Panduan Octopath Traveler: Rekomendasi Kombinasi Job

Salah satu hal terbaik tentang Octopath Traveler adalah soal pendekatannya terhadap mekanik RPG klasik. Kita memang memulai permainan dengan memilih karakter awal yang sudah diset, tetapi seiring petualangan kita sistem job kemudian berkembang.

Ada delapan job standar yang berbeda di Octopath Traveler sesuai karakter utama. Namun seiring waktu kita akan mendapatkan kemampuan untuk menggabungkan job berbeda pada satu karakter untuk membuat job hibrida yang unik. Ini adalah sistem hebat yang memungkinkan kita mengulik karakter dan bereksperimen.

Untuk bisa membuka fitur ini kita harus terlebih dahulu membuka setiap job dengan mengunjungi kuil yang terkait.

Tips memilih kombinasi job terbaik di Octopath Traveler

octopath traveler square enix jrpg

Perlu saya ingatkan, tidak ada yang namanya kombinasi salah di Octopath Traveler. Bergantung pada susunan keseluruhan dari party, kita dapat membuat beberapa tim pertempuran yang benar-benar istimewa bahkan dengan pilihan kelas yang paling tidak ortodoks.

Meski memang, beberapa karakter memang secara alami cocok untuk kombinasi tertentu berkat kemampuan awal mereka.

Ingatlah bahwa saat kita membuka skill di setiap job, kita juga akan membuka pasive skill yang akan tetap ada meski kita berganti job. Ini sangat berguna untuk melengkapi subkelas ke karakter, misalnya adalah Cyrus dan Ophilia yang keduanya akan mendapat manfaat besar dari keterampilan pasif Second Wind dari job Dancer, yang memulihkan SP di setiap giliran.

Terakhir, ingatlah bahwa kombinasi job ini hanyalah saran dan ide dari saya. Tetap bereksperimen, dan beri tahu saya kombinasi favoritmu di komentar.

Kombinasi Job Ophilia

ophilia octopath traveler

Cleric x Scholar

Menggabungkan dua tipe sihir bisa sangat berguna, dan itu bekerja dengan baik dengan Ophilia yang bisa menjadi damage dealer. Memang untuk senjata tetap cuma satu, tetapi memberi Ophilia akses ke lebih banyak keterampilan yang sesuai dengan set stat yang ada.

Cleric x Dancer

Ophilia sudah menjadi tipe suppoter paling alami di Octopath Traveler, jadi memasangkan kemampuan healer dengan beragam skill buff dari Dancer sangat masuk akal. Ditambah itu juga memberi Ophilia akses ke belati, yang terbukti bermanfaat.

Dorongan statistiknya juga lumayan: 10% buff untuk stat speed akan mempercepat sehingga membantu Ophilia bertindak lebih awal untuk penyembuhan vital, 10% boost untuk Evasion akan membantunya menghindari masalah dan 8% keuntungan Elemental Attack akan meningkatkan serangan elemen cahayanya.

Kombinasi Job untuk Cyrus

cyrus octopath traveler

Scholar x Cleric

Memasangkan Cyrus dengan Cleric adalah kombinasi job yang pada dasarnya akan mengubahnya menjadi archmage yang kuat. Setidaknya yang akan membantu kita sebelum dapat membuka Sorcerer Advanced Class. Ini akan membuka Cyrus pada elemen cahaya, ditambah skill penyembuhan.

Scholar x Merchant

Kelas yang hebat jika sepenuhnya menggunakan kemampuan magis Cyrus karena satu alasan: Merchant memiliki skill Rest yang luar biasa. Cuma dengan 0 SP untuk memulihkan HP, SP, dan menyembuhkan Status Ailments, artinya kita akan selalu terisi penuh untuk melancarkan serangan magis.

Merchant juga memberikan beberapa bonus yang layak untuk Elemental Attack, Defense, HP, dan SP. Jangan lupa ada pasive skill SP Saver yang cocok untuk Cyrus. Selain itu, Cyrus bisa menggunakan tombak dan panah.

Scholar x Dancer

Cyrus akan mendapatkan dorongan dari stat Dancer yang memberinya kecepatan lebih tinggi dan serangan elemen yang sangat penting. Juga Cyrus dapat menggandakan buff atau debuff untuk dirinya sendiri atau member lain melalui kemampuan Dancer. Ada pasive skill hebat Dancer yang bisa memulihkan SP, ideal untuk Cyrus.

Kombinasi Job untuk Therion

therion octopath traveler

Thief x Dancer

Kelas Thief adalah tentang kecepatan, dan jika digabung dengan Dancer, maka Therion akan lebih ngebut. Kerusakan yang diberikan Therion sebagian didasarkan pada stat kecepatannya, dan stat Dancer hadir dengan peningkatan 10% yang bagus untuk kecepatan, ditambah 10% dorongan yang berguna untuk Evasion.

Thief x Scholar

Meskipun Therion bukan tipe sihir yang paling alami, kombinasi job Thief x Scholar dapat bekerja dengan baik jika kita memusatkannya di sekitar kemampuan SP Thief, memungkinkan kita untuk mengisi ulang setidaknya dua atau tiga nilai SP senilai dengan melemahkan musuh yang hancur, sehingga menjaga mage ini penuh dengan potensi melancarkan sihirnya.

Kombinasi Job untuk Olberic

olberic octopath traveler

Warrior x Thief

Ini adalah kombinasi job Olberic untuk membuat karakter yang menakutkan. Thief memberi kita akses ke kemampuan HP Thief dan Armor Corrosive, memungkinkan kita untuk men-debug musuh, menyembuhkan diri sendiri dengan memberi damage ke musuh dan kemudian, jika HP dan SP terisi, lepaskan kekuatan fisik Olberic untuk menghabisi mereka.

Warrior x Apothecary

Jika ingin membuat tanker, kombinasi job ini adalah cara yang harus dilakukan setidaknya sebelum membuka job advance. Bonus 20% HP dari kelas Apothecary akan meningkatkan HP Olberic yang sudah besar dan kuat, ditambah kita akan mendapatkan peningkatan untuk stat Critical, Serangan, dan Pertahanan, sekaligus kemampuan untuk menyembuhkan.

Warrior x Cleric

Jika ingin mempunyai tipe Paladin, maka Olberic sangat ideal untuk digabungkan dengan Cleric. Karena untuk menjadikan Ophilia sebagai tipe fisik kurang sesuai.

Kombinasi job ini mempertahankan kekuatan fisik dengan memberi Olberic akses untuk penyembuhan dan mantra suci. Ini dapat membantu memastikan bahwa ketika dia menjadi tanker sebagai pekerjaan utamanya, dia tidak pernah dalam bahaya, meskipun ini juga dapat dicapai dengan cara lain.

Kombinasi Job untuk Primrose

primrose octopath traveler

Dancer x Scholar

Dancer Primrose memiliki kemampuan yang terutama didasarkan pada buff orang lain, tetapi dengan memberinya job Scholar sebagai subkelasnya, kita benar-benar dapat membuatnya menjadi penyihir yang memukul keras dengan akses ke tiga elemen utama plus Dark, yang datang dari kelas alaminya.

Mengingat Primrose memiliki statistik serangan elemen yang cukup baik di kelas Dancer, Scholar akan meningkatkannya lebih jauh tetapi juga bergerak untuk memberinya lebih banyak SP untuk dimainkan.

Dancer x Cleric

Primrose bisa menjadi salah satu healer yang bisa diandalkan , jika mengombinasikannya dengan job Cleric ini.

Kombinasi Job untuk Alfyn

alfyn octopath traveler

Apothecary x Warrior

Dengan meningkatkan kemampuan Apothecary alami Alfyn dengan joba Warrior, kita akan mendapatkan karakter yang jauh lebih kuat. Alfyn memang cukup lemah, tetapi stat Warrior sedikit meningkatkan buffnya, dan itu juga memberinya kemampuan untuk mengenai elemen apa pun dan 3 jenis senjata berbeda, cukup bagus untuk karakter yang bukan tipe sihir.

Apothecary x Hunter

Alfyn lebih berfokus soal item dan hal-hal yang kita kumpulkan dalam keterampilan unik utamanya, Concoct, memanfaatkan item yang kita temukan di realm. Kelas Hunter memainkan kembali keterampilan alami ini, menawarkan penggunaan panah di samping beberapa bonus stat yang sangat seimbang.

Kombinasi Job untuk Tressa

tressa octopath traveler

Merchant x Thief

Sementara Thief pada dasarnya adalah kebalikan dari Merchant, kedua kelas ini dapat bekerja sama dengan baik pada akhirnya: dengan kombinasi job ini Tressa akan memiliki akses ke panah, tombak, pedang dan belati, ditambah sihir elemen angin dan api. Untuk kapak tinggal memakai skill Hired Help karena harganya juga murah.

Itu penyebaran yang bagus untuk ekspos kelemahan, tetapi yang terbaik dari semuanya adalah bagaimana Tressa sekarang menjadi serbaguna untuk musuh. Skill Thief dapat menjaring item, sementara stat Merchant memungkinkannya untuk mengambil uang. Ditambah ada semua debuff itu, yang mengubahnya menjadi support yang bagus.

Merchant x Hunter

Kombinasi job serbaguna lainnya untuk Tressa. Selain itu kostumnya jadi imut, salah satu favorit saya.

Merchant x Warrior

Mungkin tidak akan terbayang sebelumnya, tetapi Tressa sebenarnya bisa menjadi Tank yang cukup baik di Octopath Traveler berkat stat boost alaminya. Kelas Warrior memungkinkan dia untuk sepenuhnya bersandar ke dalamnya jika kita memilih untuk memberikannya kepadanya, ditambah itu membuka pedang dan berbagai kemampuan tombak baru untuknya.

Kombinasi Job untuk H’aanit

haanit octopath traveler

Hunter x Warrior

Kemampuan berburu H’aanit membuatnya menjadi salah satu karakter yang paling tahan banting di Octopath Traveler, sehingga memberinya job Warrior sebagai subclass juga akan membuat dia jauh lebih kuat, memungkinkan dia untuk naik sebagai ratu eksploitasi atas kelemahan senjata sebelum melepaskan monster paling kuat kita.

Hunter x Thief

Mirip dengan yang di atas, H’aanit dapat diberikan kelas Theif sebagai gantinya. Kombinasi job ini akan memungkinkan kita men-debug musuh sebelum melepaskan monster kuat yang kita tangkap. Bonus stat Thief juga cocok dengan keterampilan yang sudah dimiliki kelas pemburu H’aanit.

Advanced Job di Octopath Traveler

winnehild warmaster final boss
Winnehild, bos yang harus dikalahkan untuk mendapat advanced job Warmaster.

Selain delapan kelas dasar, Octopath Traveler juga menampilkan empat job khusus dan kelas tersebut tersembunyi jauh di dalam kuil dengan monster level 50, dan dijaga oleh bos sangat kuat yang harus dikalahkan.

Runelord

Runelord menggunakan rune yang memeberi serangan fisik dengan sentuhan elemen, dan kita dapat menggunakan rune untuk setiap elemen utama dalam game – Api, Es, Guntur, Angin, Light, dan Dark.

Kita bahkan dapat menghabiskan SP yang layak untuk memastikan bahwa skill kita berdampak pada seluruh member party. Karakter paling ideal untuk dikombinasikan dengan Runelord adalah Tressa.

Warmaster

Warmaster adalah tipe fisik. Kemampuan AOE dengan semua senjata, dari pedang, tombak, belati dan panah, dan bahkan kemampuan untuk melemparkan senjata dari inventory kita ke musuh sebagai metode serangan.

Berfokus pada serangan fisik, kelas ini sangat kuat. Cocok untuk dikombinasikan dengan Olberic atau H’aanit

Sorcerer

Sorcerer menggunakan kekuatan magis tak terkendali yang dilepaskan dengan kerusakan magis yang benar-benar gila, sempurna untuk tipe sihir alami seperti Cyrus atau Ophilia. Primrose juga salah satu pilihan ideal.

Memiliki akses ke serangan elemen Api, Es, Guntur, Angin, Light dan Dark, ditambah debuff dan Divine Skill yang menawarkan buff yang sangat besar. Ada passive skill Elemental Edge yang akan meningkatkan serangan sihir kita.

Starseer

Starseer mampu menyembuhkan dan memberi buff. Advance job ini adalah persilangan antara Cleric yang sangat kuat dan tipe buff. Starseer juga memiliki akses ke beberapa serangan fisik.

Cocok untuk menjadikan Alfyn, Ophilia atau Primrose sebagai tipe supporter.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *