Kenapa Kamera Leica Sangat Mahal?

Mengapa Leica begitu mahal? Ini adalah pertanyaan yang ditanyakan oleh hampir semua orang yang akrab dengan kamera dan fotografi.

Dalam industri fotografi, Leica sering dibandingkan dengan Rolex atau Bugatti. Meski kamera dan lensanya tak semahal brand itu, harganya lebih mahal daripada kebanyakan kamera DSLR dan kamera film analog.

Misalnya, salah satu kamera Leica termurah adalah C-Lux, yang merupakan kamera digital point-and-shoot dan harganya sekitar Rp17 juta. Di ujung lain, Leica S Typ 007 hampir Rp300 juta, sebuah kamera DSLR medium format.

Mengenal Brand Kamera Leica

kamera leica

Leica adalah perusahaan Jerman yang didirikan pada tahun 1914 oleh Ernst Leitz.

Faktanya selama lebih dari 100 tahun, banyak kamera Leica telah dibuat, dikerjakan dan/atau dirakit dengan tangan di pabrik mirip Willy Wonka di Wetzlar, Jerman.

Ada beberapa alasan mengapa harganya lebih mahal daripada kamera lain. Pertama, mereka dibuat di Jerman dengan kualitas luar biasa. Kamera dan lensa akan bertahan lama untuk Anda dengan tetap mempertahankan nilai jualnya.

Selain kualitas fisik kamera, hasil gambarnya juga berkualitas tinggi. Karena memiliki lensa yang bagus, gambarnya tajam dan tidak perlu diasah dalam post-processing.

Fotografer menyukai Leica karena kecil, cepat, dan menghasilkan gambar yang sangat tajam.

Brand kamera ini juga dibuat dalam jumlah kecil karena mereka fokus pada kualitas. Dengan produk berkualitas tinggi dan persediaan terbatas, harga yang lebih tinggi jadi tampak masuk akal.

Gambar-gambar di halaman ini, dibagikan oleh Leica Rumours, membuktikan fakta itu, karena mereka menggambarkan Leica SL2 baru yang diproduksi dengan susah payah secara handmade – sampai dengan menempatkan tanda titik merah ikon Leica yang ikonik di bagian depan kamera.

pembuatan kamera leica
pembuatan kamera leica
pembuatan kamera leica
pembuatan kamera leica
pembuatan kamera leica
pembuatan kamera leica
pembuatan kamera leica
pembuatan kamera leica
pembuatan kamera leica
pembuatan kamera leica

Jenis Kamera Leica

Berikut ini adalah berbagai jenis kamera yang ditawarkan Leica:

Leica M

M-System adalah klasik. Ini adalah kamera abadi, yang menghasilkan gambar luar biasa. Leica M-System dikenal sebagai sistem kamera full-frame paling ringkas di dunia. Teknologi ukurannya yang unik, pengintai, dan jendela bidik membuatnya cepat dan ringkas.

M-System mencakup Leica M10, Leica M, Leica M Monochrom, M10-P, MP, dan Typ 240.

Leica Q

Leica Q-System adalah kamera full-frame yang ringkas. Ini terdiri dari Leica Q dan Q2, yang memiliki perbedaan. Q2 yang diperbarui dan ditingkatkan memiliki sensor full-frame 47,3 megapiksel dan Summilux 28 mm f/1.7 ASPH yang cepat. Ini juga memiliki jendela bidik OLED resolusi tinggi yang baru dikembangkan yang memiliki resolusi 3,68 megapiksel.

Leica SL

SL-System adalah kamera sistem format penuh tanpa cermin. Ini memiliki Sensor CMOS 47 MP dan Prosesor Maestro III, yang mengambil foto resolusi tinggi.

Berbeda dengan M-series, sistem SL memiliki kemampuan autofokus, yang membuatnya lebih mudah memotret objek bergerak. Dua kamera di SL-System adalah Leica SL (Typ 601), dan SL2.

Leica S

S-System adalah kamera format medium digital, yang sempurna untuk profesional. Dibutuhkan kualitas gambar tertinggi, andal, dan ukurannya ringkas. Ini memiliki sistem rana ganda, resolusi 64 megapiksel, dan merekam video Cine 4K. S-System terdiri dari Leica S (Typ 007) dan Leica S3.

Leica CL dan TL

Sistem CL dan TL berukuran kecil. Keduanya adalah kamera L-mount, ringan, dan mengambil gambar berkualitas tinggi. Yang terbaru adalah Leica CL dan TL2.

Leica Sofort

Sofort dibuat untuk mengabadikan momen. Ini adalah kamera instan serbaguna yang kecil dan dirancang khusus untuk membingkai momen terbaik dalam hidup.

Leica Lux

V-Lux, D-Lux, dan C-Lux adalah kamera point-and-shoot yang tidak begitu dikenal seperti Leica M. Dibandingkan dengan sistem S, M, dan Q, kamera Lux lebih terjangkau, sambil tetap menawarkan kualitas gambar yang bagus.

Cara Menggunakan Kamera Leica

Saat kamu menggunakan kamera digital Leica, sebaiknya gunakan mode Aperture Priority karena kamu akan dapat fokus pada pemfokusan manual. Ini akan memakan waktu dan latihan, tetapi belajar bagaimana fokus dengan baik tak akan sia-sia.

Ini adalah kamera yang bagus untuk fotografi lanskap, potret, dan jalanan.

Mengapa Kamu Lebih Baik Membeli Leica Second?

Karena kamera Leica dibuat dengan kualitas luar biasa, membeli seconhand akan memastikan kamu menghemat uang dan tetap mendapatkan kamera yang andal. Selama masih dalam kondisi baik, kamu akan tahu bahwa kamera telah diuji dan berfungsi dengan baik.

Kamera Leica dibuat untuk menahan kelembaban dan debu, jadi ada kemungkinan besar kamu akan menemukan kamera bekas yang masih dalam kondisi baik.

Leica membuat kamera mutakhir dan dikenal karena kualitasnya yang spektakuler. Ini bukan kamera murah. Namun, jika kamu mampu membelinya, Leica bernilai investasi.

*

Referensi:

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *