10 Pesepakbola Terbaik Dunia yang Terinspirasi Kapten Tsubasa

Serial Captain Tsubasa merupakan manga dan anime paling populer dan favorit para penikmat sepak bola. Sederet pesepakbola terbaik dunia bahkan mengaku menyukai anime ini, dan terinspirasi oleh sang kapten Tsubasa Ozora.

Captain Tsubasa, yang di beberapa belahan dunia dikenal sebagai “Oliver y Benji”, “Olive et Tom”, “Supercampeones”, atau “Captain Majid”, adalah seri manga yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1981 oleh animator Jepang Yoichi Takahashi.

Manga dan anime sepak bola ini menceritakan tentang seorang anak bersama Tsubasa Ozora yang ingin menjadi pesepakbola terbaik dunia, dan membawa Jepang menjuarai Piala Dunia.

Tak disangka, kisah Tsubasa ini ternyata disukai dan mengilhami beberapa pemain sepakbola ternama. Nah, siapa sajakah pemain tersebut?

1. Alessandro Del Piero

Alessandro Del Piero italia
Foto: Transfermarkt.

Alessandro Del Piero, pesepakbola terbaik dunia asal Italia ini mengakui suka dengan serial Captain Tsubasa. Pengakuannya ini bahkan ia utarakan langsung kepada Yoichi Takahashi.

Del Piero pernah mendapat kenang-kenangan dari Takahashi. Sebuah ilustrasi gambar dirinya berseragam Juventus, yang telah ia bela dari 1993-2012, berdampingan dengan karakter utama Tsubasa Ozora.

2. Gennaro Gattuso

Gennaro Gattuso ac milan
Foto: IMDb.

Gennaro Gattuso sang gelandang bertahan yang kini jadi pelatih mengaku menyukai serial Captain Tsubasa.

Gattuso menyukai serial anime ini sejak kecil. Ia yang sering bermain bola di luar rumah, selalu pulang tepat waktu agar tak ketinggalan serial Captain Tsubasa di layar kaca.

3. Fernando Torres

Fernando Torres liverpool
Foto: Sky Sports.

Fernando Torres dikenal sebagai salah satu pesepakbola terbaik dunia sebagai penyerang. Di balik itu, ternyata ada peran serial Captain Tsubasa yang membawanya hingga ke titik tersebut.

“Saya ingat ketika kecil, kami sulit mendapat sinyal TV. Tapi semua orang membicarakan kartun tentang sepak bola dari Jepang,” akunya seperti dikutip dari Yahoo Sports.

Torres melanjutkan, “Itu adalah serial TV Oliver y Benji dari Spanyol dan Captain Tsubasa. Mereka berdua pemain muda yang memulai karier di tim muda dan menembus tim nasional.”

4. Lukas Podolski

Lukas Podolski german world cup
Foto: Bundesliga.

Lukas Podolski pun tak menutupi kekagumannya pada serial Captain Tsubasa. Segala pernak-pernik soal serial satu ini pun kerap diunggahnya ke media sosialnya.

Bahkan, Podolski tak hanya terpaku pada sosok Tsubasa saja. Ia juga mengagumi rival sekaligus rekan Tsubasa, Kojiro Hyuga, seperti yang terlihat karakter tersebut di Shin Pads yang ia pakai.

5. Andres Iniesta

Andres Iniesta barcelona
Foto: Der Spiegel.

Kecintaan Andres Iniesta pada serial Captain Tsubasa terlihat dari kesehariannya yang kerap memakai pernak-pernik tentang serial itu.

Iniesta pernah kedapatan menggunakan jaket Nankatsu yang merupakan tim masa kecil Tsubasa. Bahkan, ia juga pernah mengenakan kaus Toho yang merupakan klub masa kecil Kojiro Hyuga.

6. Hidetoshi Nakata

Hidetoshi Nakata as roma
Foto: Transfermarkt.

Tentu saja, pesepakbola Jepang banyak yang terinspirasi bermain berkat serial Captain Tsubasa.

Dari sanalah, Hidetoshi Nakata menjadi pemain hebat dalam mengolah si kulit bundar dan menjadi andalan di lini tengah.

Masa kejayaan Nakata terjadi saat ia membela AS Roma. Ia berhasil mengantarkan AS Roma meraih Scudetto pada 2001.

Tak hanya itu saja, Nakata berhasil mengantarkan Jepang tampil tiga kali di ajang Piala Dunia, yaitu pada 1998, 2002, dan 2006. 

Sayangnya, Nakata memutuskan gantung sepatu di usia yang masih cukup muda, yaitu 29 tahun.

7. Thierry Henry

Thierry Henry pesepakbola terbaik dunia
Foto: Transfermarkt.

Thierry Henry juga menjadi salah satu pemain ternama yang menyukai serial Captain Tsubasa. Bahkan, ia memuji karya Yoichi Takahashi tersebut.

Henry memuji kisah Captain Tsubasa yang mengajarkan para pemain muda untuk mengejar mimpi di sepak bola. Ucapan terima kasih pun pernah mengalir dari bibirnya untuk sang pengarang.

Baca juga: Skena Sepak Bola di London, Ragam Klub di Ibukota Inggris

8. Mesut Ozil

Mesut Ozil
Foto: beIN SPORTS.

Mesut Ozil bisa dikatakan sebagai salah satu playmaker terbaik dalam satu dekade terakhir. Perjalanannya sebagai pesepakbola terbaik dunia ini ternyata tak lepas dari serial Captain Tsubasa.

Karena menyukai serial satu ini, Ozil bahkan kala membela Timnas Jerman pernah menggunakan Shin Pads bergambar karakter Tsubasa Ozora.

9. Alexis Sanchez

Alexis Sanchez arsenal
Foto: beIN SPORTS.

Anime memang sudah mendunia, bahkan menjangkau Amerika Latin, dan penggemarnya lumayan besar. Dari sana, ada nama Alexi Sanchez yang juga menyukai Tsubasa Ozora.

Beredar rumor bahwa Sanchez memiliki koleksi lengkap manga Captain Tsubasa. Ada kemungkinan manga itu menginspirasinya hingga menjadi bintang ternama saat ini.

10. Kylian Mbappe

Kylian Mbappe pesepakbola terbaik dunia
Foto: Sky Sports.

Kylian Mbappé Lottin adalah pesepakbola terbaik dunia yang bermain sebagai penyerang untuk klub Ligue 1 Paris Saint-Germain dan tim nasional Prancis. Mbappe terkenal dengan kemampuan menggiring bola, kecepatan luar biasa, dan penyelesaian akhir.

Ketika mengalami cedera bahu, Mbappe pernah memposting bahwa dia merasa semakin mirip dengan kapten Tsubasa karena sama-sama pernah mengalami cedera di lokasi yang sama.

Mbappe juga pernah dihadiahi ilustrasi gambar dirinya dengan gaya manga Captain Tsubasa oleh sang pengarang Yoichi Takahashi.


Nah itu tadi deretan pesepakbola terbaik dunia yang terinspirasi oleh Captain Tsubasa.

Agar tak ketinggalan tulisan menarik lain dari Kearipan, jangan lupa ikuti blog ini di Google News, ya!

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *