi dungeon untuk membuat item untuk menjelajahi lebih banyak dungeon begitu memikat. Musiknya juga bagus. Atelier Ryza sangat menyenangkan untuk dimainkan.

10. Ni no Kuni: Wrath of the White Witch

DeveloperLevel-5, QLOC, Bandai Namco
Rilis2011 (Nintendo DS)

Peringkat: 4 dari 5.

Dunia, cerita, dan gaya yang memang terinspirasi oleh Ghibli semuanya indah dan menggugah. Ini adalah game yang terasa penuh petualangan dan besar. Ceritanya memang agak sederhana, tetapi masih sangat menghangatkan hati dan layak untuk diikuti sampai akhir.

Ada banyak hal yang membuat Ni no Kuni: Wrath of the White Witch layak masuk jajaran JRPG Nintendo Switch pilihan.


Nah itu tadi beragam rekomendasi JRPG Nintendo Switch.

Agar tak ketinggalan tulisan terbaru dan menarik dari Kearipan, bisa ikuti di Google News.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1773

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *