4 Alasan Kamu Harus Pakai Opera GX, Browser Gaming di Windows 10

Opera telah eksis lama, meski tak pernah benar-benar mampu menghadapi raksasa seperti Google Chrome, Microsoft Edge, atau bahkan Microsoft Explorer. Opera GX, bagaimanapun, mungkin terbukti menjadi pengubah permainan yang nyata.

Opera GX bukan hanya browser web biasa. Opera telah mendedikasikan dirinya untuk menciptakan browser web game berbasis Chromium yang fenomenal yang menawarkan lebih banyak fitur daripada banyak browser web populer saat ini.

Baca terus selagi kami melihat lebih dekat Opera GX dan apakah itu layak digunakan.

Apa Itu Opera GX?

Peramban web terbaru Opera kompatibel dengan Windows 10 dan macOS. Proses instalasinya cukup mudah, dan segera setelah meluncurkannya untuk pertama kali, kamu merasa bahwa ini bukan browser biasa kamu.

Opera GX hadir dengan berbagai fitur yang memudahkan para gamer untuk menjelajah internet selama sesi bermain game yang panjang tanpa mengalami penurunan performa.

Meskipun Opera GX didasarkan pada proyek Chromium open-source, Opera telah sepenuhnya mendesain ulang antarmuka pengguna alih-alih desain Chromium tradisional yang ditampilkan di Google Chrome. Antarmuka pengguna bertema gelap ditambah dengan garis warna-warni membuatnya cukup jelas bahwa ini adalah browser untuk para gamer.

Kelebihan Opera GX

1. Opera GX Memiliki Antarmuka Pengguna yang Fenomenal

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, antarmuka pengguna (UI) Opera GX cukup fenomenal. Opera GX menampilkan elemen desain yang membuat Google Chrome terlihat polos dan sederhana. Desain keseluruhan sangat ramping dan menarik.

opera gx browser web gaming terbaik

Jika kamu bukan penggemar tema hitam dan merah default, kamu memiliki beberapa opsi untuk dipilih. Opera menawarkan tema alternatif dan rentang penyesuaian UI yang lebih besar yang mencakup warna berbeda, efek khusus, dan bahkan integrasi Razer Chroma bawaan.

Integrasi Razer Chroma bekerja dengan mulus dengan aksesori Razer Chroma kamu dan akan memberikan yang terbaik dari pengaturan game kamu.

Opera GX menampilkan tab di bilah atas, dan kamu dapat mengakses GX Control, GX Cleaner, dan bahkan Twitch langsung dari bilah sisi kiri. Seperti yang lainnya di Opera GX, bilah sisi juga dapat disesuaikan.

Selain visual, yang membuat kami takjub adalah pengalaman auditori Opera GX. Efek suara dalam browser telah dibuat secara khusus oleh artis nominasi BAFTA Games Awards. Musik yang bagus diputar secara halus di latar belakang dan menyesuaikan dengan kecepatan kamu. Jika kamu merasa ini menjengkelkan, kamu dapat dengan cepat mematikannya atau menyesuaikan volume melalui menu pengaturan.

Secara keseluruhan, antarmuka pengguna dan desain Opera GX bahkan mengungguli browser web terbaik di Windows 10.

2. Opera GX Penuh Fitur

Opera GX telah memperkenalkan beberapa fitur penting yang telah mengubah pengalaman menjelajah web. Tentu saja, beberapa fitur ini telah diadaptasi dari Opera Browser asli, tetapi ada begitu banyak fitur baru yang keren, hampir tidak mungkin untuk memilih yang paling kami sukai.

fitur browser web opera gx di windows 10

Fitur Kontrol GX adalah salah satu yang benar-benar menonjol. Opera memberi kamu kemampuan untuk mengontrol sumber daya yang tersedia untuk browser kamu, tidak seperti apa pun yang pernah kita lihat sebelumnya.

CPU dan RAM Limiter membuatnya sangat mudah untuk membatasi sumber daya sistem yang diumpankan ke browser, mencegah aplikasi lain mengalami penurunan kinerja. Gamer sering lebih suka menggunakan browser web untuk streaming selama bermain game, dan Opera GX memungkinkan untuk menjelajah internet tanpa mengalami kelambatan dalam game dengan mulus.

Pilihan bagus lainnya dalam GX Control adalah Hot Tab Killer, yang menganalisis semua tab yang terbuka dan menunjukkan penggunaan CPU dan RAM setiap tab. Jadi, jika sebuah tab menghabiskan terlalu banyak sumber daya, kamu dapat memangkasnya.

Kamu juga dapat mengatur bandwidth jaringan maksimum dan minimum yang tersedia untuk browser, tetapi hal itu dapat mengakibatkan kecepatan jaringan yang lebih lambat di dalam browser web.

opera gx twitch discord

Baik Twitch dan Discord telah menjadi penting bagi para gamer. Maka, tidak heran jika Opera GX telah mengintegrasikan keduanya ke dalam antarmukanya sebagai browser web yang ditujukan untuk para gamer. kamu dapat dengan mudah menambahkan keduanya ke sidebar untuk akses cepat. kamu juga dapat memasukkan Instagram, WhatsApp, Telegram, dan Facebook Messenger ke bilah sisi dalam satu klik.

Iklan adalah kebutuhan finansial untuk situs web, tetapi juga bisa sangat menjengkelkan bagi pengguna. Akibatnya, banyak orang memilih ekstensi blok iklan. Memahami dilema ini, Opera menyertakan pemblokir iklan bawaan ke dalam browser Opera GX-nya.

Selain itu, Opera GX memberikan arti baru bagi organisasi dan produktivitas. Selain mengatur tab dan jendela, kamu juga dapat dengan cepat mengakses Ruang Kerja yang berbeda dan mengatur grup tab berdasarkan minat kamu.

Fitur lain yang sangat kami sukai adalah Opera GX yang secara otomatis menyarankan untuk melampirkan file yang baru diunduh di email. Ini menghemat waktu dan membuatnya sangat mudah untuk memilih lampiran tanpa melalui banyak folder.

opera gx cleaner

GX Cleaner adalah fitur penting lainnya yang meningkatkan kinerja dengan membersihkan file yang tidak perlu. Selain itu, utilitas bawaan meningkatkan kinerja membuat pengalaman menjelajah kamu lebih cepat dan lancar.

3. Performa Luar Biasa Opera GX

Dalam hal kinerja, Opera GX mendapat peringkat yang cukup baik dalam pengujian WebXPRT 3—sebuah tolok ukur standar industri yang mengukur kinerja browser web. Dalam uji coba kami, Opera GX mencapai skor 192 dari 200, yang cukup dekat dengan hasil pengujian Google Chrome 177 dari 200 dan skor Microsoft Edge 179 dari 200.

4. Opera GX Mengutamakan Privasi

Privasi memainkan peran penting dalam dunia digital, sehingga browser web kita harus menjaga privasi online kita. Opera GX telah menjadikan privasi pengguna sebagai prioritas, yang terlihat dengan berbagai opsi privasi yang tersedia.

opera gx privacy settings

Opera GX hadir dengan VPN bawaan yang melindungi privasi online kamu, dan kamu dapat terhubung ke server di Asia, Amerika, dan Eropa. Selain itu, kamu juga dapat memblokir pelacak dan iklan. kamu dapat menyesuaikan pengaturan privasi dan keamanan kamu untuk memiliki kontrol lebih besar atas data penjelajahan kamu dan membatasi apa yang dapat diakses oleh situs web.

Opera GX: Browser Web Gaming Windows 10 Terbaik

Opera GX dikemas dengan banyak fitur yang meningkatkan kinerja dan memberikan pengguna kemampuan untuk memiliki kontrol yang belum pernah terjadi sebelumnya atas browser web mereka. Selain itu, fitur bagus seperti pemblokir iklan bawaan dan VPN meningkatkan privasi dan keamanan.

Secara keseluruhan, Opera GX adalah browser web luar biasa yang bekerja sangat baik untuk para gamer, dan kami sangat menyarankan kamu mencobanya.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *