5 Situs Download Game Jadul PC dari Zaman DOS, Gratis dan Legal!

Gamer modern memiliki pilihan game gratis yang tak tertandingi. Banyak game online paling populer menggunakan model free-to-play untuk memikat pengguna. Ada beragam game gratis di Steam, di browser kamu, dan di ponsel cerdas kamu, dari game jadul PC sampai yang terbaru.

Namun, kamu tidak selalu menginginkan judul game AAA terbaru atau battle royale gratis. Kamu mungkin ingin terjebak dalam nostalgia. Untungnya, ada sejumlah situs web yang didedikasikan untuk hal ini: cinta dan pelestarian game lama.

Nah, berikut adalah situs terbaik tempat kamu dapat mengunduh game jadul PC lama secara gratis.

1. Abandonia

abandonia situs download game pc jadul

Abandonia adalah indeks dari abandonware “didedikasikan untuk game DOS klasik.”

Game abandonware adalah judul atau software dengan hak cipta yang kedaluwarsa atau game lama yang tidak lagi didukung oleh penerbitnya.

Abandonia didirikan pada tahun 1999 ketika konsep abandonware pada saat itu hanya berusia dua tahun. Setelah beberapa tahun tidak aktif, Abandonia berkembang menjadi salah satu situs terkemuka tempat kamu dapat mengunduh game PC jadul favorit kamu.

Hingga saat ini, Abandonia memiliki hampir 1.400 game yang dapat diunduh dengan lebih dari 800.000 anggota.

Abandonia memberikan ulasan menyeluruh, tangkapan layar, dan editor serta peringkat pengguna untuk setiap game yang ditinggalkan. Kamu dapat menelusuri dan mengunduh game jadul PC berdasarkan nama, tahun, peringkat, dan kategori.

Karena situs ini berfokus pada game DOS, kamu tidak akan menemukan game “yang lebih baru” di sini, tetapi arsip DOS yang luas akan memenuhi sebagian besar kebutuhan game lama kamu.

2. Abandonware Dos

Abandonware Dos situs download game pc jadul

Abandonware Dos adalah situs abandonware lain yang berfokus pada game PC jadul era DOS.

Ini juga menampilkan judul-judul yang muncul di era Windows, meskipun tidak ada yang terlalu baru. Mengerucut dari sekitar tahun 2002, yang berarti kamu dapat mengambil SimGolf dan Star Wars: Galactic Battlegrounds yang hebat sepanjang masa, tetapi ada beberapa judul yang lebih baru mulai muncul.

Abandonware Dos juga merupakan situs yang sangat aktif. Setiap judul dilengkapi dengan peringkat situs, spesifikasi judul (misalnya, abandonware, protected, freeware), tanggal rilis, screenshot, serta pemutaran video terbaru dan cuplikan fakta terkait game.

Kamu juga akan menemukan artikel dan daftar yang berguna untuk membantu kamu mencari game jadul PC terbaik untuk diunduh.

Apa yang menarik dari Abandonware Dos adalah pendekatannya yang terbuka terhadap status situs abandonware. Pemilik situs dengan jelas menyatakan kepatuhan mereka terhadap pemberitahuan penghapusan.

Selain itu, situs ini memiliki tautan langsung ke GOG.com. Ini dapat ditemukan di halaman game langsung, serta judul unggulan di beranda situs.

3. RGB Classic Games

RGB Classic Games

RGB Classic Games menampilkan berbagai macam game DOS klasik, judul yang belum pernah dirilis sebelumnya, dan bahkan beberapa judul DOS “modern”.

Seluruh situs “didedikasikan untuk melestarikan game klasik untuk sistem operasi PC yang tidak berfungsi” seperti DOS, CP/M-86, OS/2, Win16, dan Win9x, serta membuatnya lebih mudah dimainkan di sistem modern. Memang, jika kamu ingin mengunduh game DOS lama, RGB Classic Games adalah pilihan yang bagus.

Kamu dapat mencari game menggunakan genre dan sistem operasi, serta nama perusahaan, status hukum, tahun rilis, dan yang menarik, mode video.

Selanjutnya, bukti misi RGB Classic Games, kamu dapat memainkan sejumlah besar judul di emulator yang dihosting situs, termasuk Keen Dreams, Hexen, dan salah satu favorit sepanjang masa, Transport Tycoon.

Tentu saja, beberapa game jadul PC terbaik bukan merupakan perangkat yang ditinggalkan. Lihat game-game lama terbaik yang masih layak dimainkan untuk perjalanan nostalgia lainnya.

4. My Abandonware

My Abandonware situs download game jadul pc

My Abandonware adalah tempat yang bagus untuk mengunduh game jadul PC, ditambah beberapa tambahan yang lebih baru ke daftar abandonware juga.

Kamu akan menemukan daftar untuk lebih dari 15.000 judul, termasuk “beberapa judul yang sangat langka ditemukan di web dalam”, serta “beberapa dikirim oleh pengunjung kami yang luar biasa”.

Tim kecil yang menjalankan My Abandonware secara aktif memelihara situs, membuat pembaruan dan peningkatan, ditambah menambahkan judul baru, game jadul PC yang ditinggalkan, game DOS lama, dan banyak lagi.

Salah satu fitur My Abandonware terbaik adalah berbagai opsi pencarian. kamu dapat mengerjakan katalog game yang sangat besar menggunakan nama, tahun penerbitan, platform game, genre, tema game, penerbit, dan bahkan pengembang tertentu.

Opsi pengembang sangat bagus karena jika kamu menemukan game yang kamu sukai, kamu juga dapat menjelajahi judul lain dari tim pengembangan yang sama. kamu juga akan menemukan beberapa game DOS lama untuk diunduh.

5. Game Nostalgia

games nostalgia situs download game jadul pc

Perjalanan melalui masa kecil kamu berakhir dengan Game Nostalgia.

Games Nostalgia menampilkan ratusan game luar biasa yang beredar di pasaran antara tahun 1985 dan 1995.

Situs Games Nostalgia itu mudah untuk digunakan, memungkinkan kamu membaca game berdasarkan genre, tag, pendatang baru, popularitas, dan banyak lagi.

Game Nostalgia juga bekerja lebih keras dengan mengemas setiap game dalam emulatornya sendiri, tersedia untuk Windows, juga macOS.

Cukup unduh, buka zip, dan mulai mainkan! Memiliki setiap game yang ditinggalkan yang dibungkus dalam wadah yang rapi membuatnya lebih mudah untuk memainkan game-game lama dan retro ini, sesuatu yang bisa menjadi masalah pada mesin modern.

Bonus: The Internet Archive

Internet Archive adalah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk melestarikan salah satu prinsip inti internet: akses universal ke semua pengetahuan. Video game lama tentu membutuhkan perlindungan, dan The Internet Archive setuju.

Pada tahun 2014, The Internet Archive menghadirkan 900 game arcade klasik ke browser kami, melestarikan dan mempromosikan beberapa yang terbaik. Setahun kemudian pada tahun 2015, The Internet Archive mengumumkan akan mempertahankan lebih dari 2.300 game DOS klasik.

Sayangnya, kamu tidak dapat mengunduh judul klasik. Namun, The Internet Archive memiliki versi DOSBox yang terintegrasi, artinya kamu dapat memainkan setiap game dalam browser kamu. Menemukan judul yang kamu sukai? Tkamui itu! Atau, tambahkan halaman ke desktop kamu di mana itu akan tersedia dengan satu klik.


Ada banyak game jadul PC yang fantastis. Masalahnya adalah menemukan waktu untuk memainkan semuanya.

Game retro dan game abandonware menjaga permata lama tetap hidup. Bagian dari kebangkitan adalah kemudahan yang kamu dapat mainkan dan unduh game PC lama.

Dengan situs-situs seperti Games Nostalgia mengemas unduhan dengan emulator, memainkan game lama favorit kamu menjadi lebih mudah dari sebelumnya.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1772

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *