ProtonMail: Layanan Encrypted Email Gratis

ProtonMail menawarkan layanan email terenkripsi end-to-end gratis melalui antarmuka web dan aplikasi seluler yang nyaman.

Mengekspor email atau mengaksesnya dengan cara lain adalah sebuah tantangan, tetapi versi gratis dari ProtonMail menawarkan lebih banyak fitur produktivitas.

Informasi dalam artikel ini berlaku untuk ProtonMail versi web serta aplikasi ProtonMail untuk iOS dan Android.

Kelebihan dan Kekurangan ProtonMail

Dibandingkan dengan layanan serupa, ProtonMail memberikan beberapa manfaat dan beberapa keterbatasan.

Apa kelebihan ProtonMail?

  • Enkripsi email yang mudah dan aman.
  • Beberapa opsi enkripsi.
  • Setel email agar kedaluwarsa setelah tanggal tertentu.
  • Akses ProtonMail di perangkat apa pun dengan aplikasi seluler.

Apa kekurangan ProtonMail?

  • Kadang-kadang antarmuka web lamban.
  • Fitur pencarian dan organisasi terbatas.
  • Integrasi yang rumit dengan klien email lainnya.

ProtonMail Gratis vs Premium

Siapa pun dapat mendaftar ke ProtonMail dan mendapatkan penyimpanan online 500 MB secara gratis.

Akun berbayar mencakup penyimpanan hingga 20 GB selain dukungan pelanggan prioritas dan fitur produktivitas lainnya. Layanan gratis sudah cukup jika kita sesekali mengirim email terenkripsi.

Baca juga: Rekomendasi 7 Penyedia Email Gratis

Apa itu Enkripsi End-to-End?

Enkripsi melindungi konten email dari pengintaian. Saat pesan dikirim dari komputer kita ke kotak masuk penerima, pesan tersebut dapat dicegat oleh pihak ketiga yang jahat di sepanjang jalan.

Dengan enkripsi ujung ke ujung, pesan dienkripsi saat kita mengirimnya dan didekripsi saat penerima membukanya. Karena pesan hanya dapat dibuka dengan kunci pribadi penerima, tidak ada seorang pun di antaranya yang dapat mendekripsinya.

Layanan seperti ProtonMail memungkinkan untuk mengirimkan informasi sensitif tanpa khawatir akan jatuh ke tangan yang salah.

Bagaimana ProtonMail Mengenkripsi Pesan Email

Saat Anda bertukar email dengan pengguna ProtonMail lain, pesan dienkripsi dengan kuncinya di browser atau aplikasi ponsel cerdas kita dan diuraikan saat penerima membuka pesan. Oleh karena itu, kita tidak perlu mengatur kata sandi.

Saat kita mengirim pesan ke seseorang yang tidak menggunakan ProtonMail, kita memiliki opsi untuk mengenkripsinya dengan kata sandi. Penerima akan menerima pesan yang berisi tautan ke antarmuka web ProtonMail, dan mereka harus memasukkan kata sandi untuk melihat pesan kita.

Dari antarmuka yang sama, mereka dapat membalas dengan pesan terenkripsi yang dilindungi oleh kata sandi yang sama.

Kita juga dapat menggunakan PGP untuk mengenkripsi pesan dan dapat mengekspor kunci PGP publik dan pribadi kita dari ProtonMail untuk digunakan dengan layanan yang berbeda.

Sebaliknya, jika kita telah menggunakan email terenkripsi, kita dapat mengimpor kunci yang ada ke akun ProtonMail kita.

Antarmuka ProtonMail

Antarmuka web ProtonMail menyertakan folder yang ditemukan di klien email lain (seperti Arsip dan Spam). Ini mencakup label berkode warna, bintang untuk menonjolkan pesan, dan aturan untuk memberi label email masuk secara otomatis.

Pengguna ProtonMail berbayar dapat membuat aturan khusus tanpa batas sementara akun gratis terbatas pada satu aturan khusus. Ini juga memiliki fitur respons otomatis sederhana.

ProtonMail has a simple auto-response feature for when you're going to be away.

ProtonMail memiliki fitur respons otomatis sederhana ketika kita akan pergi.

Daripada memasukkan @protonmail.com setiap kali kita memasukkan alamat, pilih pm.me pada antarmuka ProtonMail untuk menguranginya menjadi @pm.me sederhana.

Kirim Pesan Dengan ProtonMail

Gunakan editor teks kaya ProtonMail untuk menyesuaikan pesan dengan format HTML dan gambar sebaris.

Meskipun ProtonMail mendukung beberapa pintasan keyboard, ia menawarkan bantuan terbatas untuk menulis pesan. Misalnya, kita tidak dapat menyiapkan templat atau cuplikan teks, dan ProtonMail tidak menyarankan teks, waktu, atau penerima.

Kriptografi ProtonMail membawa manfaat lain: Kita dapat mengatur email untuk dihancurkan sendiri pada waktu yang kita tentukan. Untuk keamanan tambahan, aktifkan autentikasi dua faktor.

Untuk keamanan tambahan, ProtonMail menawarkan otentikasi dua faktor.

For additional security, ProtonMail offers two-factor authentication.

Cari Pesan di ProtonMail

ProtonMail memiliki fitur pencarian, tetapi bidang yang dapat dicari terbatas pada informasi di header pesan seperti pengirim, subjek, dan tanggal.

Enkripsi mencegah ProtonMail mencari isi pesan, tetapi jika kita mengatur aplikasi ProtonMail Bridge di desktop, kita dapat memperluas pencarian untuk menyertakan konten email.

Cara Menggunakan ProtonMail Dengan Akun Email Lain

ProtonMail Bridge adalah aplikasi desktop yang menghubungkan akun email kita yang lain dengan akun ProtonMail kita.

Karena cara ProtonMail mengenkripsi email, ProtonMail tidak dapat terhubung langsung dengan klien email lain, sehingga Bridge bertindak sebagai server jarak jauh untuk memfasilitasi komunikasi.

Setiap klien email yang mendukung koneksi ke server email jarak jauh, seperti Outlook dan Thunderbird, dapat terhubung ke ProtonMail dengan cara ini.

ProtonMail Bridge

ProtonMail tidak dapat mengumpulkan email dari akun email kita yang ada, dan kita tidak dapat mengaturnya untuk mengirim email menggunakan alamat email yang ada.

Meskipun demikian, menggunakan program email favorit kita dengan ProtonMail mungkin membantu dengan beberapa hal dia kekurangan produktivitas.

ProtonMail Bridge hanya tersedia untuk pelanggan berbayar.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1765

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *