Urutan Nonton Patlabor, Anime Mecha Bodor

Waralaba media fiksi ilmiah Patlabor (Patrol Labor) diciptakan pada tahun 1988 oleh Headgear, sebuah grup yang terdiri dari mangaka Masami Yuki, sutradara anime Mamoru Oshii, penulis skenario Kazunori Ito, perancang mecha Yutaka Izubuchi, dan perancang karakter Akemi Takada.

Meski sci-fi, Patlabor berlatar 1998-2002, dan mengikuti pasukan polisi yang memerangi kejahatan dengan robot raksasa mereka. Anime Patlabor membawa sentuhan menyegarkan ke genre mecha karena seberapa berakar seri ini dalam kenyataan.

Namun, anime tersebut berjuang untuk mendapatkan penonton yang lebih luas karena popularitas waralaba Gundam yang meluas pada saat itu. Jadi, apa itu Patlabor dan dalam urutan apa kita harus menonton serial anime dan filmnya?

Anime Patlabor Tentang Apa?

Patlabor mengikuti Bagian 2 Kendaraan Khusus Polisi Metropolitan Tokyo, satuan yang menggunakan mecha yang disebut Labor mereka untuk memerangi kriminalitas.

Protagonis utama seri adalah kadet terbaru regu, Noa Izumi, dengan anggota regu lainnya juga memainkan peran besar dalam seri.

patlabor anime

Anime ini bukan hanya mecha slice of life komedi, tetapi juga memiliki berbagai nuansa politik dan teknologi. Patlabor mengomentari isu-isu yang akan diberikan mecha kepada masyarakat dalam hal eko-terorisme, kejahatan sehari-hari, dan banyak simbolisme agama.

Baca juga: Mecha: Kecintaan Jepang Pada Robot Raksasa

Patlabor juga mengomentari perubahan yang dihadapi Jepang selama ledakan ekonomi, dengan tetap mempertahankan pesona komedinya.

patlabor logo mobile police headger

Patlabor sangat populer di Jepang dan memiliki toko pop-up waktu terbatas di Shibuya untuk ulang tahun ke-30 pada tahun 2019. Pada tahun 2020, dikunjungi kembali oleh audiens internasional karena perayaan ini, tetapi banyak penggemar baru yang harus mengejar ketinggalan.

Urutan Rilis Anime Patlabor

Dan dengan Patlabor memiliki manga, serial TV, dua seri OVA, tiga film panjang, dua seri novel ringan, dan kompilasi film pendek, bernama Minipatom, mungkin tampak sedikit membingungkan untuk diikuti pada awalnya.

Dalam 30 tahun terakhir, serial ini telah memiliki serangkaian reboot, film, dan anime. Berita gembira yang unik tentang seri ini adalah bahwa ia dibagi menjadi tiga garis waktu yang berbeda: manga, film, dan TV.

1. Mobile Police Patlabor (1988)

Mobile Police Patlabor (1988)
  • Judul lain: Kidou Keisatsu Patlabor: Early Days
  • Episode: 7
  • Tayang: Spring 1988

Entri pertama dalam timeline film adalah seri OVA 7 episode yang pertama kali ditayangkan pada tahun 1988.

Serial ini berfungsi sebagai cara untuk memperkenalkan anggota Special Vehicle (SV) Tokyo Metropolitan Police (TMP). Ini juga mengatur nada untuk adaptasi di masa depan, yang membuat penonton tahu apa yang akan mereka dapatkan dari anime ini.

2. Patlabor the Mobile Police (1989)

Patlabor the Mobile Police (1989)
  • Judul lain: Kidou Keisatsu Patlabor ON TELEVISION
  • Episode: 47
  • Tayang: Spring 1988

Berkat keberhasilan OVA 7 episode sebelumnya, serial anime 47 episode ini dikembangkan untuk pertunjukan yang didasarkan pada manga pada tahun 1988.

Serial ini mengikuti Noa dan anggota SV2 saat mereka menyelidiki aktivitas mencurigakan di Tokyo. Ini membawa mereka ke pertikaian antara Labor, penculik, dan teroris.

3. Patlabor: Film (1989)

Patlabor: Film (1989) anime mecha
  • Judul lain: Kidou Keisatsu Patlabor Gekijouban
  • Episode: 1 Film (1 jam 39 menit)
  • Tayang: Spring 1988

Berlatar pada tahun 1999 ketika Tokyo berada di tengah-tengah pembangunan kembali besar-besaran yang mengarah pada penghancuran pinggiran kota dan penciptaan pulau-pulau buatan.

Masalah dimulai ketika Labor mulai tidak berfungsi dan TMP SV2 dikirim untuk mengembalikan unit. Tim segera menemukan bahwa Labor diinstal dengan sistem operasi (OS) baru yang menyebabkan mereka aktif di sekitar frekuensi rendah.

OS ini dicampur dengan virus yang dikodekan untuk kehancuran Tokyo. Lebih buruk lagi, topan diperkirakan akan melanda Tokyo dalam dua hari, yang akan menambah kehancuran.

TMP SV2 sekarang harus berpacu dengan waktu untuk menghentikan virus mengambil alih Buruh dan menghancurkan Tokyo.

4. Mobile Police Patlabor: The New Files (1990)

Mobile Police Patlabor: The New Files (1990)
  • Judul lain: Patlabor 2, Kidou Keisatsu Patlabor: New OVA
  • Episode: 16
  • Tayang: Fall 1990

Sekuel dari seri aslinya ditayangkan pada tahun 1990 dan tidak mengikuti plot cerita.

Serial ini lebih merupakan serangkaian episode yang terjadi di antara peristiwa anime sebelumnya. Namun, sebuah episode dari seri ini menunjukkan kesimpulan dari salah satu cerita yang belum terselesaikan dalam anime aslinya.

5. Mobile Police Patlabor 2: The Movie (1993)

Mobile Police Patlabor 2: The Movie (1993)
  • Judul lain: Kidou Keisatsu Patlabor 2 The Movie
  • Episode: 1 Film (1 jam 54 menit)
  • Tayang: Spring 1993

Berlatar pada tahun 2002, tiga tahun setelah peristiwa film pertama. Sebuah rudal menghancurkan Jembatan Teluk Yokohama, dan sebagai tanggapan, militer mulai mengambil alih Tokyo.

Militer menyalahkan angkatan udara, dan ini memulai perang saudara yang membuat Tokyo menjadi medan perang.

Para karakter utama telah pensiun atau pindah ke posisi berbeda di dalam MPD, tetapi para anggota bersatu kembali untuk menangkap orang yang bertanggung jawab atas serangan teroris ini dan mengakhiri pertempuran.

5. WXIII: Patlabor the Movie 3 (2002)

WXIII: Patlabor the Movie 3 (2002)
  • Judul lain: Wasted Thirteen Kidou Keisatsu Patlabor
  • Episode: 1 Film (1 jam 39 menit)
  • Tayang: 2002

Berlatar di antara peristiwa film pertama dan kedua. Film ini adalah cerita sampingan dan tidak menampilkan pemeran utama.

Pada tahun 2000, serangkaian serangan terhadap Buruh mengirim dua detektif untuk menyelidiki dengan bantuan beberapa anggota di SV2.

Kelompok tersebut menemukan keberadaan program senjata biologis yang disebut Wasted XIII dan bagaimana hal itu terkait dengan militer Amerika dan Angkatan Darat Jepang.

6. Patlabor EZY

Patlabor EZY

Sebuah proyek yang diumumkan di Annecy International Animated Film Festival pada tahun 2017. Belum ada detail lebih lanjut yang diketahui.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *