10 Rice Cracker dan Snack Jepang Kameda Seika Terbaik

Jepang punya tradisi panjang membuat manisan dan makanan ringan yang berbahan dasar beras. Terutama cracker beras Jepang adalah favorit nasional dan kita dapat membelinya dalam berbagai bentuk dan rasa di supermarket dan toko serba ada di sana.

Kameda Seika adalah salah satu pembuat rice cracker utama Jepang, menciptakan beragam cemilan lezat dari beras. Perusahaan ini memiliki kantor pusat di Prefektur Niigata, daerah yang indah dekat Laut Jepang.

Kameda Seika telah berusia lebih dari 60 tahun. Dalam beberapa tahun terakhir, sajian beras beraroma Kameda Seika mulai membuat gelombang di luar negeri, dipuji sebagai cara yang bagus untuk merasakan budaya makanan Jepang.

Top 10 Rice Cracker dan Snack Kameda Seika

Rice cracker Jepang Kameda Seika datang langsung dari tempat produksi beras berkualitas ini.

Cita rasa yang kaya membuat merk ini menjadi camilan pokok yang dicintai seluruh bangsa sementara kreasi baru dan rasa menyenangkan dirilis secara teratur untuk membuat penggemar yang lama dan baru tetap mengejutkan!

Nah, berikut 10 jajaran teratas Kameda Seika mengutip Live Japan.

1. Sarada Usuyaki

Sarada Usuyaki kameda seika
Foto: Live Japan.

Sarada Usuyaki berukuran kecil dan tipis. “Sarada” adalah singkatan dari kerupuk yang asin, berbumbu sedang, dan bertekstur ringan.

Kombinasi lezat ini akan membuat kita mengemilnya satu demi satu, paling baik dinikmati dengan secangkir teh hijau di antara waktu makan.

Rasa asin juga membuat rice cracker ini cocok untuk diberi topping krim keju, dicelupkan ke dalam saus yang enak, atau ditata sebagai camilan.

2. Tsu no Edamame

Tsu no Edamame kameda seika
Foto: Live Japan.

Tsu no Edamame adalah camilan beras lezat yang menawarkan rasa edamame atau kacang kedelai hijau. Rice cracker ini seluruhnya dibuat dengan varietas kedelai yang disebut dadacha-mame, kaya akan umami dan dengan rasa manis yang lembut.

Rasanya seperti kacang sebenarnya tetapi hadir dengan tekstur renyah. Diasinkan dengan lembut, Tsu no Edamame sangat cocok dengan minuman dingin. Orang yang ingin menjaga berat badan dan kesehatannya juga dapat mengemil ini tanpa khawatir.

3. Hai Hain

Hai Hain kameda seika
Foto: Live Japan.

Hai Hain adalah kerupuk beras yang terkenal khusus untuk bayi dan balita, karena dapat dinikmati dengan aman mulai dari usia 7 bulan ke atas.

Bebas dari perasa, pewarna, dan pengawet, rice cracker Jepang ini juga tidak mengandung 27 bahan yang dapat menyebabkan reaksi alergi.

Hai Hain datang dalam dua rasa: yang pertama Hai Hain klasik yang dicampur dengan bakteri asam laktat K-2 dan kalsium yang berasal dari beras, sedangkan yang lainnya adalah “Yasai Hai Hain” dengan empat jenis sayuran produksi dalam negeri, yaitu labu, bayam, tomat dan wortel.

Rasanya yang lembut menjadikannya camilan yang enak untuk bayi dan balita, karena meleleh di mulut. Hai Hain bahkan bergizi, dan karena tanpa bahan alergen sehingga terkenal di kalangan orang tua.

Varietas kerupuk beras ini telah mendapatkan popularitas di luar negeri, karena merupakan makanan yang aman untuk anak-anak usia muda.

4. Shiroi Fusen Milk Cream

Shiroi Fusen Milk Cream kameda seika
Foto: Live Japan.

Shiroi Fusen Milk Cream adalah kerupuk beras Jepang yang memiliki tekstur lembut dan renyah dengan krim susu yang diapit di antara kerupuk putih yang lembut.

Kerupuk beras ini mengandung bakteri asam laktat yang berasal dari beras K-2 dan 10 di antaranya memiliki kalsium sebanyak bungkus kecil susu (227ml). Itu berarti Shiroi Fusen tidak hanya lezat tetapi juga pilihan yang bagus untuk orang-orang yang berorientasi pada nutrisi dan kesehatan.

Rice cracker ini sangat halus dan lembut, meleleh di mulut seperti wafer dan menggelitik lidah kita dengan krim manis. Teksturnya agak berbeda dari kue kering dan Shiroi Fusen menjanjikan petualangan camilan yang belum pernah kita alami sebelumnya.

5. Kaki no Tane Wasabi Kameda

Kaki no Tane Wasabi Kameda kameda seika
Foto: Live Japan.

Seperti namanya, rice cracker ini adalah versi rasa wasabi yang pedas itu.

Kaki no Tane adalah camilan ikonik di Jepang. Namanya berarti “biji kesemek” karena varietas kerupuk beras ini sangat mirip dengan kacang panjang.

Tentu saja, setiap varietas kesemek memiliki biji yang sedikit berbeda dan senama untuk kerupuk beras ini dikatakan sebagai varietas manis seperti varietas kesemek Okozu dari Prefektur Niigata.

Rice cracker berbentuk biji yang renyah dibuat dengan bubuk wasabi yang sangat pedas dari daerah Azumino Nagano, membawa rasa pedas yang enak ke lidah dan hidung kamu.

Dikombinasikan dengan kacang gurih, keripik beras Jepang agak lebih lembut, dan kita akan terkejut betapa cepatnya satu kantong penuh habis!

Snack klasik ini juga hadir dengan rasa ikonik lainnya, seperti kecap, ume dan perilla, serta dengan lapisan cokelat manis.

6. Pota Pota-Yaki

Pota Pota-Yaki kameda seika
Foto: Live Japan.

Pota Pota-Yaki adalah salah satu varietas rice cracker Kameda Seika yang paling representatif.

Pertama kali dirilis pada tahun 1986, produk ini masih dicintai selama lebih dari 30 tahun, langsung dikenali oleh Nenek menggemaskan di kemasannya.

Dipanggang dengan banyak kecap manis, teksturnya renyah dan setiap gigitannya terasa renyah.

Mereka tidak menampilkan bumbu kimia apa pun dan mereka diingat oleh generasi orang Jepang sebagai rasa manis masa kecil mereka.

“Dipanggang dengan hati-hati oleh Nenek” adalah gambar yang paling sering dikaitkan dengan rice cracker ini.

7. Kameda no Kaki no Tane

Kameda no Kaki no Tane
Foto: Live Japan.

Kaki no Tane Kameda Seika adalah best-seller yang dikenal di seluruh negeri. Pedas lembut dan harmoni rice cracker dan kacang sangat lezat!

Orang Jepang suka memperdebatkan perbandingan antara kacang dan rice cracker dalam satu kantong. Berapa banyak kerupuk arare, berapa banyak kacang yang membuat Kaki no Tane paling enak? Setiap orang memakan camilan ini dengan cara berbeda-beda, yang menunjukkan betapa dicintainya camilan ini.

8. Kaki no Tane Milk Chocolate

Kaki no Tane Milk Chocolate
Foto: Live Japan.

Kami sudah membicarakan tentang Kaki no Tane, tapi rekomendasi nomor satu kami adalah Kaki no Tane Milk Chocolate dari Kameda Seika! Ternyata, ada uji coba penjualan kerupuk beras lapis cokelat di bandara domestik yang sukses besar!

Rice cracker rasa kecap dan kepedasannya yang lembut sangat cocok dengan cokelat susu yang lembut, sampai-sampai kita tidak akan bisa berhenti sampai kantongnya kosong.

Renyah dan manis, Kaki no Tane Milk Chocolate sangat cocok dengan kopi atau secangkir teh. Desain paket yang lucu juga menarik perhatian dan tersedia dalam berbagai variasi rasa, termasuk cokelat stroberi dan cokelat putih.

Kaki no Tane juga menawarkan banyak variasi ekslusif, varietas lokal, dan banyak lagi.

9. Happy Turn

Happy Turn kameda seika
Foto: Live Japan.

Inilah produk kerupuk beras ikonik lainnya dari Kameda Seika: Happy Turn!

Dari anak-anak yang menikmatinya di pesta atau sebagai camilan dari orang dewasa yang sedang istirahat dengan kenikmatan gurih ini, semua orang menyukai potongan renyah ini.

Jika ada semacam pesta yang sedang berlangsung, kita pasti akan menemukan Happy Turn.

Nama jajanan ini memiliki latar belakang yang menarik. Ini mengungkapkan keinginan untuk mengembalikan (Turn) kebahagiaan (Happy) kepada pelanggan.

Maskot Happy Turn.
Maskot Happy Turn. Foto: Live Japan.

Rahasia popularitas kerupuk beras Jepang ini adalah lapisan rasa, yang juga disebut “bubuk ajaib”.

Permukaan setiap Happy Turn dilapisi dengan bubuk manis dan asin ini, menempel di biskuit tetapi tidak di jari kita.

Dengan kemasannya yang seperti permen, menghadirkan sedikit kelucuan dalam pengalaman rice cracker kita.

Setiap kali sekantong Happy Turn dibuka, seseorang menantikan untuk menemukan hati kecil yang enak di dalamnya.

10. Tsumami-Dame

Tsumami-Dame kameda seika
Foto: Live Japan.

Otsumami adalah kata dalam bahasa Jepang yang menggambarkan makanan ringan yang biasanya dinikmati saat minum-minum.

Dengan isi 10 makanan ringan beras yang berbeda, dikemas dengan rapi ke dalam tas kecil yang dapat dibagikan atau dinikmati sendiri.

Kemasannya yang kecil juga memungkinkan camilan ini disimpan di tas dan dibagikan di antara teman-teman di hari libur.

Satu bungkus berisi rice cracker Jepang rasa edamame, udang bakar, kacang seafood rasa, bola-bola “umakuchi mame”, sarden rasa, kerupuk udang, rasa cumi, kacang hitam, gulung rumput laut kering, dan kacang panggang.

Itu adalah pilihan dari 10 rasa ikonik. Jika kamu berhasil membedakan semua rice cracker yang berbeda dan rasanya, kamu sedang dalam perjalanan untuk menjadi pakar rice cracker!

Sejarah Rice Cracker di Jepang dan Kameda Seika

Keripik beras yang dibuat oleh Kameda Seika adalah makanan ringan tradisional Jepang. Secara kasar dapat dibagi menjadi dua kategori, tergantung pada bahan utamanya: Arareli dan kerupuk beras okaki terbuat dari beras ketan, sedangkan kerupuk beras senbei terbuat dari beras non ketan.

Jepang membanggakan budaya beras yang kaya dan ada kebiasaan kuno mempersembahkan beras kepada para dewa untuk berterima kasih atas panen tahun ini dan berdoa untuk panen yang melimpah untuk tahun depan.

Persawahan di Hoshitoge, Prefektur Niigata.
Persawahan di Hoshitoge, Prefektur Niigata. Foto: GaijinPot Travel.

Sesajen semacam ini terbuat dari beras ketan karena memiliki umur simpan yang relatif lama. Setelah persembahan dan setelah beberapa waktu berlalu, kue beras yang sudah keras dihancurkan dan dipanggang untuk dinikmati. Konon inilah asal mula kerupuk beras Jepang.

Baca juga: Opak dan Kolontong Bojongkunci, Rice Cracker Khas Bandung Selatan

Prefektur Niigata, tempat kantor pusat Kameda Seika berada, adalah salah satu daerah penghasil beras terkemuka di Jepang. Sekitar 8% beras Jepang yang dapat dimakan berasal dari Niigata dan prefektur ini menawarkan banyak merek bermutu tinggi.

    Share your love
    Arif Abdurahman
    Arif Abdurahman

    Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

    Articles: 1771

    3 Comments

      • Agak tricky ya, soalnya harus lihat komposisi lengkapnya, masalahnya pake bahasa Jepang. Yg kemungkinan halal itu kayaknya Pota-Pota Yaki sama Hai Hain, soalnya bisa buat bayi.

        Kalau untuk alternatif sih, sebenarnya di Indonesia banyak juga olahan rice cracker ini, cuma ga di-branding kayak Kameda Seika ini. Ada opak, kolontong, rengginang, dsb,yg sebenernya masuk golongan rice cracker.

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *