20 Karakter Anime Berkacamata Paling Keren

Meski fungsi kacamata yang utama adalah untuk meningkatkan penglihatan pemakainya, tapi faktanya adalah tergantung pada konteks kacamata yang dipakai. Bisa jadi akan membuat pengguna terlihat seperti kutu buku culun, atau sebaliknya, membuat mereka terlihat keren.

Kacamata terkadang bisa terlihat keren di kehidupan nyata, meski jarang terjadi. Namun, dalam anime, kacamata mewakili tingkat kearifan tertinggi: kecerdasan, kepercayaan diri, kedisiplinan, gaya, dan sebagainya.

Karakter anime berkacamata juga biasanya pencipta plot twist paling ulung. Nah, berikut adalah beberapa karakter ikonik yang menonjolkan spesifikasi terbaik.

1. Jin (Samurai Champloo)

Jin (Samurai Champloo)

Ada hubungan aneh antara karakter anime yang memakai kacamata dengan tanggung jawab dan disiplin. Anime selalu menggambarkan karakter ini sebagai yang paling berkepala dingin.

Jin adalah salah satu protagonis Samurai Champloo, dan dia adalah kebalikan dari Mugen yang liar dan urakan. Jin adalah ahli pedang yang lebih memakai otak ketimbang otot.

Baca juga: 15 Anime Samurai Terbaik Sepanjang Masa

2. Shizuku Murasaki (Hunter x Hunter)

Shizuku Murasaki (Hunter x Hunter) karakter anime berkacamata

Shizuku Murasaki adalah anggota ikonik dari Genei Ryodan yang terkenal, meski dia tidak banyak terlibat dengan anggota lain dan selalu sendirian. Kemampuannya, Blinky, memungkinkannya untuk melahap item dalam jumlah tak terbatas, memberinya tugas untuk membersihkan tanpa meninggalkan jejak.

Kekuatan Shizuku yang sebenarnya masih menjadi misteri bagi banyak penggemar, karena dia belum pernah terlihat habis-habisan selama pertempuran. Bahkan selama pertempuran melawan semut chimera, dia bisa dengan mudah menang.

Shizuku memiliki kepribadian yang kalem, dia tidak banyak bicara atau mengekspresikan emosi apa pun, dia mampu bertahan melalui situasi sulit dan tetap tenang.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Hunter x Hunter

3. Kabuto (Naruto)

Kabuto (Naruto)

Pada debutnya, kita pikir dia tidak lebih dari seorang pesuruh. Kenyataannya memang begitu. Kabuto menghabiskan sebagian besar hidupnya sebagai mata-mata. Dia menjalani kehidupan licin seperti ular sampai kemudian dia akhirnya melampaui ular naga.

Naruto adalah serial yang penuh dengan penjahat yang ditulis dengan cerita bagus, seringnya memang tragis. Kabuto salah satunya, dan saya pikir dia penjahat terkeren di Naruto.

Baca juga: Panduan Nonton Naruto: Urutan Cerita dan Episode Filler

4. Shinpachi Shimura (Gintama)

Shinpachi Shimura (Gintama)

Meski menjadi salah satu anime Shonen yang paling diremehkan, Gintama tetap memiliki fandom yang setia. Serial ini adalah perpaduan beragam genre dengan komedi parodi sebagai elemen utamanya.

Menjadi seri yang tidak konvensional, seluruh pemeran utama Gintama terdiri dari karakter-karakter konyol. Satu-satunya orang yang membuat beragam kegilaan di anime ini terhubung dengan kenyataan adalah Shinpachi.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Gintama

5. Maes Hughes (Fullmetal Alchemist)

Maes Hughes (Fullmetal Alchemist)

Seringnya kacamata melambangkan keseriusan dan kecerdasan, dan dalam kasus Hughes, ada lebih dari itu. Hughes adalah pria yang lucu dan menyenangkan, yang juga cerdas dan pengamat yang teliti.

Dia berperan sebagai sosok paman bagi Elric bersaudara dan poros untuk militer. Kematiannya adalah salah satu momen paling menyedihkan dalam Fullmetal Alchemist.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Fullmetal Alchemist

6. Uryu Ishida (Bleach)

Uryu Ishida (Bleach)

Ishida adalah salah satu pemeran utama Bleach dan Quincy pertama yang diperkenalkan. Dia adalah pria penyendiri dan berkepala dingin yang benar-benar memenuhi semua hal yang tersirat dari kacamatanya tentang dirinya.

Dia selalu menjabat sebagai otak skuad. Tanpanya, Ichigo dan teman-temannya akan dijauhkan dari melakukan hal-hal sembrono.

Baca juga: Panduan Nonton Bleach: Urutan Cerita dan Episode Filler

7. Silver Rayleigh (One Piece)

Silver Rayleigh (One Piece)

Kacamata di anime tidak selalu ada untuk meningkatkan penglihatan. Terkadang, kacamata hanya sebagai aksesoris. Rayleigh memang memakai kacamata, tetapi kita tahu bahwa itu sama sekali tidak perlu.

Bahkan tidak masalah jika Rayleigh buta sekalipun, dia akan dapat melakukan segalanya dengan baik tanpa penglihatan. Ketika mencapai tingkat haki observer sekelas Rayleigh, penglihatan menjadi tidak relevan lagi.

Baca juga: Panduan Nonton One Piece: Urutan Cerita dan Episode Filler

8. Mari Makinami (Evangelion)

Mari Makinami (Evangelion)

Ada banyak hal yang diubah Rebuild of Evangelion dari serial anime aslinya, salah satu perubahan terbesar adalah kemunculan Mari Makinami Illustrious.

Peran Mari telah berubah dari cameo kecil yang kemudian sepenuhnya mengambil alih peran karakter lain. Mari menuju ke arah ketika dia berfungsi sebagai rival yang kompeten untuk Asuka, dan di akhir menjadi karakter sangat penting bagi Shinji Ikari.

Baca juga: Urutan Nonton Neon Genesis Evangelion

9. Yukio Okimura (Blue Exorcist)

Yukio Okimura (Blue Exorcist)

Yukio Okimura adalah karakter utama kedua dari Blue Exorcist. Dia adalah adik kembar Rin, sekaligus bertindak sebagai pengasuhnya. Sepanjang masa kecil mereka, Yukio selalu menjaga kakak laki-lakinya yang gegabah, dan itu tidak banyak berubah setelah mencapai usia dewasa.

Yukio sangat menyayangi kakak laki-lakinya meski dia punya kelainan, dan dia bekerja keras dan menjadi pengusir setan pada usia muda, semua demi melindungi kakak laki-lakinya.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Blue Exorcist

10. Anri Sonohara (Durarara!!)

Anri Sonohara (Durarara!!) karakter anime berkacamata

Di balik kepribadiannya yang pemalu terdapat kekuatan supernatural yang terlalu kuat untuk dikendalikan Anri Sonohara.

Dia tidak banyak bicara dan lebih suka menyendiri, sering mengasingkan diri dari orang lain. Anri sering online dan berkomunikasi dengan teman onlinenya dengan nama pengguna Saika.

Anri pertama kali bertemu Mikado di sekolah menengah di mana keduanya mengajukan diri untuk menjadi perwakilan kelas.

Sepanjang seri, hubungan mereka berubah menjadi persahabatan, Anri menjadi lebih terbuka tentang perasaannya terhadap Mikado dan setelah melihat kebaikannya, dia mulai mempercayai orang lain juga.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Durarara!!

11. Kazuma (Noragami)

Kazuma (Noragami) karakter anime berkacamata keren

Kazuma mengambil tanggung jawabnya dengan cukup serius sebagai anggota regalia Bishamon, seperti menjaga shinki lain agar tetap sejalan sampai mengurus tugas sehari-hari.

Kazuma juga sangat membantu Yukine, mengajarinya cara mengontrol kekuatannya dan berlatih untuk menjadi lebih kuat. Beberapa waktu kemudian, Kazuma menjadi salah satu shinki Yato untuk menepati janji.

Kazuma adalah sosok kakak yang dapat diandalkan, ia memiliki kepribadian yang tenang dan sekaligus ketegasan yang menyertainya. Dia sangat peduli pada tuannya dan sesama Shinki.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Noragami

12. Mirai Kuriyama (Kyoukai no Kanata)

Mirai Kuriyama (Kyoukai no Kanata)

Mirai Kuriyama adalah protagonis cewek dari serial dari Kyoto Animation ini. Dia tahun pertama di sekolah menengahnya bersama dengan Akihito Kanbara dan anggota Klub Sastra.

Meski tampak seperti gadis SMA biasa, Kuriyama sebenarnya adalah seorang pejuang dari dunia roh dari garis keturunan yang sudah punah dengan kemampuan untuk memanipulasi darahnya sebagai senjata.

Dia ragu-ragu tentang kemampuannya dan melakukan yang terbaik untuk mengendalikannya. Dia bertemu Akihito Kanbara, yang setengah Youmu, dan karena keabadiannya, dia menggunakannya untuk berlatih membunuh Youmus.

Mirai begitu pemalu dan memiliki kepribadian yang canggung. Dia berjuang untuk berteman atau bahkan berkomunikasi dengan orang lain. Dia sering beralih ke internet, menulis blog tentang pohon bonsai kesayangannya.

13. Doppo Kunikida (Bungou Stray Dogs)

Doppo Kunikida (Bungou Stray Dogs)

Kunikida adalah seorang pekerja keras yang tidak pernah mengambil jalan mudah, dan tidak beristirahat sampai pekerjaan yang ada selesai.

Kunikida selalu agak kesal pada Osamu Dazai karena sifatnya yang konyol tetapi dia tidak kehilangan ketenangannya. Dia lebih suka melakukan pekerjaannya sendiri, tetapi dia menugaskan Dazai sebagai mitra, jadi dia mencoba yang terbaik untuk menyeretnya untuk menyelesaikan kasus.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Bungou Stray Dogs

14. Hange Zoe (Attack On Titan)

Hange Zoe (Attack On Titan)

Di paruh pertama Attack on Titan, kita belum melihat banyak aksi dari Hange. Tapi, setelah awal babak kedua, kita menjadi semakin menyadari kehadirannya, bahkan secara tak sadar menjadikannya karakter favorit.

Strategi Hange sangat berkontribusi pada kelangsungan hidup geng Survey Corps dan bahkan umat manusia, dan mereka akan sangat tergantung padanya.

Baca juga: Panduan Nonton Attack on Titan (Shingeki no Kyoujin)

15. Shiroe (Log Horizon)

Shiroe (Log Horizon)

Ketika genre Isekai tiba-tiba meledak di paruh pertama dekade sebelumnya, banyak anime Isekai datang membanjiri. Log Horizon adalah salah satu pelopor ini, dan salah satu yang paling unik.

Serial ini tidak mengikuti rute Isekai konvensional, terutama dalam cara menangani protagonisnya. Shiroe adalah ahli strategi dan pengguna sihir level atas, dan dengan mudah menjadi protagonis Isekai terbaik.

Baca juga: 10 Anime Mirip Log Horizon

16. Tenya Iida (My Hero Academia)

Tenya Iida (My Hero Academia)

Tenya bertanggung jawab untuk menjaga Kelas 1-A yang aneh tetap terkendali. Ketua kelas ini menjalankan pekerjaannya dengan sangat serius dan bertanggungjawab.

Berbicara tentang karakter yang selalu siap beraksi, perwakilan kelas 1-A ini pasti berada di daftar teratas. Tenya adalah adik dari Pro Hero: Ingenium yang memiliki dampak besar dalam hidupnya, impian Iida adalah menjadi pahlawan pro seperti kakaknya dan melawan kejahatan.

Baca juga: Urutan Nonton Anime My Hero Academia

17. Hirotaka Nifuji (Wotakoi)

Hirotaka Nifuji (Wotakoi)

Berbeda dari beragam anime yang disebut di atas, Wotakoi adalah serial slice of life komedi.

Apa yang keren dari pekerja kantoran culun yang hobinya main video game? Justru inilah yang membuat Hirotaka sangat keren, karena dia tidak menyembunyikan identitasnya sebagai seorang otaku.

18. Maki Zenin (Jujutsu Kaisen)

Maki Zenin (Jujutsu Kaisen)

Maki adalah sosok senpai yang dapat diandalkan di sekolah Jujutsu Tokyo. Meski keluarganya menganiaya dia karena tak memiliki energi kutukan, Maki ingin menjadi penyihir jujutsu teratas.

Setelah meninggalkan keluarganya untuk menjadi penyihir jujutsu, Maki bergabung dengan SMA Jujutsu Tokyo berdasarkan spesialisasi senjatanya. Maki percaya pada kerja keras dan selalu melakukan yang terbaik dalam situasi apa pun, kemampuan fisiknya tidak tertandingi.

Meski kelihatan tegas dan judes, dia peduli dengan yang lain, terutama adik kelasnya karena dia mengambil waktu dari pelatihan pribadinya untuk membantu mereka.

Baca juga: Panduan Nonton Jujutsu Kaisen dan Urutan Cerita

19. Sakamoto (Sakamoto desu ga?)

Sakamoto (Sakamoto desu ga?)

Identitas Sakamoto yang sebenarnya adalah sebuah misteri; tidak ada yang tahu siapa dia atau dari mana asalnya, hanya namanya Sakamoto.

Sejujurnya tidak salah untuk menyebut karakter anime berkacamata ini sempurna, dia adalah definisi menjadi keren, dan semua yang dia lakukan dan lakukan dengan keyakinan seperti itu, sepertinya dia dilahirkan dengan keterampilan khusus itu.

Sakamoto memiliki kepribadian yang tenang dan tenang, dia selalu siap untuk apa pun dan tidak pernah terjebak dalam posisi yang buruk, dia juga memiliki sedikit keberuntungan karena segala sesuatu tampaknya selalu berjalan sesuai keinginannya.

Para cewek mencintainya dan tiap cowok ingin menjadi seperti dirinya, bahkan mereka yang awalnya membenci pun mulai mengaguminya.

20. Riko (Made in Abyss)

Riko (Made in Abyss)

Mimpinya adalah menjadi penjelajah dungeon kelas White Whistle legendaris seperti ibunya dan mengunjungi dasar Abyss untuk bertemu dengannya. Ketertarikan Riko dengan Abyss dimulai sejak dia masih kecil, dengan cepat mendapatkan peringkat Red Whistle.

Selama perjalanannya menyusuri Abyss, Riko menemukan banyak tantangan dan bertemu orang-orang yang mencoba menahannya tetapi kegigihannya begitu mengagumkan. Bahkan ketika dihadapkan dengan situasi hidup atau mati, dia tidak pernah menyerah dalam perjalanannya.

Riko adalah anak yang manis dan lugu. Dia memiliki kepribadian yang ingin tahu, selalu berusaha untuk belajar dan mengumpulkan informasi tentang Abyss.

Dia juga sangat bersemangat untuk menjadi Delver, ketertarikannya pada Abyss adalah yang membuatnya terus maju. Kemampuannya untuk tetap tenang dalam situasi stres benar-benar luar biasa.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Made in Abyss


Itu tadi beragam karakter anime berkacamata paling keren, tentunya masih ada banyak lagi. Mana yang jadi favorit kamu?

Agar tak ketinggalan tulisan menarik lain seputar anime, jangan lupa ikuti blog ini di Google News, ya!

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1773

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *