Keuntungan Memiliki E-Wallet di Era Globalisasi

Di era globalisasi seperti sekarang ini, kita terus dipacu untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Salah satunya yakni penggunaan E-Wallet atau dompet digital sebagai alat pembayaran terintegrasi. Lantas, apa itu E-Wallet? Bagaimana cara kerja dan penggunaannya?

Secara umum, E-Wallet atau sebuah dompet elektronik adalah sebuah sistem yang dikembangkan untuk memudahkan pengguna dalam mengelola transaksi secara digital.

Terlepas dari pro dan kontra terkait adaptasi teknologi, saat ini kehadiran E-Wallet dinilai mampu memberikan efek positif bagi kehidupan sehari-hari.

Keuntungan Memakai E-Wallet untuk Kehidupan Sehari-hari

E-Wallet mulai berkembang pesat seiring menjamurnya startup fintech di Tanah Air. Belakangan ini, pemerintah bahkan sudah menerbitkan regulasi yang mengatur tentang legalitas transaksi menggunakan uang elektronik untuk semakin memudahkan proses adaptasi teknologi.

Nah, berikut ini beragam keuntungan memakai E-Wallet:

1. Terhindar Uang Palsu

Salah satu kelebihan dari E-Wallet adalah mampu mengurangi peredaran uang palsu. Pasalnya, teknologi uang digital yang disimpan pada E-Wallet masih sangat susah ditembus dari sisi keamanan.

Setiap transaksi digital, baik pembeli maupun penjual juga tidak perlu memikirkan kembalian karena E-wallet bisa memotong saldo hingga jumlah desimal sesuai jumlah pembayaran.

2. Transaksi Lebih Cepat

Jika dibandingkan dengan menggunakan uang konvensional, proses transaksi menggunakan E-Wallet relatif jauh lebih cepat.

Untuk membayar, pembeli tinggal melakukan scan barcode yang sudah disediakan oleh penjual, tanpa perlu mengeluarkan dompet ataupun menghitung uang sesuai nominal yang dibutuhkan.

3. Menghidari Penyebaran Virus dan Bakteri

Di tengah kondisi pandemi virus corona COVID-19 seperti sekarang ini, penggunaan E-Wallet bisa meminimalisir kontak dengan orang lain. Bahkan, pemerintah secara resmi memberikan anjuran terkait hal ini guna mencegah adanya penyebaran virus melalui uang tunai.

4. Lebih Praktis

Pernahkah lupa membawa dompet ketika sudah sampai di depan kasir toko? Nah, Dengan adanya E-Wallet sahabat tidak perlu khawatir ketika lupa membawa dompet atau uang tunai saat berbelanja, karena pembayaran bisa dilakukan dengan aplikasi E-Wallet yang sudah terinstal di smartphone.

5. Riwayat Transaksi Lengkap

Adanya fitur pencatatan riwayat transaksi merupakan fitur menarik dari E-Wallet. Dengan adanya riwayat transaksi yang jelas, sahabat bisa lebih mudah dalam melacak setiap pengeluaran maupun pemasukan.

Beragam Keuntungan Memakai e-Wallet BRIzzi

Salah satu contoh E-Wallet adalah BRIzzi dari bank BRI, berupa kartu yang dapat diisi ulang dengan saldo maksimal satu juta.

Pengisian saldo dapat dilakukan di berbagai lokasi seperti mini market, ATM, hingga mbanking BRI terbaru BRImo.

transaksi brizzi dompet digital

Siapa saja dapat menggunakan BRIzzi, tidak harus nasabah bank BRI. Menggunakan BRIzzi sangatlah mudah, hanya tinggal Tap In BRIzzi ketika akan melakukan transaksi.

Berbagai transaksi dapat dilakukan seperti sebagai tiket kendaraan umum kereta api, MRT, Trans Jakarta, sebagai pembayaran di merchant yang menerima BRIzzi.

Tinggalkan komentar