Analisis Shio Jepang (Juunishi) Anggota Keluarga Sohma di Fruits Basket

Selain Tohru Honda sebagai protagonisnya, ada Keluarga Sohma yang menjadi fokus karakter dalam Fruits Basket.

Sekilas Fruits Basket tampak cuma serial Shoujo yang begitu-begitu saja; seorang gadis biasa, cantik, dan baik hati yang dikelilingi lelaki rupawan. Oke, memang ada begitunya, tapi ada sentuhan khusus ketika serial anime persahabatan ini berkembang dan bagaimana kita melihat setiap karakter tumbuh dan berinteraksi satu sama lain saat cerita berlangsung.

Keluarga Sohma dalam Fruits Basket diceritakan terkena kutukan aneh yang menyebabkan anggota keluarga tertentu dirasuki roh yang berasal dari juunishi. Ini semacam zodiak Jepang, yang akarnya dari shio Tiongkok.

Kutukan zodiak ini menyebabkan anggota keluarga Sohma yang dirasuki bisa berubah menjadi bentuk hewan dalam kondisi tertentu. Anggota keluarga Sohma yang dirasuki juga bertindak dan berbagi ciri kepribadian dengan seperti roh hewannya.

Juunishi atau zodiak Jepang ini dibagi menjadi 12 blok dengan setiap blok berisi kelompok tahun. Tahun-tahun di setiap blok berjarak 12 tahun dari tahun sebelumnya atau tahun berikutnya.

Setiap blok diberi nama hewan berdasarkan konsep Tiongkok kuno. Di Jepang, adopsi siklus dua belas tahun ini cukup lumrah, dengan beberapa perbedaan hewan.

Orang-orang yang lahir selama tahun tertentu dikatakan mewarisi beberapa kepribadian hewan pada tahun itu.

Tikus (Nezumi) – Yuki Sohma

Lahir 2020, 2008, 1996, 1984, 1972, 1960, 1948. Orang yang lahir di tahun Tikus adalah orang yang menawan, jujur, ambisius, dan memiliki kapasitas yang luar biasa untuk mengejar suatu tujuan sampai akhir. Mereka akan bekerja keras untuk mencapai target mereka. Mereka mudah marah tetapi tetap menunjukkan kendali dari luar.

Fruits basket Yuki keluarga sohma

Yuki memiliki rambut berwarna abu-abu karena berbagi sifat yang mirip dengan hewannya, Tikus. Dalam budaya Tiongkok, Tikus pintar, pemikir cepat; sukses, tetapi puas dengan menjalani kehidupan yang tenang dan damai, yang berlaku untuk Yuki.

Tikus dianggap paling dekat dengan Dewa, dan karena itu dipandang sebagai tanda kekayaan dan surplus. Menurut cerita rakyat, Tikus menipu Kerbau untuk memberinya tumpangan. Kemudian, saat mereka tiba di garis finis, Tikus melompat turun dan mendarat di depan Kerbau, sehingga jadi yang pertama.

Kemudian terungkap dalam Legenda Zodiak Cina yang sebenarnya bahwa Tikus meminum air yang ditawarkan Dewa dengan sukarela dan menjadi yang pertama. Air itu adalah mantra yang akan membuat semua Zodiak saling terhubung dengan Dewa dan ini akan bertahan selamanya, bahwa mereka akan dilahirkan kembali lagi dan lagi. Tak peduli berapa kali mereka dilahirkan kembali, ikatan itu akan tetap ada.

Karena terlahir sebagai Tikus, otomatis Yuki menjadi salah satu anggota Zodiak tertinggi. Namun, orang tuanya memanfaatkan posisi Yuki dengan menggadaikan Yuki untuk pergi ke Akito. Akibatnya, Yuki dianiaya oleh Akito selama sebagian besar masa kecilnya, sebab harus terikat dengan Akito setiap saat. Saat dewasa, Yuki harus bergulat dengan trauma masa lalunya ini.

Sapi (Ushi) – Hatsuharu Sohma

Lahir 2021, 2009, 1997, 1985, 1973, 1961, 1949. Dalam shio hewannya Kerbau, sedangkan pada juunishi adalah Sapi. Orang yang lahir di tahun Kerbau itu sabar, waspada secara mental dan ketika diminta untuk berbicara adalah orang yang terampil. Mereka memiliki kemampuan untuk menginspirasi kepercayaan diri pada orang lain. Ini memungkinkan mereka mencapai banyak kesuksesan.

Hatsuharu fruits basket anggota keluarga sohma

Hatsuharu memiliki rambut berwarna hitam dan putih karena berbagi sifat yang mirip dengan hewannya, sapi. Kepribadian Hatsuharu seperti Yin dan Yang, ada Hitam dan Putih, yang mencerminkan karakteristik yang bertolak belakang.

Dalam budaya Tiongkok, Kerbau adalah pekerja keras di latar belakang, cerdas dan dapat diandalkan, tetapi tidak pernah menuntut pujian, yang juga berlaku untuk Hatsuharu.

Hatsuharu kesulitan membaca arah akibat kutukan roh Kerbau, misalnya pernah tersesat saat mencari rumah tinggal Yuki dengan Shigure, yang sebenarnya dekat dan mudah ditemukan.

Harimau (Tora) – Kisa Sohma

Lahir 2010, 1998, 1986, 1974, 1962, 1950. Orang yang lahir di tahun Macan adalah orang yang sensitif, keras kepala, pemarah, pemberani, egois dan sedikit kejam, tapi mereka adalah pemikir yang dalam dan mampu memberikan simpati yang besar bagi orang-orang yang dekat dan mereka cintai.

kisa sohma

Dalam budaya Tiongkok, Macan adalah orang yang pemberani dan aktif yang menyukai tantangan dan petualangan dalam hidup, yang berlaku untuk Kisa meski di kemudian hari dalam seri saat ia tumbuh melewati rintangan yang dihadapinya.

Karena dia masih remaja, ketika Kisa berubah, dia ditampilkan sebagai anak harimau. Dia memiliki mata dan rambut keemasan alami karena berbagi sifat yang sama dengan hewannya. Karena warna rambut dan mata ini tidak dianggap normal untuk dimiliki gadis Jepang, hal ini menyebabkan teman sekelasnya di sekolah merundunginya.

Kisa begitu terpukul karenanya dan bahkan tak bisa bicara untuk beberapa saat. Meski akhirnya, dia bisa mengatasinya, merangkul fakta bahwa dia memang berbeda dari gadis lain, dan belajar untuk mencintai dirinya sendiri.

Kelinci (Usagi) – Momiji Sohma

Lahir 2011, 1999, 1987, 1975, 1963, 1951. Orang yang lahir di tahun Kelinci adalah yang paling beruntung. Mereka adalah pembicara yang halus, berbakat, ambisius, bajik dan pendiam. Mereka memiliki selera yang sangat bagus dan dihargai dengan kekaguman dan kepercayaan.

Fruits Basket S2 Ep. 16: Desiring what you can't have | Moe Sucks

Momiji adalah remaja lelaki yang sangat ceria dan suka bersenang-senang, yang selalu terlihat dengan senyuman. Dia terkadang bertingkah seperti bocah liar karena dia tidak memiliki pengawasan orang dewasa selain dari Hatori.

Namun Momiji juga terbukti sebagai orang yang baik, perhatian, dan suka menolong yang mudah bergaul dengan orang lain. Dia sangat penyayang, suka memeluk orang, dan tak gengsian, terutama terhadap Tohru.

Pada saat yang sama, Momiji memiliki empati dan intuisi yang tinggi tentang orang lain. Dia kuat secara emosional dan bijaksana melampaui usianya. Dia kadang-kadang menunjukkan keseriusan, meski biasanya bakal langsung berubah kekanak-kanakan lagi.

Ketika Momiji memasuki percepatan masa pertumbuhannya, dia mengakui bahwa dia senang telah tumbuh, meski dia menikmati beberapa hal yang hanya bisa dia lakukan ketika dia bocah. Momiji juga menjadi lebih percaya diri dan bahkan mungkin sedikit oportunis, seperti memberi tahu Kyo bahwa jika dia tak segera mengaku kepada Tohru, Momiji yang akan merebut Tohru.

Naga (Tatsu) – Hatori Sohma

Lahir tahun 2012, 2000, 1988, 1976, 1964, 1952, 1940. Orang yang lahir di tahun Naga adalah orang yang sehat, energik, bersemangat, pemarah, dan keras kepala. Namun, mereka jujur, sensitif, berani dan dapat menginspirasi kepercayaan pada kebanyakan orang. Mereka adalah yang paling aneh dari 12 tanda siklus Zodiak.

hatori sohma fruits basket

Meskipun Hatori berzodiak naga, ia berubah menjadi kuda laut delapan sentimeter ketimbang naga yang sebenarnya. Dijelaskan bahwa dalam mitologi, semua naga bermula sebagai kuda laut, dan hanya beberapa yang mendapatkan kesempatan untuk bertransformasi jadi naga sungguhan. Shigure berspekulasi kalau itu menjadi tanda bahwa kutukan telah melemah.

Dalam budaya Tiongkok, Naga adalah sosok yang kuat dan mandiri, tetapi mereka merindukan dukungan dan cinta, yang sangat cocok untuk Hatori.

Hatori tampil sebagai seorang pria pendiam, serius, dan berkepala dingin yang kalem setiap saat. Pada pandangan pertama, dia memang tampak dingin dan mengintimidasi, itulah sebabnya orang-orang bisa salah paham tentang dia.

Hatori memiliki opini yang sangat rendah tentang dirinya sendiri karena orang-orang yang dia sakiti saat melakukan tugasnya untuk menghapus ingatan. Tragedi pribadinya dengan mantan tunangannya Kana membuat Hatori berpikir bahwa semua rasa sakit yang dia timbulkan pada orang lain adalah alasan mengapa dia tidak pantas untuk bahagia.

Namun, setelah bertemu Mayu lagi, tampaknya Hatori siap sekali lagi membiarkan kebahagiaan masuk ke dalam hidupnya.

Ular (Hebi) – Ayame Sohma

Lahir 2013, 2001, 1989, 1977, 1965, 1953, 1941. Orang yang lahir di tahun Ular adalah pemikir yang dalam dan memiliki kebijaksanaan yang luar biasa. Mereka beruntung dalam urusan uang dan akan selalu bisa mendapatkannya. Mereka bertekad dalam apa yang mereka lakukan dan benci gagal.

Ayame sohma fruits basket

Ayame dikutuk oleh roh Ular. Karenanya, dia sensitif terhadap suhu, baik panas dan dingin, seperti ular berdarah dingin. Setiap kali kondisi lingkungan menjadi terlalu hangat atau dingin untuknya, Ayame akan berubah. Itulah sebabnya, ketika dia melangkah keluar, dia selalu membawa payung untuk melindungi dirinya dari matahari. Ayame juga mudah masuk angin dan flu karena ini.

Dalam budaya Tiongkok, Ular memiliki pikiran yang dalam dan kompleks, tetapi jika mereka sudah mencintai, mereka akan mencintai dengan sepenuh hati, yang berlaku untuk Ayame.

Ayame sangat flamboyan dan terlalu percaya diri, sering berbicara tentang dirinya sendiri, meski sebenarnya dia hanya berharap agar bisa lebih dekat dengan adiknya Yuki.

Ayame terus berusaha untuk lebih dekat dengan Yuki akibat perpisahan mereka saat masih anak-anak. Ayame menyesal karena tak bisa menjadi kakak yang melindungi adiknya di saat yang dibutuhkan.

Kuda (Uma) – Isuzu Sohma

Lahir 2014, 2002, 1990, 1978, 1966, 1954, 1942. Orang yang lahir di tahun Kuda pandai memberi pujian dan terlalu banyak bicara. Mereka terampil dengan uang dan menangani keuangan dengan baik. Mereka adalah pemikir yang cepat, bijaksana dan berbakat. Kuda orang mudah marah dan sangat tidak sabar.

isuzu rin sohma fruits basket

Isuzu, atau lebih dikenal dengan nama panggilannya Rin, adalah seorang perempuan yang dingin, keras kepala, dan sangat mandiri yang membenci cara anggota klan lainnya tunduk pada Akito. Rin sangat tertutup sebagai akibat dari masa lalunya yang kejam dan traumatis..

Rin memiliki hubungan romantis dengan Hatsuharu Sohma sebelum awal seri, tapi dia kemudian putus dengannya untuk melindunginya sampai dia bisa menemukan cara untuk mematahkan kutukan.

Rin memiliki rambut hitam dan mata coklat karena berbagi sifat yang mirip dengan hewannya, Kuda. Ciri lain yang didapatnya dari semangat adalah dia bisa berlari dengan sangat cepat. Menurut Haru, tidak mungkin bisa menyusulnya saat dia bertekad.

Rin juga digambarkan keras kepala dan mandiri, sampai-sampai dia tidak tahan bergantung pada orang lain, yang merupakan sifat yang terkait dengan mereka yang lahir di tahun Zodiaknya. Dalam budaya Tiongkok, Kuda adalah roh bebas yang membutuhkan ruang untuk menjadi diri mereka sendiri, yang berlaku untuk Rin.

Domba (Hitsuji) – Hiro Sohma

Lahir tahun 2015, 2003, 1991, 1979, 1967, 1955, 1943. Orang yang lahir di tahun Domba adalah orang yang anggun, berprestasi di bidang seni, bersemangat tentang alam. Mereka sangat religius dan bersemangat dalam apa pun yang mereka lakukan dan yakini.

Hiro Sohma - Fruits Basket

Karena Hiro masih remaja, ketika dia berubah, dia ditampilkan sebagai anak domba. Warna rambut dan matanya yang coklat berasal dari kutukan oleh roh Domba.

Dalam budaya Tiongkok, Domba penyayang dan tidak mementingkan diri sendiri, selalu memikirkan orang lain, bahkan jika itu bertentangan dengan kepentingan mereka sendiri, yang berlaku untuk Hiro dengan cukup baik, meski ini hanya berlaku bagi orang-orang dekat yang disayangi Hiro; seperti Kisa, Rin, orang tuanya, dan adik perempuannya.

Monyet (Saru) – Ritsu Sohma

Lahir 2016, 2004, 1992, 1980, 1968, 1956, 1944. Orang yang lahir di tahun Monyet adalah siklus Zodiak yang tidak menentu. Mereka pintar dan terampil dalam operasi skala besar dan pintar saat membuat kesepakatan finansial. Mereka inventif, orisinal, dan mampu memecahkan masalah yang paling sulit dengan mudah.

Ritsu Sohma | Anime wallpaper, Anime, Fruit basket

Ritsu memiliki rambut berwarna coklat muda karena berbagi sifat yang mirip dengan hewannya, Monyet. Dalam budaya Tiongkok, Monyet adalah orang iseng yang periang yang memiliki kemampuan untuk mencapai semua impian mereka, yang tak berlaku untuk Ritsu.

Ritsu diberkati dengan tubuh yang sangat gesit, mampu memanjat ke dataran tinggi dengan mudah. Dia juga diberkati dengan refleks yang cepat, dan mampu bereaksi cukup cepat untuk menahan dirinya agar tidak jatuh dari atap rumah Shigure.

Ayam (Tori) – Kureno Sohma

Lahir 2017, 2005, 1981, 1969, 1957, 1945. Orang yang lahir di tahun Rooster adalah pemikir yang mendalam dan selalu sibuk serta mengabdikan diri pada pekerjaannya. Mereka selalu ingin melakukan lebih dari yang mereka mampu, dan jika mereka melakukan tugas di luar kemampuan mereka, mereka kecewa. Ayam jago memiliki kebiasaan untuk berbicara langsung setiap kali mereka memiliki sesuatu di pikiran mereka.

kureno sohma fruits basket

Kureno memiliki rambut coklat kemerahan karena berbagi sifat yang mirip dengan hewannya. Dalam budaya Tiongkok, Ayam Jantan adalah orang yang kompleks yang tampak kuat tetapi, jauh di lubuk hatinya, membutuhkan validasi dari orang yang dicintai, yang berlaku untuk Kureno dengan cukup baik.

Meski bezodiak ayam jantan, Kureno berubah menjadi burung pipit sebagai gantinya. Mampu berubah menjadi burung memungkinkannya untuk terbang, ini menjadikannya satu-satunya anggota Sohma yang dapat terbang. Namun, karena kutukannya telah patah sebelum cerita Fruits Basket dimulai, transformasi dan terbangnya tidak pernah diperlihatkan.

Kureno seusia dengan Tohru ketika kutukannya putus, dan merupakan orang pertama dalam sejarah yang mematahkannya. Dia sangat menyadarinya, dan menggambarkannya sebagai perasaan “bebas, tidak lagi di dalam sangkar burung, tanpa kehadiran roh”. Meski kutukannya menghilang, dia tidak bisa meninggalkan Akito karena dia melihat dan mengasihani kesepiannya.

Disebutkan juga bahwa anggota Sohma lainnya tidak mempercayai Kureno; mungkin karena Akito memilihnya untuk perlakuan khusus, atau karena roh di dalam mereka membisikkan bahwa Kureno bukan lagi salah satu dari mereka.

Anjing (Inu) – Shigure Sohma

Lahir 2018, 2006, 1982, 1970, 1958, 1946. Orang yang lahir di tahun Anjing memiliki semua sifat baik dari kodrat manusia. Mereka memiliki rasa tanggung jawab dan kesetiaan, mereka sangat jujur ​​dan selalu melakukan yang terbaik dalam hubungan mereka dengan orang lain. Orang anjing menginspirasi kepercayaan pada orang lain dan tahu cara menyimpan rahasia.

Shigure Souma Fruits Basket (2019)

Shigure memiliki rambut berwarna hitam karena berbagi sifat yang mirip dengan hewannya, Anjing. Dalam budaya Tiongkok, Anjing itu jujur dan setia, dan merupakan teman sejati dan mitra paling andal, yang berlaku untuk Shigure dalam beberapa aspek.

Shigure merupakan salah satu anggota tertua dari Keluarga Soma. Dia berteman baik dengan Ayame dan Hatori, dan ketiganya membentuk “Mabudachi Trio”. Dia juga pemilik rumah tempat tinggalnya Tohru, Yuki, dan Kyo.

Baca juga: Berkeliling Rumah Shigure Sohma di Fruits Basket

Shigure adalah seorang penulis yang menerbitkan novel sastra atas namanya sendiri dan beragam roman sampah dengan nama pena alias. Meski Shigure digambarkan sebagai pemalas dan berpikiran mesum, dia bisa menjadi sangat licik dan manipulatif.

Shigure terbuka tentang bagaimana dia memandang dirinya sendiri dan kutukan; dia telah menyatakan bahwa dia adalah yang paling dikutuk karena benar-benar mencintai Akito sebagai seorang perempuan, bukannya sebagai dewa.

Telah jatuh cinta dengan Akito sejak masih dalam kandungan, Shigure telah menyatakan bahwa dia bersedia mengorbankan apapun atau mengotori tangannya untuk mendapatkan apa yang dia inginkan. Motivasi utamanya adalah untuk mematahkan Kutukan Sohma sehingga dia bisa membebaskan Akito.

Babi (Inoshishi) – Kagura Sohma

Lahir 2019, 2007, 1983, 1971, 1959, 1947. Orang yang lahir di tahun Babi itu pemberani. Mereka memiliki kekuatan batin yang luar biasa yang tidak dapat diatasi oleh siapa pun. Mereka menunjukkan kejujuran yang luar biasa. Mereka pemarah, namun tidak suka bertengkar atau berdebat. Mereka penuh kasih sayang dan baik kepada orang yang mereka cintai.

Thread by @septeneun, ㅡ kpop idols as fruits basket characters chuu (loona)  as tohru honda [...]

Kagura memiliki rambut berwarna coklat karena berbagi sifat yang mirip dengan hewannya, Babi Hutan. Dalam budaya Tiongkok, Babi memiliki kepribadian yang indah dan diberkati dengan keberuntungan dalam hidup, yang berlaku untuk Kagura dalam beberapa aspek.

Karena dirasuki oleh babi yang mudah mengamuk, Kagura dengan mudah melakukan kekerasan dan sering tak menyadari betapa parahnya dia memperlakukan Kyo. Kagura tampak sebagai seorang gadis imut, perempuan yang manis, yang bertolak belakang dengan daya opresifnya dan cinta yang hampir obsesif terhadap Kyo.

Kagura yakin dia akan menikah dengan Kyo, terutama karena dia mengancamnya untuk melamarnya saat masih kecil, dan karena Kagura berpikir bahwa mereka saling memiliki karena dapat berpelukan tanpa berubah menjadi bentuk zodiak mereka. Kagura telah mencintai Kyo sejak kecil, tetapi perasaannya yang sebenarnya berakar pada kesedihan tersembunyi.

Kagura tinggal bersama kedua orang tuanya, yang sangat menyayanginya dan baik-baik saja dengan kepribadiannya yang bermata dua tadi. Kagura juga dekat dengan Rin karena tinggal serumah, juga berteman baik dengan Ritsu.

Kucing (Neko) – Kyo Sohma

Kyo Sohma

Kucing bukanlah hewan yang termasuk dalam Zodiak Cina, tetapi legenda mengatakan bahwa Kucing bisa saja masuk kalau saja Tikus tidak menipunya. Akibatnya, ia dan Yuki tak rukun.

Karena Kyo menyalahkan Yuki atas semua kemalangan dan penganiayaannya, mendorong Kyo untuk membuat kesepakatan dengan Akito: bahwa jika ia mengalahkan Yuki dalam pertarungan sebelum lulus SMA, dia secara resmi akan diterima sebagai bagian dari Zodiac; Namun, jika tidak, Kyo akan dikurung di dalam Kamar Kucing selama sisa hidupnya.

Kyo memiliki beberapa ciri yang mencerminkan karakteristik kepribadian tradisional Kucing dalam Legenda Zodiak. Ia sering terlihat duduk di atap karena seperti kucing, ia tertarik ke tempat-tempat tinggi. Sehubungan dengan hal ini, dia bisa dengan lancar mendarat di atas kakinya, bahkan dari tempat yang tinggi.

Seperti yang dikatakan Kazuma, Kyo suka bersembunyi di balik tembok ketika dia ingin berbicara dengan seseorang dengan segera, dan dia tampaknya juga ketakutan dengan suara keras, gampang terkejut seperti kucing.

Kyo tidak menyukai air, karena itu dia tidak suka berenang atau pergi ke pantai. Karena ini, suasana hatinya berubah drastis saat hujan, menjadi gelisah, lelah, murung. Dia lebih suka memakai kaos atau jaket yang longgar karena dia tidak suka pakaian yang ketat, terutama di sekitar leher, karena kucing membenci kerah. Kyo juga terlihat sering minum susu.

Dikutuk oleh roh kucing, Kyo memiliki rambut dan mata oranye. Sifat ini bersifat genetik, dan dapat diturunkan kepada anak-anaknya. Matanya menjadi seperti lumpur ketika roh kucingnya bergerak dalam dirinya, misalnya ketika dia marah pada Yuki, sang Tikus yang merupakan musuh alaminya.

Meski anggota keluarga Sohma menganggap bentuk lain Kyo mewakili kemarahan Kucing, sebenarnya Kucing itu tidak pernah marah.

Dulu ketika Dewa melontarkan kutukan untuk bereinkarnasi kepada 13 anggota Zodiak, Kucing tidak ingin dilahirkan kembali, karena ia memiliki kehidupan yang baik. Jadi yang lainnya menghindarinya, cemoohan mereka itulah yang menciptakan sisi jelek si Kucing.

Inilah sebabnya mengapa Kyo adalah satu-satunya anggota keluarga Sohma Terkutuk yang memiliki “bentuk asli”, dan harus memakai gelang manik Juzu setiap saat, yang terbuat dari darah dan tulang manusia, agar tidak berubah.

Karena menjadi yang paling dikutuk, disebutkan bahwa Kucing adalah kambing hitam dan satu-satunya tujuannya adalah untuk membuat anggota Zodiak lainnya merasa lebih baik, karena tidak ada zodiak terkutuk yang harus semenderita Kucing.

Dewa (Kami) – Akito Sohma

Fruits Basket 2019 Akito Sohma

Akito memiliki Roh Dewa, yang merupakan penguasa jiwa Zodiak dan mengendalikannya. Karena itu, para anggota Zodiak dan Kucing tidak mampu mengkhianati atau menentangnya, tidak peduli seberapa buruk dia memperlakukan mereka.

Di hadapannya, emosi mereka memudar dan tubuh mereka ngeri karena menyerah; mereka tidak memiliki harapan untuk melarikan diri, karena hati mereka pada akhirnya merindukannya.

Hubungan emosional yang intens yang dimiliki Akito dengan anggota Zodiak, yang dapat melampaui kata-kata yang diucapkan, atau interaksi langsung, di antara mereka, adalah alasan ikatan itu ada, dan mengapa itu juga merupakan kutukan.

Ketika kutukan mulai pecah, Akito ketakutan dan mati-matian mencoba untuk berpegang teguh pada ikatan tersebut. Meski begitu, dia mampu melanjutkan hidup dengan bantuan Tohru, dan memutuskan untuk melepaskan ikatan tadi dan hidup sebagai dirinya sendiri, bukan Dewa. Ketika kutukan putus untuk semua Zodiak, Akito kehilangan kendali atas mereka, dan dia memutuskan untuk memberi mereka kebebasan.

Satu pemikiran pada “Analisis Shio Jepang (Juunishi) Anggota Keluarga Sohma di Fruits Basket”

Tinggalkan komentar