Memahami Latar SPY x FAMILY: Perang Dingin dan Fiksi Spionase

Beberapa anime membutuhkan beberapa episode untuk bisa menjual premis ceritanya, tetapi SPY x FAMILY langsung mengejutkan. Episode perdananya benar-benar mengesankan.

Sebagai pembaca manganya, adaptasi anime benar-benar di atas ekpektasi saya. Apalagi ini merupakan kolaborasi antara studio di balik anime favorit saya di musim sebelumnya Ranking of Kings dan My Dress-Up Darling: WIT Studio dan CloverWorks.

Bukan hanya perasaan saya saja, tapi SPY x FAMILY memang menjadi anime hype yang dicintai banyak orang buat musim ini. Meski begitu, ketika melihat linimasa banyak yang kebingungan soal latar dan konteks dari anime spionase ini.

Nah, berikut beberapa trivia dan teori anime SPY x FAMILY yang semoga bisa menjawab pertanyaan kamu.

Latar Perang Dunia dalam SPY x FAMILY

yor anya loyd spy x family

SPY x FAMILY berlatar di tengah perang dingin antara dua negara adidaya bernama Westalis dan Ostania, ketika spionase adalah satu-satunya hal yang menjaga dunia dari kehancuran.

Dalam sejarah aslinya, Perang Dingin atau Cold War adalah periode ketegangan geopolitik antara Amerika Serikat dan Uni Soviet dan sekutunya masing-masing, Blok Barat dan Blok Timur, yang dimulai setelah Perang Dunia II hingga pembubaran Uni Soviet tahun 1991.

Istilah Perang Dingin digunakan karena tak ada pertempuran besar-besaran secara langsung antara kedua negara adidaya, tetapi lewat konflik regional yang dikenal sebagai perang proksi. Konflik ini didasarkan pada pertentangan ideologis dan geopolitik untuk pengaruh global oleh kedua negara adidaya tadi.

Nah, antara Blok Barat dan Blok Timur itu dengan jelas dianalogikan sebagai Westalia dan Ostania. Jika diperkirakan, SPY x FAMILY kemungkinan besar berada di masa-masa akhir era Perang Dingin sekitar 1980an jika melihat fashion dan teknologi yang ditampilkan.

twilight loid forger spy x family anime

Di sinilah kita bertemu dengan agen Westalis dengan nama sandi “Twilight”, yang diberi misi menyusup ke Berlint, ibukota dari Republik Rakyat Ostania.

Pemerintah Ostania tampaknya merupakan campuran dari Totalitarianisme dan Demokrasi. Skema namanya identik dengan negara-negara yang berada di bawah kekuasaan Komunis. Dari sistem kerja dan tata kelolanya, Ostania juga tampak mirip dengan Republik Demokratik Jerman yang juga dikenal sebagai Jerman Timur.

Apalagi Berlint tentu saja sangat terinspirasi dari Berlin asli di Jerman, salah satu sorotan dalam Perang Dingin. Saya pikir jika SPY x FAMILY berakhir maka klimaksnya akan mengacu pada peristiwa bersejarah robohnya Tembok Berlin.

SPY x FAMILY Merayakan Fiksi Spionase

anya spy wars show in spy x family anime

Ada yang tau apa acara televisi favorit Anya? Ya, Spy War! Kartun genre aksi soal mata-mata dengan adegan misi rahasia dan tembak-tembakan.

Perang Dingin memang era ketika Spy Fiction atau Fiksi Spionase jadi booming. Ini akibat dari kecemasan dan spekulasi seputar hubungan tegang antara kekuatan dunia, sehingga novel mata-mata menjadi cara bagi penulis untuk menebak apa yang terjadi di balik layar selama gejolak politik ini.

Dan itu adalah cara bagi pembaca untuk meredakan ketakutan yang mereka miliki tentang keadaan dunia. Dari novel tentu saja muncul film dan acara-acara televisi, yang saat itu sudah bisa dijangkau luas setiap kalangan.

Mata-mata terbesar yang keluar dari ledakan Spy Fiction saat Perang Dingin adalah James Bond. Agen Dinas Rahasia Inggris ini diciptakan oleh penulis Ian Fleming. Dan dia jadi salah satu acuan inspirasi soal sosok mata-mata, yang juga tampak pada Twilight di SPY x FAMILY.

loid forger anya yor spy x family anime

Dari segi premis cerita, SPY x FAMILY memang mengacu pada film spionase populer Mr. & Mrs. Smith (2005) yang dibintangi Brad Pitt dan Angelina Jolie, tentang sepasang mata-mata yang saling menyembunyikan identitasnya.

Elemen lain dari Spy Fiction adalah kehadiran seorang femme fatale, yang ada dalam diri Yor. Sementara dia bekerja sebagai pegawai di Balai Kota Berlint, Yor juga menjalani kehidupan rahasia sebagai pembunuh dengan nama kode Ibara Hime atau Thorn Princess.

Femme fatale adalah frasa yang menggambarkan perempuan yang punya keahlian serta daya tarik seksual dan digunakan untuk memanipulasi seseorang, biasanya laki-laki, atau bahkan membunuhnya. Gaun hitam seksi dan elegen sering jadi gambaran femme fatale ini.

yor ibarahime thorn princess spy x family

Jadi inilah SPY x FAMILY, ketika seorang mata-mata, seorang pembunuh, dan seorang telepati berkumpul untuk membentuk keluarga bohongan. Anime spionase yang mengasyikan!

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1773

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *