12 JRPG PS3 Terbaik, Grinding Terus Buat Healing

Saat PlayStation 5 dan Xbox Series X/S perlahan-lahan mengumpulkan koleksi game, akan ada periode ketika tak ada yang baru untuk dimainkan di konsol ini, terutama soal genre tertentu. Untungnya, selalu ada opsi untuk mengunjungi kembali generasi lama dan mengalami judul yang awalnya terlewatkan.

Meski daftar JRPG PS3 bisa dibilang tak sekuat dua pendahulunya, sistem Sony masih menghasilkan banyak permainan menyenangkan yang harus memuaskan pendatang baru dan veteran genre.

PlayStation 3 masih menjadi rumah bagi beberapa judul brilian. Seiring dengan kembalinya waralaba seperti Final Fantasy dan Tales, era ini melihat perilisan banyak game yang berusaha memadukan yang akrab dengan sesuatu yang sedikit lebih tidak biasa.

Nah, berikut beberapa judul JRPG PS3 terbaik yang bisa kamu mainkan:

1. Nier

Nier jrpg ps3

Yoko Taro yang melahirkan JRPG aneh berjudul Nier, sebuah spin-off yang akan dibayangi oleh sekuelnya, Nier: Automata.

Kisah Nier memikat pemain ke dalam rasa aman palsu melalui tindakan pertama yang tidak menyimpan terlalu banyak kejutan sebelum permainan mengungkapkan dirinya lebih dari tipikal JRPG.

Menguatkan pemeran fantastis dari karakter cacat yang terasa nyata terlepas dari kegilaan gelap yang meresapi keseluruhan cerita, Nier adalah JRPG PS3 terbaik yang layak dimainkan, baik untuk pertarungan dan visualnya.

2. Final Fantasy XIII

Final Fantasy XIII jrpg ps3 terbaik

JRPG PS3 tidak menghadirkan yang terbaik dalam franchise legendaris Square Enix, menghasilkan trilogi game yang membuat penggemar terpolarisasi.

Meski sekuelnya meningkat di area tertentu, Final Fantasy XIII masih merupakan petualangan paling lengkap dalam rangkaian petualangan Lightning.

Dengan sistem pertarungan yang tak langsung memuaskan dan level linier yang membutuhkan waktu terlalu lama untuk menerapkan kebebasan pemain, kesuksesan Final Fantasy XIII bergantung pada pembangunan dunia dan karakternya.

Seperti Final Fantasy lainnya, kedua elemen tersebut cenderung disukai atau dibenci.

3. Tales of Xillia

Tales of Xillia jrpg ps3

Penawaran terbaik dari franchise Tales di PS3 adalah Tales of Vesperia. Meski begitu, Tales of Vesperia awalnya game untuk XBOX 360 yang kemudian dibuat port buat PlayStation 3.

Jadi, yang masuk daftar JRPG PS3 terbaik adalah Tales of Xillia, yang tak kalah menarik.

Pertarungan Tales of Graces f sangat dihargai di kalangan penggemar, tetapi Dual Raid Linear Motion Battle System Xillia hampir sama fantastisnya.

Sistem ini juga hadir dengan manfaat tambahan menampilkan pemeran yang benar-benar disukai dan alur cerita yang menjelajah ke beberapa tempat yang cukup aneh. Sistem perkembangan memungkinkan tingkat kontrol pemain, sementara percakapan karakter secara konsisten begitu menghibur.

4. Valkyria Chronicles

Valkyria Chronicles jrpg ps3

Selain menjadi JRPG yang paling kurang dihargai pada saat itu di konsol Sony, Valkyria Chronicles adalah JRPG PS3 terbaik dan sebuah mahakarya.

Mengambil tempat dalam realitas alternatif berdasarkan tahun 1930-an, Valkyria Chronicles menceritakan kisah coming of age yang menggambarkan biaya yang harus ditanggung manusia akibat perang.

Sementara konflik antara dua negara adidaya fiksi, seluruh permainan terasa membumi di dunia nyata. Grafik cel-shaded juga menakjubkan.

5. Persona 5

persona 5 jrpg ps3

Meski Persona 5 terutama terkait dengan PlayStation 4, Atlus juga menerbitkan JRPG di PlayStation 3. Anehnya, perbedaan antara kedua versi relatif minimal, hanya dari segi resolusi.

Pertarungan berbasis giliran Persona 5 seperti halnya serial Persona terdahulu, tetapi mendapat manfaat dari presentasi bombastis dan bergaya.

Persona 5 adalah simulator sosial yang jauh lebih baik daripada JRPG tradisional, tetapi kedua elemen tersebut digabungkan dengan relatif baik untuk menciptakan paket keseluruhan yang benar-benar menyenangkan.

6. Ni No Kuni: Wrath Of The White Witch

Ni No Kuni: Wrath Of The White Witch

Ni no Kuni: Wrath of the White Witch menyatukan talenta Level-5, sebuah studio yang dikenal memproduksi JRPG yang menawan, dengan raksasa animasi Studio Ghibli. Hasil akhirnya? Sebuah mahakarya visual dan naratif! Jenis permainan yang muncul satu generasi sekali.

Wrath of the White Witch mungkin mengambil inspirasi dari beberapa game lain, termasuk sistem penangkapan monster yang mirip dengan Pokemon, tetapi produk akhirnya benar-benar unik.

Satu-satunya negatif adalah bahwa cerita dan sistem pertarungan dirancang agar cocok untuk pemain dari segala usia. Untungnya, itu tidak mengurangi dampak dari ketukan emosional narasi atau kesesuaian gameplay.

7. The Legend Of Heroes: Trails Of Cold Steel I & II

The Legend Of Heroes: Trails Of Cold Steel I & II

Trails of Cold Steel menggabungkan epik Final Fantasy, komponen sosial dari Persona, dan penceritaan dewasa dari Lost Odyssey.

Sekuelnya sedikit lebih baik karena tidak terlalu banyak memutar narasi di sekitar hub pusat; yang mengatakan, versi asli 2013 harus dianggap sebagai permainan yang harus dimainkan oleh siapa pun yang menyukai genre ini.

Pertarungan berbasis giliran menyentuh jalan tengah yang sempurna antara keakraban dan inovasi, dengan yang terakhir sebagian besar datang melalui sistem tautan yang menyenangkan yang menyuntikkan elemen strategi ke pertempuran.

Menyelesaikan kedua judul game ini mungkin membutuhkan sekitar 120 jam, tetapi setiap menit dihabiskan dengan baik.

Baca juga: Urutan Main Serial JRPG Kiseki (Trails)

8. Atelier Escha & Logy: Alchemists of the Dusk Sky

Atelier Escha & Logy: Alchemists of the Dusk Sky

PS3 menyambut tujuh game Atelier yang berbeda, yang semuanya dapat dimainkan sampai batas tertentu.

Trilogi Arland dan Dusk keduanya memuncak dengan entri kedua mereka, masing-masing Atelier Totori dan Atelier Escha & Logy. Dari keduanya, batas waktu yang lebih lama, gameplay yang disempurnakan, dan sistem sintesis yang hebat menjadikannya titik masuk yang lebih baik ke dalam seri.

Tidak seperti kebanyakan JRPG, seri Atelier tidak pernah memprioritaskan ceritanya, memilih sepotong nada kehidupan yang lebih sesuai dengan waralaba yang berputar di sekitar alkemis.

Baca juga: Urutan Main Serial Atelier

9. Disgaea D2: A Brighter Darkness

Disgaea D2: A Brighter Darkness

Sebagai sekuel langsung dari Disgaea: Hour of Darkness tahun 2003, A Brighter Darkness mewakili segala sesuatu yang hebat tentang waralaba JRPG strategi.

Tidak mengherankan, humor didorong ke permukaan tetapi lelucon tidak pernah mengorbankan karakter atau cerita, yang keduanya cukup menarik untuk membenarkan permainan.

Aspek gimnya adalah yang terbaik dan memperkenalkan beberapa komponen menarik, termasuk kemampuan untuk menumpuk monster di atas satu sama lain dan Toko Cheat yang memungkinkan pemain untuk memutuskan apakah akan memprioritaskan perolehan pengalaman atau atribut lainnya.

Disgaea 5 akan meningkat D2 di hampir semua hal, tetapi A Brighter Darkness masih cukup bagus.

10. Resonance of Fate

Resonance of Fate

Berfokus pada senjata dan berlatarkan dunia futuristik pasca-apokaliptik, Resonance of Fate adalah JRPG PS3 terbaik yang bisa kamu harapkan.

Meski masih berbasis giliran, sistem pertarungannya memadukan elemen pertarungan waktu nyata untuk menciptakan pengalaman yang lebih dinamis, meskipun dilengkapi dengan kurva pembelajaran yang curam.

Pertarungan tidak akan terjadi untuk semua orang, tetapi latar dan narasi Resonance of Fate, yang berpusat di sekitar sekelompok pemburu yang bersedia menerima hampir semua jenis misi, lebih dari sekadar menebus rasa sakit gameplay yang semakin meningkat.

11. Eternal Sonata

Eternal Sonata jrpg ps3

Setting Eternal Sonata adalah fitur yang paling unik, karena JRPG terjadi di dunia mimpi Chopin. Dengan demikian, musik memainkan peran penting sepanjang petualangan yang relatif singkat ini.

Eternal Sonata menawarkan dua belas karakter yang dapat dimainkan. Sayangnya, meski settingnya menarik, cerita sebenarnya hanya mengulang kiasan genre.

Sistem pertarungan Eternal Sonata memadukan pertarungan tradisional berbasis giliran dengan aksi nyata, karena karakter dapat diposisikan secara strategis di medan perang untuk mendapatkan keuntungan taktis atas musuh.

12. Star Ocean: The Last Hope

Star Ocean: The Last Hope

Star Ocean: The Last Hope menyempurnakan sistem pertarungan real-time pendahulunya dengan menambahkan beberapa fitur baru yang patut diperhatikan, terutama “Blindside” yang secara efektif bertindak sebagai mekanik menghindar yang keren.

Secara visual, The Last Hope terlihat layak untuk saat itu dan menawarkan beberapa medan yang mengesankan. Selain itu, bos umumnya mendebarkan dan seringkali cukup menantang.

Sementara gameplay dari JRPG PS3 ini brilian, The Last Hope dirusak dengan akting suara di bawah rata-rata, karakter yang menyebalkan, dan alur cerita yang mudah terlupakan.

Cobalah untuk pertarungan yang menarik, yang lainnya bisa ditoleransi.


Beragam JRPG PS3 terbaik sekarang bisa dimainkan di beragam platform lain karena dari developer sudah menyediakan port. Atau kamu bisa juga menggunakan emulator PS3 di PC untuk memainkannya.

Tinggalkan komentar