5 Pocket Camera Film 35mm, Kamera Saku Analog Terbaik

Jika kamu tertarik ingin terjun ke dunia fotografi analog, tapi tidak mau terlalu disusahkan dengan mekanis kamera, maka solusinya adalah pocket camera film.

Meski teknologi fotografi digital terus berkembang pesat, kamera analog yang menggunakan gulungan film ternyata masih digemari.

Dari yang ingin coba-coba biar edgy atau berlatih fotografi dengan kamera jadul, jumlah penggunanya pun tak bisa dibilang sedikit, malah mungkin bertambah karena makin banyak yang penasaran.

Kamera dengan klise masih digunakan kalangan pecinta fotografi film atau analog. Berikut rekomendasi kamera film yang mudah digunakan dan tak ribet.

1. Contax T3

Contax T3 pocket camera film
Foto: Lomography.

Contax awalnya adalah model kamera di lini brand ternama Zeiss Ikon pada tahun 1932, dan kemudian menjadi nama merek sendiri. Kamera-kamera awal termasuk yang terbaik di dunia, biasanya menampilkan lensa Zeiss berkualitas tinggi.

Kamera ini mewarisi kehebatan seri sebelumnya, Contax T2, dengan lensa yang lebih baik. Contax T3 memiliki lensa Zeiss Sonnar 35mm f/2.8, yang menghasilkan gambar dengan kualitas luar biasa.

Foto yang diambil dengan Contax T3 jernih dan bersih. Dipasangkan dengan kontrol manual, pocket camera film ini cukup andal digunakan.

T3 juga dilengkapi dengan berbagai pengaturan kontrol seperti kompensasi pencahayaan, jendela bidik yang jelas, dan sistem pemfokusan yang responsif.

2. Yashica T5

Yashica T5 pocket camera film 35mm
Foto: chinahao.

Yashica T5 adalah kamera saku yang mampu menghasilkan foto yang sangat tajam dan cerah dengan penampilan warna yang khas. Lensa multi-layer Tessar T* 35mm f/3.5 dari Carl Zeiss, yang dibuat khusus untuk model ini.

Yashica T5 lebih baik di atas Yashica T4 karena pocket camera film ini memiliki spesifikasi yang sama ditambah fitur tahan cuaca, lebih ergonomis dan jendela bidik yang nyaman.

3. Olympus Mju-II

Olympus Mju-II film pocket camera
Foto: casualphotophile.

Kamera saku 35mm yang dikeluarkan oleh Olympus tahun 1997 ini adalah pemenang berbagai penghargaan.

Olympus μ [mju:]-II mempunyai bodi kecil yang tahan percikan, fokus otomatis yang akurat, lensa 35mm f/2.8 yang cepat dan tajam, dan flash otomatis yang terintegrasi.

4. Pentax Espio 140V

Pentax Espio 140V pocket camera film
Foto: film-cameras.

Merupakan kamera kompak 35mm dengan autofokus dan lensa zoom, yang dikeluarkan oleh Pentax pada tahun 1994. Kamera ini merupakan bagian dari seri Pentax Espio IQZoom.

Pentax Espio 140V dipasangi lensa zoom SMC Pentax 38-140mm. Pocket camera film ini memiliki fitur fokus otomatis Multi AF dan dilengkapi timer otomatis.

5. Leica Minilux

Leica Minilux pocket camera film
Foto: fstopper.

Dalam skena fotografi, kamera Leica adalah brand papan atas yang sebanding dengan kualitas gambar yang dihasilkan.

Leica Minilux adalah kamera saku buatan Jepang yang dirilis sekitar tahun 1995. Meski kamera ini tidak dimaksudkan untuk fotografi serius, hanya untuk kebutuhan personal, tapi yang namanya Leica selalu paling prestise.

Minilux memiliki lensa 35mm-70mm yang tajam, fokus dan akurat serta konsisten. Flash Minilux dan eksposurnya juga sangat baik. Punya fitur auto-focus dan auto-exposure.

*

Nah itu tadi rekomendasi kamera saku film 35mm yang bisa kamu coba, atau bisa juga coba kamera lomo agar makin hipster.

Tinggalkan komentar