Apa Itu Referring Domain?

Cara termudah untuk meningkatkan visibilitas situs kamu di mesin pencari adalah dengan memiliki gudang taktik yang kamu inginkan untuk membuat halaman peringkat teratas. Salah satunya adalah mendapatkan backlink berkualitas ke halaman kamu dari situs web terbaik. Nah, situs web ini dikenal sebagai referring domain.

Dalam postingan kali ini, kita akan membahas apa itu referring domain, perbedaan antara backlink dan domain perujuk, dan masih banyak lagi. Jadi, tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai.

Apa itu Referring Domain?

Backlink dari situs web lain yang mengarah ke situs kamu dikenal sebagai referring domain. Dengan kata sederhana, backlink adalah hyperlink, dan referring domain adalah situs web yang menghasilkan tautan ini.

Situs web eksternal yang mengarahkan pengguna ke situs kamu dikenal sebagai domain perujuk dan terkadang dikenal sebagai linking domain.

Misalnya, jika Situs A (situs web eksternal) memiliki satu atau dua tautan balik yang mengarah ke Situs B (situs kamu), maka Situs A dianggap sebagai domain perujuk situs kamu.

Terlepas dari berapa banyak backlink yang kamu terima dari Situs A, hanya satu domain perujuk yang dipertimbangkan untuk situs kamu.

Dengan kata sederhana, jika halaman web memiliki backlink dari Wikipedia, maka ia memiliki satu domain rujukan. Jika memiliki dua backlink dari Wikipedia, ia masih memiliki satu domain rujukan. Jika memiliki tautan masing-masing dari Wikipedia dan Rank Math, ia memiliki dua domain rujukan.

Sepuluh situs web berbeda yang menautkan kembali ke halaman kamu, di sisi lain, dianggap sebagai sepuluh domain perujuk yang berbeda.

Perbedaan Antara Backlink dan Referring Domain

Bukan rahasia lagi bahwa pembuatan tautan dan Search Engine Optimization (SEO) berjalan seiring. Yang satu tidak dapat hidup tanpa yang lainnya.

Profil tautan yang kuat meningkatkan peluang peringkat kamu untuk frasa kata kunci yang kamu targetkan, menghasilkan lebih banyak lalu lintas organik ke situs kamu. Tautan balik dan domain perujuk adalah dua elemen dari profil tautan yang sehat. Sekarang mari kita cari tahu perbedaan antara keduanya.

Backlink adalah link masuk yang menghubungkan dua website. Ketika seorang pengguna mengklik backlink, mereka akan dibawa ke halaman di situs web kamu yang ditunjuk oleh backlink tersebut.

Umumnya, jika situs lain menganggap informasi kamu berguna, mereka akan menautkannya, dan kamu akan melihat tautan ini disematkan dalam teks, gambar, video, dll., sebagai hyperlink.

Sementara Referring Domain adalah situs web asal backlink kamu. Kamu dapat memiliki banyak domain perujuk yang menautkan kembali ke situs web kamu secara bersamaan.

Misalnya, kamu memiliki blog yang mempublikasikan konten tentang pemasaran. Maman sedang mencari ‘tips pemasaran’ dan mencari kueri di Google. Maman menemukan artikel di “ABC.com” yang mencantumkan situs kamu sebagai blog terbaik untuk diikuti untuk kiat pemasaran, jadi Maman mengeklik tautannya, dan itu membawanya ke situs web kamu. “ABC.com” adalah referring domain.

Bagaimana Cara Mengecek Referring Domain?

Laporan tautan balik dan domain perujuk di Google Search Console akan memberi kamu pkamungan komprehensif tentang tautan balik dan situs web rujukan kamu.

Google Search Console akan menampilkan halaman ikhtisar setelah kamu membuat akun dan menautkan situs web kamu.

Gulir ke bawah ke bilah sisi kiri dan temukan laporan Tautan. Kamu akan menemukan enam metrik yang terkait dengan domain perujuk dan tautan balik dalam laporan tautan.

google search console referring domain and backlink
  1. Total Number of External Link: Ini menampilkan jumlah total tautan balik yang kamu miliki dari situs lain yang tertaut ke situs kamu sendiri.
  2. Top Linked Pages (External): Ini menampilkan halaman mana di situs web kamu yang paling sering ditautkan dari situs web lain.
  3. Total Number of Internal Link: Ini menampilkan jumlah total tautan dari situs web kamu ke halaman lain di situs web kamu.
  4. Top Linked Pages (Internal): Ini menampilkan halaman di situs web kamu yang menerima tautan terbanyak dari halaman lain di situs kamu.
  5. Top Linking Sites: Ini menampilkan domain perujuk teratas yang tertaut ke situs web kamu.
  6. Top Linking Text: Ini menampilkan teks jangkar yang digunakan oleh situs web lain di tautan balik ke situs web kamu.

Cara Mendapatkan Lebih Banyak Referring Domain

iu laptop korea girl

Salah satu fokus utama kamu harus selalu mendapatkan tautan berkualitas tinggi dari situs web resmi. Menambahkan domain perujuk berkualitas tinggi ke profil tautan balik situs kamu harus menjadi inti dari rencana link building kamu.

Tanpa mendapatkan domain perujuk berkualitas tinggi, kamu mungkin kehilangan potensi lalu lintas, penjualan, dan keterlibatan.

Berikut daftar cara untuk membantu kamu mendapatkan lebih banyak domain perujuk yang tertaut ke halaman web target kamu.

1. Lakukan Analisis Laporan Referring Domain Kamu

kamu dapat menggunakan alat SEO yang tersedia seperti Ahrefs dan mengakses laporan, menampilkan semua domain perujuk yang menautkan kembali ke situs web kamu. Analisis laporan yang tepat membantu mengidentifikasi lebih banyak peluang untuk membangun tautan.

2. Identifikasi Halaman Berkinerja Terbaik

Mengidentifikasi halaman dengan konten berkinerja terbaik (yang memiliki backlink dan domain perujuk paling banyak) adalah tempat yang baik untuk memulai ketika meningkatkan strategi pemasaran kamu.

Karena kamu sudah tahu bahwa halaman ini disukai dan dipercaya, kamu dapat memanfaatkan kesuksesan mereka dengan memfokuskan strategi SEO kamu untuk meningkatkannya.

3. Buat Konten Bagus

Membuat konten yang bagus adalah salah satu strategi paling sederhana untuk mendapatkan lebih banyak domain rujukan untuk situs web kamu.

Kamu harus mendapatkan kepercayaan dari audiens kamu dan pemilik situs web lain dan dengan demikian meningkatkan jumlah domain perujuk.

Lebih banyak studi kasus, artikel berdurasi panjang, dan konten lain yang melampaui dan melampaui untuk menjawab pertanyaan audiens target kamu harus dipublikasikan.

Baca juga: 7 Tipe Artikel Blog yang Dapat Mendulang Traffik

4. Kenali Kompetitor Kamu

Menganalisis profil tautan kompetisi dan daftar domain perujuk akan memberikan saran untuk memperbaiki situasi kamu dan mengembangkan jaringan domain perujuk kamu dengan mengidentifikasi mitra yang berkolaborasi dengan mereka.

Kamu akan mendapatkan ide tentang cara mendapatkan lebih banyak tautan dan meningkatkan peringkat mesin telusur kamu.

5. Distribusikan Konten Kamu

Distribusikan konten kamu untuk mendapatkan jangkauan yang lebih luas. Targetkan rentang domain perujuk untuk mendiversifikasi profil tautan kamu.

Jangkau pemilik web dengan infografis dan artikel. Guest Posting adalah cara lain yang membantu mendistribusikan konten kamu.

6. Identifikasi Domain Rujukan yang Relevan dan Populer

Ini tentang mencari melalui sumber backlink kamu saat ini untuk domain paling otoritatif untuk menemukan mitra yang dapat kamu ajak berkolaborasi untuk mendapatkan lebih banyak tautan dari halaman rujukan mereka.

Mengidentifikasi domain populer dan dihormati di industri/niche kamu yang belum terhubung dengan kamu sangat penting untuk mendapatkan backlink baru dan harus disertakan dalam kampanye pembuatan tautan kamu.

7. Optimalkan Strategi Membangun Tautan

Lakukan penelitian untuk menghasilkan teknik pembuatan tautan berbasis data dan terkini yang pasti akan membantu pertumbuhan merek kamu.

Ikuti standar mesin telusur dan praktik terbaik untuk memperoleh domain yang lebih optimal dan rujukan terbaik untuk situs kamu.

Kesimpulan

Saya harap kamu menemukan postingan saya tentang domain perujuk yang informatif. Perhatian utama adalah berapa banyak waktu dan usaha yang kamu bersedia untuk dimasukkan ke dalam website kamu.

Ingatlah bahwa situs web memiliki kemampuan untuk membangun merek yang positif dan terkenal serta mempromosikan pesan kamu melalui internet. Dengan pengetahuan baru kamu tentang domain perujuk, mulailah bekerja meraih sebanyak mungkin rujukan domain berkualitas tinggi untuk meningkatkan nilai situs web kamu.

*

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1773

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *