Kenapa Kamera iPhone Lebih Baik dari Android dalam Fotografi Smartphone?

Ketika kamu membeli ponsel, banyak orang sering mengajukan pertanyaan: apakah kamera iPhone jauh lebih baik untuk fotografi daripada Android?

Ini adalah masalah yang rumit. Harga adalah salah satu variabel kunci yang harus dipertimbangkan oleh setiap pembelian telepon. Tidak masalah jika kamu tidak mampu membeli semua fitur luar biasa dari ponsel terbaru.

Pertimbangkan perbedaan harga antara iPhone dan Android. Tak dapat disangkal bahwa iPhone biasanya lebih mahal daripada berbagai varian Android. Namun, ada beberapa alasan iPhone mengambil gambar yang lebih baik daripada android.

Image Signal Processor Pada Kamera iPhone

Apple menggunakan sensor Sony, yang saat ini terbaik di pasar, selain perangkat lunak post-processing iOS yang jauh lebih unggul daripada ponsel Android sebelumnya.

Meski begitu, kualitas kamera jauh lebih dari sekadar sensor. Kualitas lensa, perangkat lunak kamera dan, tentu saja, Image Signal Processor semuanya penting.

Image Signal Processor (ISP) adalah komponen yang sering diabaikan.

Apple sangat terkenal dengan CPU dan chip geraknya (M7/M8), tetapi salah satu fitur paling menakjubkan yang dicapai Apple untuk menghasilkan ISP yang fantastis adalah pemanfaatan semua semi-konduktor dan fotografi yang diketahuinya.

ISP adalah otak kamera. Sensor hanya mengumpulkan cahaya dan mengirimkan sinyal. Penentuan warna, analisis dan pembersihan gambar mentah, dan semua faktor kamera seperti white balance, ISO, fokus, shuttering, dan lain-lain dikendalikan oleh ISP.

ISP yang solid itu penting dan tim perangkat keras Apple masih membuatnya dengan ISP yang menjaga kualitas kamera iPhone. Itulah yang dimiliki Apple dalam hal fotografi smartphone sebagai keunggulan kompetitif yang sebenarnya.

Apakah Kamera Ganda (Dual Camera) Bisa Bersaing?

dual camera iphone android
Foto: xda-developers.com

Beberapa tahun yang lalu, kamera ganda terbatas pada ponsel flagship yang mahal. Hari-hari ini, meskipun, mereka memiliki pilihan yang lebih murah. Dan itu meningkatkan permainan dalam hal argumen antara iPhone dan Android.

Saat ini, dengan harga kurang dari dua juta, kamu bisa mendapatkan ponsel dual-cam Android yang besar, seperti Honor 10 Lite. Ini memiliki kamera depan 24 megapiksel yang besar dan kamera ganda belakang 13 megapiksel. Jadi, kamu sekarang dapat menangkap gambar bokeh yang indah tanpa menghabiskan uang di ponsel kamu.

Tetapi kamera iPhone juga memiliki sensor yang lebih besar, yang meski resolusinya dikurangi, membuatnya lebih efisien dalam cahaya gelap daripada pesaingnya.

Ini juga mencakup gambar optik penstabil yang memungkinkan kamu menangkap gambar yang jelas bahkan pada kecepatan rana rendah. Banyak perangkat Android memiliki fitur lebih dari iPhone. Namun, iPhone biasanya melebihi apa yang ditawarkannya pada saat yang bersamaan.

Misalnya, kamera megapiksel tertinggi mungkin tidak tersedia. Ini dapat mengambil gambar yang indah dalam berbagai pengaturan pencahayaan yang sulit karena rentang dinamisnya yang luar biasa.

Untuk fotografi smartphone, kamera iPhone memiliki beberapa fitur. Secara alami, kamu dapat memperbesar atau mendapatkan foto close-up dengan lensa telefoto atau wide shot. Kamu juga dapat menggunakan keduanya untuk menghasilkan gambar latar belakang yang buram secara bersamaan.

Aplikasi Pihak Ketiga Fotografi

Aplikasi sama pentingnya dengan fungsi kamera ponsel kamu. Jadi, kamu harus memilih perangkat yang kompatibel dengan aplikasi kamu.

Apple telah dengan ketat mengontrol program yang diakuinya di toko aplikasinya selama bertahun-tahun. Ini menunjukkan bahwa itu tidak sebanyak dari opsi Android.

Alasannya adalah bahwa perusahaan memiliki kriteria ketat yang menjamin kualitas dan keamanan aplikasi yang ditawarkannya. Android bisa berhasil atau bahkan gagal dengan banyak aplikasi yang ada. Karena variasi perangkat lunak dan/atau perangkat keras di ponsel Android yang berbeda, banyak aplikasi memiliki lebih banyak masalah dan berantakan.

Android juga tidak memberikan upgrade seperti Apple. Akibatnya, secara signifikan lebih sensitif terhadap aplikasi yang rusak. Dan itu juga salah satu alasan aplikasi tertentu menjadi tidak kompatibel dengan perangkat Android tertentu.

Saat membeli smartphone, ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan. Tetapi kebanyakan, itu semua adalah pertanyaan tentang keinginan untuk memilih antara iPhone dan Android. Smartphone Android sama bagusnya dengan perangkat iPhone.

Android adalah yang ideal untuk kamu jika kamu menginginkan ratusan fitur. Tetapi jika kamu menginginkan ponsel tak tertandingi yang mengambil foto luar biasa dan memiliki pengalaman sempurna, iPhone adalah pilihan besar.

*

Referensi:

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *