6 Plugin WordPress untuk Optimasi Gambar

Sederhananya, gambar memperlambat situs kamu. Tetapi gambar tetap penting untuk daya pikat visualnya, jadi kamu tidak bisa mengabaikannya begitu saja atas nama performa. Maka untuk mengakalinya, kamu dapat menggunakan plugin WordPress pengoptimal gambar untuk mengompres dan mengoptimalkan gambar untuk kinerja puncak.

Hasilnya, pembaca menikmati gambar yang indah dan situs kamu tetap dimuat dengan cepat. Ini adalah win-win solution!

Untuk memilih plugin WordPress image optimizer, kamu memiliki beberapa opsi terbaik. Nah, buat membantu kamu menemukan yang terbaik dari yang terbaik, berikut beberapa rekomendasi:

1. Imagify

imagify plugin wordpress image optimizer

Imagify adalah plugin WordPress untuk kompresi gambar yang memiliki modul Pengaturan terbaik di daftar ini. Ini dipecah menjadi General Settings, Optimization, dan Display Options, dengan hanya satu halaman untuk mengelola pengaturan.

imagify dashboard wordpress image optimizer

Pilihan pengoptimalan disajikan dengan tombol besar sehingga akan memudahkan. Juga, Visual Comparison antara mode pengoptimalan memberi kamu gambaran tentang mana yang akan digunakan.

imagify setting optimization level

Kamu harus mendaftar akun gratis untuk mendapatkan kunci API guna mengaktifkan fitur Imagify.

Dalam pengujian optimasi, Imagify bekerja dengan baik. Tapi itu saat menggunakan pengaturan optimasi Agresif default. kamu juga bisa menggunakan Normal (lossless) dan Ultra (lebih lossy). Jadi, kamu dapat mengompres gambar kamu lebih banyak, atau lebih sedikit, jika kamu mengkhawatirkan kualitas.

imagify image compression

Selain itu, kamu dapat mengatur sebagian besar fitur untuk otomatisasi. Misalnya, kamu dapat mengubah ukuran semua gambar ke lebar tertentu. Bahkan ada alat untuk mengoptimalkan tema WordPress kamu.

imagify image optimizer wordpress plugin

Paket Gratis memungkinkan 20 MB gambar per bulan, yang mereka perkirakan sebagai 200 gambar.

Paket lainnya menawarkan unggahan tanpa batas, mulai dari $8,33 per bulan (bila dibayar tahunan).

2. ShortPixel

plugin wordpress shortpixel

Dasbor ShortPixel menawarkan kesederhanaan dan tombol cepat untuk memilih jenis kompresi kamu, menangani pencadangan gambar, dan mengubah ukuran gambar besar.

Ada banyak tab tambahan untuk fitur-fitur canggih di plugin WordPress ini. Namun, rata-rata pengguna dapat menggunakan pengaturan default, dan halaman utama adalah tempat kamu akan bertahan.

user interface shortpixel image optimizer plugin

Kunci API diperlukan, tetapi kamu dapat meminta API dalam hitungan detik langsung dari dasbor.
Bagaimana fitur-fiturnya?

ShortPixel memungkinkan kamu memilih dari mode Lossy, Glossy, dan Lossless. Mereka bahkan memiliki tautan pengujian untuk membantu kamu memutuskan di antara ketiga opsi tersebut.

plugin wordpress shortpixel image optimizer

Kamu juga dapat mengubah ukuran gambar besar saat diunggah dan melihat berapa banyak ruang yang telah kamu hemat.

ShortPixel memiliki beberapa fitur lain yang akan disukai pengguna tingkat lanjut, termasuk:

  • Pengoptimalan PDF
  • Dukungan gambar WebP
  • Integrasi Cloudflare jika kamu menggunakan CDN
  • Folder media tambahan
  • Konversi PNG ke JPEG
  • Optimalisasi gambar retina
  • Pengoptimalan atau pengecualian gambar mini

ShortPixel menyediakan 100 kredit gambar gratis setiap bulan. Jika kamu membutuhkan lebih banyak, paket mulai dari $ 3,99 untuk 7.000 kredit gambar. Batas ukuran file adalah 100MB untuk semua paket, dan kamu dapat meningkatkan untuk mengoptimalkan lebih banyak gambar.

3. TinyPNG

tinypng image optimizer wordpress plugin

Plugin WordPress TinyPNG tetap berpegang pada dasar-dasarnya, dengan halaman Pengaturan yang sederhana dan bersih. Mungkin perlu 20 detik untuk memahami apa yang terjadi dan mengaktifkan proses pengoptimalan otomatis kamu.

tinypng image optimizer setting

Ini adalah hal yang paling dekat dengan antarmuka pemula yang dapat kamu temukan, dengan pengaturan yang disarankan selama proses dan hanya beberapa langkah untuk menyelesaikan semua yang kamu butuhkan.

tinypng image optimizer plugin wordpress setting

TinyPNG secara otomatis mengompresi dan mengubah ukuran gambar saat diunggah. Ini juga memiliki opsi untuk mengoptimalkan gambar yang diunggah sebelumnya.

Selanjutnya, TinyPNG memungkinkan kamu mengubah ukuran gambar di dasbor WordPress sambil juga memilih ukuran gambar mana yang akan dikompres, dari thumbnail hingga gambar asli.

Bersamaan dengan tidak ada batasan ukuran file dan dukungan WooCommerce, ini adalah plugin WordPress yang cukup menarik.

TinyPNG membatasi jumlah unggahan gratis hingga 500 per bulan, tetapi itu sering kali lebih kecil untuk kebutuhan situs berukuran sedang.

Setelah itu, harga awal adalah $0,009 per gambar untuk 9.500 gambar berikutnya. Harga per kompresi turun menjadi $0,002 setelah 10.000 kompresi.

4. EWWW

ewww image optimizer wordpress plugin

EWWW menawarkan antarmuka satu halaman yang diperbarui untuk melihat skor pengoptimalan, penghematan kompresi lokal, dan rekomendasi untuk meningkatkan pengoptimalan di seluruh situs kamu.

ewww image optimizer plugin wordpress

Unggahan media baru terjadi di latar belakang, dan plugin menawarkan pengoptimal massal untuk mempercepat proses. Kompresi terjadi tanpa memperoleh kunci API, yang membuat antarmuka sedikit lebih mudah dipahami daripada kompetisi. Namun, kamu memiliki opsi untuk menggunakan API untuk pengoptimalan yang lebih baik dan dukungan prioritas.

EWWW menawarkan pengoptimalan JPG, PNG, GIF, dan PDF. Ada juga opsi untuk kompresi lossy dan lossless. Manfaat utamanya adalah EWWW tidak memiliki batasan ukuran file atau jumlah gambar yang diunggah.

Selain itu, versi gratis EWWW melakukan pengoptimalan di server web kamu sendiri, sedangkan semua alat lain menggunakan server eksternal. Ini bagus untuk situs yang berfokus pada privasi. Tapi itu bisa membebani server kamu jika kamu mengoptimalkan banyak gambar sekaligus.

Sebagai bonus, EWWW menawarkan Mode Easy dan Ludicrous. Easy Mode memiliki semua hal penting untuk kompresi out-of-the-box, sementara Ludicrous Mode membuka banyak opsi untuk konversi, menimpa, mengubah ukuran, dan banyak lagi.

ewww image optimizer setting

Plugin WordPress EWWW yang utama tetap gratis. Untuk fitur tambahan, pertimbangkan salah satu paket berbayar:

  • Standar: $7 per bulan untuk tambahan seperti pengoptimalan CSS, CDN terbatas, dan bandwidth 200 GB. Paket ini mendukung satu situs.
  • Pertumbuhan: $15 per bulan untuk 10 situs, CDN global, bandwidth 400 GB, dan dukungan domain khusus.
  • Tak terbatas: $25 per bulan untuk situs tak terbatas, bandwidth 800 GB, dan audit kecepatan situs.

5. Optimole

optimole plugin wordpress image optimizer

Plugin WordPress pengoptimalan gambar Optimole bersih dan modern, dengan sebagian besar alat berjalan di latar belakang tanpa kamu sadari. Ini membutuhkan pembuatan akun cepat dan penyisipan kunci API.

Setelah itu, kamu dapat melihat semua gambar yang dioptimalkan di dasbor dan mengubah pengaturan tertentu seperti penggantian gambar, pengubahan ukuran gambar besar, kualitas kompresi, dan lazy load.

optimole image optimizer plugin wordpress

Optimole juga memiliki dasbor sendiri di luar WordPress. Di sini kamu dapat menemukan informasi yang lebih detail seperti ukuran pengoptimalan dan laporan bulanan.

Optimole menyelesaikan semua pengoptimalan gambar secara otomatis. Ini juga didukung oleh CDN (Content Delivery Network) sehingga kamu tidak perlu khawatir gambar kamu dimuat dengan lambat.

Pelacakan adalah salah satu fitur terbaik, karena kamu menerima detail yang sangat spesifik tentang gambar mana yang dioptimalkan, dan berapa banyak ruang yang kamu hemat. Seiring dengan pemuatan lambat dan pengubahan ukuran gambar, Optimole menyediakan paket pengoptimalan yang bagus tanpa perlu membayar uang.

optimole image optimizer plugin wordpress

Paket Gratis memungkinkan 5.000 pengunjung unik per bulan dan bandwidth tidak terukur, menjadikannya sangat cocok untuk blog WordPress pribadi.

Optimole menjual tiga paket lainnya, mulai dari $19,08 per bulan (bila ditagihkan setiap tahun) untuk 25.000 kunjungan unik setiap bulan, gambar penskalaan otomatis, pemuatan lambat yang cerdas, dan dukungan pelanggan. kamu juga menerima CDN saat meningkatkan ke paket berbayar.

Plugin WordPress Optimole juga menjual paket Bisnis mulai dari $39,08 per bulan untuk 100 ribu kunjungan bulanan. kamu dapat meningkatkan untuk lebih banyak pengunjung. Paket Bisnis juga memungkinkan untuk domain khusus.

6. Smush

smush image optimization wordpress plugin

Smush memiliki antarmuka yang indah dengan elemen proaktif yang menanyakan apakah kamu ingin mengoptimalkan foto lama dan foto baru.

Plugin WordPress ini bahkan menawarkan wizard pengaturan cepat untuk mengonfigurasi semua pengaturan dasar dari awal.

image optimizer plugin smush

Keuntungan utama Smush adalah jumlah informasi yang diberikan tentang gambar kamu dan berapa banyak ruang yang telah kamu hemat.

bulk smush setting

Meskipun versi gratisnya tidak cocok dengan plugin lain dalam daftar ini, kamu akan melihat peningkatan yang signifikan saat beralih ke kompresi lossy di versi premium.

Mengubah ukuran dan pengoptimalan keduanya disertakan dengan gambar baru dan lama. Alat pengoptimalan massal sangat bagus ketika kamu memiliki beberapa gambar.

Dalam versi gratis, kamu hanya dapat mengoptimalkan 50 gambar lama sekaligus, jadi kamu mungkin perlu mengklik tombol beberapa kali jika kamu memiliki banyak gambar.

Sebaiknya perhatikan ukuran gambar yang dioptimalkan; bagus bahwa Smush mengompres semua ukuran unggahan gambar, tetapi versi gratisnya tidak menyertakan gambar Full Size.

smush image optimization pro

Fitur lain dari Smush termasuk pengupasan metadata, pengubahan ukuran gambar otomatis, dan opsi untuk mencadangkan gambar kamu setelah mengunggahnya.

smush image optimization plugin wordpress

Bagaimana harganya?

Salah satu manfaat Smush adalah memungkinkan kamu mengoptimalkan gambar tanpa batas secara gratis. Hanya ada dua peringatan:

  • Kamu hanya dapat menggunakan kompresi lossless dalam versi gratis
  • Gambar individu tidak boleh melebihi 5MB

Untuk menghilangkan batas tersebut dan mendapatkan kompresi lossy, kamu dapat menggunakan WP Smush Pro. Plugin premium ini mulai dari $5 per bulan (jika kamu membutuhkannya hanya untuk satu situs web).

Untuk dukungan situs web tambahan, atau untuk mendapatkan semua plugin pengembang dari Wpmudev, kamu dapat meningkatkan ke paket yang lebih mahal.


Jadi, plugin WordPress pengoptimal gambar mana yang harus kamu gunakan? Berikut highlight untuk memudahkan pertimbangan kamu:

  • Imagify – Untuk kompresi, fitur, dan antarmuka yang sangat baik.
  • ShortPixel – Untuk pengoptimalan terbaik dan antarmuka yang ramping.
  • TinyPNG – Untuk pengoptimalan luar biasa dan antarmuka paling sederhana.
  • EWWW – Untuk pengoptimal gambar WordPress gratis dan tidak ada batasan ukuran file. Dan pilihan untuk menggunakan server kamu sendiri atau pihak ketiga.
  • Optimole – Untuk paket gratis yang cukup kuat dan menyertakan CDN, pemuatan lambat, dan opsi untuk selalu menampilkan versi gambar yang dioptimalkan, khususnya untuk layar dan perangkat pemirsa.
  • Smush – Untuk kompresi lossless gratis tanpa batas (dengan maksimal 5MB untuk setiap gambar).

Itu tadi beragam plugin WordPress untuk optimasi gambar. Baca juga beragam topik menarik seputar blog dan SEO lainnya.

*

Referensi:

Satu pemikiran pada “6 Plugin WordPress untuk Optimasi Gambar”

Tinggalkan komentar