4 Software Geoteknik Gratis untuk Windows Terbaik 2024

Sedang mencari software geoteknik gratis terbaik untuk Windows?

Bidang geoteknik adalah bagian dari teknik sipil yang berkaitan dengan perilaku material bumi seperti tanah, batuan, dan sebagainya.

Ini digunakan dalam berbagai jenis konstruksi di atas tanah dan bawah tanah untuk memperkirakan perilaku lingkungan dan material bumi di atas suatu struktur.

Untuk memperkirakan dan mengukur berbagai aspek material bumi pada struktur atau perilaku berbagai jenis struktur itu sendiri, kamu memerlukan perangkat lunak geoteknik gratis ini.

Software Geoteknik Gratis Terbaik di Windows

Dengan menggunakan software geoteknik ini, kamu dapat melakukan berbagai jenis analisis pada material dan struktur untuk menemukan solusi yang lebih baik.

Di sebagian besar perangkat lunak, kamu dapat menggambar struktur secara manual, memilih bahan yang berbeda, mengatur properti bahan, dan sebagainya, dan kemudian melakukan analisis.

Di beberapa perangkat lunak, kamu juga dapat mengimpor desain pra-bangun dan dengan cepat melakukan tugas-tugas seperti analisis, pra-pemrosesan, pasca-pemrosesan, dll. Untuk menggambar desain struktur secara manual, software geoteknik ini menawarkan alat seperti balok, kabel, strip, permukaan tanah, dan sebagainya.

Selain analisis, kamu juga dapat melakukan berbagai perhitungan geoteknik melalui perangkat lunak ini. Dalam menanggapi analisis dan perhitungan, perangkat lunak ini memberikan grafik dan nilai keluaran.

Dalam grafik yang dihasilkan, kamu dapat melihat kekuatan dukung struktur, intensitas gaya yang berbeda di atas struktur, dan hasil penting lainnya. Perangkat lunak ini juga memungkinkan kamu menyimpan output dalam format XLS, PDF, CSV, dan lainnya.

Semua perangkat lunak ini dikembangkan untuk para profesional, oleh karena itu pengoperasiannya tidak sesederhana itu terutama untuk pengguna pemula.

Nah, berikut rekomendasi software geoteknik gratis terbaik dari List of Freeware:

1. ADONIS

ADONIS adalah software geoteknik terbaik karena dapat digunakan untuk melakukan analisis linier dan non-linier. Plus, ia menawarkan banyak metode analisis dan memberikan hasil tabel dan grafik. Antarmuka penggunanya juga cukup bersih dan sederhana yang juga banyak membantu.

Kamu juga dapat melihat daftar perangkat lunak Desain Jembatan, Perhitungan Struktural, dan Rekayasa Struktural gratis terbaik untuk Windows.

ADONIS adalah software geoteknik gratis untuk Windows. Ini adalah perangkat lunak geoteknik yang kuat untuk geoengineer yang menggunakannya untuk melakukan analisis linier dan non-linear dari masalah geoteknik.

Hal yang baik tentang perangkat lunak ini adalah ia hadir dengan antarmuka grafis penuh yang memungkinkan pemrosesan model sebelum dan sesudah model interaktif. Untuk melakukan analisis, kamu dapat secara manual menghasilkan model sederhana di dalamnya.

Untuk membuat model yang kompleks, ia menyediakan generator mesh yang memungkinkan kamu membuat mesh hingga yang kompleks. Untuk lebih memahami model yang dirancang, kamu dapat menggunakan hasil visual pasca pemrosesan dalam bentuk plot kontur dan deformasi.

Ini adalah salah satu software geoteknik paling sederhana namun kuat yang memungkinkan kamu membuat model struktural dan menganalisis berbagai karakteristik geoteknik.

Fitur ADONIS

  • Command Panel: Ini adalah panel utama perangkat lunak ini karena berisi semua alat yang diperlukan di mana kamu dapat menggambar struktur, melakukan pra-pemrosesan, melakukan pasca-pemrosesan, dan operasi penting lainnya. Beberapa alat penting dari perangkat lunak ini adalah Geometri (untuk membuat desain geometris), Assign Material (untuk menetapkan material yang berbeda ke bagian model yang berbeda), Kondisi Awal (untuk menambahkan tegangan, kecepatan, gaya, dan kondisi awal lainnya ke model kamu), Hitung (ini memungkinkan kamu menghitung elastis, langkah, fos, dll.), Dan banyak lagi.
  • Structure Type: Dengan menggunakannya, kamu dapat dengan cepat menambahkan balok, kabel, strip, dll., ke model kamu.
  • Mesh: Ini memungkinkan kamu menambahkan mesh segitiga 3-simpul atau 6-simpul ke model kamu.
  • Script: Ini memungkinkan kamu untuk memasukkan skrip kamu sendiri sehingga kamu dapat menghasilkan solusi kamu sendiri sesuai dengan model kamu.
  • Export Image: Dengan menggunakan fitur ini, kamu dapat mengekspor desain model pra-proses dan pasca-proses dalam PNG, JPG, BMP, dan format gambar lainnya.

2. PSlope

PSlope adalah software geoteknik gratis lainnya untuk Windows. Seperti namanya, ini terutama digunakan untuk menganalisis dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan lereng.

Dalam perangkat lunak ini, kamu dapat membuat desain lereng secara manual atau mengimpor desain lereng dalam format file DXF. Untuk menggambar struktur atau desain lereng, perangkat lunak ini menawarkan berbagai alat menggambar.

Selain mendesain lereng, kamu juga dapat menentukan jenis material (tanah, batu, dll.) yang ada di lereng, menentukan sifat internal material, dan melakukan beberapa perhitungan geoteknik.

Setelah melakukan analisis dan perhitungan, kamu dapat menyimpan semua hasil dalam file DOC.

Perangkat lunak geoteknik ini hanya dapat digunakan untuk menganalisis dan memecahkan masalah terkait lereng.

Ini adalah software geoteknik lain yang sangat bagus jika kamu perlu menganalisis dan menemukan solusi untuk struktur berbasis kemiringan.

Fitur PSlope:

  • Draw: Merupakan menu yang menyediakan semua peralatan pembuatan kemiringan dan struktur yang diperlukan seperti permukaan tanah, lapisan tanah, beban garis, lapisan freatik, kisi tambah, garis singgung, dll.
  • Utilities: Dengan menggunakannya, kamu dapat dengan mudah memindahkan berbagai elemen struktur kemiringan, menggambar sumbu, menggambar dimensi, dan menambahkan teks ke model kamu.Perhitungan: Ini memungkinkan kamu untuk melakukan berbagai perhitungan kemiringan geoteknik menggunakan metode seperti menghitung dengan satu titik, menghitung dengan lingkaran, menghitung dengan garis singgung, dan menghitung dengan garis blok.
  • General: Merupakan menu yang menyediakan dua alat penting yaitu Calculation Parameter dan Soil Material. Alat parameter perhitungan memungkinkan kamu memilih metode analisis yang berbeda dan memungkinkan kamu menentukan parameter material seperti kohesi, sudut gesekan, koefisien seismik, dll. Alat Bahan Tanah memungkinkan kamu mengatur data lapisan tanah seperti warna tanah, berat satuan curah, gamma saturasi, dan sebagainya.

Baca juga: 10 Aplikasi Inclinometer Digital Terbaik

3. SO-Foundation

SO-Foundation adalah software geoteknik gratis lainnya untuk Windows. Perangkat lunak geoteknik ini terutama digunakan untuk menghitung daya dukung kolom dangkal.

Ini juga merupakan perangkat lunak yang cukup bagus untuk memperkirakan tegangan kegagalan kolom sehingga kamu dapat membuat desain kolom yang benar sesuai dengan persyaratan struktur. Untuk menghitung keruntuhan geser kolom atau pondasi tersedia berbagai metode yaitu Eurocode, Hansen, Meyerhof, Vesic, dan Terzaghi.

Untuk membantu kamu melakukan berbagai tes dan memahami arti dari hasil yang diperoleh, perangkat lunak ini menyediakan dua manual praktis yaitu manual Ilmiah dan manual Verifikasi pada antarmukanya.

Dalam versi demo perangkat lunak ini, kamu akan menghadapi beberapa batasan seperti rentang satuan metrik terbatas, tkamu air pada grafik keluaran, ekspor yang dinonaktifkan ke opsi Excel, dll.

Ini adalah software geoteknik gratis dan kuat lainnya yang dapat kamu gunakan untuk mengetahui daya dukung dan kegagalan geser kolom.

Fitur SO-Foundation

  • Layers: Di bagian ini, kamu perlu menentukan semua nilai dan parameter yang diperlukan terkait dengan kolom atau pondasi seperti Ketebalan, Batas, , , Kekakuan, Tekanan, dan banyak lagi.
  • Pressure Isobar: Menurut parameter kolom, fitur ini menghasilkan representasi visual tekanan di berbagai bagian kolom dan sekitarnya.
  • Bearing capacity: Ini menghasilkan beberapa grafik yang menunjukkan daya dukung berdasarkan algoritma yang berbeda seperti Eurocode, Hansen, Vesic, dll.
  • Export: Setelah menghitung kegagalan geser, daya dukung, dan parameter geoteknik lainnya, kamu dapat menggunakan fitur ini untuk mengekspor hasilnya dalam format PDF.

4. CRISP2D

CRISP2D adalah software geoteknik gratis untuk Windows. Perangkat lunak ini juga dikenal sebagai Program Mekanika Tanah Keadaan Kritis.

Ini menyediakan program analisis elemen hingga bersama dengan dua jendela pra-pemrosesan dan pasca-pemrosesan terpisah untuk melakukan berbagai jenis analisis geoteknik.

Utilitas spreadsheet yang praktis juga disediakan olehnya untuk menyimpan, mengekspor, dan mencetak hasil.

Hal yang baik tentang software ini adalah dapat digunakan dalam berbagai jenis masalah geoteknik seperti analisis pondasi, pemakuan tanah, perkuatan geotekstil, stabilitas lereng, stabilitas lubang bor, dan sebagainya.

Dalam versi gratis/edukasi dari perangkat lunak ini, kamu hanya dapat menggunakan 150 elemen dan 200 node untuk melakukan analisis.

Ini adalah software geoteknik komprehensif yang dapat digunakan untuk menganalisis dan memecahkan masalah geoteknik dari berbagai jenis.

Fitur CRISP2D

  • Pre-Processing: Di dalamnya, kamu dapat membuat struktur dasar secara manual, menentukan semua properti dari semua elemen yang digunakan dalam struktur, membuat profil mesh dari struktur kamu, dan menentukan berbagai kondisi uji tegangan. Pada dasarnya, ini menyediakan semua elemen yang diperlukan di mana kamu dapat dengan cepat membuat dan menganalisis struktur.
  • Post-Processing: Di dalamnya, kamu dapat menggunakan beberapa teknik analisis lanjutan seperti Drained, Undrained, Fully-Coupled, dll. Plus, alat visualisasi global untuk memberikan output berupa plot Kontur dan plot Deformasi juga tersedia di dalamnya. Alat penting lainnya seperti seperangkat alat grafik yang komprehensif, plot mesh yang dipindahkan, plot status hasil, plot tegangan dan regangan utama, legenda otomatis untuk semua plot, dan banyak lagi juga ada di dalamnya.
  • Graphing Module: Di dalamnya, kamu mendapatkan dua metode pembuatan grafik yang berbeda. Metode pertama memungkinkan kamu memplot grafik menggunakan satu set titik pengambilan sampel untuk mengetahui variasi spasial di seluruh mesh. Metode kedua memungkinkan kamu memplot grafik menggunakan titik pengambilan sampel individual untuk melacak perubahan yang terjadi pada variabel tertentu selama berbagai tahap analisis.

Setelah melakukan analisis dan menemukan solusi yang tepat untuk masalah geoteknik, kamu dapat menggunakan fitur Printing and Report Generator untuk mencetak dan menyimpan semua nilai input, hasil output, grafik, dll., dalam PDF, XLS, dan dalam format grafik yang berbeda.

Nah itu tadi beragam rekomendasi software geoteknik terbaik untuk Windows yang bisa didapat secara gratis.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *