10 Follower Terbaik di The Elder Scroll V: Skyrim

Ada sejumlah NPC yang dapat mengikuti petualangan kita melintasi Tamriel, jadi memilih rekan terbaik di The Elder Scroll V: Skyrim bisa menjadi pilihan yang rumit.

Mereka semua memiliki kepribadian dan keterampilan tempur tersendiri, dan meskipun berakhir ke preferensi pribadi, pasti ada beberapa teman jalan yang lebih berguna ketimbang yang lain.

lydia skyrim

Sebagian besar pemain akan tahu siapa Lydia di Skyrim, tetapi ada pengikut lain yang kurang terkenal, itulah sebabnya saya menyusun panduan ini untuk menyoroti opsi yang tersedia.

Beberapa dari pengikut ini bahkan bisa kita nikahi, dan membuat pilihan yang sangat baik untuk suami atau istri. Inilah rekan jalan Skyrim terbaik yang dapat kita rekrut untuk menemani kita selama permainan.

1. Brelyna Maron

Brelyna Maron skyrim

Penyihir ini dapat ditemukan di College of Winterhold dan pemain akan mendapatkan potensi untuk merekrutnya setelah membantunya dengan eksperimen sihir.

Brelyna bisa melakukan lebih dari sekedar menembakkan mantra Destruction. Dia akan sering memulai pertempuran dengan menggunakan mantra Oakflesh untuk memperkuat pertahanannya sebelum menyerang.

Dia juga bisa memanggil atronach, yang bisa sangat bagus untuk melawan banyak musuh serta meningkatkan damage yang diarahkan pada musuh.

2. Mjoll the Lioness

mjoll the lioness skyrim

Mjoll the Lioness dapat ditemukan di Riften bersama Aerin, pengawalnya. Seperti Vilkas dan Farkas, dia adalah petarung tanker, tetapi dia memiliki kepribadian yang jauh lebih berkembang dan merupakan karakter yang benar-benar menarik.

Kita bisa meminta Mjoll untuk menemani begitu kita menemukan pedangnya, Grimsever. Kita dapat dengan mudah menjalani seluruh game dengan dia di sisi kita.

Satu-satunya hal yang perlu diingat adalah dia tidak menyetujui aktivitas ilegal dan membenci Guild Thieves, jadi jika kita berencana melakukan pencurian atau membobol rumah orang, sebaiknya suruh Mjoll diam di luar.

3. Vilkas/Varkas

vilkas skyrim

Vilkas dan Farkas merupakan penghuni Jorrvaskr, markas Companion di Whiterun. Mereka berdua sebenarnya memiliki gaya bertarung yang sangat mirip, tapi saya lebih suka pengisi suara Vilkas, jadi dialah yang biasanya saya ajak.

Prajurit Nord ini adalah tanker jagoan, berdiri tepat di depan musuh dan menyerap banyak kerusakan. Kita akan bersinergi dengan baik dengan mereka jika kita seorang pemanah atau penyihir, tetapi jika kita sendiri tipe melee, kita dapat dengan cepat melumpuhkan gerombolan terbesar sekalipun.

Meski mereka tak berkembang banyak di luar garis misi Companion, tetapi mereka masih layak untuk dipertahankan, terutama di awal permainan.

4. J’Zargo

jzargo skyrim

J’Zargo adalah penyihir Khajiit di College of Winterhold. Dia adalah siswa arcane art. Punya beberapa keterampilan sihir tertinggi dalam game, bahkan memiliki statistik Destruction yang maksimal.

J’Zargo cukup mudah didapatkan sebagai pendamping. Seperti kebanyakan NPC yang menawarkan misi, dia ingin kita melakukan beberapa hal, tetapi misinya cepat dan mudah. Begitu dia menganggap kita sebagai teman, kita bisa memintanya untuk mengikuti kita.

Anehnya, J’Zargo memiliki status HP tertinggi dari semua rekan, yang agak aneh jika kita membandingkannya dengan tanker seperti Farkas. Dia juga cuma menggunakan mantra level Apprentice, padahahal statistiknya tinggi, tapi dia masih pendamping yang kuat dan karakter yang hebat.

5. Aela the Huntress

aela skyrim

Aela the Huntress adalah pemanah yang dapat ditemukan di Jorrvaskr, rumah para Companion. Seperti kebanyakan Companion, kita dapat memintanya untuk mengikuti kita kapan saja, asalkan kita telah menyelesaikan misi kelompok ini terlebih dahulu.

Aela adalah pemanah yang brilian, tetapi dia memiliki sinergi yang lebih baik dengan beberapa tipe pemain daripada yang lain. Jika kita seorang petarung garis depan, dia akan dengan senang hati menghujani musuh dengan panah dari garis belakang.

Namun, jika kita seorang penyihir yang suka menjaga jarak, atau pemanah, Aela bisa juga diandalkan jadi ahli pedang satu tangan.

6. Cicero

cicero skyrim

Cicero adalah salah satu teman jalan terbaik yang bisa kita dapatkan di Skyrim karena banyak alasan. Dia adalah seorang assasins dengan statistik yang sangat tinggi, dan dia memiliki salah satu kepribadian yang berkembang paling baik di seluruh permainan.

Dia mungkin tak cocok untuk semua orang, karena dia secara teknis mengkhianati Dark Brotherhood, tetapi jika kita membiarkan masa lalu, dia adalah pengikut yang layak. Untuk mendapatkan Cicero, kita harus menyelesaikan misi Dark Brotherhood dan menyelamatkannya di Dawnstar Sanctuary.

7. Barbas

barbas skyrim

Pada pandangan pertama, Barbas memang terlihat seperti anjing yang lucu, dan memang begitu!

Tapi dia juga merupakan bagian terpisah dari Pangeran Clavicus Vile Daerdric. Dia dapat ditemui di dekat Falkreath di jalan, ketika pemain dapat berinteraksi dengannya dan memulai quest Daedric.

Barbas kemudian akan mulai menemani pemain dan akan melakukannya di semua petualangan sampai tahap tertentu dalam quest Daedric. Meski tidak segera melanjutkan misi ini, kita dapat membawa Barbas bersama kita dengan follower utama.

Anjing Daedric ini sangat hebat karena dia tidak bisa dibunuh dan memberikan damage yang sangat besar.

8. Serana

serana skyrim

Jika kita mendapat ekspansi Dawnguard, kita bisa meminta vampire bernama Serana untuk mengikuti kita.

Dia sangat kuat, melepaskan sihir yang menghancurkan untuk mengalahkan musuh-musuhnya dan memiliki salah satu karakter terbaik di seluruh Skyrim.

Yang menarik, jika kita mengolah barang di pandai besi atau barter dengan pedagang, Serana akan memasuki mode animasi agar dirinya kelihatan tampak sibuk.

Dia bahkan ikut bermeditasi dengan para Greybeard jika kita sedang ada di High Hrothgar.

Mungkin salah satu kekurangannya adalah karena Serana tidak bisa dinikahi, yang bikin banyak pemain Skyrim patah hati.

9. Armored Troll

Armored Troll skyrim

Biasanya, menghadapi troll itu pekerjaan menyiksa karena regenerasi kesehatan mereka yang hebat. Tetapi sekarang kita dapat menjadikan mereka sebagai pendamping, yang diperkuat dengan baju besi di atas kulit mereka yang sudah tangguh.

Dalam DLC Dawnguard kita dapat menyewa troll lapis baja, atau troll es lapis baja, sebagai pengikut dari Fort Dawnguard setelah bagian tertentu dari quest DLC selesai.

Troll ini mungkin tidak mampu melakukan percakapan, menyelinap, atau berinteraksi dengan NPC, tetapi mereka benar-benar dapat menyerang dalam pertempuran.

10. Teldryn Sero

teldryn sero skyrim

Dragonborn DLC juga memiliki beberapa follower baru. Teldryn Sero adalah tentara bayaran yang dapat kita temui di kedai Raven Rock, The Retching Netch.

Teldryn sebenarnya memiliki beberapa baju besi paling unik di dalam game dan bertarung dengan build battlemage agresif tanpa henti, yang mampu mengalahkan musuh yang paling tangguh sekalipun.

Jadi mengajaknya hanya dengan 500 emas adalah keuntungan besar.

*

Apa pun pendamping yang kita pilih, yang paling penting adalah mencari pengikut yang benar-benar ingin kita habiskan waktu bersama.

Farkas dan Vilka memang hebat, tetapi jika kita tidak menyukai kepribadian mereka yang kaku, kita akan melewatkan apa yang dimaksud dengan membawa teman berkeliling Skyrim.

Mungkin itulah sebabnya begitu banyak orang menyukai Cicero, meski dia melakukan pengkhianatan. Selain petarung yang hebat, ia memiliki karakter yang lebih menarik, dan kemungkinan besar dia akan membuat kita tertawa bahkan di dalam dungeon paling gelap.

Seorang rekan NPC ini lebih dari sekedar pengikut; mereka adalah teman.

2 pemikiran pada “10 Follower Terbaik di The Elder Scroll V: Skyrim”

  1. Aku main Skyrim di PS3 levelku sdh lvl.14 sesampai di riften Mjoll tdk memberiku quest Grimsever, bagaimana solusinya?

    Balas
    • Yg paling mudah kalau pas ditanya sama Mjoll soal Thieves Guild, setujuin aja kalau mereka penjahat. Kalau kelewat, coba nyelesaian quest lain dari penduduk Riften, tapi jangan yg dari Thieves Guild pastinya.

      Balas

Tinggalkan komentar