Memperbaiki Kesalahan Umum Bahasa Inggris

Menggunakan Bahasa Inggris secara salah sangat umum terjadi. Apalagi bagi kita di Indonesia yang memang tak memakai Bahasa Inggris sebagai bahasa utama dalam keseharian.

Namun karena Bahasa Inggris sudah jadi semacam bahasa universal, pastikan untuk sepenuhnya memahami kesalahan umum berbahasa Inggris itu. Lihatlah contoh dan bertanya pada diri sendiri jika kita telah membuat kesalahan-kesalahan umum. Pikirkan tentang cara membaca, menulis dan berbicara, dan bagaimana semuanya saling mempengaruhi.

Catat Kesalahan Kita!

Luangkan waktu untuk menuliskan kesalahan-kesalahan yang kita lakukan pada selembar kertas atau dokumen terpisah di komputer.

Luangkan waktu untuk menulis lima kalimat atau lebih untuk berlatih menemukan bentuk yang benar dari kesalahan umum yang dimaksud. Luangkan waktu untuk benar-benar memikirkan kesalahan saat berlatih.

journal writing
Foto: Thought Catalog / Unsplash.

Kemungkinan besar kita tidak akan pernah membuat kesalahan lagi jika mencatatnya. Lalu dengarkan atau baca orang lain untuk memperbaiki kesalahan umum yang kita lakukan.

Setelah kita memahami Bahasa Inggris yang salah, mulailah mendengarkan orang lain atau membaca tulisan mereka. Bisakah kita menemukan kesalahan umum yang mereka buat?

Mencatat adalah latihan sederhana tapi besar manfaatnya.

Bagaimana Cara Mengetahui Kesalahan Umum dalam Bahasa Inggris Itu?

Kita mungkin bertanya-tanya berapa banyak kesalahan umum Bahasa Inggris yang ada. Ini pertanyaan yang sulit untuk dijawab.

Ada kesalahan tertentu yang dibuat dalam tata bahasa, kesalahan umum yang dibuat dalam pengucapan, dan ada banyak kesalahan umum yang dibuat karena kata-kata yang membingungkan.

Kesalahan umum tetaplah kesalahan. Namun, penting untuk diingat bahwa hal terpenting dalam menggunakan bahasa adalah komunikasi.

Jika kita mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, kita berada di jalan menuju kesuksesan. Jika kita membuat beberapa kesalahan umum, kita pasti bisa memperbaiki kesalahan itu.

Kuncinya Percaya Diri dan Terus Berlatih

“Apakah orang lain akan mengerti jika saya melakukan kesalahan umum dalam Bahasa Inggris ini?”

Meski tidak selalu, umumnya orang akan tetap memahami kita jika kita melakukan kesalahan umum.

Ini disebabkan karena ada konteks. Apa yang terjadi di sekitar situasi akan memperjelas apa yang sebenarnya kita maksud. Orang akan mengoreksi secara otomatis dalam bawah sadarnya, memahami bahwa maksud kita adalah sesuatu yang lain, sesuatu yang sesuai konteks.

Jadi tetaplah percaya diri dan cobalah untuk menghilangkan kesalahan umum Bahasa Inggris. Pastikan untuk terus berbicara dan menulis Bahasa Inggris sebanyak mungkin.

3 pemikiran pada “Memperbaiki Kesalahan Umum Bahasa Inggris”

  1. Saya menulis di blog menggunakan bahasa Inggris apa adanya sesuai kemampuan. Hanya memberanikan diri saja. Bisanya “native reader” maklum jika ada kesalahan grammar mengingat bahasa Inggris bukan bahasa ibu penulis.

    Balas
    • Iya lebih baik terus aja nulis sambil sedikit demi sedikit tingkatan kemampuan. Jangan takut salah.

      Saya juga kalau baca dan denger udah lancar, tinggal nulis dan ngomongnya.

      Balas

Tinggalkan komentar