Miyuki Sawashiro dan 12 Karakter Anime dengan Suara Meneduhkan

Bagi yang baru pertama kali mendengarkannya, dijamin akan tergoda. Miyuki Sawashiro memiliki suara yang sangat indah.

Pengisi suara yang lahir pada 2 Juni 1985 ini memiliki nada yang sangat serius dan dalam tetapi dapat terdengar sangat menggemaskan untuk beberapa perannya. 

Entah kenapa Miyuki Sawashiro banyak memerankan karakter favorit saya, termasuk beberapa yang bahkan tak saya ketahui sebelumnya sampai saya memeriksanya di MyAnimeList. Kalau sekarang sih saya sudah langsung hafal, bahkan jika karakternya baru ngomong satu dua kata.

miyuki sawashiro

Miyuki adalah seiyuu perempuan yang memulai karir akting suaranya sejak awal 2000-an, peran debutnya adalah karakter bernama Puchiko dari serial anime Di Gi Charat yang ditayangkan pada akhir 1999, dan sejak saat itu telah menjadi pengisi suara selama dua dekade lebih.

Nah, berikut ini sepuluh karakter favorit saya yang disuarakan oleh Miyuki Sawashiro.

1. Kurapika (Hunter x Hunter)

kurapika hunter x hunter

Hunter x Hunter versi 2011 memiliki grafik yang lebih tinggi, cerita lengkap, dan jajaran seiyuu pilih tanding.

Miyuki mengisi karakter penting: Kurapika. Apakah masih ada yang terkejut mengetahui kalau Kurapika itu laki-laki? Ya, Kurapika memang lelaki.

Meski Kurapika laki-laki tetapi bisa disuarakan oleh Miyuki, dan sebenarnya ini praktek yang biasa terjadi. Miyuki sendiri beberapa kali pernah memerankan karakter lelaki.

2. Kanbaru Suruga (Monogatari)

kanbaru suruga monogatari

Karena saya fans Monogatari garis keras, saya tak pernah lelah untuk merekomendasikan serial anime ini. Silakan ikuti Panduan Menonton Monogatari bikinan saya ini jika ingin menontonnya.

Monogatari dipenuhi dialog panjang dan atraktif, oleh sebab itu ini jadi wadah untuk menunjukkan kemampuan sang seiyuu. Miyuki mengisi karakter Kanbaru Suruga, seorang perempuan atletis tapi super cabul.

3. Saeko Busujima (High School of the Dead)

saeko busujima

Cerita aksi menegangkan dengan banyak adegan pertarungan melawan zombie, ditambah beragam adegan ecchi tak biasa pasti membuat High School of the Dead menjadi tontonan yang lebih menghibur dan menyenangkan.

Baca juga: 5 Anime Ecchi Berlatar Sekolah Menengah

Miyuki memainkan Saeko Busujima. Sepanjang seri, Saeko ditampilkan sebagai orang yang sangat baik, peduli, kuat dan dapat diandalkan.

Meski begitu, dia juga tenang karena dia hampir tidak pernah panik ketika berada dalam pertempuran mematikan. Suara Saeko yang tegas tapi lembut begitu meneduhkan, sangat pas diisi Miyuki.

4. Maria (Arakawa Under the Bridge)

maria arakawa under the bridge

Arakawa Under Bridge adalah komedi satir, yang sindirannya menunjuk berbagai aspek kehidupan dan budaya Jepang, khususnya dalam tren modern. Penuh interaksi jenaka dari orang-orang aneh yang hidup di bawah jembatan.

Baca juga: 12 Anime dari Studio Shaft

Miyuki Sawashiro mengisi suara Maria, pemilik peternakan di sungai. Meski memiliki penampilan yang cantik, dia memiliki kepribadian yang sangat keras dan sinis.

Dia akan mengkritik semua orang yang dia temui, dan yang bikin tambah sebel karena dia bicara dengan nada lembut.

5. Celty Sturluson (Durarara!!)

celty durarara

Durarara!! adalah serial yang sangat kaya akan karakter dan alur cerita. Meski plot Durarara sulit untuk dijelaskan secara singkat, premisnya sebagian besar berkisar pada Celty Sturluson, seorang Dullahan, Penunggang Kuda Tanpa Kepala dari cerita rakyat Irlandia, yang mencari kepalanya di Ikebukuro, salah satu distrik di Tokyo.

Baca juga: Urutan Menonton Durarara!!

Miyuki berperan sebagai Celty. Kepribadian Celty, meski seorang Dullahan yang mengendarai motor, justru salah satu yang paling normal dan membumi dibandingkan dengan sebagian besar karakter lainnya. Celty seorang individu yang percaya diri dan optimis.

6. Bishamonten (Noragami)

bishamonten noragami

Apa yang dilakukan para dewa di zaman modern? Noragami mencoba menjawabanya. Dengan premis tadi, serial animenya menawarkan adegan aksi seru, diselingi humor, lagu pembuka yang membekas, dan jajaran seiyuu favorit saya.

Miyuki di sini mengisi suara Bishamon, salah satu dari Tujuh Dewa Keberuntungan, sekaligus dewi perang. Di awal-awal, Bishamon digambarkan sebagai antagonis, meski kemudian menjadi protagonis, karena sifat aslinya memang baik.

7. Shino Asada (Sword Art Online)

shino asada sinon sword art online

Ketika mulai ditayangkan, Sword Art Online langsung populer berkat adaptasi dari light novel yang memang sudah hit. Sekaligus juga, cukup bikin kontroversial. Akibatnya ada polarisasi pendapat soal plot dan karakternya, yang pernah saya bahas di Alasan Sword Art Online Dibenci dan Kenapa Saya Tetap Mencintainya.

Miyuki mengisi karakter Asada Shino, atau Sinon. Kalem dan dingin adalah dua kata yang paling menggambarkan kepribadian Sinon. Dalam pertempuran dan sebagian besar waktu, dia tetap tenang, yang membuatnya dikagumi oleh teman-temannya.

8. Kirari Momobami (Kakegurui)

kirari momobami

Kirari Momobami adalah antagonis utama dari Kakegurui. Dia adalah ketua OSIS ke-105 di Akademi Swasta Hyakkaou dan yang bertanggung jawab atas hierarki yang eksis di akademi tersebut.

Meski Kirari adalah perempuan yang baik dan sopan jika dilihat dari luar, dia sebenarnya adalah individu yang penuh perhitungan, manipulatif, dan psikopat. Seorang narsisis yang meremehkan semua orang selain dirinya. Miyuki dengan suara dalamnya sangat pas mengisi Kirari.

9. Hanako Koyanagi (Wotakoi: Love is Hard for Otaku)

hanako koyanagi wotakoi

Tidak seperti judulnya, Wotakoi: Love Is Hard for Otaku justru menampilkan kisah romansa idaman antara sepasang otaku. Ada empat karakter utama yang punya gaya otaku sendiri: Narumi fangirl yaoi, Hirotaka seorang gamer, Hanako cosplayer, dan Kabakura penggemar manga dan anime.

Miyuki Sawashiro memerankan Hanako, yang sering digambarkan sebagai wanita profesional, tegas dan pekerja keras yang dikagumi oleh rekan kerjanya. Meski di baliknya, dia pemarah, panikan dan sangat tertarik pada lelucon mesum.

Couple Hanako-Kabakura adalah ship favorit saya di Wotakoi.

10. Kyoko Honda (Fruits Basket)

kyoko honda fruits basket

Fruits Basket adalah salah satu serial shoujo favorit saya. Apalagi remake terbaru membuat saya makin suka.

Miyuki Sawashiro mengisi suara Kyoko, ibu dari sang protagonis utama Tohru Honda. Sayang, Kyoko sudah meninggal beberapa bulan sebelum dimulainya seri ini. Meski begitu, Tohru berpegang teguh pada ingatan ibunya dan memanggilnya orang yang paling penting dalam hidupnya.

Kyoko memang hanya muncul dalam kilas balik dan foto-foto yang disimpan oleh Tohru, meski begitu ini tak menghalangi kemampuan Miyuki untuk mengisi sosok ibu yang tegar.

11. Raiden Shogun (Genshin Impact)

Raiden Shogun (Genshin Impact) miyuki sawashiro

Memang Genshin Impact adalah game buatan China, tapi sudah diakui oleh komunitas anime. Nah, jika bermain memakai dub Jepang, maka salah satu archon disuarakan oleh Miyuki Sawashiro.

Raiden Shogun tampaknya salah satu karakter paling populer dari game ini.

12. Daki (Demon Slayer)

Daki (Demon Slayer)

Dalam anime Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba, Miyuki Sawashiro berperan sebagai salah satu Upper Moon bawahan Mujan Kibutsuji.


Nah itu tadi beragam peran Miyuki Sawashiro dalam anime.

Agar tak ketinggalan tulisan menarik lain seputar anime, jangan lupa ikuti blog ini di Google News, ya!

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1775

3 Comments

  1. Saya Hunter x Hunter versi 2011 nontonnya langsung arc GREED Island karena udah hafal sampai arc yang Kurapika berburu laba-laba (dulu tayang di TV dan lanjut versi lawas di Youtube). Jadi gak engeh pengisi suaranya ternyata si Miyuki. Soalnya seinget saya setelah itu Kurapika gak muncul lagi atau jarang gitu. Haha.

    Waktu ketua osis dan Yumeko ngomong di serial Kakegurui, itu perpaduan seiyuu yang aduhai banget sih.

    Lama-lama saya jadi ngenalin juga tuh suara Bishamonten, Kanbaru, dan Koyanagi kalau mereka orang yang sama.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *