Panduan Beli Rumah di Skyrim, Jadi Juragan Properti di Tamriel!

Membeli properti adalah salah satu dari banyak hal yang dapat kita lakukan di The Elder Scroll V: Skyrim. Ini adalah tempat untuk menyimpan dan memamerkan barang-barang eksotis. Meski menemukan setiap rumah di Skyrim agak mudah, membeli dan membangunnya adalah cerita lain.

Skyrim terkenal karena banyaknya dungeon yang bisa dijelajahi dan item yang dapat ditemukan. Oleh karenanya setiap pemain butuh tempat untuk menyimpan semua barang-barang yang di dapat dari video game ini.

Di situlah rumah dalam Skyrim sangat berguna. Sebagian besar rumah yang bisa dimiliki pemain sudah dibangun sebelumnya dan berada di dalam kota, meski ada beberapa yang harus dibangun dari tanah lapang.

Bagi mereka yang mengejar gelar Thane atau completionist, berikut adalah semua rumah di Skyrim dan cara mendapatkannya.

Di sini hanya menyertakan rumah pemain yang terikat dengan Hold. Rumah lain yang berhubungan dengan faksi, pasangan, dan gubuk terpencil tidak termasuk dalam panduan ini.

Ada Berapa Banyak Rumah di Skyrim Buat Pemain?

skyrim game whiterun

Skyrim memiliki sembilan rumah unik untuk pemain yang dapat disesuaikan. Setiap rumah ini dibeli langsung dari Jarl atau pelayan mereka.

Dari sembilan rumah yang tersedia, enam di antaranya sudah dibangun sebelumnya, sementara tiga lainnya terikat dengan sistem Hearthfire yang berarti tanah kosong.

Adapun di mana rumah-rumah itu berada:

  • Breezehome di Whiterun
  • Hjerim di Windhelm
  • Honeyside di Riften
  • Proudspire Manor, Bangunan tiga lantai yang mahal di Solitude
  • Severin Manor Sebuah rumah gratis di Raven Rock yang terikat dengan sebuah quest
  • Vlindrel Hall di Markath

Dan untuk tanah yang bisa dibangun rumah Hearthfire

  • Heljarchen Hall adalah sebidang tanah di The Pale. Dijual oleh pelayan Morthal saat ini
  • Lakeview Manor terletak di Hold Falkreath
  • Windstad Manor dibeli dari Dawnstar, dan terletak di Hjaalmarch

Winterhold adalah satu-satunya Hold di Skyrim yang tidak memiliki rumah pemain. Meski begitu kita dapat tidur dan menyimpan barang-barang di College of Winterhold setelah jadi anggota. Ngekos di sini pilihan tepat sebelum punya rumah.

Lokasi dan Cara Beli Rumah di Skyrim

Berikut adalah tampilan yang lebih rinci tentang cara mendapatkan masing-masing rumah pemain ini.

1. Breezehome (Whiterun)

Breezehome (Whiterun) rumah skyrim house
LokasiWhiterun
PrasyaratSelesaikan “Bleak Falls Barrow”
Biaya Rumah5.000 Gold
Biaya Upgrade1.800 Gold

Breezehome kemungkinan adalah rumah pemain pertama yang akan kita beli karena paling terjangkau.

Terletak di Whiterun, rumah ini mengharuskan kita untuk menyelesaikan quest “Bleak Falls Barrow”. Karena ini adalah salah satu quest pertama yang akan kita terima, jadi pasti akan dilalui tanpa halangan.

Setelah Farengar memiliki Tablet Dragonstone, Jarl akan mengizinkan kita membeli Breezehome dari Proventus Avenicci seharga 5.000 Gold.

Breezehome dapat ditingkatkan lebih lanjut dengan membeli lab alkimia dan perabotan untuk kamar. Membeli setiap upgrade berharga 1.800 Gold, membuat total investasi Gold untuk Breezehome 6.800 Gold.

2. Honeyside (Riften)

Honeyside (Riften) rumah di skyrim house
LokasiRiften
PrasyaratSelesaikan “Skooma Trade”, Bantu 5 NPC di Riften
Biaya Rumah8.000 Gold
Biaya Upgrade5.000 Gold

Untuk membeli rumah Honeyside di Riften, kita harus menghentikan operasi Skooma bawah tanah di dalam kota dan membantu lima NPC yang tinggal di Riften.

