Mudahnya Bikin Gambar Animasi dengan Easy GIF Animator

Animasi GIF pada umunya merupakan kumpulan gambar-gambar (frame) yang ditampilkan secara berurutann sehingga menciptakan efek animasi. Biasanya animasi GIF ini digunakan untuk screensaver hp, juga banner atau chicklet agar terlihat lebih atraktif, namun format ini jarang digunakan dalam skala besar karena kualitas gambarnya jelek.

Dengan Easy GIF Animator, sobat bisa membuat atau memodifikasi suatu animasi GIF dengan cara yang mudah, sesuai dengan judul softwarenya. Di sini sayah akan memberikan tutorial mengenai bagaimana membuat sebuah animasi GIF dengan software ini.

Sayah akan membuat screensaver baru berukuran 128×160 untuk si W200i, dan berikut langkah-langkahnya

  1. Siapkan terlebih dahulu gambar-gambar yang ingin dibuat animasi GIF, ingat ukurannya harus sama. Pasti sobat-sobat sudah pada pinter dalam mengolah-olih gambar, bisa di GIMP atau Pain.NET mungkin juga pake si komersil potosop.
  2. Buka software Easy GIF Animator, cara menginstall tidak usah dijelaskan, sudah pada pinter ini. Di menu pembuka ada beberapa opsi, pilih Create New Animation.
  1. Lalu masukan gambarnya, dan untuk seterusnya silahkan atur sendiri sampai finish.
  2. Setelah selesai jika ingin melihat animasi pilih Animation > Animate .
  3. Itu merupakan Animasi GIF yang sangat-sangat sederhana, Easy GIF Animator menyediakan beberapa pilihan efek yaitu Slide, Iris, Zoom, Fade, dan Spin Rotate. Pilih gambar lalu klik Create Image Effect dan pilih efek Fade *favorit saya loh*, kemudian atur kecepatan dan kelembutannya sesuka hati.
  4. Selesai dah, tinggal save dan jadilah … *sound effect: jreng jreng* sebuah animasi GIF yang ucul.

Gampang kan? Memang dengan Easy GIF Animator, membuat sebuah animasi GIF terasa mudah dan cepat. Namun ada tapinya, software ini bukan barang gratis loh alias berbayar, dan pasti sobat harus ngeluarin duit untuk memilikinya. Tapi ada namunnya lagi, jika teuteup ngotot ingin bikin animasi GIF silahkan cari di indowebster dengan keyword “Easy GIF Animator”, sstt… jangan bilang siapa-siapa yaaa!

BE PROUD OF FREEWARE USER!

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1772

10 Comments

  1. Saya juga membuat sebuah banner menggunakan bentuk SWF.Hanya saja jika dikirim ke orang melalui e-mail, dia bisa mendownloadnya tapi tidak dapat ditampilkan lewat software manapun .. Jika memang GIF bisa beranimasi melalui susunan gambar, apakah ketika di save dia menjadi satu file ??

  2. @maman mohon dijaga ya, ini amanah loh

    @vincent GIF itu memang salah satu ekstensi gambar (*.gif). sebelum ada swf, GIF ini sangat populer meski sekarangpun juga masih.
    swf ditampilkan aja lewat browser, asal plugin flashnya ada bos

  3. Wah nice info bro..

    tapi saya rasa klo pake animasi flash lebih keren deh, bisa lebih banyak varian toolnya.

    kalo mau belajar animasi flash, kunjungi blog saya saja. Di sana ada tutorial animasi flash.

    keep post bro..

  4. flash memang bagus sih, tapi sayah nya kurang ngerti tentang javascript-nya.

    nanti saya akan sering2 mampir ke rumah bos deh biar pinter.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *