10 Pilot Mecha Perempuan Terbaik di Anime

Salah satu elemen anime mecha yang paling menonjol adalah kemampuan pilot untuk mengendalikan robot besar. Seringkali, narasi dalam anime ini mencoba menjawab kondisi manusia, seperti hubungan kita dengan mesin, Bumi, dan manusia atau bahkan makhluk lain.

Banyak dari pilot mecha umumnya adalah pemuda gigih yang berjuang untuk mempertahankan keyakinan mereka dan orang-orang yang mereka cintai. Ini bukan kebetulan, karena genre ini berakar pada daya tarik demografis cowok.

Meski target pasar utamanya ditujukan buat penonton pria, dengan mayoritas karakter pilot adalah pria sepanjang sejarahnya, anime mecha tidak kekurangan pilot perempuan.

Karakter-karakter ini bukan hanya sekadar memberikan fanservice, tapi benar-benar melayani keadilan ruang angkasa dengan cara yang hanya diketahui oleh seorang wanita. Faktanya, pilot mecha perempuan dan seri masing-masing yang tercantum di bawah ini adalah beberapa yang terbaik yang ditawarkan genre ini!

1. Milia Fallyna Jenius (Macross Super Dimension Fortress)

Milia Fallyna Jenius (Macross Super Dimension Fortress)

Milia Fallyna adalah pilot tangguh Queadlunn-Rau dari Zentradi, sebagai Kelas 1 Aviatrix, serta kemudian VF-1J Valkyrie milik UN Spacey.

Meski dia jatuh cinta dengan mantan musuhnya, Maximillian Jenius yang merupakan manusia, dia masih mampu mempertahankan sifat dan kemampuannya yang seperti pejuang sepanjang seri.

Sebagai pilot Queadlunn-Rau, Milia tanpa ampun dan tidak menunjukkan penyesalan atas pembantaian yang disebabkan kemampuannya. Ketika dia bergabung dengan pasukan UN Spacey, hubungannya dengan Max memberikan tanda kedamaian dan harapan akan berakhirnya Perang Luar Angkasa I.

Baca juga: Urutan Nonton Macross Series

2. Emma Sheen (Mobile Suit Zeta Gundam)

Emma Sheen (Mobile Suit Zeta Gundam)

Sebagai franchise anime mecha legendaris, ada banyak karakter perempuan di Gundam yang hebat, dan sangat baik sebagai pilot.

Salah satunya Emma Sheen dari Zeta Gundam, yang merupakan seorang ahli strategi yang penuh perhitungan, serta pilot Gundam perempuan yang terampil.

Dia dipercaya untuk mengemudikan Gundam Mk-II, yang sebelumnya digunakan Rei Amuro. Meski saat itu sudah ketinggalan zaman, namun Emma tetap mengendalikannya dengan sangat hebat.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Gundam Timeline Universal Century

3. Haman Karn (Mobile Suit Zeta Gundam, Mobile Suit Gundam ZZ)

Daftar ini tentu tak lengkap tanpa memasukkan Haman Karn.

Sebagai Pemimpin Tertinggi Neo-Zeon, Haman adalah Newtype yang mengemudikan beberapa Gundam, seperti Qubeley (AMX-004) dan Psycommu Rick Dom (MS-09R4).

Kompatibilitasnya dengan sistem psycommu tak tertandingi, saat dia menghadapi Char Aznable dengan Hyaku Shiki-nya di akhir Mobile Suit Zeta Gundam selama Konflik Gryps.

Selanjutnya di sekuel Gundam ZZ, Haman mengambil peran yang lebih sentral, saat ia mulai menaklukkan koloni di bawah Neo-Zeon dan mengambil alih ibu kota Earth Federation, Dakar.

Haman begitu dingin dan menakutkan, yang dia kaitkan dengan kekuatannya sebagai pilot dan politisi.

4. Kazumi Amano (GunBuster)

Kazumi Amano (GunBuster)

Sebagai pilot Buster Machine 2, Kazumi Amano sangat terampil dan dikagumi oleh karakter utama, Noriko Takaya, bahkan memikat Letnan Komandan Koichiro Oota, bertahun-tahun lebih tua darinya.

Saat dalam pelatihan, Kazumi adalah siswa terbaik di sekolah menengah khusus perempuan Okinawa dan tidak membiarkan kebanggaan menguras kemampuannya untuk mengungguli teman-temannya dengan cara apa pun, karena ia tetap rajin mengembangkan keterampilannya.

Karena dia mendapatkan gelar “Ratu Mawar” sebagai pilot mecha wanita top di Jepang, dia bingung ketika Noriko yang lebih rendah dipilih sebagai pilot mitranya. Terlepas dari kemunduran ini, keduanya menjadi selaras dan, ketika digabungkan, berubah menjadi GunBuster.

Akhirnya, dia mendapatkan gelar kolonel, kembali ke luar angkasa bersama Noriko untuk mempertahankan Buster Machine 3 selama serangan terhadap Space Monster dengan Black Hole Bomb.

5. Noa Izumi (Patlabor)

Noa Izumi (Patlabor)

Sebagai anggota Unit Kendaraan Khusus Bagian 2, Noa Izumi adalah pilot Ingram AV-98 Patrol Labor, dan bersama rekan kerjanya, adalah tugasnya untuk membela masyarakat dari penjahat yang mengandalkan Patalabor untuk melakukan perintah mereka.

Noa sebenarnya punya kemampuan rata-rata dibandingkan dengan yang lain di lapangan. Dia bukan yang paling pintar, atau paling berbakat di unitnya, tetapi tetap menjadi pilot yang sukses karena kemanusiaannya dan fokus untuk melakukan yang terbaik yang dia bisa.

Dia menamai Ingram AV-98 Alphonse setelah hewan peliharaan yang dia miliki, menandakan kesetiaannya pada identitas dan tujuan melindungi mereka dari serangkaian kenakalan komedi yang terjadi dalam seri ini.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Patlabor

6. Asuka Langley Sohryu (Neon Genesis Evangelion)

Asuka Langley Sohryu (Neon Genesis Evangelion)

Asuka adalah Second Child dan pilot mecha yang penuh percaya diri dari Evangelion Unit-02. Dengan kompatibilitasnya yang mengesankan dengan Unit-02 dan agresivitas pertempuran dengan Angel.

Mempertimbangkan penggambarannya di anime aslinya, sikap kerasnya yang disebabkan oleh trauma yang belum terselesaikan dari kematian ibunya dan masa kecilnya semakin memicu keinginannya untuk menjadi pilot Unit-02, yang segera menjadi satu-satunya hal yang bisa dia jalani.

Dalam End of Evangelion (1999), kemampuan luar biasa Asuka memungkinkan dia untuk mengemudikan Unit-02 yang habis, meskipun sebentar dan sedikit, dengan amarahnya sendiri.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Evangelion

7. Kallen Kozuki (Code Geass: Lelouch of the Rebellion)

Kallen Kozuki (Code Geass: Lelouch of the Rebellion)

Pilot ace dengan beragam unit, dari Knightmare, Burai, dan kemudian Guren MK-II dari Black Knights, Kallen seorang yang impulsif dan pemberontak, dan akhirnya berkembang menjadi karakter tanpa pamrih. Saat bertarung, dia menggunakan persenjataan jarak dekat dan tampil agresif.

Sumber serangan utama Guren MK-II adalah tangan perak bercakar yang menyimpan Radiant Wave Surger, senjata yang dapat menghancurkan Knightmare dengan genggaman telapak tangannya.

Nama kode Kallen adalah “Q1” dan memiliki skor pertarungan 100 dari 100, sering kali bergerak dengan cepat dan cerdas dalam pertempuran, terlepas dari mekanisme yang dia gunakan.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Code Geass

8. Yoko Littner (Tengen Toppa Gurren Lagann)

Yoko Littner (Tengen Toppa Gurren Lagann)

Sebagai karakter cewek utama dari seri ini, Yoko membawa beban serius di Tengen Toppa Gurren Lagann.

Pertama kali diperkenalkan sebagai remaja yang blak-blakan dan memegang senjata yang mengejar Gunmen di permukaan, Yoko berkembang kemudian dalam seri untuk menjadi pilot yang mengesankan dari salah satu mecha bernama Dayakkaiser.

Dayakkaiser diyakini dihancurkan selama Perang Beastman, tetapi, Makken dan Leite melengkapinya dengan teknologi berbasis Spiral, sehingga membuatnya menjadi mesin yang berhasil melawan pasukan Anti-Spiral.

Yoko bertanggung jawab penuh atas kehancuran banyak kapal Anti-Spiral saat berhasil mempertahankan peradaban dari kehancuran.

9. Eureka (Eureka Seven)

Eureka (Eureka Seven)

Seorang anggota Gekkostate, dia adalah pilot dari Nirvash tipe ZERO, bersama co-pilotnya Renton Thurston.

Sebelumnya seorang anggota top militer, seperti yang dia katakan, “anjing militer”, yang bertanggung jawab atas sejumlah besar kematian dan tragedi.

Pengembangan karakter Eureka terutama berkisar pada upayanya untuk menebus perilakunya dan belajar hidup tanpa bergantung pada perintah, alih-alih menjadi dirinya sendiri.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Eureka Seven

10. Mari Makinami Illustrious (Evangelion)

Mari Makinami Illustrious (Evangelion)

Menceritakan kembali Neon Genesis Evangelion asli, seri Rebuild of Evangelion mengubah beberapa hal, termasuk penambahan Mari Makinami Illustrious.

Perkembangan Mari tidak mudah dan karakternya terus berubah seiring perkembangan film itu sendiri. Awalnya, pencipta Hideaki Anno hanya tahu bahwa Mari harus “menghancurkan Eva”, tetapi ada berbagai ide tentang cara mengintegrasikannya ke dalam kerangka Evangelion yang ada.

Peran Mari telah berubah dari cameo kecil yang diperluas menjadi sepenuhnya mengambil alih peran karakter lain. Mari menuju ke arah di mana dia berfungsi sebagai rival yang kompeten untuk Asuka. Mari terbukti sebagai pilot ahli yang setidaknya setingkat Asuka, bahkan lebih tinggi.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *