7 Alasan Harus Nonton Mobile Suit Gundam 08th MS Team

Banyak penggemar Gundam mungkin akan memberi tahu kamu bahwa 08th MS Team ini adalah seri Gundam terbaik, atau setidaknya Top 5 teratas. Bahkan mungkin menyebutnya salah satu anime terbaik sepanjang masa.

Berlatar dalam timeline Universal Century, Mobile Suit Gundam 08th MS Team menceritakan kisah “membumi” seorang komandan muda bernama Shiro Amada. Ia ditugaskan ke hutan Odessa di Bumi untuk membantu Federasi dalam memukul mundur invasi Zeon.

Izinkan saya untuk menjelaskan mengapa banyak orang, termasuk saya, merasa seperti ini yang tentu saja ditujukan untuk ulasan ini. Meski cuma sebuah serial OVA pendek, Gundam 08th MS Team punya beragam hal yang membuatnya layak ditonton.

1. Cocok untuk Penonton Baru yang Ingin Memasuki Franchise Gundam

Gundam 08th MS Team

Banyak orang takut untuk memasuki franchise anime mecha dari Studio Sunrise Gundam karena saking banyaknya judul yang ada, dan harus memulai dari mana dulu.

Jika kamu tertarik untuk memasuki Gundam, saya benar-benar akan merekomendasikan yang ini, karena akan memberikan kesan pertama yang bagus, juga gambaran seperti apa anime mecha ini.

Meski memang butuh mengetahui beberapa referensi ke wawasan dasar soal One Year War dan ada banyak detail yang tak dapat dijelaskan, tak sulit untuk mengikuti Gundam 08th MS Team. Ini karena lebih berfokus dengan cerita yang ada, daripada konflik yang lebih besar yang sedang terjadi.

Baca juga: 10 Anime Mecha 1990-an Terbaik

2. Gundam 08th MS Team Adalah Sebuah Cerita Pendek Memikat

Dengan hanya 12 episode, Gundam 08th MS Team secara signifikan lebih pendek dari tipikal serial Gundam, yang sering mendapatkan sekitar 50 episode yang bakal didukung oleh film dan episode spesial. Alternatifnya adalah melihat versi film rekap dari serial tersebut atau rilis OVA yang umumnya cukup pendek, seperti War in the Pocket atau MS Igloo.

Tanpa harus berkomitmen pada serial besar seperti Gundam Seed, atau bahkan serial aslinya yang 43 episode, Gundam 08th MS Team menemukan keseimbangan yang bagus dalam 12 episode reguler.

Serial ini menceritakan kisah Gundam yang layak, dan tak terburu-buru untuk mengeksekusinya.

3. Romansa Terlarang Lintas Faksi

Mobile Suit Gundam 08th MS Team shiro amada aina sahalin

Saat dalam perjalanan ke Bumi, Shiro berakhir dalam pertempuran kecil di mana ia bertemu prajurit Principality Zeon bernama Aina Sahalin. Keduanya dipaksa untuk bekerja sama untuk bertahan hidup di ruang angkasa.

Meski hanya bekerja bersama untuk sementara waktu, Shiro terus memikirkan kembali pertemuan mereka dan menyimpan kenang-kenangan milik Aina, yang ia merasa perlu untuk dikembalikan.

Sementara Shiro berharap untuk bertemu dengan Aina lagi, dia juga menyadari bahwa Aina adalah musuh, dan cinta mereka mungkin akan hancur oleh kenyataan peperangan.

Shiro dan Aina adalah tipikal pasangan Romeo dan Juliet. Selain itu, romansa mereka adalah salah satu yang menawan yang menawarkan drama personal ke timeline UC.

War in the Pocket tahun 1989 memiliki daya tarik yang sama, tetapi masih sangat politis, sedangkan seri ini jauh lebih berfokus pada karakter dan romansa mereka.

Baca juga: 15 Anime Mecha Romance, Ketika Cinta Mekar dalam Perang

4. Drama Perang yang Mengguncang dan Simpatik

Gundam 08th MS Team

Sementara saya menyukai robot raksasa pada aksi robot raksasa yang ditawarkan Gundam dengan andal, aspek penting dari setiap kisah perang adalah drama.

Memang sangat dilematis untuk dilihat dalam fiksi, perang adalah bisnis yang berantakan dan memiliki dampak yang tak terbayangkan pada mereka yang terjebak di dalamnya. Gundam 08th MS Team mencetak poin dengan menggambarkan ini.

Saya tak akan membocorkan spoiler, tetapi beberapa adegan terbaik dari anime Gundam ini berhasil menyelipkan simpati atau sangat mengganggu. Secara khusus, sulit untuk menelan betapa mudahnya beberapa kekerasan dapat dihindari.

Gundam 08th MS Team hebat dalam menggambarkan bagaimana perang dapat mengaburkan penilaian atau moral orang, bagaimana mereka dapat membantai sesama hanya karena berada di sisi lain konflik atau bahkan bertindak melawan kepentingan terbaik mereka demi balas dendam.

Ada banyak tragedi dalam cerita dan reaksi yang didapat dari karakter membuat mereka menjadi individu yang utuh dan menarik. Secara nada, itu juga sangat cocok dengan sifat asmara Shiro dan Aina yang bermasalah.

5. Tim dengan Karakter Beragam

Gundam 08th MS Team

Shiro bukan tim satu orang, ia bukan Newtype.

Unitnya terdiri dari musisi Eledore yang terpaksa masuk militer, prajurit perempuan Karen, seorang pemuda pemalu dan bucin bernama Michel, dan prajurit veteran Terry Sanders. Semuanya adalah karakter yang langsung menyenangkan.

Kisah soal Terry mungkin yang paling menarik. Seorang veteran dari banyak pertempuran, Terry telah mengembangkan reputasi buruk karena semua mantan timnya mati dalam pertempuran dengan hanya dia yang selamat.

Saat Terry mendapatkan rasa hormat untuk komandan barunya Shiro, Terry takut bahwa insiden traumatis itu mungkin terjadi lagi.

Terry adalah pria yang besar dan kuat, namun dia terus-menerus diganggu. Tentara menyebarkan desas-desus tentang dia sebagai pencabut nyawa, dan mereka mengejeknya harus mengundurkan diri. Meski kedengarannya konyol, Terry benar-benar mulai percaya bahwa dia dikutuk.

Kepribadian dan cerita individu terus berkembang dalam Gundam 08th MS Team, jadi kamu terus mempelajari hal-hal baru tentang karakter ini.

Michel terus menulis surat kepada pacarnya yang jauh di sana, kejenakaan Eledore menyembunyikan ambisi yang sangat nyata dan penuh gairah, dan Karen adalah karakter luar biasa yang selalu ingin saya lihat lebih banyak.

Sekali lagi, ada beragam karakter luar biasa yang terasa seperti protagonis Gundam, dan saya senang karena kita tidak membutuhkan 50+ episode untuk menceritakan kisah mereka.

6. Perang Gerilya dalam Hutan

Mobile Suit Gundam 08th MS Team

Perang membawa Shiro Amada ke hutan Odessa yang gerah, di mana sang kolonis ruang angkasa dihadapkan dengan panas terik, medan yang tak bersahabat, dan jenis peperangan yang tak pernah terlihat di koloni.

Saat ia mengambil alih komando Tim Mobile Suit ke-08, Shiro harus memimpin rekan-rekannya ke pertempuran di mana taktik gerilya bertemu dengan mesin berteknologi tinggi.

Mobile suit yang kuat bertarung di antara pepohonan dan saling menyergap, didukung oleh infanteri dan gerilyawan sungguhan.

Dalam Gundam 08th MS Team, seorang pria di genangan lumpur dengan senjata berat dapat mengejutkan mesin raksasa dan menjatuhkannya tanpa masalah, artinya setiap pertempuran terasa tegang dan penuh risiko.

Shiro sendiri harus memanfaatkan medan dan bernegosiasi dengan warga sipil yang tidak kooperatif jika dia berharap untuk meninggalkan hutan hidup-hidup.

7. Animasi Indah dan Musik Asyik

Gundam 08th MS Team

Artstyle dalam Gundam 08th MS Team benar-benar fantastis.

Desain karakternya sangat beragam dan khas, dan lingkungannya dirinci dengan baik berkat karya Kawamoto Toshihiro, yang juga pernah menjabat sebagai anggota staf di anime lain seperti di Votoms, Full Metal Alchemist, Gundam 0083, dan Patlabor.

Saya sangat menyukai ekspresi wajah dalam pertempuran serta sudut dan postur. Saya akan menguraikan bagaimana perasaan saya tentang pertempuran nanti, jadi waktu untuk berbicara tentang desain mekanis.

Mobile suit tentu saja masih melengkapi desain Gundam asli, kecuali paket senjata api yang lebih berat dan memiliki tampilan yang lebih besar, yang sesuai dengan sifat pertempuran daratan.

Musiknya juga cocok dengan nuansa ini. Musik latar memberikan gaya militer yang lebih tradisional yang mewakili aksi dengan intensitas dan kegembiraan yang berbeda sebagai hasil dari antisipasi.

Untuk lagu pembuka “Arashi no Naka de Kagayaite” sangat energik, dan lagu penutup “10 year after” benar-benar mewakili kesatuan tim.


Untuk menonton Gundam 08th MS Team kamu bisa cek channel resmi GundamInfo di YouTube yang sering merilis beragam judul franchise ini secara gratis.

Agar tak ketinggalan tulisan terbaru dari blog Kearipan seputar anime dan info menarik lainnya, bisa ikuti di Google News.

Tinggalkan komentar