Tips Aman Kredit Mobil Baru yang Sesuai Kondisi Keuangan

Ketika kamu ingin membeli mobil baru, ada beberapa cara dalam pembeliannya, mulai dari tunai, cicilan, hingga kredit. Hal tersebut didasarkan pada kemampuan finansial yang dimiliki bukan?

Nah, berbicara masalah kredit mobil baru, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar proses tersebut tetap aman dan tentunya tidak membahayakan kondisi keuangan. Berikut penjelasannya:

1. Susun Budget dengan Bijak

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah menyusun budget dengan tepat yang mana terdapat perhitungan pendapatan tetap hingga pengalokasiannya.

Kamu dapat mengalokasikan ke berbagai pos dengan bijak, namun yang perlu diutamakan adalah tabungan bulanan.

Kemudian buat persentase pengeluaran, terutama pengeluaran untuk kebutuhan pokok. Setelah itu, kamu dapat membagi persentase untuk yang lainnya.

Dari sini, kamu dapat mengetahui besaran anggaran kredit yang bisa diambil tanpa perlu mengganggu kondisi keuangan kamu. Karena semua pemasukan dan pengeluaran sudah kamu perhitungkan.

2. Pastikan Lolos BI Check

Bank Indonesia merupakan pengawas transaksi keuangan nasional yang memiliki sistem pendataan otomatis saat seseorang memakai kredit bank atau leasing.

Maka dari itu, sebagai calon debitur pastikan tidak memiliki cicilan kredit bermasalah, terutama pada kartu kredit. Karena hal tersebut akan otomatis masuk dalam blacklist BI dan tentunya tidak dapat mengajukan kredit.

kredit mobil

3. Pilih Mobil Sesuai Kebutuhan

Tips kredit mobil selanjutnya adalah pastikan kamu membeli mobil sesuai kebutuhan, bukan untuk terlihat keren dan tidak melihat kondisi keuangan kamu. Hal tersebut akan berdampak pada proses cicilan nantinya, jika tidak mampu melunasi akan berujung pada penyitaan.

Pemilihan mobil yang sesuai kebutuhan akan memiliki nilai manfaat yang maksimal. Meski begitu, kamu tetap harus menyeimbangkan dengan kondisi finansial kamu.

4. Pilih Jumlah Cicilan dengan Cermat

Untuk memastikan kondisi finansial kamu tetap stabil saat melakukan kredit mobil baru, maka harus pastikan jumlah cicilan tidak mengganggu alokasi dana yang sudah kamu tentukan.

Setidaknya besaran cicilan yang kamu ambil jangan lebih dari 30% dari penghasilan tetap kamu, sehingga alokasi dana tetap aman dan tidak berantakan.

Sebagai tambahan, kamu juga harus menyiapkan dana darurat kalau-kalau kamu mengalami suatu kesulitan terutama dalam masalah keuangan.

Nah, dana ini sangat bermanfaat ketika dalam keadaan tersebut. Sehingga kamu juga akan terhindar dari kredit macet yang berujung pada penyitaan mobil.


kredit mobil baru

Dari tips-tips yang sudah disebutkan, jika kamu ingin melakukan simulasi kredit, kamu dapat menggunakan fitur simulasi kredit mobil yang disediakan SEVA.

Apa itu SEVA? SEVA adalah situs jual beli mobil online terpercaya di bawah naungan PT Astra Digital Internasional. SEVA memberikan kemudahan pada kamu berupa layanan-layanan seperti booking service, test drive, tukar tambah mobil, kredit mobil, dan berbagai promo menarik.

Kamu tidak perlu pusing lagi apabila ingin membeli mobil lewat kredit, di SEVA juga memiliki layanan Kalkulator Kredit SEVA yang dapat menghitung biaya kredit kamu. Sehingga kamu dapat menyesuaikan harga mobil impian kamu dengan budget yang sudah kamu susun sebelumnya. Menariknya, pada fitur ini juga muncul adanya informasi mengenai DP hingga besaran angsuran yang harus dibayar.

Pembelian mobil baru dengan kredit memang akan berpengaruh pada keuangan kamu. Untuk itulah kamu harus benar-benar memperhitungkan keuangan kamu.

Nah, jika kamu ingin mengajukan kredit mobil baru sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu, langsung kunjungi website resmi SEVA.id atau unduh aplikasinya melalui Playstore atau Appstore.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1772

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *