Asal Mula Genshin Impact

Genshin Impact telah menarik banyak penggemar di seluruh dunia. Dengan visual yang indah, karakter menawan, dan gameplay yang membuat pemain kembali lagi dan lagi, ini adalah salah satu kisah sukses terbesar dalam game dari beberapa tahun terakhir.

Fenomena global tentunya tak muncul begitu saja. Perusahaan di balik game tersebut, miHoYo, yang kemudian berganti nama menjadi Hoyoverse, menempuh perjalanan panjang untuk mencapai kesuksesannya saat ini.

Nah, mari kita lihat rangkaian peristiwa yang membawa para gamer ke dunia Teyvat dan penghuninya yang penuh warna.

Dari Penggemar Jadi Pengembang

barbara genshin impact

Cai Haoyu, Liu Wei, dan Luo Yuhao adalah teman sekelas di Universitas Shanghai Jiao Tong yang terikat karena kecintaan mereka pada anime. Ketiganya ingin membuat game anime sendiri, tetapi pada pertengahan tahun 2000-an hanya ada sedikit studio di China.

Ketiganya membuat game di waktu luang sambil menyelesaikan studi mereka, berpartisipasi dalam beberapa kompetisi desain game, dan pada saat mereka mencapai gelar master, Cai, Liu, dan Luo memutuskan untuk membentuk sebuah startup.

Krisis finansial tahun 2008 telah membatasi pilihan “aman” mereka sebagai lulusan, jadi mereka memutuskan untuk melakukan semua yang mereka sukai dan mendirikan miHoYo pada tahun 2012.

Ketiganya memilih nama miHoYo karena dua dari nama depan mereka, Haoyu dan Yuhao, keduanya memiliki huruf H dan Y ketika ditulis dalam aksara Latin, jadi mereka memutuskan untuk menggunakan huruf kapital.

Tentu saja, perusahaan baru membutuhkan uang dan ruang, dua hal yang tidak diketahui oleh mahasiswa pascasarjana. Menurut Wei Zhong dari Wenhui Daily, perusahaan miHoYo yang baru lahir menerima pinjaman tanpa bunga dari Pusat Kewirausahaan Sains dan Teknologi Shanghai sebesar 100.000 yuan (sekitar Rp300 juta dalam mata uang saat ini).

Selain itu, Pusat Kewirausahaan menyediakan ruang kantor gratis berukuran lima puluh meter persegi selama enam bulan pertama perusahaan.

Ketiganya masih ingin membuat game bergaya anime meskipun faktanya ini tidak dianggap menguntungkan di China pada saat itu.

Liu Wei, yang telah menjadi presiden miHoYo, percaya bahwa ini adalah pasar yang belum dimanfaatkan. Dia percaya bahwa konten yang dibuat oleh penggemar untuk penggemar akan menghasilkan bisnis yang berulang dengan mengembangkan loyalitas merek.

Bahkan ketika kekayaan miHoYo akan tumbuh selama dekade mendatang, sebagian besar karyawan awal perusahaan adalah pemain; miHoYo belum membuktikan bahwa game anime adalah bisnis yang terhormat, yang membatasi kumpulan pelamar mereka dan membawa pemain setia sesuai dengan filosofi perusahaan bahwa penggemar akan membuat produk terbaik.

Seri Honkai

honkai series mihoyo

Banyak dari game awal miHoYo berpusat di sekitar siswi anime sekolahan yang melawan gerombolan zombie dengan Honkai Gakuen 2 tahun 2014 (dirilis di luar sebagai Gun Girl Z) menjadi game ketiga dan kesuksesan komersial pertama mereka.

Liu Wei lebih suka mengingat dalam sebuah wawancara menonton dengan takjub karena akun Alipay-nya (dompet digital yang dibuat oleh Alibaba) terus berkembang sepanjang hari-hari pertama permainan.

“Saya masih muda dan memiliki jutaan di saku saya,” katanya. “Tidak mungkin lebih bersemangat.” Namun, baru setelah gelar mereka berikutnya, Honkai Impact 3rd, mereka benar-benar sukses di seluruh dunia.

Model free-to-play Honkai Impact 3rd membuat game ini dapat diakses secara luas, dan miHoYo mempertahankan hubungan dekat dengan basis penggemar untuk memastikan game tersebut terus menjadi produk yang diminati para pemain.

Game ini menampilkan gameplay hack-and-slash 3D, tidak seperti judul sebelumnya yang utamanya adalah penembak 2D, dan pengaturannya dikembangkan lebih lanjut melalui seri manhua (manga) yang dirilis di Tiongkok.

Mengikuti kesuksesan Honkai di Asia (mengumpulkan sejuta unduhan di Jepang hanya dalam waktu dua minggu setelah peluncuran), game ini dengan cepat menyebar ke seluruh dunia.

Memang, strategi miHoYo untuk menumbuhkan basis penggemar yang setia sangat bekerja. Bahkan pada tahun 2021, seorang pria ditangkap karena diduga memasuki studio miHoYo dengan membawa pisau untuk membunuh Cai, Liu, dan Luo karena pakaian gadis kelinci eksklusif tidak tersedia untuk pemain Tiongkok.

Honkai Impact 3rd masih aktif, dan sekuel berjudul Honkai Star Rail sedang dalam pengembangan, tetapi kesuksesannya di seluruh dunia akan kalah jika dibandingkan dengan rilis besar studio berikutnya di tahun 2020.

Baca juga: 15 Game PC Fantasi Gratis Terbaik

Genshin Impact

paimon genshin impact

Pada 2017, miHoYo telah berkembang dari tiga teman kuliah menjadi perusahaan dengan ratusan karyawan. Perusahaan mengumumkan proyek besar berikutnya, RPG fantasi dunia terbuka yang luas, pada E3 2019.

Visual Genshin Impact dan gameplay open world mendapat perhatian pemain, meski beberapa dengan cepat menyebutnya sebagai tiruan dari game Breath of the Wild.

Dengan lebih dari setengah dari sepuluh juta prapendaftaran game berasal dari luar China, Genshin Impact menjadi salah satu game China paling sukses saat diluncurkan di pasar global sepanjang masa.

Kesuksesan game ini juga merupakan hal yang baik – miHoYo menghabiskan sekitar seratus juta USD untuk pemasaran dan pengembangan game, menjadikan Genshin Impact salah satu game termahal sepanjang masa untuk diproduksi, lebih mahal daripada The Witcher 3.

Untuk sebagian besar proses pengembangan Genshin Impact, miHoYo telah mencoba untuk mendapatkan persetujuan untuk mempublikasikan sahamnya. Regulator China ragu-ragu untuk menyetujui penawaran umum baru dari perusahaan game menyusul serangkaian skandal industri termasuk segala hal mulai dari manipulasi pasar hingga pembunuhan, dan setelah tiga tahun birokrasi miHoYo memutuskan untuk menarik IPO mereka tepat sebelum peluncuran Genshin Impact.

Menurut China’s Securities Times, pada akhir tahun 2020 (Genshin Impact dirilis pada bulan September tahun itu) game tersebut menarik sekitar enam juta USD per hari, dengan titik tertingginya menjadi empat belas juta dolar sehari pada tanggal 21 Oktober.

Penarikan IPO dan rekor pendapatan Genshin Impact membuat pemilik perusahaan Cai Haoyu, Liu Wei, dan Luo Yuhao – yang sudah naik daun setelah kesuksesan Honkai Impact 3rd – sekarang menjadi sangat, sangat kaya.

Politik

genshin impact castle liyuen

Tentu saja, sukses luar biasa di China berarti harus bermain dengan Partai Komunis China. Pada 24 September 2021 miHoYo memilih Komite Partai, diketuai oleh Liu Wei, menjadikan perusahaan sebagai cabang resmi Partai.

Bergabung dengan Partai, baik sebagai korporasi atau sebagai individu, seringkali merupakan langkah yang diperlukan untuk mobilitas sosial dan kurang dari sepuluh persen pelamar yang masuk.

Apa pun politik pribadi mereka sebenarnya, kepemimpinan miHoYo mengambil moto perusahaan – “otaku teknologi menyelamatkan dunia” – ke dalam hati dengan masuknya uang tunai Primogem yang tiba-tiba.

Cai, Liu, dan Luo bekerja dengan almamater fakultas kedokteran mereka untuk mengembangkan antarmuka otak-komputer dan bahkan berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan fusi nuklir. Dengan tingkat investasi ulang itu, siapa yang tahu apa yang akan dilakukan miHoYo di bawah branding baru mereka Hoyoverse, jika Honkai Star Rail ternyata menjadi hit lainnya.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *