Apa Itu SEO? Kenal Lebih Dekat Search Engine Optimization

Apakah kamu ingin mempelajari segala sesuatu tentang SEO ini? Sebelum membahas soal cara kerjanya dan cara melakukannya, pertama-tama mari kita bahas definisi SEO, dan kemudian kita akan menyelami cara kerja SEO.

Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari search engine optimization.

SEO adalah proses mengambil langkah-langkah untuk membantu situs web atau bagian konten peringkat lebih tinggi di Google.

Perbedaan utama antara SEO dan iklan berbayar adalah bahwa SEO melibatkan peringkat “organik”, yang berarti kamu tidak membayar untuk berada di ruang itu.

Untuk membuatnya sedikit lebih sederhana, optimisasi mesin pencari berarti mengambil sepotong konten online dan mengoptimalkannya sehingga mesin pencari seperti Google menampilkannya di bagian atas halaman ketika seseorang mencari sesuatu.

Mari kita urai lebih jauh: Mayoritas pencarian online dimulai dengan mesin pencari seperti Google. Faktanya, 75 persen dari pencarian tersebut dimulai di Google.

Untuk lebih memahami bagaimana kamu dapat memberi peringkat konten kamu lebih tinggi di mesin pencari, kamu harus terlebih dahulu memahami cara kerja pencarian.

Tujuan akhir dari artikel ini adalah untuk membantu kamu memahami seluk beluk pencarian sehingga kamu dapat mengoptimalkan konten kamu untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di Google dan mendapatkan lebih banyak perhatian pada postingan kamu.

Elemen Inti SEO: SEO On-Page dan SEO Off-Page

Ketika berbicara tentang SEO yang lebih luas, ada dua jalur yang sama pentingnya: SEO on-page dan SEO off-page.

1. SEO On-Page

SEO pada halaman adalah tentang membangun konten untuk meningkatkan peringkat kamu.

Ini karena memasukkan kata kunci ke dalam halaman dan konten kamu, menulis konten berkualitas tinggi secara teratur, memastikan metatag dan judul kamu kaya kata kunci dan ditulis dengan baik, di antara faktor-faktor lainnya.

2. SEO Off-Page

SEO di luar halaman adalah pengoptimalan yang terjadi di luar situs web kamu sendiri, seperti mendapatkan tautan balik.

Bagian dari persamaan ini melibatkan membangun hubungan dan membuat konten yang ingin dibagikan orang.

Meskipun dibutuhkan banyak kerja keras, ini merupakan bagian integral dari kesuksesan SEO.

Strategi SEO: Black Hat Vs. White Hat

Ketika berbicara tentang SEO, mengejar keuntungan cepat sering disebut sebagai “SEO black hat.”

Orang yang menerapkan black hat SEO cenderung menggunakan taktik licik seperti isian kata kunci dan pengikisan tautan untuk mendapatkan peringkat dengan cepat.

Ini mungkin bekerja untuk jangka pendek dan memberi kamu mendapat traffic ke situs kamu, tetapi setelah beberapa saat, Google akhirnya menghukum dan bahkan memasukkan situs kamu ke daftar hitam sehingga kamu tidak akan pernah menentukan peringkat.

Di sisi lain, white hat SEO adalah cara untuk membangun bisnis online yang berkelanjutan. Jika kamu melakukan SEO dengan cara ini, kamu akan fokus pada audiens manusia kamu.

Kamu akan mencoba memberi mereka konten terbaik dan membuatnya mudah diakses dengan bermain sesuai dengan aturan mesin pencari.

Karena Google menghukum situs yang melakukan hal ini, kamu hanya akan mendengar saya berbicara tentang white hat SEO.

Namun, ada yang namanya gray hat SEO. Itu berarti itu tidak semurni atau polos seperti yang paling putih dari white hat, tapi itu tidak terlalu manipulatif seperti teknik black hat.

Kamu tidak mencoba menipu siapa pun atau dengan sengaja mempermainkan sistem dengan gray hat. Namun, kamu mencoba untuk mendapatkan keuntungan yang berbeda.

Lihat, standar Google tidak sejelas yang mereka ingin kamu percayai. Sering kali, mereka bahkan mungkin mengatakan hal-hal yang kontradiktif. Misalnya, Google mengatakan bahwa mereka bukan penggemar guest blogging untuk membangun tautan.

Sekarang, bagaimana dengan guest blogging untuk mengembangkan merek kamu? apa yang terjadi jika kamu melakukannya untuk membangun kesadaran, menghasilkan lalu lintas berkualitas tinggi kembali ke situs kamu?

Di dunia SEO, ini bukan tentang apa yang kamu lakukan tetapi bagaimana kamu melakukannya. Jika kamu membeli guest posting di situs yang tidak ada hubungannya dengan niche kamu dan mengirim spam ke banyak tautan, kamu akan dihukum.

Jika kamu membuat posting tamu unik yang memberikan nilai kepada pembaca di situs yang relevan dengan kamu, kamu akan baik-baik saja, dan jus tautan akan mengalir dengan baik ke situs kamu.

Dasar SEO Marketing

happy young girl laptop freelancer seo writing

Sekarang saatnya belajar bagaimana melakukan SEO marketing. Memahaminya adalah satu hal, tetapi SEO membutuhkan banyak tindakan dan waktu.

Ini bukan sesuatu yang dapat kamu ubah hari ini dan berharap untuk melihat hasilnya besok. SEO mengambil tindakan sehari-hari dengan tujuan kesuksesan jangka panjang.

Pembuatan Konten

kamu mungkin pernah mendengarnya sebelumnya: “Konten adalah raja.” Bill Gates membuat prediksi ini pada tahun 1996, dan itu sama benarnya dengan hari ini.

Mengapa?

Karena pengguna Google senang ketika mereka menemukan hasil yang memenuhi kebutuhan mereka dengan cara terbaik.

Saat kamu Google “mac dan keju buatan sendiri yang cepat dan mudah”, Google mengerahkan seluruh energinya untuk memberikan kepada kamu apa yang menurut Google sebagai resep terbaik untuk mac dan keju buatan sendiri (yang membutuhkan sedikit waktu dan menggunakan sedikit bahan) di seluruh web.

Itu tidak hanya mencari resep tercepat, hanya resep termudah, atau membuang banyak toko online untuk makan malam beku. Ini mencoba memberi kamu persis apa yang kamu minta. Google selalu berusaha memberikan pengalaman terbaik dengan mengarahkan kamu ke konten terbaik yang dapat ditemukannya.

Ini berarti pekerjaan nomor satu kamu untuk melakukannya dengan baik dengan SEO adalah menghasilkan konten yang hebat.

Itu menyebalkan, bukan? kamu masih harus melakukan banyak pekerjaan. SEO tidak berbeda dengan keterampilan lainnya: hasil yang bagus datang dari usaha yang besar. Sama seperti pemasaran terbaik di dunia yang tidak akan membantu kamu menjual produk yang buruk, SEO super canggih tidak akan berguna jika kamu tidak memiliki konten yang berkualitas.

Elemen Konten

Ada sejuta elemen yang digunakan untuk membuat konten berkualitas tinggi; berikut adalah beberapa dari saya yang paling penting:
Kualitas

Dulu, memposting konten dengan banyak kata kunci adalah stkamur. Jika kamu membuat konten berkualitas yang benar-benar memecahkan masalah seseorang, kamu adalah orang yang menonjol, dan itu membuatnya mudah untuk diurutkan.

Saat ini, konten jauh lebih baik, dan banyak bisnis online memiliki blog yang mereka gunakan untuk menambah nilai situs mereka dan peringkat lebih tinggi di Google.

Menghasilkan konten yang bagus tidak mudah, tetapi kabar baiknya adalah, kamu tidak selalu perlu membuat konten dari awal. kamu dapat mendukung apa yang telah dibuat orang lain, tetapi cukup tambahkan nilai lebih dan buat konten kamu lebih mendalam.

Intinya adalah bahwa konten kamu perlu memecahkan masalah atau memberikan solusi untuk apa pun yang membawa pembaca ke posting kamu. Jika tidak, mereka akan segera mengklik dari halaman kamu, memberi tahu Google bahwa konten kamu tidak menyelesaikan masalah siapa pun.

Intent

Google sangat menekankan pada intent atau maksud pencarian. Ia ingin memahami apa yang dicari pencari ketika mereka mengetik sesuatu ke dalam bilah pencarian.

  • Apakah mereka ingin tahu sesuatu?
  • Apakah mereka mencoba membeli sesuatu?
  • Apakah mereka window shopping?

Kebaruan

HubSpot menetapkan tolok ukur yang menunjukkan bahwa posting sering membantu dengan peringkat Google. Namun, memposting konten baru hanyalah salah satu cara untuk menkamukan kesegaran Google. Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan dengan konten yang telah kamu publikasikan untuk membuatnya lebih mutakhir.

Memeriksa dan memperbarui konten kamu untuk akurasi, memperbaiki tautan yang rusak, dan menyegarkan data lama dengan statistik baru yang lebih relevan adalah semua cara untuk menunjukkan kepada Google bahwa konten kamu masih layak mendapat tempat di halaman pertama.

Tips Membuat Konten Berkualitas

Berikut adalah tip terbaik saya untuk membuat konten terbaik yang disukai pembaca dan dihormati Google:

1. Pahami maksud pengguna

Kamu perlu tahu apa yang ingin dicapai pembaca saat mereka membuka halaman kamu.

2. Kembangkan avatar pelanggan

Kamu juga perlu tahu siapa pembaca kamu, apa yang mereka sukai, apa yang tidak mereka sukai, dan mengapa mereka ada di sana.

3. Pecah teks

Orang-orang memiliki rentang perhatian yang pendek, dan menulis dinding teks raksasa tidak berfungsi lagi; kamu perlu memecahnya dengan banyak header dan gambar.

4. Jadikan berkelanjutan

Tidak ada yang lebih buruk daripada membaca sepotong konten dan tidak mendapatkan semua yang kamu butuhkan untuk mencapai sesuatu.

Konten kamu harus menyeluruh, tetapi juga perlu menjawab pertanyaan, “Sekarang bagaimana?” Akankah pembaca memiliki semua yang mereka butuhkan ketika mereka menyelesaikan artikel kamu?

Riset Keyword dan Seleksi Kata Kunci

Kami baru saja menyentuh secara singkat penelitian kata kunci, yang h menentukan apa yang kamu sebut situs kamu atau bagaimana kamu menggambarkan merek kamu secara online.

Kata kunci bahkan menentukan bagaimana kamu membangun tautan, termasuk segala sesuatu mulai dari taktik yang kamu pilih hingga bagaimana kamu berencana untuk menerapkannya. Kesalahan umum lainnya yang dilakukan orang adalah mereka berhenti.

Mungkin mereka mendesain ulang situs web mereka atau membuat kampanye pemasaran baru. Mereka melakukannya selama satu atau dua minggu, memperbarui halaman mereka, dan kemudian berhenti. Mereka berpikir penelitian kata kunci adalah hal yang sudah selesai. Pada kenyataannya, justru sebaliknya. SEO terbaik terus-menerus melakukan penelitian kata kunci.

Penelitian kata kunci dilakukan karena beberapa alasan berbeda, tetapi dua alasan utama adalah untuk menentukan peringkat di Google dan membuat konten yang relevan. Kata kunci sering kali dapat membuka pintu inspirasi dengan memberi tahu kamu apa yang ingin diketahui orang berdasarkan apa yang mereka cari.

Elemen Pemilihan Kata Kunci

Ada lebih banyak pilihan kata kunci daripada melalui alat penelitian kata kunci kamu dan memilih setiap kata kunci dalam daftar. kamu perlu memahami maksud di balik kata kunci serta daya saingnya. Berikut adalah elemen terpenting di balik pemilihan kata kunci:

1. Memilih Kata Kunci yang Tepat

Katakanlah kamu menjual jasa konsultasi. Layanan kamu mungkin membebani pelanggan $10.000 selama setahun. Itu sedikit kurang dari seribu dolar sebulan, jadi itu tidak keluar dari pertanyaan tetapi masih cukup mahal.

Sekarang, jika kamu berada di peringkat #1 untuk “tips pertumbuhan bisnis gratis”, tebak audiens seperti apa yang akan kamu tarik?

kamu akan membawa orang-orang yang mencari barang gratis! Itu berarti mereka mungkin tidak akan menyerahkan kartu kredit mereka saat mereka membuka situs kamu. Satu kata kunci itu bisa mengirim ribuan orang ke situs kamu setiap bulannya. Namun, itu mungkin audiens yang salah, jadi tidak masuk akal untuk menentukan peringkatnya. kamu akan lebih baik memilih kata kunci yang berbeda meskipun itu berarti melepaskan 990 kunjungan sebulan.

Pikirkanlah: Jika hanya satu atau dua orang yang membaca orang yang bertobat itu, kamu sudah unggul. Ini bukan satu-satunya kesalahan umum yang saya lihat. Bahkan, yang berikutnya ini bahkan lebih umum.

2. Analisis Persaingan

Kamu telah memilih kata kunci yang tepat sejak awal. Ini relevan secara kontekstual dengan apa yang kamu lakukan, dan lebih selaras dengan apa yang kamu coba jual. Apa hal berikutnya yang kamu lakukan?

kamu membuka alat kata kunci seperti Ubersuggest untuk mendapatkan beberapa ide kata kunci terkait. Secara alami, kamu mulai tertarik pada pencarian dengan jumlah pencarian tertinggi, tetapi inilah hal yang kamu lewatkan: Kemampuan kamu untuk menentukan peringkat kata kunci seringkali lebih bergantung pada persaingan yang kamu hadapi.

Ketika kamu memasukkannya, kamu berkata, “Wow! Lihat, itu mendapat 35.000 pencarian sebulan; ini hebat!” Apa yang tidak kamu sadari adalah dibutuhkan ratusan dan ratusan backlink dan mungkin bertahun-tahun untuk memikirkan peringkat di halaman pertama sebagai situs baru.

Mengapa?

Persaingan sengit. Situs peringkat di halaman satu sekarang untuk kata kunci itu. Situs-situs ini telah ada cukup lama, mereka memiliki reputasi yang kuat, dan Google tahu bahwa mereka memberikan informasi yang berkualitas.

Begitulah cara mereka mendapatkan tempat. Kamu belum mendapatkan kepercayaan Google, dan akan membutuhkan banyak waktu bagi kamu untuk mengungguli pesaing.

Search Intent

Google memberi tahu kami berulang kali betapa pentingnya maksud pencarian.

Kebanyakan orang fokus pada kata kunci. Secara berlawanan, bukan itu yang ingin kamu lakukan. Alih-alih melihat apa yang diketik orang, kamu harus mencoba mengidentifikasi apa yang mereka cari.

Inilah yang dimaksud dengan “maksud pencarian”. Inilah perbedaan antara mendapatkan sedikit lalu lintas dan mendorong pendapatan nyata.

Mari kita mulai dengan skenario dasar untuk menyoroti perbedaannya. kamu memiliki situs pekerjaan yang menghasilkan uang dengan membuat perusahaan menjalankan daftar posting pekerjaan di situs kamu. Itu berarti kamu perlu mendapatkan peringkat halaman pekerjaan dengan baik sehingga orang-orang datang ke situs kamu alih-alih Memang atau di tempat lain.

Semakin banyak orang yang menemukan pekerjaan melalui kamu, semakin banyak kamu akan dibayar. Lihat apa yang terjadi dengan kata kunci seperti “pekerjaan teknik”.

Hasilnya ada di mana-mana! Beberapa merujuk pada insinyur mesin, sementara yang lain fokus pada perangkat lunak atau posisi entry-level. Maksud di balik setiap pencarian benar-benar berbeda, itulah yang perlu kamu tentukan. Apa sebenarnya yang dicari pengguna ini? Jenis pekerjaan teknik apa yang mereka minati?

Google membantu kami melakukan ini dengan mencocokkan maksud pencarian dengan frasa yang diketik pengguna ke dalam bilah pencarian. Dari sudut pkamung kamu, yang penting adalah kamu membuat konten dan memilih kata kunci yang sesuai dengan maksud pencarian pengguna.

Tips Memilih Kata Kunci Terbaik

Berikut adalah tips saya untuk melakukan penelitian dan pemilihan kata kunci terbaik:

1. Gunakan tool untuk membantu

kamu tidak dapat melakukan penelitian kata kunci terbaik tanpa alat untuk membantu kamu. Alat seperti Ubersuggest dan Ahrefs memberikan wawasan tentang pesaing kamu dan membuat hidup kamu lebih mudah.

2. Pahami semantik

Ini cara yang bagus untuk mempelajari masa depan penelitian kata kunci. Google tidak terlalu peduli jika kamu memasukkan kata kunci yang tepat sebanyak 15 kali; apa yang ingin dicocokkan adalah niatnya.

Jika kamu memasukkan satu kata kunci, kemungkinan Google akan menemukan 12 kata kunci lainnya yang terkait dengan kata kunci tersebut. kamu tidak perlu menyertakan joran bass, joran bass, joran untuk bass, dan setiap permutasi. Google mengambilnya untuk kamu jika konten kamu bagus.

3. Pelajari search intent

Kamu harus mengetahui maksud dari kata kunci tersebut. Pahami bahwa ada perbedaan besar antara apa yang akan diketik pembeli di Google dan apa yang akan dimasukkan peneliti ke Google.

Jika konten kamu menjawab pertanyaan, kamu tidak menginginkan pembeli. Jika konten kamu menjual sesuatu, kamu tidak menginginkan seorang peneliti.

4. Memata-matai kompetitor

Salah satu cara terbaik untuk melakukan riset kata kunci adalah dengan melihat apa yang dilakukan pesaing kamu dan mengikuti jejak mereka.

Jika seseorang memberi peringkat nomor satu untuk kata kunci yang kamu inginkan, masuk ke alat penelitian kata kunci kamu, masukkan URL mereka, dan lihat kata kunci apa yang mereka gunakan dengan celah kata kunci.

*

Referensi:

Tinggalkan komentar