Urutan Nonton Preman Pensiun

Preman Pensiun adalah sinetron bergenre slice of life atau irisan kehidupan sehari-hari dengan balutan drama, komedi dan aksi yang ditayangkan RCTI dan diproduksi oleh MNC Pictures.

Dengan Bandung sebagai latar kisahnya, Preman Pensiun yang disutradarai Aris Nugraha, yang dulu menggarap Bajaj Bajuri, menyajikan serial yang memikat.

Sinopsis Cerita Preman Pensiun

preman pensiun

Cerita awalnya berpusat pada Bahar, yang merupakan pemegang kekuasaan jaringan premanisme yang mencengkram jalanan, pasar dan terminal di Kota Bandung. Untuk kemudian memilih pensiun.

Tangan kanan Bahar adalah Muslihat, yang sering dipanggil Kang Mus. Rasa hormat Kang Mus dan kepercayaan Bahar, membuat mereka tidak terpisahkan selama puluhan tahun. Sampai akhirnya pengumuman pensiun sang dedengkot preman Bandung itu, yang menyebabkan ketegangan kekuasaan, dan Kang Mus mau tak mau harus terlibat dalam polemik ini.

Baca juga: Preman Pensiun dan Cast Ceweknya

Dalam Preman Pensiun, selain berfokus pada Kang Mus, ada beberapa fokus cerita lainnya, seperti geng copet kelas kakap yang digawangi Junaedi, preman terminal, preman pasar, dan berbagai karakter yang semuanya saling terkait di Kota Bandung.

Urutan Rilis Preman Pensiun

1. Preman Pensiun Musim 1

preman pensiun musim 1
  • Episode: 32
  • Rilis: 2015

Sesuai judulnya, cerita timbul akibat Bahar sang preman Bandung menyatakan pensiun. Kang Mus harus tampil sebagai penerusnya, dengan muncul konflik dari Jamal yang ingin merebut kekuasaan preman. Cerita juga menyorot sindikat copet yang digawangi Saep.

2. Preman Pensiun Musim 2

Gambar
  • Episode: 46
  • Rilis: 2015

Kang Mus hidupnya makin sejahtera setelah menggantikan posisi Bahar, meski ada dilema dalam dirinya. Ditambah Jamal kembali lagi, dan sangat ambisius untuk menggeser posisi Kang Mus. Selain itu, Saep juga kembali beraksi dengan rekrutan baru.

3. Preman Pensiun: Sang Juara

preman pensiun sang juara
  • Episode: 1 FTV
  • Rilis: 2015

Berfokus pada beragam kisah menjelang perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Kang Mus memulai bisnis baru, jadi juragan kicimpring. Fokus cerita lainnya adalah Iwan yang berlaga di Pekan Olahraga Daerah cabang tinju. Ada juga komedi romantis antara Ubed, Dewi dan Diza.

4. Preman Pensiun Musim 3

preman pensiun musim 3
  • Episode: 38
  • Rilis: 2015

Kang Mus masih bergulat dengan bisnis kicimpringnya, dengan menyerahkan pucuk pimpinan preman kepada Dikdik di pasar, Gobang di terminal dan Murad plus Pipit di jalanan. Yang jadi masalah, Jamal masih ingin merebut kekuasaan preman di Kota Bandung. Sementara itu, romansa Ubed, Dewi dan Diza makin pelik. Untuk Saep, dia masih konsisten meramaikan khazanah percopetan.

5. Preman Pensiun: The Movie

preman pensiun the movie
  • Episode: 1 Film
  • Rilis: 2019

Setelah tiga tahun, bisnis kecimpring Kang Mus yang sudah pensiun sebagai preman, mengalami masalah. Penjualannya mulai menurun. Kang Mus juga menghadapi masalah baru saat Safira, anak perempuan satu-satunya, sudah tumbuh remaja. Masalah lebih besar kemudian muncul, ketika ada masalah di antara mantan anak buahnya.

6. Preman Pensiun Musim 4

preman pensiun musim 4
  • Episode: 33
  • Rilis: 2020

Bisnis kicimpring Kang Mus dihantam gejolak. Saep dengan khazanah percopetannya makin berkembang, ada beberapa rekrutan yang harus ia bimbing.

7. Preman Pensiun: Kesempatan Kedua

preman pensiun kesempatan kedua
  • Episode: 1 FTV
  • Rilis: 2020

Bos Bubun baru keluar dari bui, datang bersama anak buahnya ke Terminal Cicaheum. Ia ingin merebut kembali posisinya sebagai penguasa terminal. Sementara itu, Mang Pipit sedang sakit kritis dan dirawat di rumah sakit.

8. Preman Pensiun Musim 5

preman pensiun musim 5
  • Episode: 32
  • Rilis: 2021

Kang Mus terus merancang untuk mengembangkan bisnis kicimpringnya. Sementara di jalanan, pasar dan terminal, perebutan kekuasaan masih terus panas. Untuk Saep, khazanah percopetan di Bandung terus ia kelola dan tingkatkan derajatnya.

8. Preman Pensiun: Kembali ke Fitri

preman pensiun kembali ke fitri
  • Episode: 1 FTV
  • Rilis: 2021

Kang Mus sudah berada di kampung halamannya di Garut. Melihat kondisi masjid di kampungnya rusak parah, Kang Mus ingin mendirikan masjid baru di sana. Sementara itu, hubungan Ujang dengan Serena makin romantis, setelah Ujang ditunjuk oleh Kang Mus untuk mengurus bisnis kicimpringnya.

9. Preman Pensiun Manusia Merdeka

Preman Pensiun Manusia Merdeka

Adrenalin, yang diperankan Wulan Guritno, adalah perwakilan developer Jakarta yang bermaksud untuk membangun kawasan wisata. Rencana tersebut membutuhkan pembebasan lahan sekitar 50 hektare yang merupakan tanah pertanian. Sebagian besar pemilik tanah dan penduduk yang merupakan buruh tani, keberatan dan menolak untuk menjual tanah.

Adrenalin kemudian melibatkan calo dan pasukan ninja lokal untuk melakukan tindakan premanisme, termasuk meneror penduduk dan pemilik tanah. Namun dengan bantuan Kang Mus, mereka bangkit bersatu dan melakukan perlawanan.

10. Preman Pensiun Musim 6

Preman Pensiun Musim 6

Kang Mus memutuskan menangguhkan masa pensiunnya, dan kembali ke Bandung. Kini Kang Mus harus menghadapi Bang Edi yang haus akan kekuasaan dan mulai bergerak untuk kembali menguasai pasar, terminal dan jalanan.

Di Mana Menonton Preman Pensiun?

Preman Pensiun disiarkan di stasiun televisi swasta nasional RCTI, tapi jika terlewat bisa menyaksikan lengkap di layanan streaming RCTI+.

Gambar

Preman Pensiun juga punya universe sendiri, yang melahirkan serial Tukang Ojek Pengkolan dan Awas Ada Copet.

16 pemikiran pada “Urutan Nonton Preman Pensiun”

  1. Yang membuat saya tertarik menonton serial ini, awalnya adalah karena lokasi shooting, bahasa yang digunakan, berbau parahiyangan. Jadi teringat ketika awal menonton justeru saat mendengar pembicaraan tanpa melihat tayangan, setelah itu jadi suka sama serial preman pensiun ini.

    Balas
  2. Salut sama produsernya. Preman Pensiun diproduksi dalam bentuk sinetron, FTV, sampai Film. Sinetronnya saja sampai 5 musim. Perjalanannya pun nggak pendek, dari 2015 sampai 2021 tetap muncul. Sayangnya saya belum nonton satu pun. Terlalu ketinggalan saya ya?

    Balas
  3. Wah udah lama aku nggak nonton sinetron kak. Bukan cuma sinetron aja, emang udah lama nggak nonton TV hihihi . Tapi aku pernah denger judul tentang preman pensiun ini. Tadi pas lihat di atas ternyata episodenya kalau ditotalin panjang ya kak

    Balas
  4. Wow..ternyata banyak juga sesionnya Preman Pensiun ini ya..pantas saja banyak yg mengikutinya.. Aku sendiri tidak menonton, hanya tahu dari pembicaraan teman yg menonton saja..hehe..

    Balas
  5. Salah satu sinetron berlatar Sunda. Seri pertamanya mendapatkan penghargaan sebagai Serial Televisi Terpuji Festival Film Bandung 2015.

    Yang unik dari seri Preman Pensiun ini adalah pola editingnya. Adegan satu disambung ke adegan lain terlihat nyambung, padahal beda suasana.

    Kerja keras editingnya ini juga diberi piala Festival Film Bandung 2019 untuk versi the movie-nya.

    Balas
  6. Sinetron Preman Pensiun cukup terdengar familiar di telingaku. Ibu2 satu rumah sering bicarain tentang sinetron ini. Kebetulan aku jarang banget bisa nonton Tv karena lebih suka nonton di youtube.

    Jadi inget dulu pernah nonton 2 episode waktu ibuku nonton di RCTI. Kyknya sinetronnya penuh pesan moral yaa

    Balas
  7. Gilaaaa..udah banyak banget ya. Ini cocok banget jadi pesaing drakor nih karena ceritanya ampe berjilid2. Atau sinetron Tersanjung yang dulu tersohor di masanya. Keren emang sinetronnya. Terkait dgn kondisi saat ini yang emang ga jauh2 dr copet mencopet wkwkwk.

    Balas
  8. Suamiku nih pernah suka banget nonton Preman Pensiun. Aku karena hampir gak pernah nonton tv jadi gak pernah tau jalan ceritanya kayak apa. Jadi skrg masih bisa ditonton juga ya Kak dari aplikasi streaming RCTI+? Bisa aku kasih tau nih ke suamiku biar bisa nonton lg hihi. Thanks yaaa

    Balas
  9. Suamiku termasuk suka nonton serial preman pensiun nh kak. Pas aku ikutan nonton emg lucu sih. Bahasa yg dipake jg kyk pny ciri khas sndiri gt ya.

    Balas
  10. Kalau sinetronnya daku malah nontonnya gak berurutan. Namun malah langsung nonton filmnya haha. Ketemu dengan para pemainnya waktu itu di acara press screening

    Balas
  11. Ini jadi sinetron kesukaanku sama suami. Dari seri 1 udah tertarik sama ceritanya dan sampai seri seri berikutnya masih bagus. Apalagi ceritanya kompleks. Eh sampai udah nikah serial ini masih ada. Paling Suka sama lakon tukang copetnya. Apalagi si ubed.

    Balas
  12. Mantap lengkap euy ..aku cuma nonton dikit dikit di TV, karena biasanya Abang sama anak anak yg suka nonton…tapi emang lucu sih sinetronnya, bisa jadi tontonan keluarga di rumah

    Balas
  13. Belum pernah full nonton PremanPensiun sih. Tapi kalau sekarang udah ada di layanan streaming ya bagus tuh. Bisa ditonton kapan aja

    Balas

Tinggalkan komentar