“Skooma Trade” adalah misi yang mengharuskan kita mengungkap dan menghentikan operasi narkoba Skooma. Misinya cukup mudah untuk diselesaikan. Bicaralah dengan Wujeeta di dekat dermaga Riften untuk memulai quest ini.

Setelah “Skooma Trade” selesai, bicaralah dengan Jarl. Dia akan meminta kita untuk meningkatkan reputasi kita dengan membantu penduduk Riften. Selesaikan lima misi opsional di Riften dan bicaralah dengan pelayannya.

Kita dapat membeli Honeyside seharga 8.000 Gold. Untuk membuat Honeyside lebih murah, bicaralah dengan Anuriel dengan setidaknya 5.000 Gold dan beli rumah.

Terlepas dari itu, Honeyside dapat ditingkatkan lebih lanjut. Membeli setiap upgrade berharga 4.300 Gold.

3. Vlindrel Hall (Markarth)

Vlindrel Hall (Markarth) skyrim house
LokasiMarkarth
PrasyaratMembantu Jarl Igmund
Biaya Rumah8.000 Gold
Biaya Upgrade3.900 Gold

Vlinderel Hall di Markarth memiliki beberapa metode akuisisi, untungnya masing-masing syaratnya cukup mudah.

Kita dapat menyelesaikan tiga “quest” untuk Jarl Igmund, salah satunya membantu lima NPC Markarth, memberikan Markarth kepada Imperial selama quest utama “Season Unending” untuk mengubah Jarl, atau menyelesaikan quest “Liberation of Skyrim”.

Bagi yang ingin cepat-cepat punya rumah ini pastinya membantu Jarl menjadi pilihan tepat.

Terlepas dari metode mana yang kita gunakan, Vlindrel Hall dapat dibeli dari pelayan Jarl seharga 8.000 Gold. Upgrade untuk rumah berharga 3.900 Gold untuk kamar anak-anak, dan 4.200 Gold jika kita mengganti ruangan tersebut dengan lab alkimia.

Baca juga: 10 Follower Terbaik di Skyrim

4. Proudspire Manor (Solitude)

Proudspire Manor (Solitude) skyrim house
LokasiSolitude
PrasyaratSelesaikan misi “The Man Who Cried Wolf” dan “Elisif’s Tribute”
Biaya Rumah25.000 Gold
Biaya Upgrade11.000 Gold

Misi “The Man Who Cried Wolf” dan “Elisif’s Tribute” harus diselesaikan sebelum Falk Firebeard menjual rumah ini.

Proudspire Manor berharga 25.000 Gold tanpa mengurangi biayanya. Meningkatkan manor membutuhkan tambahan 11.000 Gold.

Sementara dengan biaya yang lumayan, rumah ini memberikan furnitur yang mempesona, meja alkimia, kamar anak-anak, dan sejumlah besar manekin dan rak senjata untuk menyimpan barang-barang.

5. Hjerim (Windhelm)

Hjerim (Windhelm) rumah di skyrim house
LokasiWindhelm
PrasyaratSelesaikan “Blood on the Ice” dan semua misi Civil War
Biaya Rumah12.000 Gold (ada bug yang mengurangi biaya menjadi 8.000 Gold)
Biaya Upgrade10.250 Gold

Sebelum pelayan Windhelm akan menjual Hjerim kepada kita, questline Civil War harus diselesaikan, dan quest “Blood on the Ice” harus diselesaikan.

Menyelesaikan kedua prasyarat tersebut akan memungkinkan kita untuk membeli Hjerim seharga 12.000 Gold, meskipun ada bug yang mengurangi harga menjadi 8.000 Gold.

Upgrade untuk rumah di Skyrim ini menghabiskan total 10.250 Gold, yang mencakup dekorasi untuk setiap kamar, meja alkimia dan enchanting.

Selain itu ada sedikit biaya untuk membersihkan kekacauan yang terkait dengan misi “Blood on the Ice” sebelumnya.

6. Severin Manor (Raven Rock)

Severin Manor (Raven Rock)
LokasiRaven Rock (Solstheim)
PrasyaratSelesaikan “March of the Dead”, “Final Descent”, dan “Served Cold”

Severin Manor adalah rumah di Skyrim yang berlokasi di Solstheim yang dapat ditemukan di Raven Rock. Ini adalah satu-satunya rumah pemain dalam game yang sepenuhnya gratis.

Untuk memiliki rumah ini, quest “Served Cold” harus diselesaikan. Ini adalah bagian dari questline yang lebih panjang yang membutuhkan misi “March of the Dead” dan “The Final Descent” untuk diselesaikan sebelum “Served Cold” tersedia.

Menyelesaikan questline itu akan memberikan kepemilikan Severin Manor. Rumah ini juga tidak memiliki upgrade untuk dibeli karena sudah memiliki penyimpanan dasar dan meja crafting yang sudah terpasang sebelumnya. Sebuah peleburan, lab alkimia, dan meja enchanting disertakan dengan rumah.

7. Heljarchen Hall (The Pale)

Heljarchen Hall (The Pale) skyrim house
LokasiThe Pale
HoldDawnstar
PrasyaratMencapai level 22, selesaikan misi “Waking Nightmares” dan “Kill the Giant”
Biaya Tanah5.000 Gold

Heljarchen Hall, sebidang tanah yang disediakan oleh Jarl of Dawnstar, terkunci di belakang misi “Waking Nightmares” dan “Kill the Giant”. Yang pertama adalah misi Daedric, sedangkan yang kedua adalah misi singkat yang terbuka di level 22.

Bicaralah dengan Skald the Elder setelah tujuan ini selesai. Jika Imperial Legion memiliki Dawnstar, Brina Merils akan menjual sebidang tanah. Kedua karakter akan menjual sebidang tanah seharga 5.000 Gold.

Perhatikan bahwa ini hanya sebidang tanah; kita perlu membangun rumah sendiri.

8. Lakeview Manor (Falkreath)

Lakeview Manor (Falkreath) skyrim house
LokasiFalkreath
HoldFalkreath
PrasyaratBervariasi (lihat di bawah)
Biaya Tanah5.000 Gold

Jarl of Falkreath menjual Lakeview Manor, sebidang tanah tidak jauh dari Guardian Stones. Ada banyak kondisi yang terkait dengan lokasi ini berdasarkan reputasi kita dengan Falkreath dan siapa yang saat ini menjadi Jarl.

Berikut adalah beberapa cara kamu bisa mendapatkan sebidang tanah ini:

  1. Menjadi Thane dari Falkreath.
  2. Jika kita berada di bawah level sembilan, selesaikan pencarian “Rare Gifts” dan “Kill the Bandit Leader” untuk Jarl.
  3. Jika kita bukan Thane, selesaikan quest “Kill the Bandit Leader”.
  4. Tempatkan Dengeir of Stuhn sebagai Jarl Falkreath. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan Falkreath kepada Stormcloaks dalam quest “Season Unending” atau dengan mengambil alih Falkreath untuk Stormcloaks selama questline Civil War.

Apa pun pilihan yang kita buat, menyelesaikan salah satu persyaratan itu akan membuka Lakeview Manor untuk dijual seharga 5.000 Gold. Seperti semua rumah Hearthfire, kita harus membangun rumah sendiri.

9. Windstad Manor (Hjaalmarch)

Windstad Manor (Hjaalmarch) skyrim house
LokasiHjaalmarch
HoldMortal
PrasyaratSelesaikan misi “Laid to Rest”
Biaya Tanah5.000 Gold

Windstad Manor terletak di Hjaalmarch, Hold yang sama yang menampung Morthal. Untuk membeli Windstad, kita harus menyelesaikan quest “Laid to Rest” untuk Jarl.

Pelayan Morthal akan menjual sebidang tanah seharga 5.000 Gold. Mirip dengan Lakeview Manor dan Helljarchen Hall, rumah di Skyrim ini harus dibuat dari awal.


Nah, itu tadi deretan rumah yang bisa kamu tempati di game Skyrim, agar tak ketinggalan tulisan terbaru dari Kearipan bisa ikuti di Google News.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *