20 Mantra Harry Potter, dari yang Konyol Sampai Kutukan Mematikan

Banyak orang di seluruh dunia tumbuh bersama dunia sihir ini, dan mungkin masih ingat dengan beragam mantra Harry Potter yang masih membekas dalam memori.

Serial ini adalah buku dengan penjualan terbesar dalam sejarah dan dikombinasikan dengan film adaptasinya, Harry Potter telah mengayunkan tongkat sihirnya dan menjadikan JK Rowling sebagai penulis terkaya sepanjang masa.

Nah, berikut beragam mantra yang ada di serial Harry Potter yang bakal menggiring nostalgia:

1. Wingardium Leviosa

Wingardium Leviosa adalah mantra pertama yang muncul dalam seri Harry Potter and The Sorcerer’s Stone.

Wingardium Leviosa sendiri menjadi adegan yang paling ikonik dalam seri tersebut, saat Hermione mengajarkan Harry untuk mengucapkan mantra dengan aksen yang benar.

Mantra ini berfungsi untuk menerbangkan barang, dan ini digunakan saat melawan troll Quirrell.

2. Petrificus Totalus

Dalam seri Harry Potter and The Sorcerer’s Stone, mantra ini pertama kali muncul dan digunakan untuk melumpuhkan tubuh seseorang, meski tidak dalam waktu lama.

Hermione Granger pernah menggunakan mantra ini saat tahun pertamanya di Hogwarts.

Selain itu, Draco Malfoy juga pernah menggunakan mantra ini saat berusaha menghentikan Harry.

3. Expelliarmus

Mantra Harry Potter ini sering digunakan pada duel, yang berguna untuk melucuti senjata lawan dan melepaskan benda yang tengah digenggam oleh lawan.

Expelliarmus bisa terlihat secara langsung saat Harry bertarung dengan penyihir dalam seri terakhir buku dan filmnya, saat mantra tersebut diucapkan, senjata lawan langsung jatuh terpental.

4. Expecto Patronum

Expecto Patronum menciptakan sebuah perisai pelindung untuk penyihir. Setiap orang memiliki Patronus yang berbeda.

Harry menyadari bahwa Patronus menjadi satu-satunya mantra yang mampu mengusir Dementor. Profesor Lupin yang mengajari Harry untuk merapal mantra ini.

Mantra ini bisa berhasil bila kamu membayangkan hal-hal yang baik dan memori yang membahagiakan.

mantra harry potter luna lovegood

5. Riddikulus

Mantra ini muncul dalam seri Harry Potter and The Prisoner of Azkaban, yang diajarkan pertama kali oleh Profesor Lupin dalam kelas pertahanan ilmu hitam.

Walaupun tampak sederhana, ternyata mantra Riddikulus ini lebih rumit dibanding yang dibayangkan.

Pengguna mantra tersebut harus mampu menghadapi kenangan serta ketakutan terdalam pada dirinya, bila ia berhasil, maka ia akan memiliki pertahanan yang baik saat menghadapi sesuatu.

6. Accio

Mantra Accio dapat berfungsi untuk memanggil objek. Dalam seri The Goblet of Fire, Harry menggunakan Accio dalam tugas pertamanya saat turnamen Triwizard.

Harry menggunakan mantra ini saat memanggil sapu terbang miliknya. Accio juga dapat digunakan dalam memanggil benda mati atau melucuti senjata lawan.

7. Confundus Charm

Hermione Granger pernah menggunakan mantra ini saat permainan Quidditch dimulai, mantra ini bisa membuat seseorang kebingungan hingga terjadi goresan di kepala.

Mantra ini lebih mudah digunakan bila mengarahkan tongkat sihir pada orang tersebut, namun Severus Snape juga berhasil melakukan mantra ini secara non-verbal tanpa tongkat sihir.

8. Lumos

Mantra Harry Potter ini berfungsi untuk membuat sebuah ledakan cahaya, Lumos telah diajarkan saat tahun pertama mereka dalam kelas pertahanan ilmu hitam.

Bila dilafalkan dengan benar, ujung tongkat akan menyala dan memancarkan cahaya, mantra ini bisa berguna saat melewati tempat yang gelap dan hutan terlarang.

9. Silencio

Mantra Harry Potter ini akan membuat seseorang tidak bisa bicara, karena lidah orang yang dimantrai menempel di langit-langit mulutnya sendiri sehingga tak bisa berkata-kata.

harry potter

10. Stupefy

Stupefy seringkali digunakan dalam peperangan dan duel. Hermione Granger sering menggunakan mata ini saat berduel dengan penyihir lain.

Harry menggunakan mantra ini pertama kali saat Turnamen Triwizard, ia juga mengajarkan mantra Stupefy ini kepada anggota Dumbledore’s Army, dan mantra tersebut digunakan dalam beberapa pertempuran besar lainnya.

11. Reducto

Mantra Harry Potter ini untuk meledakkan sebuah obyek dan menjadikannya kepingan atau butiran debu.

Setelah menggunakan mantra ini saat Turnamen Triwizard, Harry Potter mengajarkan ini pada Dumbledore’s Army sebagai strategi pertempuran melawan pasukan Voldemort.

12. Apparition

Mantra ini cukup umum digunakan dalam kalangan penyihir, fungsinya adalah untuk berteleportasi dari satu tempat ke tempat lainnya.

Untuk bisa melakukan Apparition pun seorang penyihir harus melalui serangkaian tes dan izin dari pemerintahan.

Seorang penyihir juga tidak bisa melakukan Apparition pada sembarang tempat, sebab beberapa tempat seperti rumah-rumah penyihir serta Hogwarts sudah diberikan sihir anti-Apparition.

13. Obliviate

Hermione Granger pernah menggunakan mantra Obliviate pada kedua wali Harry Potter. Mantra ini digunakan untuk menghapus ingatan seseorang atau memori tertentu yang ingin dilupakan.

Biasanya mantra ini dilafalkan pada Muggle yang tidak sengaja melihat dan mengetahui sesuatu yang berhubungan dengan dunia sihir, tujuannya tentu saja untuk melindungi komunitas penyihir.

15. Tarantallegra

Tarantallegra adalah mantra Harry Potter yang membuat kaki target bergerak tak terkendali, membuatnya tampak seperti sedang menari.

Mantra ini bekerja baik pada target hidup dan benda mati, selama ia memiliki kaki. Itu terutama digunakan untuk mempermalukan korban, tetapi bisa juga digunakan dalam duel.

Meski terkesan konyol, Harry pernah memakai mantra ini saat berduel dengan Draco Malfoy.

voldemort dark magic mantra harry potter

15. Expulso

Mantra bentuk kutukan ini digunakan untuk menghasilkan ledakan besar, menghancurkan target dengan semburan cahaya biru.

Expulso memiliki kekuatan yang cukup untuk melemparkan seseorang ke dinding.

16. Sectumsempra

Mantra ini diciptakan oleh Severus Snape, dan pernah digunakan pada Draco Malfoy.

Mantra kutukan tersebut membuat Draco tampak seperti ditebas oleh pedang yang tak terlihat hingga darah bercucuran di sekujur tubuhnya.

Harry juga belajar mantra ini dalam buku yang ditulis Profesor Snape untuk membuat ramuan. Karena Harry tak tahu efeknya, ia melemparkannya pada Draco Malfoy.

17. Mucus ad Nauseam

Ini mantra bentuk kutukan yang membuat target kedinginan hebat, yang bisa membuatnya pingsan jika tidak ditangani.

18. Avada Kedavra

Mantra ini merupakan salah satu yang terburuk di dunia sihir, Avada Kedavra menjadi kutukan tidak termaafkan yang paling berat.

Voldemort pertama kali melemparkan mantra kutukan ini pada Harry Potter. Kutukan ini digunakan saat akan mengakhiri duel.

Umumnya tidak ada seorang pun yang bisa luput dari mantra tersebut, namun Harry Potter berhasil selamat karena pengorbanan hidup ibunya.

19. Imperio

Kutukan ini juga merupakan bagian dari tiga kutukan tidak termaafkan di dunia sihir.

Mantra ini berfungsi dengan mengendalikan pikiran seseorang, mantra ini begitu kuat dan memiliki potensi untuk mengendalikan korban sepenuhnya.

Harry belajar cara untuk melawan kutukan Imperio adalah dengan tekad serta kemauan yang kuat, sehingga orang tersebut dapat melepaskan diri.

20. Crucio

Kutukan ini begitu mengerikan dan menjadi salah satu dari tiga kutukan yang tidak termaafkan. Jika digunakan, maka seorang penyihir akan dijebloskan ke dalam penjara Azkaban.

Crucio menyebabkan rasa sakit yang luar biasa pada targetnya, dan mantra kutukan sering digunakan oleh para penyihir gelap yang kuat.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *