10 Karakter Cewek Anime Terbaik di Serial Gundam

Meski pilot mecha dari seri Gundam yang tetap menjadi bintang di anime mereka sendiri, tak diragukan lagi bahwa beberapa karakter cewek dari seri Gundam mendapatkan sorotan juga, baik untuk pertarungan atau kisah di balik sosoknya.

Di era perang mana pun dalam anime Gundam, karakter wanita ini menunjukkan bahwa mereka bisa menjadi pahlawan perang dengan caranya sendiri.

Dengan demikian, banyak karakter wanita ikonik Gundam datang bukan hanya sebatas bentuk bunga cinta sang protagonis, tetapi juga kapten kapal, awak kapal, tentara, dan bahkan pilot Gundam lainnya!

Dengan Mobile Suit Gundam: The Witch From Mercury yang dibintangi oleh protagonis perempuan pertama, sudah waktunya untuk melihat karakter wanita lain yang sama hebatnya dalam anime Gundam.

1. Sayla Mass (Mobile Suit Gundam)

Sayla Mass (Mobile Suit Gundam) karakter anime cewek

Mungkin salah satu karakter cewek pendukung pertama yang pernah diperkenalkan dalam seri Gundam. Sayla Mass dari Mobile Suit Gundam adalah lambang kompetensi di era perang yang penuh konflik.

Awalnya merupakan Artesia Som Deikun dari Principality of Zeon, yang merupakan adik perempuan dari Char Aznable, Sayla dibawa ke koloni Side 7.

Pertempuran yang terjadi di sana membawa Sayla Mass ke White Base, yang akhirnya membantu Earth Federation sebagai petugas komunikasi.

Selain membimbing pilot dengan arahannya, dia tidak takut untuk menyatakan pendapatnya dan melawan siapa pun yang menunjukkan kepengecutan di depannya.

Baca juga: Urutan Nonton Gundam Universal Century

2. Fa Yuiry (Zeta Gundam)

Fa Yuiry (Zeta Gundam) karakter cewek anime

3. Haman Karn (Zeta Gundam, Gundam ZZ)

Haman Karn (Zeta Gundam, Gundam ZZ)

Tidak seperti karakter wanita lain dalam serial Gundam, Haman Karn dari Mobile Suit Zeta Gundam dan sekuelnya Gundam ZZ tetap menjadi ikon karena satu alasan: menjadi salah satu penjahat paling menakutkan dalam serial tersebut.

Meski tulus dalam keyakinannya bahwa Bumi harus direformasi ke tempat yang lebih baik, visinya tentang dunia tidak memiliki tempat untuk para Earthnoid dan percaya bahwa mereka harus diselamatkan oleh Spacenoid sebagai gantinya, terutama dengan dia yang memimpin.

Haman Karn memiliki semua keterampilan yang dia butuhkan untuk pekerjaan itu.

Protagonis Judau Ashta sudah merasakan aura jahat tentang dirinya, yang terus-menerus dia sembunyikan karena sangat keren, tenang, dan karismatik. Namun, jauh di lubuk hati, Haman Karn kejam, tanpa ampun, dan tidak akan ragu membuang siapa pun untuk mencapai tujuannya.

4. Roux Louka (Gundam ZZ)

Roux Louka (Gundam ZZ) roux louka

Satu hal yang harus dikenali karena kecantikannya, dan hal lain yang sama mematikannya di satu bidang – dan kombinasi dua inilah yang membuat Roux Louka dari Mobile Suit Gundam ZZ menjadi karakter cewek anime yang ikonik.

Dengan semua orang di serial ini segera terpana dengan penampilannya, terutama para cowok, Roux dapat segera menggunakan persona femme fatale ini untuk keuntungannya, terutama dengan pekerjaannya sebagai pilot ace.

Kenyataannya, keterampilan pilotingnya perlu diakui karena dia mampu mengendalikan Zeta Gundam punya Kamille Bidan.

Ini saja membuktikan bahwa Roux memiliki apa yang diperlukan untuk mengemudikan mecha revolusioner, dan dapat berdiri sejajar dengan orang-orang seperti Judau Ashta dalam perang antara AEUG melawan Neo Zeon.

5. Christina MacKenzie (Gundam 0080: War in the Pocket)

Christina MacKenzie (Mobile Suit Gundam 0080: War in the Pocket)

Christina memiliki penampilan anggun yang bahkan langsung membuat musuh-musuhnya ketar-ketir merasa tak memiliki skill pilot. Bahkan, ia bukan seorang Newtype.

Christina telah terbukti mahir sebagai pilot yang mampu mengalahkan banyak musuh dalam satu pukulan. Kemampuan inilah yang ia yakini sebagai uji coba Gundam RX-78NT-1 “Alex”.

6. Relena Darlian (Gundam Wing)

Relena Darlian (Mobile Suit Gundam Wing) karakter cewek anime waifu

Meski awalnya muncul sebagai gadis dalam kesusahan, Relena Darlian dari Mobile Suit Gundam Wing mungkin adalah salah satu karakter wanita paling ganas dalam seri Gundam.

Awalnya Relena Peacecraft, pertemuan Relena dengan pilot Gundam Heero Yuy akan membuatnya terlibat dalam perang antara Bumi dan koloni di luar planet ini.

Namun, dorongannya untuk perdamaian yang memungkinkannya menggunakan warisannya untuk kebaikan umat manusia. Sepanjang seri, Relena memperkuat otoritasnya atas warisannya dan memimpin jalan menuju pasifisme – sesuatu yang benar-benar dibaktikan keluarganya.

Namun, kebaikan dan pandangannya untuk hari esok yang lebih baik memungkinkannya menjadi salah satu karakter Gundam yang lebih ikonik di luar sana.

7. Lacus Clyne (Gundam SEED, Destiny)

Lacus Clyne (SEED, Destiny) karakter cewek anime

Ketika seseorang memikirkan Gundam, orang mungkin akan langsung berpikir tentang protagonis wanita berambut merah muda – dan semua orang dapat menyalahkan ini pada Lacus Clyne dari Mobile Suit Gundam SEED dan sekuelnya SEED Destiny.

Sementara pada awalnya seorang gadis dalam kesusahan dengan jenis kenaifan unik yang tampak aneh selama perang yang sedang berlangsung, tampaknya sifat lemah lembut ini adalah kedok dari sifat asli Lacus Clyne: seseorang yang mempromosikan perdamaian.

Awalnya ditugaskan untuk menjadi sosok idola untuk memotivasi Pasukan ZAFT, Lacus Clyne akhirnya menggunakan warisannya untuk membantu menghentikan perang di sekelilingnya.

Dia akhirnya menjadi komandan bersama Fraksi Clyne dan bahkan memimpin Aliansi Tiga Kapal, meyakinkan kekasihnya Kira Yamato dan mantan tunangan Athrun Zala untuk bersatu dan menghentikan Perang Aliansi-SEED Pertama.

Begitulah pengaruhnya sehingga dia mempertahankan kehadirannya sebagai faksi netral di sekuelnya.

10. Rain Mikamura (G Gundam)

Rain Mikamura (G Gundam)

Sementara Domon Kasshu sang protagonis Mobile Suit G Gundam menyediakan lebih dari cukup hiburan berdarah panas dalam seri ini, asisten dan pendampingnya Rain Mikamura yang memberikan suara alasan yang sangat dibutuhkan ketika keadaan menjadi tidak terkendali.

Awalnya belajar untuk menjadi dokter, Rain kembali ke Neo Jepang dan menjadi mekanik dan asisten dalam upaya Domon untuk memenangkan Turnamen Gundam.

Begitulah keahliannya dalam berbagai spesialisasi sehingga Rain adalah semacam tim satu wanita untuk pekerjaan apa pun yang memungkinkan.

Selain pelatihan medisnya, keakrabannya dengan Shining Gundam memungkinkannya untuk mengemudikannya saat diperlukan, bahkan mendapatkan Gundamnya sendiri dalam bentuk Rising Gundam.

Empatik dan penyayang, Rain adalah tipe cewek yang “tidak ada yang tertinggal”, dan lebih dari mampu berbicara dan bahkan menembak untuk mencapai tujuannya.

Dia akhirnya menjadi pilot dari Core Fighter, membantu Amuro dalam pertempuran mereka dengan Mobile Suit lainnya.

9. Soma Peries/Marie Parfacy (Gundam 00)

Soma Peries (Gundam 00)

Ancaman Celestial Being dan Gundam terhadap semua peperangan di Mobile Suit Gundam 00 membuat kekuatan dunia berputar untuk menemukan solusi untuk masalah ini, Liga Reformasi Manusia mengaktifkan kembali Program Super Soldier untuk menghasilkan pilot mecha spesial.

Soma Peries menjadi kandidat terbaik mereka untuk pekerjaan itu.

Berorientasi pada tujuan dan taktis, Soma Peries dapat menggunakan mecha yang lebih besar dan lebih lambat untuk bersaing dengan orang-orang seperti Allelujah Haptism dan Gundam Kyrios-nya yang sangat cepat.

Namun, terungkap bahwa Soma sebenarnya adalah kepribadian alternatif yang lahir dari ketegangan Program Super Soldier. Kepribadian aslinya, Marie Parfacy, adalah orang dengan cinta untuk perdamaian.

Ketika ingatan Marie kembali, persona Soma tidak menentangnya sama sekali, malah memilih untuk hidup berdampingan dalam pikiran.

Dengan demikian, Soma dan Marie adalah keseimbangan sempurna dari seorang pejuang tanpa ampun terutama ketika orang yang dicintainya terancam.

10. Fumina Hoshino (Gundam Build Fighters Try)

Fumina Hoshino (Build Fighters Try)

Di dunia di mana Gunpla Battles telah menginspirasi banyak pembuat dan pilot untuk membuat model Gunpla yang unik, Fumina Hoshino dari Gundam Build Fighters Try adalah siswa sekolah menengah yang sifat kepedulian dan dorongannya untuk sukses mendorong rekan-rekannya Sekai Kamiki dan Yuuma Kousaka.

Sementara karakter cewek anime dalam seri Gundam tipikal akan membuat Fumina berdiri di belakang petarung terampil Sekai dan pembangun terampil Yuuma, Fumina selalu memiliki trik yang mengejutkan bahkan yang paling elit dari lawan mereka.

Sepanjang seri, Fumina hadir dengan metode unik untuk memanfaatkan kekuatan timnya dalam pertempuran. Pertama, Winning Gundam yang menjadi ciri khasnya dianggap hanya sebagai Core Booster padahal sebenarnya bisa berubah menjadi SD Gundam – memberinya dua mesin dalam satu.

Bentuk SD yang ditingkatkan, Star Winning Gundam, benar-benar dapat berubah menjadi tipe nyata. Tidak hanya itu, dia memastikan bahwa komponen Gundam tim dapat saling bertukar, memastikan bahwa satu mesin selalu dapat menggunakan bagian yang lain.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1772

2 Comments

  1. Sebetulnya ada cerita Gundam yang full berkisah protagonis wanita (bukan salah satu atau side character) Asuna Elmarit dan Tiel Nombreux.
    Untuk Zeta Gundam menurut gue Emma Sheen jauh lebih badass dibanding Fa Yui yang kemampuan pilotingnya lemah banget. Apalagi Emma mampu memegang Mark II dan Zeta dengan baik. Mungkin jauh lebih baik dari Sayla (yang civilian) dan Christina (test pilot) – sedikit dibawah Roux Louka. Kenapa tidak ada ya? Apa karena ga happy ending? Hehehe

    • Itu serial dari manga ya, belum baca euy.

      Iya ini nulisnya buru-buru sih, sebenarnya baru nulis blog versi Inggris di yg lain soal “strongest female pilot in Gundam” itu udah masukin Emma, dan emang dari prinsip sama pilotingnya sama-sama kuat. Pas nulis ini emang tadinya mau masukin Emma juga, tapi entah kenapa malah jadi Fa Yuiry (deskripsinya masih kosong pula hihi). Mungkin ini karena baru nonton ZZ ngeliat Fa care banget ke Kamille, jadinya rada bias.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *