10 Buku dan Karya Franz Kafka Terbaik

Sepanjang hidup Franz Kafka, dia bergumul dengan perasaan terasing dan terasing. Ini adalah dua tema utama yang terlihat jelas di seluruh novel dan cerpennya bersama, ketakutan, absurditas, dan gagasan di balik Eksistensialisme.

Sayangnya, beberapa karya dalam daftar ini belum selesai karena kematian Kafka di usia empat puluh tahun. Semua yang termasuk dalam kategori ini direncanakan untuk dibakar, seperti yang dinyatakan dalam surat wasiatnya. Untungnya, teman seumur hidupnya, Max Brod, menyimpan karya-karya ini dan menerbitkannya.

1. The Metamorphosis

franz kafka the metamorphosis book penguin cover

The Metamorphosis adalah novel Franz Kafka yang paling terkenal dan umumnya dianggap sebagai mahakaryanya.

Kisah ini ditulis dalam tiga minggu dalam ledakan inspirasi dan melahirkan kisah Gregor Samsa. Gregor, seorang penjual keliling biasa, bangun pada suatu pagi untuk mengetahui bahwa dia telah berubah menjadi serangga raksasa.

Transformasi ini berjalan tanpa penjelasan atau alasan. Dia akhirnya kehilangan kontak dengan kemanusiaannya dan meninggal, yang membuat anggota keluarganya senang.

2. The Trial

franz kafka the trial book penguin

The Trial adalah novel pendek yang mengikuti kisah Josef K., seorang pria yang dituduh melakukan kejahatan yang tidak diketahui.

Di sepanjang cerita, dia mencoba tanpa hasil untuk mencari tahu apa yang seharusnya dia lakukan, tetapi tidak pernah diungkapkan kepada K. atau pembaca.

Dia dituntut oleh otoritas yang tidak dapat dia akses, juga tidak memiliki kemampuan nyata untuk membela diri.

3. The Castle

franz kafka the castle book

The Castle adalah novel yang mengikuti “K” sang protagonis yang tiba di sebuah desa, berharap mendapatkan akses ke kastil. Dia berjuang untuk menyelesaikan tugas ini dan sayangnya, Franz Kafka meninggal sebelum menyelesaikan novelnya.

Dia menyarankan bahwa itu akan berakhir dengan K. sekarat di desa dan menerima surat Kafkaesque yang absurd dari kastil.

4. Letter to His Father

franz kafka letter to his father

Ini adalah surat setebal 40+ halaman yang ditulis Kafka untuk ayahnya Hermann. Di dalamnya, dia menguraikan ketakutan dan tekanan masa kecilnya dan pengaruh ayahnya terhadap dirinya, kebanyakan negatif.

Kafka berharap dengan menulis surat ini dia dan ayahnya dapat menjembatani kesenjangan di antara mereka. Tapi, ibunya tidak pernah memberikan surat itu kepada ayahnya seperti yang dia minta. Sebaliknya, itu dikembalikan kepadanya.

5. Amerika

franz kafka amerika the man who disappeared book

Novel yang tidak lengkap ini juga dikenal dengan judul The Man Who Disappeared. Karya Franz Kafka ini ditulis antara tahun 1911 dan 1914.

Novel ini menggambarkan perjalanan Karl Roßmann dari Eropa yang saat itu masih berusia enam belas tahun. Ia terpaksa berimigrasi ke Amerika menjadi skandal yang melibatkan pembantu rumah tangga.

Novel itu terputus tanpa kesimpulan tetapi Kafka memberi tahu temannya Max Brod bahwa novel itu akan diakhiri dengan rekonsiliasi.

6. A Hunger Artist

Dalam kisah yang aneh dan meresahkan ini, Franz Kafka menggambarkan profesi seorang seniman kelaparan yang membuat dirinya kelaparan demi hiburan orang lain.

Artis yang menjadi fokus cerita ini sudah mulai kehilangan minat pada profesinya. Pada saat yang sama, ia mencapai puncak seninya. Novel ini diterbitkan pada tahun 1922.

7. Letters to Milena

Buku ini adalah kumpulan dari banyak surat Franz Kafka yang dia tulis kepada Milena Jesenská selama periode tiga tahun di tahun 1920-an.

Pertama kali diterbitkan dalam bahasa Jerman pada tahun 1952 dan kemudian dalam bahasa Inggris setahun kemudian. Dipenuhi dengan kutipan-kutipan berkesan yang menjelaskan kondisi mental Kafka selama periode itu.

8. A Country Doctor

A Country Doctor adalah cerita pendek yang ditulis pada tahun 1917 dan diterbitkan dalam kumpulan dengan nama yang sama. Ini merinci perjalanan seorang dokter di tengah malam musim dingin.

Dia pergi mengunjungi seorang pasien dan sementara di sana menghadapi serangkaian rintangan yang tidak masuk akal dan tidak nyata.

9. The Burrow

Kisah ini adalah salah satu dari beberapa cerita yang belum diselesaikan Franz Kafka sebelum dia meninggal. Itu diterbitkan secara anumerta pada tahun 1931.

Ini adalah kisah yang aneh dan menakutkan tentang makhluk yang menggali melalui sistem terowongan yang dibangunnya selama masa hidupnya. Makhluk itu selalu takut akan sesuatu yang terjadi pada liangnya atau satu jenis serangan dari musuh. Dia mulai terobsesi dengan kebisingan dan memutuskan untuk menyelidikinya.

Diperkirakan bahwa cerita itu seharusnya diakhiri dengan invasi binatang buas yang mengganggu sistem.

10. The Penal Colony

The Penal Colony bercerita tentang eksekusi brutal dan mengerikan dari seorang tahanan. Narasinya sangat berfokus pada “aparat” yang akan mengukir hukuman narapidana di punggungnya sebelum membiarkannya mati.

Melalui cerita, tujuan dari proses ini terungkap. Adalah keyakinan administrator bahwa hanya melalui rasa sakit seorang narapidana akan mengetahui kebenaran dari kesalahan mereka.


Nah itu beragam karya Franz Kafka yang sudah dibukukan.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *