15 JRPG PSP Terbaik, Bisa Main di Android

Selama bertahun-tahun, bagi yang menyukai JRPG telah dimanjakan dengan konsol Sony. PlayStation 2, misalnya, adalah raja konsol rumahan yang tak terbantahkan bagi penggemar RPG pada masanya.

Namun, dalam hal perangkat genggam, PlayStation Portable memang kalah saing dengan Nintendo. Di Jepang, PSP muncul hanya 10 hari setelah Nintendo DS. Meski kedua konsol memiliki fitur yang hebat, DS lebih sukses ketimbang PSP.

Meski PSP tak mendapatkan banyak cinta dari para gamer, tetapi fakta bahwa itu lebih mirip dengan konsol rumah berarti bahwa itu adalah platform yang lebih akrab bagi para pengembang.

Akibatnya, PSP tak hanya mengadopsi beberapa port hebat dari game jadul, tetapi juga game baru yang hebat dan versi portabel dari game terbaru saat itu. Ada banyak hal yang dapat disukai di PSP.

Dengan pemikiran inilah, saya menyajikan rekomendasi 15 JRPG PSP terbaik yang sekarang bisa kamu mainkan di Android lewat emulator PPSSPP.

1. Legend of Heroes: Trails in the Sky

Legend of Heroes: Trails in the Sky jrpg psp

Petualangan sederhana ini melampaui ekspektasi terliar kita. Deskripsi dasar dari game ini benar-benar tak menjelaskan kehebatan sesungguhnya JRPG ini. Tentu, cerita awal dari epik The Legend of Heroes ini adalah JRPG turn based dengan plot melindungi dunia, tetapi kesenangannya ada pada detailnya.

Trails in the Sky menampilkan salah satu dunia yang paling nyata diwujudkan dalam seri RPG mana pun — yang telah menjadi latar enam game hingga tulisan ini dibuat — dan karakter menawan yang ditulis dengan baik yang interaksinya selalu menghibur.

Cakupan tipis dari seri ini juga mengesankan, karena permainan 40 jam ini hanya mewakili entri pertama dalam trilogi yang diakui secara kritis, yang semuanya memiliki karakter, subplot, dan motif musik yang berulang.

Dengan kerja keras XSEED dan Carpe Fulgur di Bab Kedua, rasa lapar kami akan lebih banyak Jejak telah dibangkitkan kembali. Serius, mudah didekati, dan penuh pesona, Trails in the Sky hanyalah salah satu JRPG PSP terbaik.

2. Final Fantasy IV: The Complete Collection

Final Fantasy IV: The Complete Collection jrpg psp port

Final Fantasy IV adalah salah satu JRPG paling produktif sepanjang masa, setelah melihat banyak remake, pembaruan, dan rilis ulang.

Fans akan berdebat tentang rilis mana yang terbaik, tetapi memiliki sprite yang diperbarui, seluruh sekuel, dan interkuel baru memastikan bahwa Final Fantasy IV: The Complete Collection adalah yang paling komprehensif.

Begitu kamu mulai memainkan The Complete Collection, tidak butuh waktu lama untuk mengingat semua kualitas terbaik FFIV. Sekuelnya, The After Years and Interlude, mengambil apa yang kamu ketahui tentang FFIV dan membaliknya, memberikan pandangan unik tentang dunia, karakter, dan sistem.

Meskipun tidak ada game yang tersedia memiliki cerita atau gameplay terdalam dalam genre ini, pencarian Cecil dan putranya Ceodore sama-sama epik, menawan, dan konyol.

Final Fantasy IV adalah sebuah mahakarya ketika dirilis pada tahun 1991, dan terus menjadi menyenangkan dan relevan berkat kemampuan untuk mengunjunginya kembali dalam koleksi seperti ini.

3. Crisis Core: Final Fantasy VII

Crisis Core: Final Fantasy VII

Cerita terbaik adalah yang diceritakan dengan sangat baik sehingga bahkan ketika kamu mengetahui kesimpulan yang tak terhindarkan, kamu masih berharap dengan harapan bahwa entah bagaimana segalanya akan berubah menjadi berbeda. Crisis Core adalah salah satunya.

Siapa pun yang memiliki pengalaman bermain Final Fantasy VII tahu bahwa Zack Fair bertemu dengan takdir yang tidak tepat waktu dan tidak adil, namun ini adalah perjalanannya yang dimulai para pemain di Crisis Core: Final Fantasy VII.

Berkat apa yang bisa dibilang sebagai pengembangan karakter terbaik dalam serentetan game terkait FFVII, Aerith, Zack, dan Sephiroth semuanya mengambil dimensi baru dan menjadi jauh lebih menarik dan — yang lebih penting — relatable daripada sebelumnya.

Dan itu belum lagi gimnya, yang panjang, penuh aksi, dan sangat dapat disesuaikan. Ini juga merupakan salah satu game dengan tampilan terbaik di sistem, dan menampilkan beberapa musik orisinal dan remix (dari FFVII dan film Last Order) yang luar biasa.

Ada banyak side quest, skill khusus, dan barang tersembunyi lainnya yang harus kamu ketahui selain dari cerita utama. Bersamaan dengan sistem pertarungan yang unik dan menghibur, kamu memiliki game yang tidak diragukan lagi salah satu RPG terbaik PSP, dan penerus yang layak ke petualangan epik Cloud nantinya.

4. Shin Megami Tensei: Persona 3 Portabel

Shin Megami Tensei: Persona 3 Portabel

Tak cukup untuk menyelam ke 160+ lantai Tartarus untuk pertama kalinya pada tahun 2007 di PlayStation 2, juga tidak cukup untuk kembali setahun kemudian dalam epilog yang berpusat pada Aigis.

Secara alami, mustahil untuk menolak Persona 3 untuk ketiga kalinya ketika Atlus menawarkan opsi protagonis wanita dan beberapa tautan sosial baru bersama dengan tweak gameplay yang diperkenalkan oleh Persona 4 — semuanya memberi pemain kesempatan pada pengalaman baru.

Sama seperti penerusnya dan port Vita-nya, Persona 3 Portable tidak kehilangan kilau atau pesonanya pada perangkat genggam Sony lainnya, bahkan jika pesona itu terbungkus dalam tema kematian yang menyenangkan dan ceria.

5. Kingdom Hearts: Birth by Sleep

Kingdom Hearts: Birth by Sleep

Kingdom Hearts: Birth by Sleep adalah yang terbaik dari franchise game Kingdom Hearts yang terus berkembang, dan juga JRPG aksi yang fantastis.

Masing-masing dari tiga karakter utama, meski melintasi dunia yang sama, memiliki pertempuran bos mereka sendiri, kemampuan khusus, dan cutscene. Serta bermain saat masing-masing mengungkap bagian berbeda dari cerita menarik yang mengisi celah dan akhirnya mendapat beban emosional di balik konflik dengan antagonis terbesar seri.

Meski masih memiliki dialog konyol, plot keseluruhan hampir seluruhnya mandiri dan menjadi titik masuk yang sangat baik bagi pemain baru.

Ada fitur sistem pembangunan karakter yang benar-benar adiktif di mana kemampuan baru diperoleh seperti kartu dan menyatu seperti setan dalam Shin Megami Tensei adalah bonus tambahan di atas pertempuran.

Mencolok tanpa lepas kendali, pertarungan Birth by Sleep sangat dramatis dan menjadi salah satu JRPG PSP paling seru.

Makin lengkap dengan grafis yang luar biasa dan salah satu soundtrack yang paling ketat, jika tidak mungkin ditampilkan dalam HD sebagai bagian dari Kingdom Hearts 2.5 yang tak terhindarkan.

6. Ys I & II Chronicles

Ys I & II Chronicles jrpg psp

Percaya atau tidak, Ys I & II telah di-porting ke lebih banyak sistem daripada Final Fantasy III. Karena kedua game ini awalnya dirilis untuk PC-88 pada akhir 1980-an, mereka telah dirilis ulang berulang kali; setiap versi baru menggunakan gaya seni dan soundtrack yang berbeda.

Karena kedua game ini masing-masing mewakili setengah dari satu cerita, mereka cenderung dikemas bersama, dan rilis terbaru ini (dijuluki Ys I & II Chronicles) adalah yang terbaik.

Sistem “bump combat” yang tidak biasa mungkin bukan cara yang paling menarik untuk melawan musuh, tetapi dalam hal cerita, musik, dan suasana, ada sesuatu yang sangat menarik tentang hari-hari awal Ys.

7. Disgaea 2: Dark Hero Days

Disgaea 2: Dark Hero Days jrpg psp

Seri Disgaea, dengan kemungkinan leveling dan damage yang berlebihan, dapat menjadi seri yang memecah belah di antara pemain JRPG. Tapi kamu tidak perlu grinding sampai level 9999 untuk menikmati Disgaea 2: Dark Hero Days.

Bahkan, mungkin lebih baik jika kamu tidak menghabiskan waktu kamu seperti itu, karena kamu bisa melewatkan alur cerita kedua yang ditulis khusus untuk port PSP ini, di mana Axel, “Pahlawan Kegelapan”, disempurnakan sebagai karakter yang jauh lebih menarik daripada yang ditunjukkan di game PlayStation 2 asli.

Namun bagaimana pun cara kamu bermain, mudah untuk menemukan setidaknya satu dari banyak opsi gameplay Disgaea 2 yang akan kamu nikmati selama kamu memilih untuk bermain.

8. Final Fantasy Tactic: War of the Lions

Final Fantasy Tactic: War of the Lions jrpg psp

Final Fantasy Tactic menunjukkan banyak janji di PlayStation asli. Berbagai kelasnya membutuhkan pemain yang bijaksana yang akan membawa rombongan pengawal dan alkimia mereka dan mengubahnya menjadi tentara.

Pasukan Ninja, Mage, Lancer, dan Calculator. Tapi itu juga membutuhkan pemain yang bersedia untuk melihat melewati terjemahan yang mengerikan dan skema kontrol asing secara harfiah menggunakan kontrol gaya Jepang.

Dan bahkan bagi banyak pemain yang akan menyukai gameplaynya, itu terlalu banyak untuk ditanyakan.

Sepuluh tahun kemudian, para pemain itu akhirnya mendapat kesempatan untuk melihat apa yang dibicarakan orang lain, ketika Final Fantasy Tactics: The War of the Lions dirilis di PSP.

Ya, itu memiliki beberapa masalah framerate yang tidak menguntungkan selama animasi mantra. Tapi yang lebih penting, itu memiliki terjemahan baru yang luar biasa, skema kontrol yang dirubah, dan cutscene bergaya anime baru yang cantik.

Penambahan baru ini memungkinkan gameplay yang luar biasa untuk bersinar tanpa hambatan dan menghasilkan game yang cukup bagus. Salah satu JRPG PSP terbaik!

9. Tactics Ogre: Let Us Cling Together

Tactics Ogre: Let Us Cling Together jrpg psp

Saat kamu memainkan Tactics Ogre: Let Us Cling Together, kamu menginjakkan kaki ke dunia lain. Yasumi Matsuno, dalang di balik seri Ogre, mampu melakukan sesuatu yang hampir mustahil; melalui musik, visual, gameplay dan cerita, Matsuno telah memberikan Tactics Ogre rasa sejarah dan gravitas yang tak tertandingi.

Dunia mungkin dihuni oleh sprite 2D, dan panggungnya tidak lebih dari serangkaian papan catur yang terputus, namun rasa tempat begitu mapan sehingga mengundang kamu lebih dalam ke dunia.

Di pulau Valeria, kamu mengalami dan membimbing kehidupan para pahlawan dalam pengaturan moral yang ambigu di mana melakukan tugas kamu dan menjadi terhormat tidak selalu sama dengan melakukan apa yang benar. Semua ini dari game yang awalnya dirilis di Super Nintendo.

Tactics Ogre: Let Us Cling Together menonjol dari banyak remake di PSP dengan menjadi versi terbaik dari dirinya sendiri. Segala sesuatu yang baru berakar pada identitas Tactics Ogre dengan secara bersamaan mempertahankan estetika asli dan kepekaan gameplay sambil meningkatkan dan memodernisasi elemen yang akan merusak pengalaman.

Karya seni yang digambar ulang oleh Akihiko Yoshida dan musik yang diaransemen ulang oleh Basiscape benar-benar memikat. Sistem baru memungkinkan pemain untuk mengevaluasi kembali pilihan dan konsekuensi dengan mengulangi tindakan dalam pertempuran serta dalam cerita.

Ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan pemain, mereka sesuai dengan dunia secara tematis dan berfungsi sebagai metafora untuk membuat remake — semuanya pada saat yang bersamaan.

Apakah saya menyebutkan bahwa ia memiliki salah satu sistem pertempuran taktis dan perkembangan paling cerdas yang pernah dirilis? Sederhananya, Tactics Ogre: Let Us Cling Together adalah salah satu JRPG PSP terhebat.

10. Jeanne D’Arc

Jeanne D'Arc jrpg psp

Sejarah alternatif mengambil warisan Jeanne D’Arc adalah salah satu JRPG PSP terbaik, dan banyak dari kita dengan senang hati mengingat kombinasi permainan yang menghibur antara kustomisasi dan pertempuran.

Sementara cerita akhirnya mengambil jalan fantasi, sulit untuk menyangkal bahwa RPG strategi ini memiliki kombinasi yang tepat dari sihir Level-5, strategi, dan pembangunan karakter.

Pesona kemenangan taktis atas musuh Prancis sebagai pahlawan seperti Jeanne dan Gilles de Rais cukup tak terbantahkan, dan itulah sebabnya kita tahu yang satu ini harus masuk daftar JRPG PSP terbaik.

11. Valkyrie Profile: Lenneth

Valkyrie Profile: Lenneth jrpg psp

Game dari tri-Ace ini sedikit aneh — mereka cenderung sedikit rumit, dan Valkyrie Profile: Lenneth tidak terkecuali.

Suasananya menawan — kombinasi visual dan musik yang menciptakan perasaan yang hampir mistis. Selain itu, gameplaynya mengundang, serba cepat dan mencolok.

Saat kamu terus bermain, kamu akan menemukan hal-hal menjadi sedikit aneh. Perkembangan ceritanya aneh, pertarungan memiliki kurva belajar yang curam, dan hard mode lebih mudah daripada mode normal.

Kemudian lagi, hal-hal ini menciptakan kedalaman di Valkyrie Profile saat membangun identitas. Contoh kasus: game memberi insentif untuk mengikuti perintah saat mengabaikan perintah tersebut merupakan bagian integral dari cerita.

Setiap elemen Valkyrie Profile memiliki keunikannya sendiri yang menyenangkan dan tingkat penguasaan yang diperlukan.

Valkyrie Profile adalah permainan aneh yang memberi kamu kebebasan dan mengharuskan kamu untuk menggunakannya, tetapi ketika kamu meluangkan waktu untuk mengungkap cara kerja Valkyrie Profile: Lenneth, apa yang kamu dapatkan adalah salah satu pengalaman genre yang paling berharga.

12. Ys SEVEN

Ys SEVEN jrpg psp

Serial ini tidak aktif selama lima tahun setelah The Ark of Napishtim tahun 2005, tetapi XSEED akhirnya membawa Ys kembali dengan merilis Ys SEVEN pada tahun 2010.

Menampilkan dunia beberapa kali lebih besar daripada judul Ys sebelumnya, serta yang baru sistem partai tiga anggota, SEVEN adalah bukti bahwa Falcom dapat berhasil mengajari Dogi lama trik baru.

Lokalisasi yang tajam menghidupkan penghuni Altago, dan gameplay merek dagang Ys dodge-and-slash sepenuhnya utuh, dengan beberapa tingkat kesulitan yang melayani pemain dengan keterampilan apa pun.

Terkenal karena dapat diakses oleh pendatang baru dan veteran serial, Ys SEVEN adalah rekomendasi mudah bagi siapa saja yang mencari JRPG aksi berkualitas.

13. Riviera: The Promised Land

Riviera: The Promised Land jrpg psp

Mendapat banyak perdebatan, Riviera: The Promised Land menemukan jalannya ke dalam pilihan JRPG PSP terbaik.

Kisah malaikat amnesia Ein dan teman-teman kode warnanya adalah kisah epik, saat ia melintasi ranah Riviera untuk menghentikan malaikat jatuh Ledah dan kejahatan lainnya yang belum menunjukkan wajah mereka. Awalnya permainan WonderSwan, Riviera membuat jalan ke GBA sebelum akhirnya tiba di iterasi terbesarnya di PSP.

Seperti semua game Sting, Riviera mengambil mekanik JRPG tradisional dan mengubahnya. kamu tidak pernah secara langsung mengontrol pergerakan Ein; alih-alih kamu memindahkannya melalui pilihan arah di setiap peta.

Pertarungan berbasis giliran, tetapi kamu hanya dapat memegang senjata pilihan sederhana yang hampir semuanya memiliki daya tahan terbatas. Menggantungkan senjata terbaik kamu untuk nanti atau menggunakannya untuk mengosongkan ruang selalu merupakan pilihan yang sulit.

Eksplorasi sangat penting, karena sering kali mengarah ke harta rahasia atau bonus lainnya, dan setiap keputusan memiliki dampak besar pada permainan. Nilai replay ditemukan berlimpah.

Dengan pendekatan RPG yang begitu unik, Riviera pantas mendapatkan tempatnya di antara judul-judul epik lainnya dalam daftar ini.

14. Star Ocean: Second Evolution

Star Ocean: Second Evolution jrpg psp

PSP membawa banyak remake dari saudara kandung konsol rumah ke tangan pemain agar jadi portable saat bepergian. Beberapa dari mereka memasukkan banyak remake, sementara yang lain memilih untuk tidak mengacaukan hal baik dari game aslinya.

Star Ocean: Second Evolution adalah salah satu yang terakhir, meskipun fitur pembaruan pada sistem pertempuran untuk menjaga hal-hal tetap segar.

Kelihatannya bagus, kedengarannya bagus, menyenangkan, dan itu membuatnya mendapat tempat di daftar JRPG PSP terbaik.

15. Wild Arms XF

Wild Arms XF jrpg psp

“Tradisi dengan twist” adalah cara terbaik untuk menggambarkan seri Wild Arms. Gim ini tidak menemukan kembali roda terkait konvensi JRPG, tetapi mereka memberikan putaran unik pada konvensi tersebut, seperti penggabungan elemen koboi.

Dengan cara yang hampir sama, Wild Arms XF tidak menemukan kembali genre SRPG, tetapi menawarkan pengalaman bermain yang membutuhkan garis pemikiran berbeda dari SRPG yang dipotong dari kain Final Fantasy Tactics.

Sistem berbasis hex, berevolusi dari Wild Arms 4, menawarkan lebih banyak opsi strategis daripada gerakan berbasis persegi, dan tujuan misi sangat bervariasi. Di luar tujuan “bunuh semua musuh” dan “bunuh bos” yang biasa adalah tujuan lain seperti misi siluman, misi melarikan diri, misi pengawal, dan banyak lagi. Terkadang pertempuran terasa lebih seperti memecahkan teka-teki daripada mengobarkan perang, dan itulah yang membuat XF menonjol dari paket SRPG.

Pepatah “tradisi dengan twist” juga berlaku untuk plot, karena ia bermain dengan konvensi RPG dengan cara yang cerdas. Mungkin dalam plot terbaik dalam seri Wild Arms, pahlawan wanita menembak lurus Clarissa Arwin bergulat dengan dilema apakah beberapa kebohongan layak untuk dijalani jika itu membantu kebaikan yang lebih besar.

Identitas adalah tema umum di JRPG, tetapi ini berbeda dari perangkat amnesia biasa. Yang juga unik adalah meskipun kebanyakan protagonis JRPG adalah laki-laki yang tidak menyadari kasih sayang seorang gadis, di sini protagonisnya adalah seorang gadis yang tidak menyadari kasih sayang laki-laki.

Karakter utama lainnya dan banyak karakter sampingan juga menarik, membuat petualangan yang menarik. Pasangkan semua ini dengan soundtrack yang benar-benar meriah dan kamu memiliki salah satu SRPG terbaik untuk PSP.

Tinggalkan komentar