Mengenal Gaya Industrial

Ketika orang membayangkan gaya industrial, mereka sering mengasosiasikannya dengan logam hitam besar, kayu-kayu mentah yang belum diserut, dan batu bata terekspos.

Dekorasi gaya industrial memadukan modernitas dan pesona dunia lama dengan nuansa organik untuk menciptakan permainan kontras yang sempurna.

dekorasi gaya industrial
Foto: Decor Aid.

Namun apa sebenarnya arti dari desain interior gaya industrial? Dan dalam hal mendesain rumah bergaya industrial, bagaimana kita membuat tampilan tersebut sesuai?

Apa Artinya Gaya Industrial?

dekorasi gaya industrial
Foto: Decor Aid

Gaya industrial mengacu pada dekorasi tanpa embel-embel dan tanpa basa-basi yang mengambil inspirasi dari tampilan gudang, pabrik, dan struktur industri lainnya yang megah.

Dekorasi gaya industrial terdiri dari detail arsitektur yang dilucuti termasuk penggunaan batu bata telanjang, logam, dan kayu, serta bahan yang diselamatkan dan didaur ulang.

Perabotan gaya industrial biasanya tahan pakai dan sering diperoleh dari halaman reklamasi. Manfaat terbaik dalam menciptakan rumah bergaya industrial adalah kita memiliki kesempatan untuk menyesuaikan tampilan menggunakan furnitur dan dekorasi yang benar-benar unik untuk rumah kita.

Saat merencanakan ruang bergaya industrial, jagalah kenyamanan meskipun semuanya harus dipangkas untuk pengambilan minimal. Pilih furnitur yang memiliki desain sederhana, solid dalam tekstur alami dan warna-warna netral.

Bagaimana Asal Mula Gaya Industrial?

dekorasi gaya industrial
Foto: Decor Aid.

Meski hanya sedikit yang diketahui tentang asal usul interior bergaya industrial, secara luas diasumsikan bahwa gaya tersebut berkembang selama awal abad ke-20.

Pada akhir revolusi industri ke-2, kecenderungan menuju globalisasi semakin terlihat. Puluhan pabrik utama tutup dan memindahkan operasinya ke negara lain, dan akibatnya, bangunan industri yang kosong jadi diabaikan. Yang pada gilirannya meninggalkan sumber daya material berkualitas tinggi yang tak ada habisnya untuk dimanfaatkan.

Karena kota telah menjadi semakin padat sejak awal 90-an, mengakibatkan kekurangan bangunan tempat tinggal, menjadi solusi logis untuk mengubah kawasan industri menjadi lingkungan perumahan.

Alih-alih menyembunyikan keindahan bangunan industri yang tak tersentuh, arsitek dan pemilik rumah yang cerdas adalah yang pertama mengubah rencana gaya industrial dalam tren berkelanjutan yang merayakan dinding kosong, detail arsitektur, dan mekanisme asal-usul bangunan.

Kenapa Banyak yang Menyukai Gaya Industrial?

dekorasi gaya industrial
Foto: Decor Aid.
  • Desain interior industrial sangat fleksibel. Sebagian besar terdiri dari warna netral dan bahan yang berfokus pada tekstur unik, gaya desain ini mudah direncanakan dengan pencahayaan, dekorasi, dan furnitur.
  • Terlepas dari kesederhanaan dan kiasan desainnya yang minimal, gaya industrial berhasil menciptakan pernyataan yang berani. Penjajaran modern vs baheula membuat pernyataan yang hebat, berlapis dan dipertimbangkan.
  • Ini adalah pendekatan ramah lingkungan untuk desain interior karena mendorong penggunaan bahan daur ulang atau bekas.
  • Tidak perlu trik kosmetik saat ingin merencanakan desain interior industrial karena penekanan ditempatkan pada penggunaan bahan dan sentuhan akhir yang alami.

Apa Saja Karakteristik Utama Gaya Industrial?

dekorasi gaya industrial
Foto: Decor Aid.

Bagaimana kita menerapkan gaya industrial untuk ruangan kita? Saat merancang rumah bergaya industrial, pertimbangkan karakteristik ini untuk memastikan kita mendapatkan tampilan yang tepat:

1. Material

Hindari menggunakan barang-barang mewah yang dipasangkan dengan furnitur bergaya industrial. Sebagai gantinya, pilihlah bahan utilitarian serta perabot secondhand yang dapat kita berikan kehidupan kedua.

Jelajahi toko-toko barang antik lokal untuk furnitur yang terbuat dari kayu, aluminium, besi, baja, timah, batu, dan tembaga karena ini adalah bahan pilihan untuk rumah bergaya industrial yang patut ditiru.

2. Warna

Dalam mendesain ruang bergaya industrial, pilihlah palet netral yang terdiri dari abu-abu, hitam, dan putih. Dan tambahkan lapisan moody dengan hit nada yang lebih gelap. Hadirkan kepribadian dan hal-hal tak terduga dengan seni semarak yang memberikan kontras dengan dekorasi gaya industrial maskulin.

3. Siluet

Bentuk yang digunakan untuk desain interior industri sebagian besar terdiri dari garis kuadrat dan bentuk balok yang mempromosikan keterpaduan utilitarian dalam keseluruhan tampilan rumah kita.

Namun ini tidak berarti kita harus menghindari lekukan organik dan bentuk abstrak, tetapi tetap seminimal mungkin untuk mempertahankan nuansa industri yang dipelajari dengan baik.

4. Aksesoris

Batasi penggunaan aksesoris untuk rumah minimalis bergaya industrial. Saat mendekorasi kamar tidur bergaya industri, sekali lagi, jaga agar permukaan tetap rapi dan bersih. Cari furnitur dan aksesori kamar tidur bergaya industri yang mengingatkan kembali ke zaman provinsi sambil tetap kontemporer.

Hiasi dengan seni dinding abstrak besar, struktur logam, dan objek menarik lainnya yang diselamatkan dari halaman reklamasi untuk memulai percakapan terbaik. Tampilan keseluruhan kamar tidur gaya industrial kita harus keren dan maskulin dengan sentuhan unik.

Tips Merancang Ruang Bergaya Industrialis

dekorasi gaya industrial
Foto: Decor Aid.

Kiat lainnya untuk berhasil mencapai tampilan gaya industrial untuk rumah kita dengan mudah:

1. Mulailah dengan palet warna netral

Salah satu hal yang akan kita perhatikan tentang rumah bergaya industrial adalah warna berani disimpan untuk detail kecil sementara sebagian besar ruangan memancarkan nada netral. Gaya ini terutama mengandalkan kombinasi warna-warna netral untuk menciptakan tampilan harmonis yang bersih dan minimalis.

Untuk kamar mandi bergaya industrial, bata ekspos dan ubin putih menjadi kombinasi penting yang dilengkapi dengan fitur kaca berbingkai logam hitam.

2. Pilih denah terbuka

Rumah bergaya industrial biasanya luas dan cocok dengan desain denah terbuka. Agar ruang tidak terlihat terlalu besar dan sulit didekorasi, atur furnitur bergaya industrial secara strategis dalam kelompok untuk memecah ruang.

3. Menggabungkan kayu dan logam

Hal yang mudah dalam menarik tampilan industri adalah dengan mencampur bahan lama dan baru. Cara terbaik untuk mencapai kontras ini adalah dengan menggabungkan berbagai jenis logam dan kayu dalam keseluruhan desain kita. Misalnya, kita dapat memiliki meja rias kayu antik dan cermin berbingkai baja di kamar mandi bergaya industrial.

4. Pastikan pencahayaan sesuai tema

Sebagian besar pencahayaan gaya industri terbuat dari logam dan sering kali terdiri dari kombinasi liontin dan lampu. Saat menggunakan liontin, mereka harus menggantung rendah dengan nuansa lebar. Lampu lantai multi-arah juga dapat ditampilkan dengan baik di ruang tamu bergaya industri seperti halnya – tentu saja, pencahayaan reklamasi.

5. Pertimbangkan lantai beton yang dipoles

Meskipun lantai kayu adalah gaya pokok industri, beton yang dipoles adalah pilihan yang sangat modern dan murah.

6. Pipa terbuka

Salah satu elemen khas dari ruang tamu bergaya industri adalah adanya fitur yang cenderung disembunyikan kebanyakan orang, seperti saluran dan pipa. Tampilan ini biasanya umum di apartemen gudang bekas.

7. Sertakan aksesori industrial

Kunci untuk menyempurnakan tampilan industri adalah dengan membuatnya terasa seperti berada di dalam lingkungan pabrik yang glamor. Menggunakan aksesori adalah cara terbaik untuk melakukan ini. Hiasi dengan suku cadang dan mesin pabrik yang diselamatkan bersama dengan foto-foto vintage dan temuan kulit yang rusak.

*

Referensi:

3 pemikiran pada “Mengenal Gaya Industrial”

    • Ini sih tergantung selera dan ketersediaan ruang. Tapi biasanya pake model kabinet yang kayak di bar atau kedai kopi gitu buat misahinnya. Sengaja ga pake penyekat biar terkesan luas juga.

      Balas
  1. Seru banget penuturannya, enak dibacanya, rip…

    Kalo aku sih selama tampilannya bersih, tertata rapi dan minimalis, pasti selalu suka. Dan kalo dilihat dari foto-fotonya, tampilannya enak, bisa di-minimalis-kan juga kan?!

    Tapi yang paling mudah dikenali sih dari luas ruangannya, jarang ada sekat, luas banget, cocok nih aspek itunya buat jadi ide kalo nanti bikin rumah.

    doain atuh arip, semoga saya bisa cepet banyak uang biar bisa kebeli rumah minimalis dan sedikit industrial (ruangan lega)

    Thank you Arip!

    Balas

Berkomentarlah sebelum komentar dilarang.