15 Karakter One Piece dari Sosok Bajak Laut Nyata

Beberapa penggemar One Piece mungkin tidak menyadari bahwa banyak karakter sebenarnya didasarkan pada bajak laut kehidupan nyata atau tokoh bahari lainnya.

Pencipta Eiichiro Oda telah mendasarkan beberapa karakter pada tokoh kehidupan nyata dan banyak dari mereka adalah bajak laut.

Bagian dari kecemerlangan Eiichiro Oda di balik seri ini terletak pada kenyataan bahwa ia menarik inspirasi kehidupan nyata untuk banyak karakter bajak lautnya.

1. Gol D. Roger Terinspirasi dari Olivier Levasseur

gol d roger one piece

Gol D. Roger adalah alasan utama One Piece memiliki kisah untuk diceritakan. Bagaimanapun, dia adalah Raja Bajak Laut legendaris yang menantang bajak laut masa depan untuk menemukan harta karunnya.

Roger kemungkinan didasarkan pada bajak laut kehidupan nyata Olivier Levasseur, yang juga menantang orang lain untuk menemukan harta karun legendarisnya. Sampai hari ini, masih belum ditemukan.

Inspirasi lainnya adalah Henry Every, seorang bajak laut tahun 1600-an yang perbuatannya membuatnya mendapatkan gelar “Raja Bajak Laut” dan menginspirasi tokoh-tokoh seperti Blackbeard.

2. Roronoa Zoro Terinspirasi dari François l’Olonnais

roronoa zoro anime one piece

Salah satu anggota kru Topi Jerami, Roronoa Zoro juga merupakan salah satu karakter paling populer di serial ini. Zoro adalah orang pertama yang bergabung dengan Luffy dalam petualangannya menjadi Raja Bajak Laut.

Zoro memiliki impian untuk mencapai gelar Pendekar Pedang Terkuat di Dunia.

Zoro juga didasarkan pada bajak laut kehidupan nyata bernama François l’Ollonais. Nama keluarganya, Roronoa, didasarkan pada pengucapan Jepang dari kapten bajak laut itu.

François l’Ollonais adalah seorang bajak laut terkenal yang aktif selama tahun 1660-an.

3. Alvida Terinspirasi dari Awilda

alvida one piece

Alvida adalah bajak laut wanita pertama yang ditemui dalam seri ini dan juga pengguna Buah Iblis wanita pertama yang diketahui.

Buah Iblisnya, Sube Sube no Mi, memberi Alvida transformasi fisik yang dramatis yang membuat kulitnya sangat halus dan licin.

Baca juga: Top 15 Waifu di One Piece, Lebih dari Sekadar Fanservice

Alvida kemungkinan didasarkan pada sosok legendaris Awilda, yang diyakini sebagai bajak laut yang menjadi Ratu Denmark.

Namun, banyak sejarawan mempertanyakan kebenaran cerita Awilda ini, dan dia secara luas dianggap sebagai legenda mitos ketimbang tokoh sejarah.

4. Zeff Terinspirasi dari “Red Legs” Greaves

zeff red leg one piece

Dia mungkin telah menyerahkan hari-hari bajak lautnya untuk menjadi kepala koki Baratie, tetapi dia tetap dikenal sebagai “Kaki Merah” saat dia menjadi kapten Bajak Laut Cook.

Zeff adalah mentor Sanji yang mengajarinya semua yang dia tahu tentang memasak.

Inspirasi Zeff kemungkinan berasal dari “Red Legs” Greaves, seorang bajak laut Skotlandia yang aktif di Karibia dan Hindia Barat selama 1670-an.

Greaves dianggap sebagai bajak laut yang sukses pada masanya, tetapi kurangnya catatan sejarah menunjukkan bahwa dia mungkin cuma fiksi.

5. Yorki Terinspirasi dari Calico Jack

yorki calico one piece

Yorki adalah bajak laut terkenal dari sebelum peristiwa One Piece. Fans mengenalnya melalui Brook, yang pernah menjadi bagian dari kru Yorki.

Yorki adalah kapten Bajak Laut Rumbar dan mendapat julukan “Calico” Yorki. Bagian “Calico” dari nama panggilannya kemungkinan mengacu pada Calico Jack.

Lahir sebagai John Rackham, Calico Jack adalah seorang kapten bajak laut Inggris yang aktif pada awal abad ke-18.

Dia kebanyakan beroperasi di Bahama dan sekitar Kuba, tempat dia mengumpulkan kekayaan bajak lautnya. Khususnya, ia juga bertemu dengan bajak laut Anne Bonny.

6. Jewelry Bonney Terinspirasi dari Anne Bonny

jewelry bonney one piece

Jewelry Bonney adalah salah satu anggota Generasi Terburuk dan pemimpin Bajak Laut Bonney. Buah Iblisnya memungkinkan dia untuk mengubah usia orang yang disentuhnya.

Bonney didasarkan pada bajak laut kehidupan nyata Anne Bonny. Anne Bonny adalah seorang bajak laut wanita terkenal yang aktif selama abad ke-18. Meskipun dia terlahir sebagai wanita bangsawan, dia mengakhiri hidupnya sebagai bajak laut.

7. Eustass Kid Terinspirasi dari William “Captain” Kidd

eustass kidd one piece

Eustass Kid adalah salah satu bajak laut paling terkenal dalam seri ini. Seperti Bonney, dia juga merupakan bagian dari Generasi Terburuk.

Eustass Kid adalah kapten Bajak Laut Kid, dan dia adalah salah satu Supernova terkuat. Kid bahkan mampu melukai Sweet Commander Bajak Laut Big Mom.

Nama keluarga Eustass Kid diambil dari Eustace the Monk, yang merupakan bajak laut Prancis yang dikenal sebagai tentara bayaran.

Nama Kid terinspirasi oleh bajak laut Skotlandia yang dikenal sebagai William “Captain” Kidd, yang dieksekusi karena pembajakannya.

8. Basil Hawkins Terinspirasi dari Basil Ringrose & John Hawkins

basil hawkins one piece

Basil Hawkins adalah kapten Bajak Laut Hawkins yang akhirnya bergabung dengan Kaido dan menjadi headliner Bajak Laut Beasts.

Hawkins memiliki Wara Wara no Mi, yang memberinya kemampuan unik untuk mengendalikan jerami. Dia sangat ahli dengan kekuatan Buah Iblisnya dan bahkan bisa membuat boneka voodoo untuk menyerap damage.

“Basil” kemungkinan berasal dari Basil Ringrose, seorang bajak laut dan penulis Inggris. “Hawkins” dapat dikaitkan dengan John Hawkins, seorang komandan angkatan laut Inggris abad ke-17. Ini juga terkait dengan protagonis dari kisah bajak laut fiksi terkenal Treasure Island.

9. X Drake Berdasarkan Sir Francis Drake

x drake one piece

X Drake adalah anggota Bajak Laut Beasts dan salah satu dari Tobi Roppo, yang merupakan enam kru Bajak Laut Beasts terkuat.

X Drake memiliki Buah Iblis tipe zoan mitos kuno yang dikenal sebagai Ryu Ryu no Mi, Model: Allosaurus. Dia memiliki kontrol yang baik atas Buah Iblisnya sekaligus mampu menggunakan Haki.

Dia kemungkinan besar didasarkan pada Sir Francis Drake, yang merupakan bajak laut Inggris dan penjelajah Eli yang terkenal zaman elizabethan.

10. Edward Newgate Terinspirasi Oleh Edward Teach

edward newgate shirohige

Edward Newgate dikenal di seluruh dunia sebagai Shirohige, Manusia Terkuat di Dunia dan Raja Lautan. Tidak ada keraguan bahwa Shirohige adalah salah satu karakter terkuat sampai akhir.

Dia memiliki Buah Iblis Gura Gura no Mi, yang memungkinkan dia untuk membuat gempa.

Nama depan Shirohige diambil dari Edward Teach (alias Blackbeard). Nama belakangnya berasal dari Penjara Newgate yang terkenal, yang merupakan penjara di London yang memenjarakan banyak bajak laut terkenal selama Zaman Keemasan Pembajakan yang bersejarah.

11. Blackbeard Juga Terinspirasi dari Edward Teach

blackbeard kurohige one piece

Marshall D. Teach, juga dikenal sebagai Blackbeard, adalah kapten Bajak Laut Blackbeard di One Piece. Dia adalah anggota terbaru dari Yonko. Dia menjadi Yonko setelah dia mengalahkan sisa-sisa Bajak Laut Shirohige.

Marshall D. Teach terinspirasi oleh bajak laut kehidupan nyata paling terkenal, yang sebenarnya bernama Blackbeard. Namun, nama Blackbeard di kehidupan nyata adalah Edward Teach.

Jadi, Oda menggunakan nama belakang bajak laut kehidupan nyata untuk Blackbeard di One Piece. Hal ini memunculkan Marshall D. Teach bukannya Edward Teach.

12. Lafitte Terinspirasi dari Jean Lafitte

lafitte one piece

Lafitte adalah salah satu kru Blackbeard yang paling tepercaya. Dia awalnya seorang sheriff di sebuah kota di West Blue, tetapi dia dipenjara karena terlalu kejam. Setelah itu, Lafitte bergabung dengan Bajak Laut Blackbeard. Saat ini, dia adalah kapten kapal kelima Bajak Laut Blackbeard.

Lafitte didasarkan pada Jean Lafitte, yang pernah menjadi pelindung hukum pada satu titik dalam hidupnya. Namun, dia tidak bisa menahan rasa laparnya akan tindakan dan uang, jadi dia memutuskan untuk menjadi bajak laut. Jean Lafitte aktif selama tahun 1800-an.

13. Charlotte “Big Mom” ​​Linlin Berdasarkan Charlotte Badger & Charlotte de Berry

Charlotte "Big Mom" ​​Linlin one piece

Charlotte “Big Mom” ​​Linlin adalah kapten Bajak Laut Big Mom. Big Mom dulunya adalah anggota Bajak Laut Rocks, yang merupakan salah satu kru terkuat dalam sejarah One Piece.

Linlin memiliki Soru Soru no Mi, yang memungkinkan dia untuk mengambil jiwa orang lain. Dia saat ini menawarkan bounty 4.388.000.000 berry.

Namanya telah diambil dari dua bajak laut kehidupan nyata, Charlotte Badger dan Charlotte de Berry.

14. Silvers Rayleigh Berdasarkan Sir Walter Raleigh

Silvers Rayleigh anime one piece

Silvers Rayleigh dulunya adalah bagian dari salah satu kru terkuat yang pernah berlayar di Grand Line. Meskipun tidak memiliki kekuatan Buah Iblis, Rayleigh dianggap sebagai salah satu karakter terkuat dalam seri.

Kemampuan Rayleigh telah menurun seiring bertambahnya usia, tetapi dia masih mampu melawan Laksamana Angkatan Laut.

Baca juga: 10 Pengguna Haoshoku Haki Terkuat di One Piece

Rayleigh sangat mungkin didasarkan pada orang Inggris Sir Walter Rayleigh, yang dikenal karena usahanya membawa penggunaan tembakau ke arus utama dalam masyarakat Inggris.

Dia juga mengingatkan pada John Silver dari Treasure Island.

15. Cavendish Terinspirasi dari Thomas Cavendish

cavendish one piece

Meskipun awalnya dia bermusuhan dengan Bajak Laut Topi Jerami, Cavendish akhirnya berubah sisi dan menjadi pendukung tujuan Luffy. Dia pria rupawan dengan kepribadian ganda bernama Hakuba. Cavendish bisa dianggap terlalu sombong dan arogan.

Inspirasinya kemungkinan besar adalah Sir Thomas Cavendish, seorang penjelajah dan privateer Inggris terkenal yang kemudian dikenal sebagai “The Navigator.”

Thomas Cavendish dikenal sebagai salah satu navigator awal yang berhasil mengelilingi dunia pada akhir tahun 1500-an, sebuah ekspedisi yang membuatnya kaya.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *