12 Niche Blog yang Perlu Kamu Pertimbangkan

Sebagai pemilik blog, tentunya kamu bebas mengisinya dengan konten apa saja. Meski begitu, perlu dipertimbangkan jika bisa fokus pada satu topik tertentu atau yang disebut niche blog.

Kebanyakan yang ngeblog memang seringnya nulis beragam topik, atau sering disebut blog gado-gado. Biasanya bagi yang baru, alasan menulis seperti ini karena belum tahu apa spesialisasi dirinya atau mungkin belum tahu mana saja topik yang menghasilkan.

Apa itu Niche Blog?

Niche blog adalah tema atau topik khusus untuk blog. Dengan memilih satu niche blog, kamu hanya perlu membuat konten-konten dalam satu topik yang sama.

Sebenarnya tidak ada aturan yang mengharuskan pemilik blog untuk membahas topik tertentu secara khusus. Namun, ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan jika menerapkan niche blog.

Rekomendasi Niche Blog

Sudah punya bayangan niche blog apa yang akan diambil? Jika belum, kamu tidak perlu khawatir. Nah, berikut ini rekomendasi niche blog menguntungkan untuk kamu:

1. Teknologi

Teknologi akan selalu berkembang, dan karenanya kamu tak akan kehabisan bahan tulisan. Banyak orang memanfaatkan mesin pencari untuk menemukan update tentang teknologi.

Dari Google Trends, kamu bisa lihat topik-topik seperti “laptop asus” dan “macbook” semakin mengalami peningkatan. Dari data tersebut, niche ini berpeluang ramai pengunjung.

Kamu juga tidak perlu khawatir kekurangan ide topik, karena ada banyak hal tentang teknologi yang bisa kamu tulis di blog kamu.

Di subtopik tentang gadget misalnya, kamu bisa mereview spesifikasi antar produk, tips memilih gadget yang cocok untuk gaming, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa membuat review berbagai aplikasi mobile yang sedang populer. Tidak hanya itu, ada banyak isu-isu terkait teknologi yang bisa kamu tulis di blog kamu.

Dengan niche ini kamu tentu berpeluang mendapatkan keuntungan dari berbagai macam produk teknologi yang bisa kamu promosikan. Misalnya dari toko gadget, aplikasi mobile terbaru, domain dan web hosting, dan masih banyak lagi.

Dengan topik tersebut kamu bisa tetap eksis di internet karena topik teknologi akan selalu diperbarui.

2. Finance

young girl money laptop adsense niche blog

Jika mengintip Google Trends, terbukti kalau tren pencarian dengan kata kunci semacam “investasi” dan “peluang usaha” dari tahun ke tahun cenderung stabil.

Ini karena urusan keuangan memang tidak bisa dianggap sepele. Banyak orang yang membutuhkan informasi dan pengetahuan seputar finansial, mulai dari info manajemen keuangan, bisnis, investasi, e-money, dan lain-lain.

Selain itu, topik keuangan bisa menjangkau semua kalangan, mulai dari anak sekolahan atau kuliahan, para pekerja, orang tua, hingga pemilik bisnis.

Melihat cakupan yang luas, topik keuangan ini bisa dijadikan niche blog yang berpeluang ramai pengunjung.

Kamu bisa menulis tentang cara mengelola keuangan, cara berinvestasi untuk pemula, cara memulai bisnis online, tips agar konsisten menabung, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa melihat contoh blog yang menggunakan niche financial ini di blog Dani Rachmat. Blogger satu ini sudah lama menulis seputar cara mengelola keuangan, tips menabung untuk milenial, informasi dan tips sukses berinvestasi bagi pemula, dan lain-lain.

Nah, jika kamu punya minat dan keahlian di bidang keuangan, niche blog ini sangat cocok untuk kamu.

3. Kesehatan

Berdasarkan Google Trends, topik tentang cara hidup sehat menjadi topik yang paling dicari di Google.

Berbicara seputar dunia kesehatan memang tidak ada habisnya. Dari waktu ke waktu selalu ada isu baru seputar kesehatan. Hal itu mendorong banyak orang untuk mencari informasi seputar kesehatan di internet.

Melihat populernya topik kesehatan di Google, blog dengan niche kesehatan ini bisa berpotensi ramai pengunjung. kamu bisa membuat tulisan tentang informasi dan tips seputar kesehatan.

Nah di niche ini, kamu bisa menampilkan informasi seputar kesehatan seperti informasi penyakit dan cedera, cara meredakan sakit kepala tanpa obat, tips menjalani hidup sehat, informasi tentang diet sehat, bahkan kamu mengulas mitos dan hoax seputar kesehatan yang beredar di masyarakat.

Meski berpotensi menguntungkan, niche ini sangat sensitif karena berkaitan dengan kesehatan orang lain. Jadi, pastikan informasi yang kamu tulis valid atau telah dikonsultasikan dengan ahli di bidang kesehatan.

4. Travel (Wisata)

venice italy marco secchi niche blog travel
Foto: Marco Secchi / Unsplash.

Orang-orang biasanya akan mencari informasi di internet sebelum berkunjung ke destinasi wisata, mulai dari rekomendasi tempat menginap hingga promo tiket transportasi.

Pencarian topik wisata dan travel di internet semakin populer, apalagi jika masuk masa liburan.

Niche blog ini berpeluang mendatangkan banyak pengunjung. kamu bisa menulis review tempat wisata, review hotel, review fasilitas wisata, bahkan review makanan.kamu juga bisa membagikan tips-tips seputar travelling atau travel hack.

Nah, jika kamu suka melakukan traveling, tidak ada salahnya membagikan kisah traveling kamu di blog seperti yang dilakukan oleh Trinity. Dari tulisan kisah perjalanannya, Ia bisa menghasilkan buku best seller dan diangkat ke layar lebar.

Kamu juga bisa bergabung dengan Travel Blogger Indonesia untuk saling mengkomunikasikan informasi tujuan-tujuan perjalanan di Indonesia.

5. Kuliner

Sebenarnya topik kuliner ini cabang dari travel atau wisata, meski kemudian menjadi niche blog tersendiri.

Para penikmat kuliner biasanya membutuhkan informasi seputar kuliner di Internet. Buktinya, kata kunci seputar kuliner memiliki jumlah volume yang banyak setiap tahunnya.

Berbagi pengalaman kuliner di blog juga bisa membuat orang lain tertarik mencicipi kuliner yang kamu review. Berkatnya, niche blog ini bisa sangat berpeluang mendapatkan tawaran iklan produk makanan atau minuman.

Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas Food Blogger Indonesia untuk mengetahui informasi kompetisi blog, peluang tawaran iklan, hingga berkolaborasi dengan food blogger lainnya.

6. Entertainment (Hiburan)

bilibili streaming china anime
Foto: Tech In Asia.

Niche blog hiburan atau sering disebut pop culture ini juga salah satu topik yang sering dicari di internet. Dan sebenarnya punya banyak cabang yang beragam, dan bisa memiliki niche tersendiri.

Topik yang dibahas meliputi antara film, serial, musik, komik sampai video game. Tiap topik ini pun bisa dibuat tersendiri atau segmen ekslusif, misalnya “Hollywood”, “K-pop” atau “Anime”.

Lalu apakah niche ini bisa menguntungkan? Jawabannya tentu saja, ya! Kamu bisa mendapatkan keuntungan dari endorse beberapa pihak.

Saya sendiri awal ngeblog memilih niche ACG (Animation, Comic & Game) yang lebih jejepangan, atau sering disebut Otaku.

7. Parenting

Selama lima tahun terakhir, jumlah pencarian dengan kata kunci parenting ini semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Hal itu bisa jadi karena semakin banyak orang tua yang melek digital sehingga mereka mencari berbagai informasi seputar parenting di internet.

Melihat hal itu, kamu bisa berkesempatan memiliki blog yang laris manis jika menerapkan niche blog ini.

Ada banyak topik yang bisa kamu bahas, seperti seputar keharmonisan keluarga, informasi kesehatan ibu dan anak, atau cara mendidik anak.

Namun, sama halnya seperti niche blog kesehatan, perlu diperhatikan jika ingin membagikan informasi, kamu harus memastikan kepada ahlinya bahwa informasi tersebut aman dan telah teruji.

Jangan sampai pembaca kamu mendapatkan informasi yang salah terkait kesehatan ibu dan anak.

Oh ya, jika kamu kebetulan seorang ibu-ibu, kamu bisa bergabung dengan komunitas Emak Blogger.

8. Beauty (Kecantikan)

flower girl niche beauty blogger
Foto: Anthony Tran / Unsplash.

Tahukah kamu bahwa pencarian tentang topik kecantikan di Google ternyata mengalami kenaikan 30%? Kenaikan tersebut diduga terjadi karena berkembangnya tren kecantikan dan hadirnya beauty influencer.

Mereka memanfaatkan platform Google untuk mencari informasi terkait kecantikan, seperti produk skincare, review produk kecantikan, dan lainnya.

Nah, kamu bisa mengambil kesempatan ini untuk membuat blog dengan niche kecantikan. Dengan niche ini, kamu bisa menulis review produk hingga membuat tutorial make up.

Selain mereview produk, kamu juga bisa membuat perbandingan produk kecantikan, misalnya perbandingan beberapa merk sunscreen, foundation, bedak, lipstik, dan masih banyak lagi,

Informasi tersebut ternyata banyak dicari oleh para wanita di Internet. Sebanyak 83% wanita yang membeli produk perawatan wajah mencari solusi yang berkaitan dengan masalah kulit.

Dengan memiliki blog berniche kecantikan, ada banyak produk atau jasa terkait kecantikan yang bisa bekerja sama dengan kamu. Selain produk skincare dan make up, ada juga seminar atau kursus make up artist dan klinik kecantikan.

Nah, jika kamu tertarik dengan dunia kecantikan, kamu bisa mulai menulis blog dengan niche ini.

9. Fashion

Niche blog fashion bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu jika suka bergaya. Kamu bisa mengisi blogmu dengan berbagai informasi seputar dunia fashion bedasarkan pengalaman dan selera pribadi.

Kamu bisa membagikan OOTD sehari-hari bertemakan fashion minimalis atau streetwear, tips tampilan stylish, hingga padu-padan outfit yang menarik.

Selain tentang pakaian, fashion blog mencakup juga tentang fashion item lainnya seperti sepatu, tas, dan aksesoris. Kadang niche fashion ini sering digabung dengan niche beauty sebelumnya.

Fashion blogger yang sukses bahkan bisa membuat clothing line sendiri, seperti Diana Rikasari, dengan brand sepatunya yang colorful dan unik bernama I Wear Up.

Contoh lain, fashion blogger kakak-beradik Jessica dan Elle Yamada, juga sukses berbisnis fashion ritel online, Gowigasa.com.

10. Blog

laptop japan girl

Menulis seputar dunia blogging juga tidak kalah populer. Malah niche ini tak pernah sepi peminat, pasalnya baik blogger pemula maupun profesional selalu butuh informasi update dunia blog.

Dalam niche ini kamu bisa mengisi seputar tips menulis kreatif, trik Search Engine Optimization (SEO), panduan copywriting, sampai pembahasan soal platform seperti WordPress, misalnya.

11. Edukasi

Pencarian topik seputar edukasi juga semakin populer. Misalnya kata kunci “beasiswa” dan “jurusan kuliah”, keduanya menunjukkan jumlah pencarian yang cenderung stabil stabil dari tahun ke tahun.

Banyaknya orang yang menggunakan platform digital untuk akses edukasi secara online disebabkan oleh semakin canggihnya aksesibilitas internet para siswa.

Hal itu juga bisa jadi peluang menguntungkan bagi kamu untuk membuat blog dengan niche edukasi. Ada banyak ide yang bisa kamu tulis di niche ini.

Kamu bisa membuat artikel-artikel khusus seputar perkuliahan seperti informasi kampus negeri dan swasta favorit, tips memilih jurusan kuliah yang tepat, prospek kerja jurusan kuliah, cara memilih kos untuk mahasiswa, tips lolos beasiswa, dan sebagainya.

Kamu juga bisa membuat blog edukasi dengan segmentasi pengunjung anak sekolahan (SD-SMP-SMA). Kamu bisa membuat pembahasan-pembahasan soal atau materi pelajaran tertentu, misalnya materi grammar bahasa Inggris.

Niche blog ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi anak sekolah atau kuliah yang ingin mencari informasi seputar pendidikan.

Di niche ini, blog kamu juga berkesempatan mendapat endorse dari bimbingan belajar online, ebook soal-soal UN berbayar, Workshop atau Kompetisi tertentu, hingga produk peralatan sekolah.

12. Otomotif

honda super cub girl

Saat ini kata kunci seputar otomotif semakin populer. Hal itu terbukti dari meningkatnya pencarian topik terkait fitur otomotif. Ini bisa terjadi karena dorongan kebutuhan pembeli untuk mencari informasi secara cepat dan akurat di internet.

Melihat tren tersebut, niche blog ini bisa berpeluang ramai pengunjung dan menguntungkan, kan?

Dengan niche blog ini, kamu bisa membuat informasi atau review mobil atau motor populer, membandingkan spesifikasi beberapa merek mobil, hingga memberikan informasi harga dan promo merek tertentu.

Kamu juga bisa membuat tutorial cara menginstal aplikasi khusus mobil, cara memodifikasi beberapa bagian mobil dan memberikan tips merawat kendaraan secara tepat.

Di niche ini, peluang untung dari blog bisa kamu dapatkan dari endorse dealer tertentu di kota kamu, produk fitur tambahan mobil, hingga produk dan peralatan modifikasi mobil.

Nah, untuk kamu yang tertarik dengan dunia otomotif, kamu bisa membuat blog dengan niche ini.

Manfaat Menulis dengan Niche Blog

Berikut ini beberapa keuntungan yang kamu dapatkan dari menerapkan niche blog:

1. Bikin Kamu Lebih Fokus

Niche blog bisa membuat kamu lebih fokus pada topik tertentu sehingga tidak meluas ke berbagai topik. Hal itu bisa membuat kamu lebih konsisten dalam menulis blog.

2. Bisa Dikenal Sebagai Pakar

Dengan niche blog, kamu bisa dikenal sebagai ahli pada topik tertentu dan dijadikan referensi oleh banyak orang.

Selain itu, Google juga bakal melirik blog kamu karena dengan fokus di satu topik tentunya akan sesuai dengan kaidah EAT (Expertise, Authoritativeness and Trustworthy).

Baca juga: Apa Itu EAT dan YMYL? Istilah Kualitas Standar Google Search Guidelines

3. Lebih Mudah Dimonetisasi

Jika blog kamu sudah dikenal sebagai ahli dan menjadi referensi banyak orang, banyak produk yang ingin memonetisasi atau meng-endorse blog kamu.

4. Meningkatkan CTR Iklan

Iklan yang relevan dengan niche blog kamu akan lebih banyak diklik oleh pengunjung sehingga kamu akan mendapatkan bayaran iklan lebih banyak.

*

Bagaimana, sudah menemukan niche blog yang tepat untuk blog kamu?

20 pemikiran pada “12 Niche Blog yang Perlu Kamu Pertimbangkan”

  1. Yaps.. saya setuju dengan artikel ini, artinya juga jika menentukan niche akan lebih mudah menyesuaikan untuk memulai menulis dengan apa yang menjadi kesukaan bahkan keahlian kita sendiri ya, kak.

    Kalau diperjalanan ternyata harus keluar dari niche aman, ya itu tantangan 🙂

    Balas
  2. Susah banget mempertahankan niche blog supaya enggak berujung gado-gado.

    Saya sendiri awalnya pengen niche traveling tapi karena tak selalu traveling (karena bukan crazy rich wkwkwk), akhirnya share ttg hobi yang dijalani seperti crafting dan ngurus small business.

    Btw mengenai blogger dengan niche fashion, banyak designer muslimah sekarang dulunya fashion blogger kayak Dian Pelangi, Ria Miranda, Fitri Aulia dll. Soalnya saya dulu rajin BW ke blog mereka, tp sedih juga skrg mereka udah enggak ngeblog.

    Balas
  3. antara blog gado2 dan blog niche ,masing-masing ada kekurangan dan lebihnya mas.
    saya sendiri blognya fokus ke lifestyle. kadang suka iri sama yg blog gado2. karena banyak pengunjungnya. hehe

    Balas
  4. Iya baiknya blog itu punya Niche teeteny ya kak
    KLO aku blog pertamaku Niche nya lifestyle KLO yang blog kedua niche nya parenting

    Balas
  5. Saya ada blog gado-gado, ya ini. Satu blog parenting dan stu lagi on proses blog dengan niche blog. Semakin fokus semakin mudah ya membangun branding

    Balas
  6. Waduh, saya nih blognya juga masih gado-gado, abis enak sih. #eh
    Belum nemu aja saya mas yang bisa berpotensi jadi “pakar” dan saya sukai. Tapi kalo dari tulisan postingan ini mah yang menggiurkan niche travel dan kuliner hahahah

    Balas
  7. Blog ku jadi campur campur sejak terima job blogger .. yang tadinya wisata, jadi ga fokus nulisnya kemana mana… Padahal kalau fokus dengan Niche , ini lebih baik dan mudah dikenali. Next la bikin blog Niche khusus

    Balas
  8. Yang sesuai Niche ini asiknya kalau pas lagi butuh informasi dan referensi jadi mudah menemukannya

    Balas
  9. Aku masih setia dengan niche lifestyle nih, kalau untuk niche yg aku paling suka yaitu travelling dan beauty nih. Tapi memang punya niche itu baik dan banyak manfaatnya ya…

    Balas
  10. Yaampun aku gado-gado haha. Blog yang paling sering kutulis ada 7 topik di atas haha. Blog lain ada niche travelling, curhat bahasa inggris (ga sembarangan publish), sama tentang safety

    Balas
  11. nah ini, aku belum fokus sama niche blog masih lifestyle aja (aka gado-gado LOL!), perlu dipikirin juga yaa bikin blog ber niche khusus yang relate sama kapasitas baik knowledge atau pun aktivitasnya, biar terus relate dan ga jadi stuck karena niche

    Balas

Tinggalkan komentar