10 Kamera Full Frame Terbaik 2024

Kamera full frame adalah pilihan populer di kalangan profesional dan penghobi fotografi di seluruh dunia. Ini adalah kamera digital yang memberi pengguna sensor besar untuk membantu cahaya dan detail lainnya masuk melalui kamera saat kamu mengambil gambar.

Dengan begitu banyak pilihan hebat di pasaran, mari kita cek berbagai kamera full frame terbaik yang dapat kamu pilih.

Kelebihan Memilih Kamera Full Frame

kamera full frame terbaik sony alpha
Foto: Popular Photography.

Berinvestasi dalam kamera sangat penting jika kamu seorang fotografer profesional. Kamu harus melihat desain, penanganan, dan kontrol kamera dan apakah kamu akan menikmati memotret dengannya.

Kamu harus memeriksa apakah kamu dapat memotret dengan kamera dalam berbagai kondisi pencahayaan.

Kamu juga harus memperhatikan masa pakai baterai kamera saat mengerjakan foto luar ruangan. Sebelum mengulas beragam kamera full frame terbaik yang tersedia di pasar, kamu perlu tahu alasan memilih yang tepat berdasarkan kebutuhan kamu.

Piksel Lebih Besar dan Lebih Baik

Ketika sensor lebih besar, piksel yang ditangkap kamera full frame biasanya lebih besar. Ketika pikselnya lebih besar, kamu dapat menangkap lebih banyak informasi warna, cahaya yang masuk, dan lebih sedikit noise dengan efisiensi yang lebih besar.

Inilah alasan sensor ini memberikan kinerja yang lebih baik daripada crop censor. Selain itu juga dapat menangkap rentang dinamis yang lebih besar dan membedakan antara variasi warna.

Memberikan Resolusi Lebih Tinggi

Sensor full frame membantu kamu mendapatkan ukuran resolusi yang lebih besar daripada sensor yang lebih kecil sehingga sensor membantu kamu menangkap detail halus.

Saat kamu menambah jumlah piksel, piksel individual cenderung menjadi lebih kecil. Namun, sensor ini masih dapat mempertahankan kualitas gambar yang lebih baik dan jangkauan dinamis yang lebih luas.

Memberikan Kontrol Depth-of-Field Lebih Tinggi

Kamera full frame terbaik membutuhkan lensa panjang fokus yang lebih panjang untuk menutupi format 24×36 mm yang lebih besar. Lensa 50mm, 35mm, dan 25mm adalah lensa normal untuk kamera full-frame.

Lensa full-frame memberikan cakupan bidang yang lebih dangkal. Kedalaman yang lebih dangkal memudahkan untuk mendapatkan hasil gambar yang menyenangkan dalam pemandangan di mana subjek utama muncul dari latar belakang yang lembut.

Menghasilkan Gambar Ukuran Besar

Ketika kamera full-frame menangkap lebih banyak informasi di setiap titik piksel, mereka memberikan file gambar RAW yang sangat besar untuk dicetak atau ditampilkan di pameran dan galeri.

Sebagian besar fotografer yang membuat cetakan besar menganggap kamera full frame terbaik sebagai solusi sempurna mereka.

Crop Gambar Full Frame

Memangkas gambar adalah salah satu alat kreatif utama dalam fotografi. Tidak mungkin menangkap gambar yang sempurna setiap saat, jadi fotografer harus menyempurnakan gambar mereka dengan menggunakan berbagai teknik pemotongan. Ini menghilangkan detail yang mengganggu dengan menonjolkan elemen dinamis.

Dengan kamera full frame terbaik, lebih mudah memangkas gambar tanpa mengorbankan kualitas gambar. kamu dapat melihat perubahan luar biasa pada gambar yang dipangkas, di mana gambar akhir mewakili 50% atau kurang dari gambar yang ditangkap oleh sensor.

Rekomendasi Kamera Full Frame Terbaik

Setelah mengetahui keunggulan kamera dengan sensor besar ini, berikut deretan kamera full frame terbaik dari Just Creative:

1. Nikon Z5

Nikon Z5 kamera full frame terbaik
Dimensi5,3 x 4 x 2,8 inci
Berat675 gram
SensorFull Frame (35,9 x 23,9 mm)
MegaPixel24,3 MP
ViewfinderEVF
Shutter Speed4,5 FPS
Resolusi Video1080p

Nikon Z5 adalah kamera mirrorless full-frame entry-level. Ini bekerja dengan cara yang sama seperti versi kelas atas Z6 dan Z7. Itu dibangun di sekitar sensor CMOS 24MP dan memiliki sistem fokus otomatis hybrid yang dapat mendeteksi hewan dan manusia.

Kamera Nikon Z5 adalah kamera seri-Z paling terjangkau dengan sensor full-frame. Z5 hadir dengan sensor full-frame 24,3 megapiksel baru. Ini juga memiliki stabilisasi gambar dalam tubuh (IBIS), dan slot kartu SD ganda, dan dapat merekam video hingga 4K.

Nikon Z5 hadir dengan viewfinder elektronik beresolusi 3,6 juta dot ditambah dengan bagian belakang yang dapat dimiringkan dengan LCD pendukung sentuh 3,2 inci. Kamera Z5 memiliki baterai EN-EL15C baru yang mampu menghasilkan 470 bidikan per pengisian daya.

Port kamera termasuk Micro-HDMI, mikrofon, headphone, dan port USB-C. Port USB dapat digunakan untuk mengisi daya kamera menggunakan power bank.

Kamera full frame terbaik ini menggunakan prosesor gambar Expeed 6. Kecepatan pemotretan burst lebih rendah pada kecepatan 4,5fps dan menggunakan bodi aloi magnesium dengan tingkat ketahanan cuaca tertentu.

Plus Minus

➕ Kualitas gambar luar biasa
➕ Fitur fokus otomatis
➕ Desain kokoh
➕ Tahan cuaca dan debu
➕ Masa pakai baterai yang hebat
➕ Kecepatan rana cepat

➖ Kecepatan lambat

2. Nikon D850

Nikon D850 kamera full frame dslr
Foto: Amazon.
Dimensi5,8 x 3,1 x 4,9 inci
Berat916 gram
SensorCMOS Full Frame
MegaPixel45,7 MP
Viewfinder
Shutter Speed9 FPS
Resolusi Video1080p

Nikon 850 adalah kamera sensor full-frame dengan jumlah piksel 45,7 juta. Kamera memiliki sistem fokus otomatis yang sangat baik, dapat memotret pada kecepatan 7fps yang stabil hingga 9fps sambil melacak aksi bergerak, dan memiliki LCD yang dapat dimiringkan dan diaktifkan dengan sentuhan.

Kamera full frame terbaik ini memiliki fitur iluminasi tombol yang memungkinkan kamu melihat semua tombolnya bahkan dalam kondisi cahaya redup. Kamera memiliki joystick khusus tetapi tidak memiliki sistem blitz internal.

Nikon D850 adalah kamera DSLR paling serbaguna hingga saat ini. D850 adalah kamera yang nyaman dan sangat dapat disesuaikan. Kamera memiliki resolusi luar biasa dan jangkauan dinamis dengan kinerja ISO tinggi yang luar biasa. Prosesornya adalah prosesor gambar Expeed 5, yang membantu menangkap semua subjek yang menuntut.

Kamera full frame terbaik ini memiliki jendela bidik terluas dan paling terang dari semua kamera Nikon dan slot kartu memori ganda yang mendukung media UHS-II dan XQD.

Masa pakai baterai kamera membantu kamu menangkap sekitar 1800 bidikan. Ini juga membantu kamu menangkap 5100 bidikan dengan pegangan opsional dan baterai EN-EL18a/b.

Plus Minus

➕ Kualitas gambar luar biasa
➕ Sensor gambar Full Frame 45,7MP
➕ Masa pakai baterai yang baik
➕ Dibangun dengan baik

➖ Menghilangkan flash internal

3. Sony A1

Sony a kamera full frame mirrorless terbaik
Foto: Amazon.
Dimensi5,1 x 3,8 x 3,2 inci
Berat725 gram
SensorFull Frame (35mm)
MegaPixel50 MP
ViewfinderEVF
Shutter Speed30 FPS
Resolusi Video4320p

Sony A1 adalah kamera full frame terbaik dengan sensor 50MP yang dapat menangkap gambar pada 30fps dan merekam video 8K.

Sensor juga membantu memberi daya pada sistem AutoFocus yang mumpuni. Ini dilengkapi dengan algoritme turunan pembelajaran mesin yang diperbarui untuk mendeteksi wajah dan mata manusia.

Dengan Alpha 1, pengguna kamera Sony harus memilih antara resolusi dan kecepatan. Sony A1 menggunakan sensor CMOS backside-illuminated 50MP Exmor RS baru yang menangkap detail halus.

Rana elektronik 30fps yang diperbarui menawarkan performa senyap dan bebas getaran yang juga mendukung pemotretan anti-flicker untuk bekerja di bawah LED atau jenis cahaya buatan yang cenderung berkedip bahkan saat memotret pada 30fps.

Plus Minus

➕ Gambar beresolusi tinggi
➕ Rana elektronik terdepan di kelasnya
➕ Fokus otomatis yang sangat baik
➕ Perlindungan debu dan air
➕ Jendela bidik

➖ Mahal
➖ Layar non-artikulasi

4. Sony A7IV

Sony A7IV kamera full frame mirrorless
Foto: Amazon.
Dimensi5,2 x 3,8 x 3,1 inci
Berat635 gram
SensorFull Frame (35mm)
MegaPixel33 MP
ViewfinderEVF
Shutter Speed10 FPS
Resolusi Video2160p

Kamera mirrorless full-frame A7 IV adalah salah satu kamera entry-level terbaik di pasaran. Memiliki fitur sensor resolusi tinggi tetapi tidak ada fitur video high-end.

Cengkeraman kamera lebih besar yang memberikan kesan lebih besar, tetapi meskipun ukurannya lebih besar, ini dapat dianggap sebagai salah satu kamera full frame terbaik yang lebih ringkas yang tersedia.

Kamera Sony ini memiliki layar yang jauh lebih serbaguna untuk vlogging, pembuatan film, dan fotografi. Sistem Fokus Otomatis kamera adalah yang terbaik pada level ini.

Sony A7 IV melakukan tugasnya dengan kinerja foto dan video yang menarik. Ini adalah kamera mirrorless hybrid canggih yang dapat bertahan lama selama bertahun-tahun.

A7 IV memiliki resolusi dan performa AF merupakan keuntungan tambahan bagi fotografer. Ini memiliki rekaman video yang kuat untuk pembuat film dan pembuat konten.

Plus Minus

➕ Kualitas gambar luar biasa
➕ Fokus otomatis yang luar biasa
➕ Penanganan yang bagus

➖ Kecepatan pemotretan lambat
➖ Mahal

5. Canon EOS R6

Canon EOS R6 kamera full frame
Foto: Amazon.
Dimensi3,48 x 5,45 x 3,84 inci
Berat680 gram
SensorFull Frame (35mm)
MegaPixel20 MP
ViewfinderEVF
Shutter Speed12 FPS
Resolusi Video2160p

Canon EOS R6 adalah kamera 20MP yang ditujukan untuk penggemar foto dan videografer.

Canon memang berhasil melampaui beberapa kamera terbaik di pasaran. Penambahan fitur IBIS 5-sumbu penting karena tidak ada kamera utama yang memilikinya dari Nikon, Sony, dan Panasonic.

Kamera full frame terbaik ini juga salah satu kamera pertama yang dapat mengambil gambar diam dan video yang dapat mengeksploitasi kemampuan tampilan HDR terbaru.

Canon EOS R6 menawarkan autofokus yang luar biasa, IBIS terdepan di kelasnya, sistem autofokus dual-piksel 6072 titik, pemotretan beruntun 12 fps, dan kemampuan cahaya rendah yang luar biasa.

Plus Minus

➕ Kualitas video 4K yang kuat
➕ Autofokus Bagus
➕ Terjangkau
➕ Kualitas gambar yang bagus
➕ Slot kartu SDXC UHS-II ganda

➖ Resolusi lebih rendah
➖ Daya tahan baterai lebih rendah

6. Canon EOS RP

Canon EOS RP kamera full frame terbaik
Foto: Amazon.
Dimensi2,8 x 5,2 x 3,3 inci
Berat453 gram
SensorCMOS Full Frame
MegaPixel26,2 MP
ViewfinderEVF
Shutter Speed5 FPS
Resolusi Video1280p

Canon EOS RP adalah kamera full-frame terkecil dan teringan yang tersedia di pasaran. Selain itu, kamera full frame ini terbilang paling murah.

EOS RP memiliki sensor CMOS 26,2 MP, fokus otomatis yang cepat dan akurat, serta video 4K. Berkat prosesor Digic 8 yang kuat, ini memberi kamu hasil yang luar biasa bahkan dalam cahaya redup.

Kamera full frame terbaik ini memiliki kompatibilitas dengan lensa RF serta lensa EF/EFG-S. Ada mode pemkamungan khusus dengan LCD layar sentuh sudut bervariasi dan jendela bidik elektronik.

Kamera EOS RP membantu kamu mengabadikan dunia dengan kualitas, kontrol, dan kemudahan yang kamu dambakan.

Sementara kamera lain akan bersusah payah untuk membuat kamera mirrorless full-frame canggih, mahal, dan canggih, Canon melayani konsumen crop sensor yang mencari kamera bagus dan terjangkau. Kamera ini menawarkan fungsionalitas full-frame dan video 4K di setnya. Kamera full frame terbaik ini lebih kecil, lebih ringan, dan lebih murah dari semua pesaingnya.

Plus Minus

➕ Kualitas gambar bagus
➕ Eye AF dengan dukungan pelacakan dan video
➕ Kualitas bangunan bagus
➕ Nilai luar biasa

➖ Masa pakai baterai buruk

7. Canon EOS R3

Canon EOS R3 kamera full frame terbaik
Foto: Amazon.
Dimensi3,43 x 5,91 x 5,61 inci
Berat816 gram
SensorFull Frame (36 x 24 mm)
MegaPixel24,1 MP
ViewfinderEVF
Shutter Speed30 FPS
Resolusi Video1280p

Canon EOS R3 adalah salah satu kamera yang paling dicari untuk para pekerja profesional. Apakah kamu ingin memotret olahraga, pernikahan, hewan peliharaan, atau jurnalistik, dan video RAW 6K berarti kamu tidak akan pernah melewatkan momen aksi atau detail.

Kamera ini memiliki kinerja AF yang lebih baik, yang dipasangkan dengan kontrol mata yang baik, memastikan bahwa kamu dapat memfokuskan setiap bidikan seperti yang kamu inginkan.

Kamera full frame terbaik ini juga menetapkan rentang tolok ukur dinamis baru untuk kamera pro-level. Jumlah pikselnya yang lebih rendah memungkinkan kamu menghasilkan noise yang jauh lebih sedikit daripada saingan beresolusi lebih tinggi dari Sony dan Nikon.

Canon EOS R3 adalah salah satu kamera seri profesional dan berperforma tinggi karena dilengkapi dengan fitur kekamulan, daya tahan, dan kecepatan yang digabungkan. Desain R3 menekankan hasil yang luar biasa saat kamu memotret subjek yang bergerak cepat.

Jika kamu seorang fotografer yang mengejar olahraga, aksi, foto jurnalistik, dan alam liar, kamu harus berinvestasi pada kamera Canon EOS R3.

Plus Minus

➕ Kecepatan pemotretan cepat
➕ Fokus kamul
➕ AF kontrol mata

➖ Mahal
➖ Resolusi terbatas

8. Panasonic Lumix S5

Panasonic Lumix S5
Foto: Amazon.
Dimensi5,2 x 3,8 x 3,2 inci
Berat630 gram
SensorFull Frame (35mm)
MegaPixel24,2 MP
ViewfinderEVF
Shutter Speed7 FPS
Resolusi Video2160p

LUMIX S5 adalah kamera mirrorless full-frame. Ini memberikan kinerja yang sangat baik dalam tubuh kecil yang kompak. LUMIX S5 memiliki sensor CMOS full-frame 35mm 24,2 MP dan rentang dinamis yang lebar.

Kamera LUMIX S Series memiliki bodi yang ringkas dan ringan. Ini adalah kamera mirrorless full-frame yang memberi pengguna kinerja luar biasa untuk mengambil foto dan merekam video. Ini dimaksudkan untuk fotografer dan videografer yang serius.

LUMIX S5 membanggakan resolusi kecepatan tinggi. Pemotretan foto dan perekaman video dimungkinkan dengan bantuan deteksi real-time dari bagian tubuh subjek seperti mata, wajah, kepala, dan tubuh.

Dengan bantuan efisiensi energi tinggi dan baterai berkapasitas tinggi 2.200 baru, kamera full frame terbaik ini dapat menangkap lebih dari 1500 gambar dan kamu dapat mengompilasinya dengan mode pengisian daya USB. Sistem kamera full-frame Seri LUMIX S menyediakan beragam produk kepada pengguna.

Dengan kamera full frame terbaik ini, Panasonic berkomitmen untuk memenuhi permintaan semua kreator dengan menantang evolusi Foto/Video di dunia saat ini.

Plus Minus

➕ Ukuran dan berat kecil
➕ Rentang kontrol yang baik
➕ Spesifikasi video yang bagus
➕ Perlindungan debu dan air
➕ Sensor full-frame 24MP yang luar biasa

➖ Fokus otomatis tidak sesuai standar

9. Panasonic Lumix S1R

Panasonic S1R kamera full frame terbaik
Foto: Amazon.
Dimensi5,9 x 4,3 x 3,8 inci
Berat1016 gram
SensorFull Frame (35mm)
MegaPixel47,3 MP
ViewfinderEVF
Shutter Speed9 FPS
Resolusi Video2160p

Panasonic terjun ke medan pertempuran dengan kamera mirrorless full-frame. Panasonic S1R adalah kamera mirrorless bergaya DSLR yang tangguh. Ini memiliki sensor full-frame 47 MP, IBIS bawaan, dan penyegelan cuaca.

S1R berbagi bodi dengan 24 Megapixel S1 yang ukuran dan tingkat kontrol khusus membuatnya unik dari kamera mirrorless full-frame lainnya dan mode resolusi tinggi multi-shot yang membantunya mengirimkan file Raw 187MP.

Panasonic hadir dengan jendela bidik elektronik yang sangat baik dengan optik yang luar biasa. Ini memiliki layar OLED 5,76 juta dot dan kecepatan refresh 120 fps.

Kamera full frame terbaik ini berbobot tiga pon tetapi sesuai dengan kualitas build yang kuat dari kamera lain. Keuntungan terbesar memiliki bodi sebesar itu adalah kamu dapat mengakomodasi jumlah dial dan tombol. Joystick, dial, dan kontrol ISO ada di tempat yang tepat.

Genggaman yang berat memastikannya bisa duduk dengan baik pada siapa pun dengan tangan yang lebih besar. Kualitas build kamera yang kokoh memastikannya dapat menahan kerusakan serius. Ini adalah kamera tahan cuaca karena dapat beroperasi pada suhu dari 14 hingga 104 derajat F.

Plus Minus

➕ Kualitas gambar beresolusi tinggi
➕ Autofokus Cepat
➕ Jendela bidik elektronik yang luar biasa
➕ Slot kartu ganda
➕ Tahan cuaca

➖ Ukuran
➖ Harga
➖ Masa pakai baterai pendek

10. Leica SL2

Leica SL2 kamera full frame terbaik
Foto: Amazon.
Dimensi5,75 x 4,21 x 1,65 inci
Berat834 gram
SensorCMOS Full Frame
MegaPixel24,6 MP
ViewfinderEVF
Shutter Speed25 FPS
Resolusi Video2160p

Desain, tampilan, dan pengoperasian kamera hampir sama dengan versi SL2 sebelumnya. Leica SL2-S dibuat dengan kamera 24MP.

Leica menggunakan sasis paduan magnesium yang membantu kamu menjaga benda-benda tetap ringan dan kuat ditambah dengan pelat atas aluminium anodized, membuatnya tahan debu dan tahan air. Ini memiliki peringkat IP54, yang berarti kamu dapat menggunakannya di tengah hujan dengan lensa pelindung.

SLS-S bekerja dengan lensa L-mount. Itu juga dapat menggunakan lensa pengintai Leica M dengan adaptor dan merupakan kamera yang besar, berat, dan kokoh. kamu juga akan menemukan beberapa tepian melengkung yang membuatnya tidak terlalu mengintimidasi.

Sorotan terbesar dari kamera SL2-S adalah jendela bidik elektronik. Perbesaran kamera adalah 0,78x. Ini memiliki resolusi 5,76 juta titik dan tersedia dengan kecepatan refresh 120 fps.

Plus Minus

➕ Sensor full-frame
➕ Desain CMOS BSI 24MP
➕ Sistem fokus otomatis yang sangat baik
➕ Jendela bidik OLED yang memukau

➖ Mahal
➖ Layar belakang fix

Baca juga: Kenapa Kamera Leica Sangat Mahal?


Kamera full frame terbaik menawarkan kualitas gambar terbaik dalam kondisi pengambilan gambar tertentu. Ini membantu kamu menangkap gambar yang tidak mungkin dilakukan dengan sensor yang lebih kecil.

Agar tak ketinggalan tulisan menarik lain, jangan lupa ikuti blog ini di Google News, ya!

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1772

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *