Alur Cerita Film Prince of Persia: The Sand of Time (2010)

Dastan, seorang anak jalanan di Persia, diadopsi oleh Raja Sharaman setelah menunjukkan keberaniannya. Lima belas tahun kemudian, saudara raja, Nizam, menyampaikan bukti kepada para pangeran—Dastan, bersama putra kandung raja, Tus dan Garsiv—bahwa kota suci Alamut sedang menempa senjata untuk musuh Persia.

Tus mengarahkan tentara Persia untuk merebut Alamut. Dastan dan teman-temannya menerobos kota dan membuka gerbang untuk pengepungan. Selama serangan itu, Dastan mengalahkan penjaga kerajaan dan mengambil darinya belati suci.

Alamut jatuh ke tangan Persia, tetapi Putri Tamina menyangkal bahwa kota itu memiliki penempaan senjata. Tus meminta dia untuk menikah dengannya untuk menyatukan kedua negara, dan dia hanya menerima setelah melihat belati yang dimiliki Dastan.

Pada pesta perayaan mereka, Tus meminta Dastan memberi ayah mereka jubah bordir. Namun, jubah itu diracuni, membakar Sharaman secara fatal. Garsiv menuduh Dastan membunuh raja, tetapi Dastan melarikan diri bersama Tamina. Tus diangkat menjadi raja dan hadiah untuk kepala Dastan ditetapkan.

Saat bersembunyi, Tamina mencoba membunuh Dastan dan mencuri belati, dan dalam perjuangannya Dastan menemukan belati memungkinkan pengguna untuk melakukan perjalanan kembali ke masa lalu. Dastan menyimpulkan bahwa Tus menyerbu Alamut untuk belati, dan memutuskan untuk menghadapi saudaranya di pemakaman raja di Avrat.

Dalam perjalanan, keduanya ditangkap oleh bandit-pedagang yang dipimpin oleh Sheik Amar yang mencari uang hadiah, tetapi mereka berhasil melarikan diri. Setelah tiba di Avrat, Dastan mencoba meyakinkan Nizam bahwa dia tidak bersalah. Melihat luka bakar di tangan Nizam, Dastan menyadari bahwa Nizam mengatur pembunuhan raja.

Selanjutnya, Nizam telah menyiapkan penyergapan untuk Dastan di sepanjang jalan-jalan Persia, tetapi setelah konflik dengan Garsiv, Dastan melarikan diri. Nizam mengirim sekelompok prajurit rahasia, Hassansins, untuk membunuh Dastan dan menemukan belati.

Selama badai pasir, Tamina memberi tahu Dastan bahwa dahulu kala, para dewa melepaskan badai pasir besar untuk menghancurkan umat manusia tetapi tergerak oleh tawaran seorang gadis muda untuk mengorbankan dirinya di tempat manusia dan menjebak Sands of Time dalam gelas pasir besar.

Tamina adalah penjaga belati terbaru, yang diberikan kepada gadis muda oleh para dewa, yang dapat menembus kaca pasir dan berpotensi menghancurkan dunia, tetapi juga memungkinkan pengguna belati melakukan perjalanan lebih jauh ke masa lalu daripada pasir senilai satu menit yang dipegang belati.

Dastan menyadari bahwa Nizam bermaksud untuk melakukan perjalanan kembali ke masa kecilnya, mencegah dirinya menyelamatkan Sharaman dari serangan singa, dan tumbuh menjadi Raja Persia menggantikan Sharaman. Amar menangkap keduanya lagi, tetapi Dastan menyelamatkan anak buah Amar dari serangan Hassansin menggunakan belati. Ini meyakinkan Amar untuk mengawal mereka ke tempat suci di dekat Hindu Kush, di mana Tamina akan menyegel belati di dalam batu yang pertama kali berasal. Di tempat kudus, mereka ditemukan oleh Garsiv, yang Dastan yakinkan bahwa dia tidak bersalah, tetapi Hassansins menyergap mereka, membunuh Garsiv dan mencuri belati.

Kelompok Dastan melakukan perjalanan kembali ke Alamut untuk mengambil belati dari Nizam dan memperingatkan Tus dari Nizam. Tangan kanan Amar, Seso, meninggal saat mengambil belati untuk Dastan, yang menunjukkan kekuatan belati kepada Tus untuk meyakinkannya tentang kebenaran.

Setelah itu, Nizam menyela mereka, membunuh Tus, dan mengambil belati kembali. Tamina menyelamatkan Dastan dari pembunuhan dan keduanya menuju terowongan rahasia di bawah kota yang mengarah ke jam pasir. Ketika mereka mencapai Nizam, dia menusuk kaca pasir dan melemparkan mereka berdua dari tebing. Tamina mengorbankan dirinya, melepaskan tangan Dastan dan jatuh ke kematiannya untuk memungkinkan dia melawan Nizam.

Nizam menusukkan belati ke kolom esoteris kaca pasir di bawah kuil, Dastan memegang gagang belati bersama dengan Nizam, saat pasir dilepaskan dari kaca pasir waktu mundur ke saat Dastan menemukan belati. Dia menemukan Tus dan Garsiv dan mengungkap pengkhianatan Nizam.

Nizam menghadapi dia dan mencoba untuk membunuh Dastan, tetapi ditundukkan dan dibunuh oleh Tus. Tus meminta maaf kepada Tamina atas pengepungan dan mengusulkan untuk memperkuat ikatan kedua negara dengan aliansi perkawinan Putri ke Dastan. Dastan mengembalikan belati ke Tamina sebagai hadiah pertunangan dan mengatakan padanya bahwa dia menantikan masa depan mereka bersama.

11 pemikiran pada “Alur Cerita Film Prince of Persia: The Sand of Time (2010)”

  1. wah boleh juga nih.. tar ah nontonnya nunggu di tayangin di tipi aja.. hehehe…
    ==
    ok mas linknya sudah di pasang.. btw.. kalo boleh link saya ga pake WWW ya mas arip..

    ===
    iya nonton di tipi aja, taun 2012-an lah. hehe

    Balas
  2. wah… daripada nonton di bioskop, mending download aja.. lebih puas.. hehehehehehehe
    download itu hobbyku…
    hahahahahaha..
    salam kenal…
    makasih banyak dah mampir di blognya napi…

    ===
    klo kudu DL, kegedean tuh. ga ada ruang

    Balas
  3. selamat pagi

    emang salah satu nilai jual nih film adalah berasal dari filmmaker Pirate Caribean.

    pastinya mantab banget. ane blom nonton tapi.

    terima kasih dan mohon maaf 😮

    ===
    film pirate of carribean memang mantabs

    Balas
  4. wah.. ga pernah tertarik liat film di bioskop.. ^^
    satu yg menggelitik, ada seorang yg pernah mengisi hatiku, seorang WNI keturunan Iran, n aku memanggilnya POP… singkatan dari Prince of Persia.. hehehe…

    Balas
    • sekali2 nonton di bioskop dong, sayah juga nonton di bioskop cuma sekali. paling banyak sih ya nonton pelem hasil donlotan 😀

      cewe timteng emang cantik2

      Balas

Tinggalkan komentar