SEO Copywriting: Cara Menulis Konten yang Memikat Orang, Optimal di Pencarian Google

Salah satu tantangan terbesar adalah menulis konten yang dioptimalkan untuk mesin telusur, namun juga menarik bagi orang-orang. Jika kamu ingin membangun audiens blog kamu, kamu harus lebih pintar dalam membuat konten. Cara utama untuk melakukannya adalah dengan SEO copywriting.

Meski SEO mungkin terdengar rumit, ini lebih mudah dari yang kamu pikirkan. Terutama jika kamu memahami bahwa menulis untuk manusia, bukan mesin telusur, adalah praktik terbaik.

Untuk berkembang, bisnis online kamu harus melampaui sekadar “menulis konten”. Konten kamu harus mencapai dua tujuan. Pertama, memecahkan masalah tertentu. Kedua, daya tarik bagi pengguna akhir, apakah itu pelanggan, klien, prospek, pembaca, dan sebagainya.

Bagaimana kamu membuat konten yang memenuhi tujuan tersebut? Bagaimana kamu membuat konten yang berperingkat baik dengan Google dan juga meyakinkan orang? Itulah yang dimaksud dengan SEO copywriting. Yang paling penting, kamu dapat melakukannya sendiri mengikuti aturan sederhana.

Apa itu SEO?

seo search engine optimization laptop

Kita semua tahu apa yang terjadi saat kamu mengetik sesuatu ke mesin telusur dan menekan “enter”: Kamu mendapatkan daftar hasil penelusuran yang relevan dengan istilah penelusuran kamu.

Halaman tersebut muncul sebagai hasil dari optimasi mesin pencari atau Search Engine Optimization (SEO).

Singkatnya, SEO adalah metode untuk mengoptimalkan keefektifan konten kamu untuk mesin pencari, untuk membantu peringkatnya lebih tinggi daripada konten dari situs lain yang menargetkan istilah pencarian yang sama.

Google menampilkan halaman web dalam hasil pencarian mereka berdasarkan otoritas dan relevansi halaman untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Lalu bagaimana cara mengukur otoritas dan relevansi? Google menentukan relevansi halaman kamu dengan menganalisis kontennya berdasarkan beberapa faktor, termasuk di mana dan seberapa sering kamu menggunakan kata-kata tertentu dalam konten tersebut.

Google mengukur otoritas dengan jumlah tautan yang menunjuk ke halaman itu dan seberapa tepercaya tautan itu. Kualitas telah menjadi faktor peringkat no 1 di Google, terutama sejak pembaruan Google Panda dan Penguin.

Jika kamu ingin informasi lebih lanjut, cek artikel Apa Itu SEO? Kenal Lebih Dekat Search Engine Optimization.

Memahami Copywriting

freelance laptop working cafe browser anonim seo copywriting

Menurut Neil Patel, copywriting adalah seni dan ilmu membuat konten yang mendorong pembaca atau pengguna akhir (end-user) untuk membeli produk, berlangganan daftar, melakukan test drive, atau mengambil tindakan lain yang akan meningkatkan daya tarik kamu bagi pengguna akhir, yang merupakan pelanggan, klien, prospek, pembaca, dan sebagainya,

Copywriting adalah keahlian menjual, sebut Bruce Bendinger. Seorang copywriter adalah seorang profesional terampil yang menulis salinan untuk iklan, promosi, dan keterlibatan pelanggan.

Seorang copywriter adalah seseorang yang memahami orang, tahu apa yang disukai audiensnya dan memilih kata-kata yang menarik bagi mereka. Judul, kata, frasa, kalimat, dan paragraf yang digunakan dalam konten harus membujuk dan menyebabkan pembaca melakukan tindakan tertentu.

Seorang SOE copywriter juga memahami bagaimana perasaan Google tentang kata dan frasa tertentu, terutama frasa ekor panjang.

Jika kamu seorang blogger, penulis lepas, atau pengusaha bisnis online, kamu bisa menjadi copywriter yang dicari saat kamu mengembangkan kreativitas dan menyempurnakan keterampilan menulis kamu.

Jika kamu ingin membangun bisnis online yang berkembang pesat dan bertahan di dunia SEO yang selalu berubah, tugas kamu adalah membuat konten bermanfaat yang menarik, persuasif, dan dioptimalkan dengan baik untuk mesin telusur.

Kamu harus melakukannya secara konsisten. Itu adalah bagian dari pengalaman pengguna, mendapatkan konten segar yang baru sesuai permintaan.

Apa itu SEO Copywriting?

SEO Copywriting telah berkembang, sejak Google mulai meluncurkan pembaruan mereka.

Jika kamu ingin membuat konten yang sangat bermanfaat yang berperingkat baik di Google dan secara bersamaan menyalurkan klien atau pelanggan ke bisnis online kamu, kamu harus berpikir tentang komponen Algoritma Ranking Google.

SEO Copywriting adalah tentang membuat konten yang bermanfaat, menarik, dan berharga yang menargetkan kata kunci tertentu sehingga orang lain dengan senang hati akan mempromosikannya di platform media sosial.

Ini berguna untuk meningkatkan otoritas dan relevansi konten kamu dan meningkatkan peringkatnya di Google untuk kata kunci yang dipilih. Jadi ketika kamu sangat merekomendasikan sesuatu, Google melihatnya relevan dan kamu akan mencapai hasil konten SEO yang lebih baik.

SEO Copywriting membantu kamu menargetkan pelanggan dan memecahkan masalah khusus mereka dengan konten yang dibuat dengan baik.

Elemen SEO Copywriting

Unsur-unsur tertentu dari konten yang bernilai, seperti daya tarik visual dan ketepatan waktu, adalah keunggulan dari keanggunan copywriting.

Menerapkan praktik terbaik SEO secara konsisten di seluruh konten kamu secara alami akan mendorong konten kamu ke 10 besar Google dan meningkatkan lalu lintas blog kamu.

Tentu saja, ada elemen yang akan selalu memungkinkan kamu mendapatkan peringkat tinggi di Google, serta meningkatkan tingkat konversi. Sebelum kamu menerapkan elemen copywriting SEO, ingatlah bahwa ada hal-hal yang harus dilakukan sebelum optimasi on-page.

Nah, berikut adalah 6 elemen copywriting SEO yang penting:

1. Kecepatan Situs

Kecepatan situs telah menjadi faktor peringkat sejak 2010 dan juga bagus untuk pengguna. Jika waktu muat kamu lebih dari 2 detik, yang merupakan waktu muat stkamur untuk situs, maka kamu harus mengambil langkah untuk memperbaikinya.

Itu karena jika konten kamu berguna dan menarik, tetapi butuh waktu lama untuk memuat halaman kamu sepenuhnya, pengunjung kamu akan pergi, karena rentang perhatian mereka pendek. Mereka pergi karena pengalaman pengguna yang buruk.

2. Judul

Konten kamu mungkin berharga, tetapi jika judul kamu biasa-biasa saja, rasio klik-tayang kamu akan rendah. Jangan sia-siakan salinan SEO yang berharga.

Dalam SEO copywriting SEO, judul kamu harus menarik perhatian orang, lalu mendorong mereka untuk mengklik dan membaca lebih lanjut.

Saat kamu belajar menjadi penulis yang lebih baik, fokuslah pada hal-hal yang akan dilihat prospek kamu terlebih dahulu. Seperti cara merangkai judul.

Ketika kamu berada dalam peringkat di 10 besar Google, jika tajuk utama kamu dapat diklik dan menarik, tidak masalah apakah kamu peringkat ke-1 atau ke-4, karena kamu masih akan menarik pengunjung organik ke situs kamu. Sebagai aturan praktis, SEO copywriter yang sukses membuat judul sebelum beralih ke badan artikel atau posting blog kamu.

Gunakan Angka

Judul yang menyampaikan pesan atau ide tertentu berfungsi paling baik dengan pengguna penelusuran. Headline dengan angka selalu menjadi pemenang. Jika masuk akal, sertakan angka di judul.

Beberapa situs konten otoritas menggunakan angka dalam tajuk utama mereka. Situs-situs ini semuanya memahami psikologi di balik angka. Berita utama yang memiliki angka di dalamnya biasanya lebih banyak dibagikan di Facebook dan Twitter.

Kembangkan Ide

Jika kamu mandek dan tidak tahu harus menulis apa, kamu dapat menggunakan tool seperti Inbound Now untuk menghasilkan ide posting atau artikel blog.

Ada beberapa sumber untuk menulis berita utama yang layak diklik dan dapat dibagikan. Untuk mendemonstrasikan, mari tulis beberapa tajuk utama baru di tiga industri populer: bisnis kecil dan hubungan.

Judul bisnis kecil yang dapat diklik dan dioptimalkan:

  • 7 Tren Usaha Modal Kecil yang Hasilkan Cuan
  • Cara Memulai Bisnis Kecil yang Akan Dicintai Pelanggan
  • Pendanaan Bisnis Kecil: Cara Mengumpulkan Modal Rp15 Juta dalam 60 Hari

Judul “hubungan” yang dioptimalkan dengan baik dan menarik:

  • 3 Trik untuk Mendapatkan Kembali Mantan Kamu
  • Cara Memperbaharui Kehidupan Cinta Kamu dengan Pasangan
  • Apa yang Dibutuhkan untuk Membangun Pernikahan yang Menakjubkan?

Menganalisis hasil mesin telusur

Katakanlah kita melakukan penelusuran di Google untuk “menghemat uang”. Kamu dapat melihat bahwa sebagian besar hasil pencarian SEO-friendly, dan menargetkan kata kunci, tetapi beberapa tajuk utama itu sendiri tidak menarik bagi pengguna.

Menambahkan long-tail keyword ke judul mungkin membantu bagi mereka yang memiliki pertanyaan khusus.

Copywriter SEO baru dan berpengalaman sangat merekomendasikan mengunduh plugin SEO untuk WordPress agar membantu mengoptimalkan salinan SEO.

Setelah kamu mempelajari SEO copywriting, kamu dapat menulis konten yang akan berperingkat tinggi di halaman hasil Google dan juga menarik klik dari calon pelanggan atau klien.

Jika kamu ingin seluruh judul kamu terlihat di hasil mesin pencari, pertahankan di bawah 72 karakter. Ini juga akan meningkatkan rasio klik-tayang kamu.

3. Konten

Konten itu sendiri adalah elemen vital dari SEO copywriting.

Alasan utama mengapa orang melakukan penelusuran di Google dan mesin telusur lainnya adalah karena mereka mencari konten yang bermanfaat. Mesin pencari juga memanfaatkan konten SEO yang segar, itulah sebabnya kamu harus memperbarui situs kamu secara konsisten.

Jika kamu ingin menulis konten terbaik yang berperingkat baik di Google, kamu harus menargetkan frase kata kunci. Hindari isian kata kunci atau pengoptimalan berlebihan. Idealnya, tempatkan kata kunci di judul kamu, tetapi pastikan kata kunci itu terbaca dengan lancar untuk pembaca kamu.

Pembaruan Google Panda 4.1 dirancang untuk menghukum “thin content” atau konten dangkal, dengan menjaga konten yang buruk agar tidak mendapat peringkat tinggi di Google.

Posting atau artikel blog yang khas harus setidaknya 1000 kata. Tapi, ini bukan soal panjang, karena beberapa artikel mendetail masih berjuang untuk menentukan peringkat dan mempertahankan posisinya di halaman hasil Google.

Sebelum kamu menulis konten SEO, penting untuk memahami pembaca kamu. Kemudian, niche dan fokus pada masalah tertentu yang sedang dihadapi pembaca. Berani memecahkan masalah itu dengan konten kamu, dan inilah tujuan lain dari menggabungkan SEO dan copywriting.

Setiap konten yang kamu tulis membutuhkan pengantar yang menarik. Pendahuluan adalah bagian yang muncul tepat setelah tajuk utama, serta subjudul jika kamu memasukkannya ke dalam konten kamu. Pengenalan kamu harus berisi setidaknya satu frase kata kunci yang kamu targetkan, terutama long tail keyword.

Namun, penting untuk dipahami bahwa SEO copywriting modern telah melampaui penargetan dan penempatan kata kunci. Pendekatan terbaik sekarang adalah menulis konten yang membahas maksud kata kunci.

4. Deskripsi Meta

Sebelum menulis konten, sebelum menerbitkannya, gunakan deskripsi meta untuk membantu memandu mesin telusur.

Deskripsi meta membantu mesin pencari dan pencari memahami apa topiknya dan mengapa kata kunci dan frasa yang kamu targetkan terus muncul di konten.

Moz mencatat bahwa deskripsi meta adalah atribut HTML yang memberikan “penjelasan singkat” ke mesin pencari dari konten halaman kamu. Tag diapit dengan bagian di halaman web kamu.

Google menggunakan deskripsi meta di halaman kamu sebagai cuplikan saat orang mencari kata kunci yang relevan dengan halaman kamu. Salinan cuplikan inilah yang akan menentukan apakah kamu mendapatkan klik atau tidak, tidak peduli seberapa tinggi peringkat kamu di hasil pencarian.

Untuk keperluan SEO, deskripsi meta harus 150 – 160 karakter.

Bagaimana kamu menulis deskripsi meta yang menarik perhatian orang, serta mendapat peringkat yang baik di Google?

Pahami keyword intent

Keyword intent atau maksud kata kunci adalah tujuan atau alasan utama di balik kata kunci.

Misalnya, kamu seorang konsultan media sosial dan ingin menarik klien ke bisnis kamu. Kemudian, kata kunci utama kamu mungkin adalah “cara meningkatkan engangement Instagram”.

Saat calon klien mengetikkan kata kunci tersebut ke dalam penelusuran Google, menurut kamu apa yang benar-benar mereka minati?

Apa yang mereka inginkan sudah jelas. Mungkin mereka menginginkan lebih banyak pengikut Instagram, keterlibatan yang lebih besar, atau kiat tentang cara mendapatkan lebih banyak prospek. Deskripsi meta kamu harus relevan dan menarik bagi mereka.

5. Frekuensi Kata Kunci

Frekuensi kata kunci berarti berapa kali kata kunci pilihan kamu muncul di halaman web.

Misalnya, jika kata kunci target kamu adalah “hotel terbaik di bandung”, berapa kali frasa kata kunci yang tepat ini akan muncul di artikel 300, 500, atau 1000+ kata kamu? Sebaliknya, kepadatan kata kunci berkaitan dengan rasio “hotel terbaik di bandung”, dengan kata lain di halaman yang sama.

Frekuensi dan kepadatan kata kunci tidak lagi seefektif dulu, sebelum Google sering meluncurkan pembaruan, tetapi masih merupakan bagian penting dari konten SEO. Hindari kesalahan pengoptimalan di halaman, seperti isian kata kunci, penyisipan kata kunci yang berlebihan, dan isian tag tajuk.

Namun, kepadatan kata kunci masih memengaruhi peringkat organik sampai batas tertentu. Menurut Brian Dean, kepadatan/frekuensi kata kunci adalah salah satu dari 200 faktor peringkat, yang berarti kamu harus tetap mempertimbangkannya. Tapi, jangan berlebihan.

6. Tautan Halaman

Tautan adalah blok bangunan dasar dari halaman web kamu. Salah satu dari 10 hal yang diketahui Google benar adalah bahwa “selalu ada lebih banyak informasi di luar sana”.

Tautan laman memberi tahu Google bahwa kamu terhubung dan mudah bergaul, dan bahwa kamu memiliki konten bermanfaat yang dapat diakses orang lain di tempat lain. Konten ini bisa jadi milik kamu sendiri atau dari penulis atau situs lain.

Menautkan ke situs dan halaman otoritas lain merupakan indikasi bahwa kamu menghargai apa yang dibuat orang lain. Google akan menghargai kamu karena selaras dengan misi mereka: mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses secara universal. Tim pemasaran yang baik akan sangat merekomendasikan untuk menautkan dengan tepat.

Apa yang biasanya dilakukan oleh copywriter adalah menemukan kata kunci yang sesuai, meneliti data yang akurat, dan kemudian menggunakan keduanya untuk membuat konten yang menarik. Itu sebabnya copywriting adalah salah satu faktor mendasar dari optimasi mesin pencari.

Aturan untuk menautkan ke situs lain tidak ditetapkan secara kaku. Juga tidak ada aturan keras dan cepat untuk penautan internal. Namun, sebagai onli yang cerdaspemasar yang ingin meraih hasil luar biasa di mesin telusur, kamu harus:

  • Tautkan ke halaman yang relevan di dalam dan di luar situs kamu di pengantar
  • Tautkan ke panduan atau konten yang lebih mendalam di halaman kamu atau situs lain
  • Tautkan dengan teks jangkar yang sesuai, yang mengalir secara alami dengan konten

Jika kamu dapat memahami audiens target kamu dan menghasilkan konten terbaik yang akan menyelesaikan masalah pembaca kamu, kamu tidak perlu khawatir tentang kepadatan kata kunci, tautan halaman, dan sinyal sosial, karena itu akan terjadi secara alami.

Ingatlah bahwa sasaran konten yang sangat bermanfaat mencakup ribuan pembagian sosial, komentar, prospek, klien, dan penjualan. Ini adalah pekerjaan kamu sebagai copywriter SEO.

Poin pengoptimalan copywriting: Peringkat mesin pencari tidak dapat diprediksi, tidak peduli seberapa berpengetahuan kamu, karena Google selalu memperbarui algoritme peringkat mereka. Jika kamu berencana menyewa perusahaan SEO untuk membuat salinan CEO, sadarilah bahwa mereka juga tunduk pada perubahan permainan.

Namun, ada tindakan yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kemungkinan laman web kamu muncul di Google untuk kueri penelusuran yang relevan. Mari jelajahi faktor-faktor tersebut:

Tag judul: Merupakan ide bagus untuk mengetahui cara menulis tag judul untuk pengoptimalan mesin telusur. Sekali lagi, Yoast SEO dapat membantu di sini. Tag judul adalah tag meta HTML, seperti deskripsi meta yang kita lihat sebelumnya. Ini seperti judul sebuah buku. Ini adalah hal pertama yang muncul di hasil pencarian Google.
contoh tag judul – copywriting seo

Tag judul harus menjadi deskripsi singkat dan akurat dari halaman web kamu. Google akan menampilkan 50 – 60 karakter judul kamu di hasil pencarian mereka. Selain memikirkan panjangnya, tulislah judul yang selaras dengan merek kamu.

Moz sangat merekomendasikan bahwa format optimal untuk judul kamu adalah: Kata Kunci Utama – Kata Kunci Sekunder | Nama merk

Misalnya: Belajar CSS online – Kiat pemformatan CSS | Klub Desain Web

Tag heading: Tag heading diberi label h1 – h6. Tag judul akan memperbesar ukuran font kamu dan membuatnya menonjol. Ketika kamu menulis konten, itu harus terstruktur dengan baik untuk pembaca.

Mengoptimalkan judul kamu: Ini adalah salah satu hal terpenting yang dapat kamu lakukan untuk memastikan bahwa judul kamu mendapat peringkat di Google, serta menarik audiens. Tangkapan layar sumber daya Moz pada tag judul ini membantu kamu mengoptimalkan judul secara efektif:

Menulis Konten Bermanfaat Bagi Orang Banyak

Kata-kata sangat kuat. Kata-kata mendorong keterlibatan. Jika kamu dapat menyatukan kata-kata untuk menghasilkan konten yang berharga, audiens target kamu akan menyukai kamu karenanya — dan mereka akan bertahan. Tidak ada alternatif untuk menulis konten yang bagus.

Jumlah blog yang menghasilkan konten segar setiap hari terus bertambah. Ingatlah bahwa konten duplikat, konten berisi kata kunci, dan konten berkualitas rendah tidak akan membantu audiens target kamu. Ini bukan strategi konten SEO yang bagus dan tidak bisa cukup ditekankan. Itu juga tidak akan melakukan apa pun untuk meningkatkan peringkat organik kamu.

Satu studi menunjukkan bahwa meskipun konten kamu bermanfaat, masih diperlukan tiga elemen tambahan untuk mendorong lalu lintas organik:

  • optimalkan untuk banyak kata kunci dengan banyak pencarian
  • dapatkan sejumlah backlink tepercaya yang masuk akal
  • menulis tentang ide / topik yang selalu hijau

Riset Kata Kunci

Riset kata kunci tetap diperlukan. Aspek terpenting dari setiap kata kunci yang digunakan oleh pengguna pencarian adalah niatnya. Sebelum kamu dapat menulis konten hebat yang memecahkan masalah tertentu, kamu harus tahu apa arti setiap kata kunci.

Jangan lupa untuk memperhatikan klasifikasi kata kunci. Dengan kata lain, pahami apakah pengguna pencari ingin membeli suatu produk atau tidak.

Ada dua klasifikasi kata kunci penting: kata kunci informasi dan komersial.

Informational keyword

Alasan utama mengapa orang mencari dengan ini adalah karena mereka menginginkan informasi yang berguna tanpa harus membayarnya.

Kata kunci informasional biasanya bersifat “bagaimana caranya”. Ini contoh dari Ubersuggest:

Dari tujuh kata kunci dalam daftar ini, lima di antaranya dimulai dengan “caranya”.

Ini bersifat informasi karena pencari mungkin hanya tertarik pada artikel, video, posting blog, dan pelajaran gratis.

Sebagai copywriter SEO, kamu dapat menulis konten yang bermanfaat seputar kata kunci informasi, tetapi jangan berharap dapat mengubah pembaca menjadi pelanggan, karena kebanyakan dari mereka tidak mau membeli. Alih-alih, gunakan kata kunci informasi dalam konten kamu untuk membina audiens, melibatkan mereka, dan membangun merek kamu.

Commercial Keyword

Kata kunci komersial menunjukkan ‘niat’ untuk membeli. Kata kunci ini biasanya menunjukkan “keputusasaan” dari pencari. Mereka menginginkan solusi dengan cepat – misalnya, “turun 10 kg dalam 3 hari.”

Orang yang mencari kata kunci komersial kemungkinan besar akan membeli produk, atau mendaftar ke daftar email yang pada akhirnya akan mengubahnya menjadi pelanggan.

Fakta bahwa seseorang mengetik kata kunci komersial ke Google berarti orang tersebut siap untuk mengambil tindakan. Kata kunci komersial biasanya berisi prefiks dan sufiks tertentu, seperti review, beli, pesan, review, perbandingan, bandingkan, pengiriman gratis, terbaik, cepat, dll. Lihat contoh ini di ceruk penurunan berat badan:

Contoh kata kunci komersial dari daftar ini termasuk produk penurun berat badan gnc, produk gnc untuk menurunkan berat badan, produk penurun berat badan herbalife, dan produk penurun berat badan herbalife.

Catatan: Saat kamu menulis konten seputar kata kunci komersial, tujuan utamanya adalah memberikan informasi berguna tentang cara menggunakan produk, manfaat dan fiturnya, serta cara memasangnya, jika diperlukan.

Haruskah kamu menargetkan kata kunci? Ya. Google masih menggunakan kata kunci untuk mengukur tentang halaman web tertentu. Berhati-hatilah dan hindari pengoptimalan yang berlebihan.

Storytelling dalam SEO Copywriting

Sebagai copywriter SEO, mendongeng dapat membedakan kamu, karena manusia menyukai cerita yang bagus. Jika kamu dapat memasukkan kisah merek kamu ke dalam posting blog, artikel, atau video kamu, kamu akan menarik lebih banyak perhatian.

Mendongeng merek bukanlah sesuatu yang baru. Beberapa merek telah menggunakannya di masa lalu dan masih melakukannya. Menurut Kristen Matthews, ketika kamu menggunakan penceritaan alami dalam konten kamu, kamu dapat memberikan pengaruh yang maksimal kepada pembaca.

Dengan kata lain, cerita kamu harus menunjukkan kepada orang lain kemungkinan mencapai hasil yang sama. Namun, cerita kamu seharusnya tidak tentang kamu sendiri. Alih-alih, temukan cara untuk membuatnya menarik bagi audiens target kamu.

Saat itulah penceritaan merek akan membantu meningkatkan peringkat organik, lalu lintas, dan konversi penjualan kamu.Gunakan Humor

Salah satu alasan mengapa kamu harus menulis dengan humor adalah agar pembaca/penonton tetap terlibat. kamu juga dapat menanamkan humor untuk menyederhanakan topik yang tidak nyaman atau kontroversial.

SEO Copywriting bukan hanya tentang menulis konten bermanfaat yang memecahkan masalah tertentu dengan cara yang membosankan. Konten kamu juga harus menggairahkan pembaca kamu.

Mereka harus bersemangat untuk mengklik tajuk utama kamu, membaca pengantar, dan kemudian bergerak perlahan ke bawah. Itulah yang dimaksud dengan menulis secara persuasif. Jika kamu bisa melakukannya, apa pun yang kamu buat: orang akan menyukainya. Apa pun yang sangat kamu rekomendasikan, mereka akan membeli.

Ini sebuah contoh. Seorang blogger profesional dan pembicara publik yang biasanya menambahkan humor pada kontennya adalah Marie Forleo. Setiap intro videonya selalu menghibur saya.

Gunakan Studi Kasus

Studi kasus adalah salah satu dari 15 jenis konten yang akan mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs kamu. Studi kasus dapat menghasilkan konten yang kuat. Saya telah melihat peringkat mereka di 10 besar Google beberapa kali, karena sangat berguna.

Sebuah studi di Content Marketing Institute menunjukkan bahwa pembeli B2B lebih menyukai studi kasus dan konten berbasis penelitian.

Jika kamu secara konsisten menulis studi kasus yang berguna dan mendetail, kata kunci berekor panjang utama kamu akan mulai muncul di 10 besar Google untuk kata kunci yang relevan.

Studi kasus biasanya menjelaskan apa produk dan layanan kamu. Studi kasus yang baik akan menunjukkan eksperimen, studi penelitian dan wawancara yang kamu lakukan, serta hasil yang kamu dapatkan. Perusahaan SEO dapat membantu dalam analitik tetapi tidak mutlak diperlukan.

Kamu dapat membagikan semua jenis studi kasus, bahkan yang tidak mendapatkan hasil yang kamu harapkan.

SEO Off Page

Dalam pemasaran digital saat ini, publik menentukan seberapa relevan dan bermanfaat konten kamu. Dan, Google menggunakan faktor di luar halaman untuk mengukur otoritas dan nilai halaman konten kamu.

Umumnya, kamu tidak dapat mengontrol apa yang terjadi di luar situs kamu. Misalnya, kamu tidak mengontrol siapa yang menautkan ke kamu dan kamu tidak mengontrol kualitas situs yang memilih untuk mereferensikan karya kamu.

Jika kamu pintar, kamu dapat menggunakan teknik SEO off-page untuk membangun merek online yang solid dan meningkatkan lalu lintas organik.

Menurut Chris Ainsworth, 5 strategi SEO off-page yang terbukti berhasil adalah:

  • Bangun dan libatkan komunitas yang mengoceh melalui media sosial
  • Ekspos bisnis kamu dan manfaatkan SEO lokal
  • Tanamkan kepercayaan merek melalui ulasan bisnis
  • Promosikan kutipan lokal dan konsistensi Nama/Alamat/Telepon atau Name Address Phone (NAP).
  • Pembuatan tautan melalui blogging, posting tamu, analisis tautan pesaing, penjangkauan blog, jaringan, dan komentar blog dofollow.

Membuat Orang Bertindak Melalui SEO Copywriting

Bagian terakhir dari teka-teki dalam artikel mendalam ini adalah “persuasi” — kemampuan salinan kamu untuk mendorong orang untuk bertindak. Ini tidak sulit, karena ada banyak sumber daya dan alat berkualitas tinggi yang dapat kamu gunakan.

Salinan ditulis untuk menjual produk, layanan, atau ide. Semuanya dimulai dengan menjual diri sendiri, karena kamu hanya punya waktu maksimal 30 detik untuk menjual diri sendiri dan membuat orang menginginkan lebih.

Salah satu cara untuk mendorong orang untuk bertindak adalah dengan menyoroti poin-poin penting dari konten atau topik kamu menggunakan poin-poin. Ini sangat penting, karena juga membantu kamu membuat judul dan paragraf yang kuat.

Menggabungkan kekuatan psikologi dan copywriting untuk menghasilkan konten yang menarik sangat penting.

Buat Headline yang Menarik dan Berharga

Universitas Columbia mengenali berita utama sebagai elemen paling penting dari salinan. Mereka menyarankan agar kamu berpikir seperti pembaca dan menulis judul terlebih dahulu. Judul utama harus menargetkan kata kunci dan juga terlihat menarik.

Memiliki Kejelasan Tujuan

Menjadi jelas dengan salinan, posting blog, dan pesan kamu sangat penting.

Saat kamu menulis konten untuk blog kamu, fokuslah pada satu ide dan tulis posting kamu untuk mengatasi tantangan, memecahkan masalah, atau menjelaskan masalah yang rumit.

Menurut Success Consciousness, berikut adalah beberapa cara agar kamu dapat mencapai kejelasan tujuan saat kamu menulis konten:

  • Ketahui dengan tepat apa yang kamu inginkan, sebelum kamu menulisnya.
  • Gunakan kata “kamu”, saat menulis untuk pelanggan B2C dan “kami”, saat sebagian besar penerima kamu adalah organisasi bisnis.
  • Teliti data akurat yang relevan dengan topik kamu. Studi oleh Conversion XL ini menunjukkan bahwa menggunakan pendekatan berbasis data dan membuat infografis yang memiliki titik data akurat akan meningkatkan pembagian sosial.

Targetkan 2–5 kata kunci dalam posting blog dan pastikan mereka membaca secara alami.


Dengan mengikuti strategi SEO copywriting ini, kamu akan menghasilkan lebih banyak trafik, meningkatkan merek kamu, dan jatuh cinta dengan content marketing.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *