26 Lagu Anime yang Dinyanyikan Idol K-Pop

Memilih artisnya untuk membawakan anisong atau lagu dalam anime, hanyalah strategi bisnis cerdas lainnya bagi K-Pop untuk terus menembus salah satu pasar musik terbesar di planet ini.

Dari legenda seperti BoA dan TVXQ hingga generasi anyar seperti Stray Kids dan TXT, idol Korea terus meninggalkan jejak mereka di dunia anime dengan lagu-lagu mereka yang menarik. Apalagi belakangan, muncul beragam anime adaptasi dari manhwa dan webtoon Korea.

Mengingat bahwa anime dan K-Pop dianggap sebagai ekspor hiburan terbesar di negara masing-masing, masuk akal untuk menggabungkan kekuatan masing-masing menjadi sesuatu yang tidak dapat ditolak oleh penggemar.

Berikut penyanyi Korea mulai berkontribusi pada soundtrack anime dengan satu atau lain cara.

1. BoA – Every Heart (Inuyasha)

BoA bisa dibilang salah satu yang membuka jalan K-Pop bisa seheboh sekarang, setelah berhasil masuk pasar musik Jepang dan tercatat dalam sejarah sebagai artis Korea pertama yang merajai tangga musik Jepang.

Lagu ballad dari penyanyi SM Entertainment ini mengisi ending kelima anime populer Inuyasha.

2. Younha – Houkiboshi (Bleach)

Setelah BoA, ada penyanyi solo Younha yang sukses berkarier musik di Jepang. Lagu Houkiboshi ini mengisi ending ketiga anime shounen Bleach.

3. Younha – Hakanaku Tsuyoku (Kiba)

Younha kembali menyumbangkan suaranya, kali ini untuk lagu opening kedua anime Kiba.

4. TVXQ – Share the World (One Piece)

Menyatukan One Piece dengan TVXQ mungkin adalah salah satu keputusan terbaik yang pernah dibuat oleh TOEI Animation. Anime petualangan dan fantasi yang mengikuti Monkey D. Luffy dalam perjalanannya untuk menjadi Raja Bajak Laut.

Bersamaan dengan remix dari lagu pembuka One Piece pertama “We Are!”, TVXQ memberikan lagu opening kesebelas “Share The World!” dari album single Jepang ke-27 mereka dengan nama yang sama.

Grup dari SM Entertainment beranggotakan lima orang saat itu menjadi hit di negara asal mereka dan Jepang, menduduki puncak tangga lagu sejak rilis pertama mereka pada tahun 2004 dan menetapkan standar untuk grup K-Pop saat itu.

5. TVXQ – Asu Wa Kuru Kara (One Piece)

Selain dua lagu opening, TVXQ juga menyumbangkan sebuah lagu ending untuk One Piece ke-17.

6. J-Min – Change (Hanasakeru Seishounen)

Pada tahun 2009, single solois J-Min berjudul “Change” digunakan sebagai lagu pembuka untuk adaptasi anime Hanasakeru Seishounen. Sebuah anime tentang putri seorang pengusaha kaya yang memintanya untuk memilih seorang suami dari tiga calon yang telah dipilihkannya sendiri untuknya.

Meskipun orang Korea, J-Min pertama kali debut di Jepang pada tahun 2007 sebelum akhirnya merilis musik di negara asalnya beberapa tahun kemudian. Selain meminjamkan suaranya ke beberapa OST drama Korea.

7. MBLAQ – Baby U! (Beelzebub)

MBLAQ dimulai sebagai grup beranggotakan lima orang di bawah J. Tune Camp, perusahaan hiburan yang dibuat oleh superstar Korea Rain.

Pada tahun 2011, single Jepang kedua MBLAQ “Baby U!” dijadikan sebagai lagu opening keempat untuk Beelzebub. Anime ini bercerita tentang Tatsumi Oga, seorang siswa sekolah menengah pertama yang nakal yang menemukan bayi aneh berambut hijau dengan koneksi ke raja iblis yang hebat.

8. CNBlue – In My Head (Supernatural: The Animation)

CNBlue lebih merupakan band rock ketimbang boyband, meski mereka juga masih sering disebut sebagai idol K-Pop.

Band yang digawangi Jung Yong-hwa ini mengisi lagu ending Supernatural: The Animation, anime adaptasi serial Amerika tentang Winchester bersaudara.

9. 2PM – Take Off (Blue Exorcist)

Boyband dari agensi JYP membawakan lagu ending untuk anime Blue Exorcist.

10. F.T. Island – Neverland (OZMA)

OZMA berlatar di Bumi pasca-apokaliptik di mana seluruh planet telah berubah menjadi gurun yang gersang.

Pada tahun 2012, Single Jepang ketujuh F.T. Island “Neverland” dipilih sebagai lagu pembuka untuk OZMA. F.T. Island dianggap sebagai band idola pertama, yang menggabungkan elemen visual K-Pop ke dalam estetika unik band rock mereka.

11. TRAX – Blaze Away (Eyeshield 21)

Seperti CNBlue dan F.T. Island, TRAX merupakan band rock Korea yang pernah menyumbangkan lagu anime, yakni lagu ending kedua anime sport Eyeshield 21.

12. Secret – Twinkle Twinkle

Lagu ini menjadi ending pertama spin-off Naruto Shippuden: Rock Lee Go.

13. Boyfriend – Hitomi no Melody (Detective Conan)

Boyfriend adalah boyband yang dibentuk oleh Starship Entertainment pada tahun 2011. Mereka adalah boyband pertama yang memiliki anggota kembar.

Boyfriend menyumbangkan suara untuk lagu ending anime Detective Conan.

14. BoA – Masayume Chasing (Fairy Tail)

Dengan durasi sepuluh tahun dan tiga ratus episode, Fairy Tail adalah salah satu anime fantasi paling populer dalam dua dekade terakhir. Ratu K-Pop, BoA, menyanyikan lagu pembuka kelima belas anime “Masayume Chasing”.

Dianggap sebagai pelopor K-Pop di pasar Jepang, BoA memiliki karir yang panjang dan luar biasa yang dimulai ketika dia debut pada usia tiga belas tahun pada tahun 2000.

Dia telah merilis lebih dari dua puluh album dalam tiga bahasa, Korea, Jepang, dan Inggris, dan terus menjadi salah satu bintang pop paling ikonik di Korea Selatan hingga saat ini.

15. Apink – Brand New Days (Rilu Rilu Fairilu)

Dibuat sebagai upaya bersama antara Sanrio dan Sega, Rilu Rilu Fairilu adalah anime fantasi seru tentang berbagai peri bernama Fairilus dan petualangan mereka di dunia manusia.

“Brand New Days” dari Apink digunakan sebagai lagu pembuka musim pertama. Girl group beranggotakan enam orang ini dikenal dengan bubblegum pop dan synth-pop-nya.

16. OH MY GIRL – Eternalism (Kekkai Sensen)

Kekkai Sensen merupakan anime aksi komedi supernatural yang dibuat kreator Trigun, dan diadaptasi dengan garapan sutradara anime perempuan Rie Matsumoto.

Lagu OH MY GIRL muncul sebagai insert song di salah satu episode Kekkai Sensen.

17. Treasure – Beautiful (Black Clover)

Treasure adalah grup vokal pria Korea Selatan yang dibentuk oleh YG Entertainment melalui sebuah program survival “YG Treasure Box”. Dengan 12 member, boy group ini debut pada 2020.

Treasure dipercaya mengisi lagu ending ke-13 anime Black Clover.

18. Dreamcatcher – Eclipse (King’s Raid: Successors of the Will)

King’s Raid: Successors of the Will adalah anime adaptasi video game mobile RPG yang dikembangkan oleh developer game indie Korea Selatan Vespa Interactive.

Dreamcatcher yang debut sejak 2014 ini mengisi lagu untuk anime tersebut.

19. Kim Jaejoon – Breaking Down (Noblesse)

Awalnya webtoon Korea, Noblesse menceritakan kisah Raizel, seorang bangsawan berumur panjang yang harus belajar beradaptasi dengan dunia modern setelah tidur panjang.

Mantan anggota TVXQ, Kim Jaejoong, membawakan “Breaking Dawn,” lagu pembuka untuk satu-satunya musim acara tersebut. Jaejoong dikenal karena kontribusinya pada OST untuk drama dan film Korea dan Jepang dan telah berkecimpung dalam akting beberapa kali.

20. TXT – Everlasting Shine (Black Clover)

Berasal dari agensi yang sama yang memproduksi raksasa K-Pop BTS, TXT telah terbukti layak bagi generasi baru K-Pop.

Setelah debut Jepang yang sukses, TXT terpilih sebagai penampil untuk “Everlasting Shine”, lagu pembuka kedua belas Black Clover.

Anime ini mengikuti Asta dan Yuno, dua anak yatim piatu yang tumbuh di Kerajaan Semanggi magis yang ingin bersaing memperebutkan gelar Raja Penyihir.

21. TXT – FORCE (World Trigger)

World Trigger merupakan anime aksi sci-fi tentang invasi makhluk misterius dari dunia lain.

TXT mengisi lagu opening musim kedua World Trigger dengan single berjudul “Force”.

22. Stray Kids – Top (Tower of God)

Tower of God mengikuti Bam, seorang anak laki-laki yang hanya punya satu teman bernama Rachel tapi hilang setelah dia memasuki menara misterius. Adaptasi anime dari webtoon ini tayang perdana pada awal tahun 2020.

Lagu pembuka anime, “Top,” dibawakan oleh Stray Kids. Boyband beranggotakan delapan orang ini membuat gelombang sebagai salah satu grup artis generasi keempat K-Pop yang paling menonjol.

23. Stray Kids – Slump (Tower of God)

Selain opening tadi, Stray Kids juga menjadi pengisi lagu penutup Tower of God.

24. Enhypen – Forget me not (Re-Main)

Re-Main adalah anime sport tentang polo air, dengan tokoh utama bernama Minato Kiyomizu yang merupakan atlet remaja berbakat.

ENHYPEN mengisi opening anime Re-Main dengan lagu debut Jepang mereka. Boyband ini dibentuk oleh BELIFT LAB melalui survival show berjudul I-Land di Mnet pada tahun 2020.

25. Cix – Win (God of School)

The God of High School adalah anime adaptasi dari manhwa web Korea, tentang aksi supernatural yang melibatkan ahli beladiri Jin Mo-Ri dalam turnamen lintas alam.

CIX menyumbangkan suara untuk lagu penutup anime ini. Boy group yang sebelumnya dikenal dengan nama C9BOYZ ini debut pada 2019 dan berada di bawah naungan agensi C9 Entertainment.

26. ATEEZ – Dreamers (Digimon Adventure)

Anime Digimon kembali dibuat remake pada 2021, dan ATEEZ dengan lagu “Dreamers” mengisi lagu penutupnya.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1772

2 Comments

  1. Kebetulan saya sudah suka KPOP sejak tahun 2007, dan saat itu suka sama TVXQ. Waktu itu seneng banget pas tau TVXQ ngisi OST tuk anime favorit saya yaitu One Piece. Baru tau kalau Asu Wa Kuru Kara juga OST Onpe Piece, padahal udah tau lagunya.

    Walaupun udah enggak nonton anime lagi, tapi saya suka banget sama ost Black Shine yang dinyanyiin TXT yang judulnya Everlasting Shine.

    Dari list artis di atas, yang saya sukai Treasure, TXT, Enhypen, Stray Kids dan Ateez (fyi).

    Lengkap banget rangkumannya kak!!

    • Tahun segituan baru teteh saya yg udah nyemplung di K-pop, dan emang ngefans TVXQ. Saya cuma ngeliat sekilas pas dia nonton konser lewat DVD gitu, dan nyanyinya pake Jepang. Dulu kepikiran, “Kok boyband Korea nyanyi Jepang?” Dan baru tau sejarahnya sekarang2 ini.

      Meski sempat jadi fans K-pop juga, sekarang udah ga terlalu ngikutin, tapi yg TXT itu emang bagus ya.

      Belum lengkap sih, karena kayaknya bakal terus diupdate soalnya makin banyak aja anime adaptasi manhwa atau webtoon Korea. Daftarnya akan terus nambah hihi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *