Berapa Penghasilan Seorang Mangaka di Jepang?

Manga atau sebutan untuk komik asal Jepang ini sudah menjadi salah satu budaya dan industri yang dikenal di luar Negeri Sakura.

Di Jepang, manga dibaca oleh berbagai kalangan masyarakat, dari anak-anak hingga orang dewasa. Banyak yang menyukai manga sebagai bacaan sehari-hari, dan ada pula yang menjadikannya hobi.

Banyak judul manga yang sangat populer dicetak disana dan diterjemahkan kedalam berbagai bahasa, dan disebarluaskan ke seluruh penjuru dunia.

Banyak yang mempertanyakan siapa yang bekerja di balik pembuatan manga? Tentunya tidak lepas dari seorang komikus penciptanya yang disebut mangaka.

Mereka bekerja dari pagi hingga malam untuk menyelesaikan beberapa halaman atau sejumlah chapter, mereka kadang lupa mandi, hanya makan makanan instan atau jarang membereskan ruangan akibat harus menyelesaikan manganya.

Lantas, berapa sih penghasilan seorang mangaka? Hal tersebut pasti banyak dipertanyakan para pencinta bacaan yang satu ini.

Berikut beberapa informasi yang saya dapatkan mengenai penghasilan seorang Mangaka pada umumnya.

Sumber Penghasilan Seorang Mangaka

Secara garis besar pendapatan seorang Mangaka dapat dibedakan menjadi tiga:

1. Genkouryou

Genkouryou merupakan pendapatan pokok dari seorang mangaka yang mereka terima dari perusahaan yang menerbitkan karya mereka. Biasanya, bayaran ini dihitung per halaman.

Selain itu, perusahaan penebit manga akan memberi batas berapa halaman komik yang boleh mereka terbitkan, ini tergantung dari reputasi dan tingkat kepopuleran manga tersebut.

Standarnya, bayaran tiap satu halaman adalah tujuh ribu yen atau kira-kira setara dengan tujuh ratus ribu rupiah. Namun jika reputasinya terus meningkat, bayaran bisa meningkat hingga mencapai 20.000 yen atau sekitar dua juta rupiah setiap halamannya.

2. Inzei

Seorang mangaka juga mendapat Inzei, yang berarti royalti dari chapter-chapter yang berhasil dibukukan atau disebut tankobon.

Normalnya mereka akan mendapatkan 10% dari hasil penjualan buku komik yang mereka buat, perlu diketahui juga rata-rata harga satu buku komik di Jepang berkisar Rp.40.000, coba hitung jika buku komik mereka terjual ratusan hingga jutaan?

3. Royalti Game, Anime, dan Merchandise

Jika manga mereka sangat populer dan diadaptasi jadi anime, para mangaka juga akan mendapat royaltinya.

Apalagi kalau kemudian dibuat menjadi video game dan berbagai merchandise lain, bayangkan saja berapa penghasilan mereka.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *