Mari Iijima: Antara Musik, Macross dan Lynn Minmay

Bagi banyak orang yang mengetahui serial TV dan film asli Macross, karakter Lynn Minmay memainkan bagian integral dalam cerita. Dalam banyak hal, dia juga memengaruhi banyak kisah di luar itu. Jadi, sangat menyenangkan untuk mengejar ketinggalan dengan suara dan musisi di balik karakter klasik ini, Mari Iijima.

Sementara Minmay cenderung banyak muncul dalam karya Iijima, dia sebenarnya adalah seorang musisi klasik terlatih dan sangat produktif dalam dirinya sendiri. Jika ada, latar belakang musiknya bertindak sebagai fondasi unik untuk karakternya yang telah melabuhkan seluruh aspek musik Macross sejak saat itu.

Namun, seperti semua musisi, Mari Iijima harus memulai dari suatu tempat dan asal musiknya benar-benar menarik.

“Saya tumbuh dengan keluarga yang sangat musikal. Meskipun orang tua saya bukan musisi profesional, itu adalah proses alami bagi saya untuk masuk ke musik. Saya mulai bermain piano ketika saya berusia 3 atau 4 tahun, dan musik selalu dekat dan saya sayangi.

“Lagu pertama yang pernah saya tulis adalah untuk kelas 5 saya. Guru bertanya kepada saya. Saya pikir ayah saya sedikit membantu saya, tetapi penulisan lagu saya dimulai dari sana. Saya menulis tentang semua jenis kehidupan sehari-hari saya; anjing keluarga kami, pemain bisbol sekolah menengah yang saya sukai, ujian di sekolah, dll.

“Suatu hari ketika saya sedang mengendarai ayunan di halaman sekolah dasar saya sendirian, saya menerima pesan bahwa saya akan menjadi seorang komposer. Mungkin itu adalah suara di dalam, tetapi saya selalu memiliki ketenangan ini karena mengetahui bahwa saya akan menjadi seorang musisi.

“Saya juga menyukai balet, jadi mungkin suatu saat saya ingin menjadi balerina. Saya masih melakukan balet klasik. Saya mengambil kelas setiap hari dan saya menari di depan penonton saya setiap tahun di Tokyo.

“Saya yakin latar belakang musik klasik saya mempengaruhi musik saya, terutama ketika saya menulis skor film. Saya suka menulis karya untuk kuartet gesek dan piano.

“Saya juga ingin menjadi DJ radio ketika saya masih kecil. Saya memiliki beberapa acara radio mingguan (Miss DJ Request Parade, FM Oto No Nakamatachi, FM Night Street, dll) ketika saya tinggal & aktif di Jepang, jadi mimpi itu menjadi kenyataan juga. Saat ini, saya memiliki program radio bernama LA NOW yang saya rekam & produksi untuk FM Nishi-Tokyo yang dapat didengarkan siapa saja di web. Jadi semuanya baik-baik saja.”

Apa dengan fondasi musik di belakangnya, saya ingin tahu bagaimana peralihan menjadi aktris suara di Macross berhasil dan ternyata itu adalah transisi yang cukup mudah.

“Ini benar-benar tidak seperti pindah dari satu bidang ke bidang lainnya. Keduanya terjadi dalam hidup saya pada waktu yang sama. Macross hanya membutuhkan beberapa bulan dari total waktu saya, jadi saya tidak pernah merasa atau percaya bahwa saya telah menjadi aktor suara. Saya selalu menjadi musisi pertama dan terutama. Satu-satunya karakter anime yang saya suarakan adalah Minmay, dan saya sangat bangga akan hal itu!

Lynn Minmay adalah karakter penting dalam film 'Macross: Do You Remember Love?' Mari Iijima
Lynn Minmay adalah karakter penting dalam film ‘Macross: Do You Remember Love?’

“Untuk skor musik asli Macross, ketika saya merekam vokal saya untuk lagu-lagu di serial itu, Kentaro Haneda tidak ada di studio. Saya ingat saya pernah bertemu dengannya di salah satu acara Macross di Tokyo dan dia sangat baik. Dia adalah komposer yang brilian dan saya menghormati karyanya.

“Bagaimanapun, ketika saya berada di studio menyuarakan Minmay, saya adalah seorang mahasiswa. Shoji Kawamori juga seorang mahasiswa. Saya menemukan itu ketika kami berbicara beberapa tahun yang lalu. Dia adalah seorang pencipta, dan saya adalah seorang aktor dan penyanyi, jadi tidak seperti kami nongkrong di luar studio. Dia akan duduk di bilik studio dengan agak tenang. Jadi tidak ada kesempatan bagi kami untuk saling mengenal. Saya ingat beberapa tahun yang lalu, dia menyebutkan bahwa saya adalah yang paling berani di studio saat kami membuat serial TV Macross. Saya menghargai pengamatan itu. Saya cukup berani karena saya tidak bertujuan apa pun selain melakukan pekerjaan terbaik saya untuk setiap episode.

“Kadang-kadang, Noriko Ohara mengajak saya makan malam setelah sesi studio. Saya tinggal di Harajuku, jadi kami biasanya makan okonomiyaki di restoran di depan gedung dome saya. Dia selalu sangat cantik. Kami bersenang-senang bersama.

“Saya masih menyuarakan Minmay untuk game, proyek, dll. Saya dapat memanggilnya dalam pikiran saya ketika saya membutuhkannya. Sepertinya dia tinggal di lantai atas. Jadi . . . ya, saya ingin bermain Minmay lagi, tapi saya tidak tahu apakah Kawamori-san akan membawa kita kembali. Ketika kami berbicara beberapa waktu yang lalu, dia mengatakan kepada saya bahwa dia tidak memikirkannya sama sekali. Kedengarannya seperti Minmay sudah selesai. Saya ingat saya merasa sedikit sedih tentang hal itu tetapi pada saat yang sama, saya mengerti. Saya seorang pencipta juga. Saya tahu kreator selalu bergerak maju.”

Ketika saya mewawancarai Kawamori pada tahun 2015, dia agak berhati-hati untuk kembali ke apa yang terjadi pada karakter aslinya, tetapi dia tidak sepenuhnya mengesampingkannya. Karena ada seri Macross baru dalam pengerjaan, nasib Minmay mungkin belum terungkap.

Ada satu elemen yang sangat menyedihkan dari potensi pembaruan karakter klasik ini dan itu adalah kematian mendadak Arihiro Hase yang menyuarakan Hikaru Ichijo dalam serial TV dan film aslinya. Kepergiannya begitusesuatu yang Iijima masih renungkan, dengan kesedihan yang bisa dimengerti.

“Hase-kun selalu datang ke studio dengan seragam sekolahnya. Dia di sekolah menengah dan saya di perguruan tinggi, jadi kami seperti kakak dan adik. Bahkan setelah manggung Macross berakhir, dia selalu mendukung musik dan konser saya. Dia selalu memberi saya bunga yang indah setelah pertunjukan. Berita kematiannya datang terlalu tiba-tiba bagi saya, tetapi saya kebetulan berada di Jepang pada saat itu dan saya pikir dia tahu itu. Saya merindukannya, tetapi saya yakin dia baik-baik saja di mana pun dia berada saat ini.”

Saat kami selesai, saya ingin berbicara tentang anime favoritnya dan rencana apa yang dia miliki untuk Anime Expo tahun ini.

“Ketika saya masih kecil, saya menonton acara TV berjudul Himitsu no Akko-chan. Saya pikir itu adalah animasi favorit saya. Saya menyanyikan semua lagu dari pertunjukan juga. Orang tua saya masih memiliki rekaman saya menyanyikan lagu-lagu itu ketika saya masih bayi.”

“Seiring bertambahnya usia, dan semakin saya sadar, musik saya cenderung mendapatkan lebih banyak konten dan tenang, tetapi penting bagi saya untuk tetap unggul juga. Jadi saya ingin membuat album penuh energi dan kuat lainnya berikutnya.

“Kalau untuk Anime Expo tahun ini, saya tidak punya ekspektasi apa-apa. Saya akan mencoba yang terbaik untuk tampil baik untuk penonton!”


Referensi:

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1772

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *