15 Pilot Gundam Perempuan Terbaik

Bukan rahasia lagi bahwa franchise Mobile Suit Gundam selalu dekat dengan maskulinitas. Semua pilot Gundam dan jagoan utama dapat dikonfirmasi sebagai anak laki-laki. Soalnya, Gundam ditujukan untuk para penggemar pria yang pasti akan dibuat takjub dengan robot-robot besar yang canggih, serta memproduksi banyak sekali mainan buat mendukung klaim ini.

Meski target pemasarannya ditujukan untuk penonton pria, dengan mayoritas karakter pilot Gundam adalah pria sepanjang sejarahnya, franchise anime mecha ini tidak kekurangan pilot perempuan. Sejak serial anime Mobile Suit Gundam pertama kali ditayangkan pada tahun 1979, sudah ada beberapa karakter wanita dengan kemampuan bertarung dan navigasi yang membuat mereka terpilih menjadi pilot Gundam atau Mobile Suit.

Ada beragam karakter perempuan hebat di semesta Gundam, tapi siapa sajakah karakter pilot Gundam perempuan terbaik dan terkuat?

1. Emma Sheen (Zeta Gundam)

Emma Sheen (Zeta Gundam)
  • Pilot: RGM-79Q GM Quel, RX-178 Gundam Mk-II, RX-178+FXA-05D Super Gundam, RMS-099 Rick Dias, RGM-79C GM Type C

Emma adalah seorang perwira tentara Titan yang andal dari Earth Federation, dan merupakan pilot Gundam warna biru yang diperuntukan untuk pasukan elit. Ia seorang idealis dan memiliki rasa keadilan yang tinggi, dan karena inilah alasannya membelot ke AEUG (Anti Earth Union Group) setelah melihat kebobrokan di organisasi Titan.

Di AEUG, ia dikenal sebagai ahli strategi yang penuh perhitungan, serta pilot yang terampil. Dia dipercaya untuk mengemudikan Gundam Mk-II, yang sebelumnya digunakan Rei Amuro. Meski saat itu sudah ketinggalan zaman, namun Emma tetap mengendalikannya dengan baik dan mampu menghabisi banyak musuh dalam waktu singkat.

2. Four Murasame (Zeta Gundam)

Four Murasame (Zeta Gundam)
  • Pilot: MRX-009 Psycho Gundam

Setelah One Year War, gadis muda ini kehilangan keluarganya, dan setelah menghabiskan waktu sebagai yatim piatu akibat perang, dia diadopsi oleh Lab Penelitian Murasame.

Di sanalah Pasukan Earth Federation menggunakan dan melatihnya untuk menjadi Newtype buatan, atau disebut “Cyber-Newtype”. Ilmuwan yang bertanggung jawab atas proyek tersebut menghapus semua ingatannya dari kehidupan sebelumnya dan hanya memberinya nomor ‘Four’ sebagai namanya.

Dipaksa untuk bekerja dengan para Titan dan melawan AEUG sebagai satu-satunya cara dia bisa memulihkan ingatannya. Meski memperoleh kekuatan psikis yang besar dan keterampilan pilot mecha, dia juga menderita kerusakan otak yang membuatnya harus menahan sakit kepala yang sangat menyakitkan, yang hanya dapat diredakan dengan obat tertentu.

3. Roux Louka (Gundam ZZ)

Roux Louka (Gundam ZZ)
  • Pilot: RX-178 Gundam Mk-II, MSZ-006 Zeta Gundam, MSZ-010 ΖΖ Gundam, FXA-07GB Neo Core Fighter

Karakter cewek yang satu ini bisa dibilang jadi favorit banyak fans. Roux cantik, sarkastik, suka menggoda cowok, dan tentu saja memiliki kemampuan menjadi pilot Gundam.

Merupakan rekrutan A.E.U.G. untuk Argama setelah bergabung dengan di Shangri-La untuk memberikan Core Fighter, serta membantu kesepakatan kelompok Judau dengan dealer sampah, Zeon, dan Yazan.

Roux sangat percaya diri dengan kemampuannya sendiri sebagai pilot dan seorang perempuan, dan tidak takut menggunakan pesonanya untuk keluar dari beberapa situasi sulit. Salah satu kemampuannya yang paling menonjol adalah godaan dan akting, sering berpura-pura bersimpati kepada musuh dan orang asing untuk mendapatkan apa yang dia inginkan.

Roux Louka menjadi pilot Zeta Gundam saat Judau Ashta berganti ke MSZ-010 Gundam. Dia memang memiliki tingkat keterampilan yang relatif tinggi sebagai pilot Mobile Suit, dan dia tidak hanya memilih Zeta Gundam, yang biasanya hanya Kamille Bidan dan Judau yang bisa memilotinya, tetapi dia juga dapat mengoperasikan ZZ Gundam.

4. Haman Karn (Zeta Gundam, Gundam ZZ)

Haman Karn (Zeta Gundam, Gundam ZZ)
  • Pilot: MAN-08 Elmeth, MS-09R4 Psycommu Rick Dom, AMX-001 Prototype Qubeley, AMX-004 Qubeley, AMX-103P Waiqueure, MSM-04 Acguy, MS-110 Chaika, AMX-003 Gaza-C

Apakah kamu puas dengan para pilot perempuan yang menggemaskan? Nah, sekarang saya akan memperkenalkan dengan pilot perempuan paling sadis, yaitu Haman Karn.

Haman menunjukkan bahwa dia adalah pilot Mobile Suit yang sangat terampil, dan Newtype yang sangat kuat, setara dengan Paptimus Scirocco dan bahkan dikatakan melebihi Char Aznable. Dengan spesialisi Mobile Suit buatan Zeon, Haman tidak pandang bulu dan suka menghabisi lawan meski sudah memohon ampun.

Dia juga seorang politisi dan pemimpin militer yang sangat cakap, mampu memimpin pasukan Neo Zeon dalam kampanye untuk menyerang Earth Sphere segera setelah berakhirnya Perang Gryps.

5. Elpeo Ple/Puru (Gundam ZZ)

Elpeo Ple/Puru (Gundam ZZ)
  • Pilot: RX-178 Gundam Mk-II, MSZ-010 ΖΖ Gundam, AMX-004 Qubeley Mk-II, FXA-08R Mega Rider, FXA-07GB Neo Core Fighter

Elpeo Ple adalah manusia yang dimodifikasi yang dirancang oleh faksi Zeon untuk bisa memiliki kemampuan Newtype. Meski begitu, sebagai ace Neo Zeon di bawah perintah Glemmy Toto, dia membelot ke AEUG karena Judau Ashta sang pilot Gundam ZZ.

Dia juga menganggap Judau sebagai kakak laki-laki dan memaksanya untuk selalu bermain dengannya. Meski terkesan kekanak-kanakan dan tidak serius, Puru tetap menjadi pilot yang bisa diandalkan.

Dia mampu mengendalikan Gundam Zeta dan Qubeley Mk-II dengan sistem psycommu yang mampu menghilangkan penghalang.

6. Christina MacKenzie (Gundam 0080: War in the Pocket)

Christina MacKenzie (Gundam 0080: War in the Pocket)
  • Pilot: G-IV, RX-78NT-1 Gundam “Alex”

Christina memiliki penampilan yang anggun, dan meski bukan seorang Newtype, ia telah terbukti mahir sebagai pilot Gundam.

Setelah lulus dari sekolah menengah, ia masuk Federation Space Force Academy pada bulan September 0076, dan lulus pertama di kelasnya pada tahun 0078.

Saat masih sekolah, ia bercita-cita menjadi pilot pesawat tempur dan ingin ditugaskan ke War Technology Research Group, sebuah unit elit, tetapi One Year War pecah segera setelah dia ditugaskan.

Dia bergabung dengan skuadron uji di bawah komando Space Force Integrated Technology Research Headquarters, di mana keterampilan mengemudikannya sangat mengesankan bagi seorang pemula.

Setelah itu, unit uji ditata ulang dan menjadi unit G-4, dan dia terpilih menjadi pilot penuh waktu Alex. Namun, dia bukan pilot uji asli, tetapi seorang insinyur komputer. Dia bertanggung jawab untuk menyesuaikan komputer Gundam NT-1.

7. Allenby Beardsley (Mobile Fighter G Gundam)

Allenby Beardsley (Mobile Fighter G Gundam)
  • Pilot: Nobel Gundam GF13-050NSW

Sebagai seorang yatim piatu, Allenby diadopsi oleh Neo Swedia dan dilatih secara religius untuk menjadi petarung Gundam terbaik.

Allenby adalah Gundam Fighter untuk Neo Swedia dan satu-satunya petarung wanita di turnamen Mobile Fighter G Gundam, mengemudikan Nobel Gundam GF13-050NSW dengan cara yang mirip dengan Four Murasame.

Sebagai bagian dari pelatihan Pasukan Neo Swedia, Allenby memiliki kemampuan untuk menggunakan Sistem Berserker, yang membuatnya tidak dapat disangkal sebagai petarung terbaik, meskipun itu menyebabkan dia mengalami kemarahan yang tak terkendali.

Sama seperti protagonis utama, Domon Kasshu, Allenby dipaksa melawan keinginannya untuk menjadi pilot Gundam, sehingga menyebabkan dia mengembangkan perasaan yang lebih dalam untuk pejuang dari Neo Jepang.

8. Karen Joshua (Gundam: The 08th MS Team)

Karen Joshua (Gundam: The 08th MS Team)
  • Pilot: Gundam RX-79 [G] Ground Type

Pilot Gundam ini adalah wanita yang keras, intens, dan tanpa basa-basi. Dia menganggap serius pekerjaannya, dan mengharapkan rekan satu timnya untuk melakukan hal yang sama. Sikapnya yang kasar membuatnya sulit untuk dibaca dan didekati, tetapi dia setia kepada rekan-rekannya.

Karen bertempur dalam One Year War sebagai bagian dari Tim Mobile Suit ke-08, menjabat sebagai komandan kedua dan mengemudikan RX-79 [G] Gundam Ground Type.

Sebagai mantan mahasiswa kedokteran, Karen dapat bertindak sebagai tenaga medis dalam keadaan darurat. Dia juga terampil dalam mengemudikan MS, dan terkadang mengambil alih komando.

9. Cagalli Yula Athha (Gundam SEED)

Cagalli Yula Athha (Gundam SEED)
  • Pilot: ORB-01 Akatsuki Gundam, FX-550 Skygrasper, MBF-02 Strike Rouge

Sebagai putri Kerajaan Serikat Orb, Cagalli telah membuktikan kemampuannya dalam urusan politik, terutama dalam diplomasi dengan kerajaan lain.

Meski dibesarkan sebagai seorang putri dan diajarkan untuk menjadi sopan dan elegan, Cagalli jauh dari itu, karena dia telah terbukti cukup keras kepala, pemberontak, maskulin, dan berjiwa bebas.

Cagalli terbukti memiliki kemampuan diplomasi yang mumpuni ketika berhadapan dengan politik luar negeri. Saat bertarung dengan Desert Dawn di Mesir, dianggap bahwa dia ahli dalam pelatihan tempur dasar dan penggunaan senjata api.

Dalam pertempuran MS, Cagalli dipandang sebagai petarung jarak menengah yang cukup baik, tetapi membutuhkan program AI untuk membantunya selama serangan mendadak pertamanya dengan Strike Rouge.

Meski dia seorang Natural, Cagalli mampu masuk ke mode SEED dalam pertempuran seperti halnya Kira dan Athrun.

10. Marie Parfacy (Gundam 00)

Marie Parfacy (Gundam 00)
  • Pilot: GN Archer

Marie adalah manusia hasil eksperimen yang diciptakan khusus sebagai “senjata”. Tubuhnya menjadi lebih kuat dan memiliki refleks yang lebih tinggi dari manusia biasa.

Marie juga diberi suntikan mesin nano yang memungkinkannya bergerak dengan mudah di luar angkasa, dan memiliki peningkatan kemampuan penyembuhan dirinya.

Bakat Marie membuatnya menjadi pilot yang mahir. Karena itulah dia dipercaya menjadi letnan satu pasukan A-Laws.

11. Nena Trinity (Gundam 00)

Nena Trinity (Gundam 00)
  • Pilot: GNW-003 Gundam Throne Drei, GNW-003/SH Liang

Nena adalah pilot Gundam yang terampil dan membuatnya dipercaya untuk mengendalikan Gundam Throne Drei. Sayangnya, daripada disebut mahir, Nena lebih pas disebut sadis. Membuatnya jadi salah satu karakter di semesta Gundam yang dibenci oleh penggemar.

Nena secara keseluruhan seorang yang impulsif, egois, sadis, kekanak-kanakan, genit, dan memiliki kecenderungan sosiopat. Meski dia percaya dalam mengubah dunia, dia juga memiliki selera humor yang buruk dalam menyakiti dan bahkan membunuh orang secara acak berdasarkan keinginan dan “logika” pribadinya.

Karena cara dia diciptakan, dia memiliki rasa moral dan etika yang terbatas; dia bisa membunuh tanpa penyesalan. Ada kemungkinan bahwa dia bahkan memiliki penghinaan yang mendalam, bahkan mungkin kebencian terhadap seluruh umat manusia, sebagaimana dibuktikan oleh sadisme dan kecenderungan sosiopat tersebut. Satu-satunya hal yang penting baginya adalah saudara laki-lakinya.

12. Marida Cruz (Gundam Unicorn)

Marida Cruz (Gundam Unicorn)
  • Pilot: AMX-004G Qubeley Mass Production Type, RX-0 Unicorn Gundam 02 Banshee, NZ-666 Kshatriya

Di antara karakter wanita di alam semesta Gundam, Marida Cruz bisa dibilang salah satu yang memiliki masa lalu paling kelam. Dia dijual sebagai budak dan selalu disiksa oleh tuannya.

Meski begitu, Marida ditampilkan sebagai orang yang empatik dan peduli yang menghindari menimbulkan kerusakan yang tidak perlu dan tidak ingin menyakiti kebanyakan orang secara emosional, meskipun dia biasanya digambarkan sebagai tanpa emosi dan menakutkan oleh orang lain.

Sangat kompeten dalam pertempuran, dia tidak agresif dan hanya akan bertarung karena perintahnya atau ingin melindungi orang yang dia sayangi. Marida cenderung bertindak sebagai kakak perempuan dan sosok mentor bagi mereka yang lebih muda darinya, serta peran pendampingannya kepada Banagher Links dan Mineva Zabi di kemudian hari.

Marida adalah salah satu dari 12 klon Elpeo Ple dengan kode “Ple Twelve”. Ini memberinya kemampuan meramal, telepati, dan merasakan posisi, situasi, serta permusuhan orang lain terhadapnya. Identitasnya sebagai Cyber Newtype juga memungkinkan dia untuk mengontrol persenjataan jarak jauh nirkabel seperti funnel.

Ia menjadi pilot di Glemy Faction saat Perang Neo Zeon kedu dan satu-satunya yang selamat dari peristiwa itu, untuk kemudian bergabung dengan sisa pasukan Zeon yang disebut Sleeve. Ia menjadi pilot Kshatriya, yang merupakan upgrade dari Qubeley.

Selama dia ditangkap oleh Vist Foundation, dia direkondisi dan menjadi pilot Unicorn Gundam 02 Banshee.

13. Julieta Juris (Gundam: Iron-Blooded Orphan)

Julieta Juris (Gundam: Iron-Blooded Orphan)
  • Pilot: Reginlaze Julia

Karakter wanita ini bisa dibilang salah satu karakter yang paling dibenci di dunia Gundam. Bagaimana tidak, dia adalah satu-satunya karakter musuh yang berhasil membunuh karakter utama di Gundam Iron-Blooded Orphans, Mikazuki Augus.

Awalnya, kemampuannya sebagai pilot masih kalah dengan Mikazuki. Namun, dia terus bertekad untuk menjadi pilot yang tangguh dengan terus melawan Mikazuki dan Gundam Barbatos miliknya.

Dia juga seorang pilot yang percaya pada kemampuannya sendiri dan paling enggan untuk menipu. Jadi ketika dia ditawari sistem peningkatan kemampuan Alana-Vijnana, dia menolaknya.

Karena kemampuannya inilah dia dipercaya sebagai pilot mobile suit Reginlaze Julia.

14. Fumina Hoshino (Gundam Build Fighter)

Fumina Hoshino (Gundam Build Fighter)
  • Pilot: Gundam Star Winning

Sebenarnya, dia bukan pilot Gundam “sungguhan”. Soalnya, Gundam yang dia kuasai adalah Gunpla yang diproyeksikan menjadi Gundam lewat mesin canggih di serial anime Gundam Build Fighter.

Meski begitu, jika dia adalah pilot Gundam sejati, Fumina akan diklasifikasikan sebagai pilot ahli. Dia mengontrol Gundam Star Winning Gundam yang bertindak sebagai pendukung dalam bentuk SD.

Saat bertransformasi ke mode real, Fumina juga terbukti mampu meningkatkan kemampuan bertarungnya.

15. Suletta Mercury (Gundam: The Witch From Mercury)

Suletta Mercury (Gundam: Penyihir Dari Merkurius)
  • Pilot: XVX-016 Gundam Aerial

Suletta Mercury adalah protagonis dari serial Mobile Suit Gundam terbaru, The Witch From Mercury.

Dia adalah siswa tahun kedua di departemen percontohan Asticassia School of Technology, yang dipindahkan ke sekolah dari Mercury. Dia adalah pilot Gundam Aerial.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

2 Comments

  1. Sayla Mass dan Rita Bernal kenapa tidak dimasukkan mas?
    Sayla termasuk tokoh wanita dunia Tomino pertama yg digambarkan bisa memiloti Gundam loh. Rita juga punya kemampuan yg cukup walau berakhir tragis.

    • Iya Sayla pilot cewek pertama yg bisa ngendalian Gundam (meski dimarahin Amuro). Rita juga jago emang, tapi kurang ditampilin di film Narative-nya sih. Tadinya ini juga cuma mau dibuat 10 aja tapi pusing milihnya, jadi 15 deh, itupun masih bingung, sengaja yg dari UC agak dikurangin.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *