12 SSH Client Terbaik untuk Windows

SSH client adalah aplikasi yang digunakan agar bisa terhubung ke komputer jarak jauh. Aplikasi harus menggunakan protokol shell yang aman, untuk menyediakan fungsionalitas ini.

SSH adalah singkatan dari Secure Shell yang merupakan protokol jaringan kriptografi, yang dibuat untuk menggantikan Telnet. Sistem operasi Windows tidak menyediakan SSH client, namun tersedia di Windows 10 sebagai fitur opsional.

SSH Client digunakan untuk menciptakan login yang aman, mentransfer file dengan aman, dan untuk mengakses headless system. Headless system ini dapat berupa komputer single-board, box TV jenis apa pun, atau sistem yang tidak mendukung terminal lokal seperti media untuk memasukkan perintah dan melihat hasil.

Koneksi VPN akan melakukan enkripsi antara komputer kamu dan jaringan tujuan. Sementara koneksi SSH memiliki kapasitas untuk mengenkripsi transfer data antara semua perangkat yang berada di jaringan yang sama.

Saat memilih SSH client, kamu harus mempertimbangkan fitur, kemudahan penggunaan, kemudahan instalasi, dukungan serta dokumentasi yang tersedia, harga, dan sebagainya.

Nah, berikut rekomendasi SSH client dilansir dari Software Testing Help:

1. KiTTY

KiTTY adalah SSH client yang didasarkan pada versi 0,71 Putty. Ini menyediakan fitur kata sandi otomatis yang akan membantu kamu dengan koneksi otomatis ke server telnet, ssh-1, dan ssh-2. Dalam hal ini, nilai kata sandi akan dienkripsi.

KiTTY memiliki kapasitas untuk menangani urutan port knocking. kamu dapat mengintegrasikan KiTTY ke Internet Explorer atau web browser lain seperti Firefox.

Fitur:

  • KiTTY menyediakan fitur Filter Sesi, Portabilitas, dan Kata sandi otomatis.
  • Ini memiliki fitur ‘kirim ke baki’ dan ikon untuk setiap sesi.
  • Ini akan memungkinkan kamu untuk menjalankan skrip yang disimpan secara lokal pada sesi jarak jauh.
  • Sesi duplikat dapat dimulai dengan cepat.
  • Itu dapat diintegrasikan dengan pscp.exe dan WinSCP.

KiTTY dikembangkan dengan menyalin dan mengubah kode sumber Putty. Ini akan memungkinkan kamu untuk masuk secara otomatis dengan membuat skrip. kamu akan dapat menjalankan perintah pada baris perintah komputer jarak jauh.

Ini menyediakan sistem obrolan, editor teks, dan akan memungkinkan penggunaan pintasan untuk perintah yang telah ditentukan sebelumnya.

2. Solar Putty, SuperPuTTY, Baki Putty, ExtraPuTTY

Solar-PuTTY akan membantu kamu dalam mengelola sesi jarak jauh dari satu konsol dengan antarmuka tab. Ini adalah alat yang sepenuhnya gratis. kamu akan dapat mengotomatiskan semua skrip setelah membuat koneksi. Itu tidak perlu diinstal.

Fitur:

  • Solar-PuTTY menyediakan antarmuka tab, sehingga akan lebih mudah untuk mengelola beberapa sesi dari satu konsol.
  • Dengan bantuan Integrasi Pencarian Windows, sesi yang disimpan dapat ditemukan dengan mudah.
  • kamu dapat mengotomatiskan semua skrip setelah membuat koneksi.
  • Ini akan memungkinkan kamu untuk menyimpan kredensial atau kunci pribadi ke sesi apa pun.

SuperPuTTY, PuTTY Tray, dan ExtraPuTTY juga merupakan garpu Putty. SuperPuTTY adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu manajemen Tab untuk SSH Client Putty. Ini menyediakan GUI.

PuTTY Tray adalah untuk meminimalkan ke System tray, URL hyperlink, Transparansi jendela, sesi Portable, dll ExtraPuTTY menyediakan beberapa fitur seperti Status Bar, frontend DLL, Timestamp, dll.

3. MobaXterm

MobaXterm adalah aplikasi portabel dan ringan yaitu kamu dapat memulai dari stik USB. Dalam satu file .exe portabel, kamu akan mendapatkan alat jaringan jarak jauh seperti SSH, X11, RDP, dll. dan perintah UNIX seperti bash dan ls ke desktop Windows. MobaXterm menyediakan editor teks.

Edisi Home MobaXterm gratis. Untuk fitur lanjutan atau untuk menggunakan MobaXterm secara profesional, kamu dapat berlangganan edisi Professional. Edisi profesional akan dikenakan biaya $69 per pengguna.

Fitur:

  • MobaXterm memiliki server X tertanam, penerusan X11, dan terminal tab dengan SSH.
  • Ini telah membawa perintah UNIX ke Windows.
  • Ini adalah platform yang dapat diperpanjang melalui plugin.
  • Ini memberikan keamanan jaringan untuk aplikasi grafis dan transfer file melalui enkripsi menggunakan koneksi SSH yang aman.

MobaXterm dapat diperpanjang melalui plugin. Ini memiliki fungsi untuk Pemrogram, Webmaster, administrator TI, atau siapa saja yang perlu mengelola sistem dari jarak jauh. Ini mendukung berbagai protokol seperti SSH, X11, RDP, VNC, dll.

4. WinSCP

WinSCP digunakan untuk transfer file. Ini menyediakan fungsionalitas manajer file dasar. Ini memiliki kemampuan skrip. Klien SFTP dan klien FTP ini menyediakan fungsionalitas untuk menyalin file antara komputer lokal dan server jarak jauh. Itu menggunakan protokol transfer file FTP, FTPS, SCP, SFTP, WebDAV atau S3.

Fitur:

  • WinSCP menyediakan Antarmuka Pengguna Grafis dan Editor Teks Terintegrasi.
  • Ini akan memungkinkan semua operasi umum dengan file.
  • Ini menyediakan lebih banyak fitur seperti Scripting & Task automation, Workspaces, Background transfers, dll.

Sebagai keuntungan tambahan, WinSCP menyediakan skrip dan fungsionalitas manajer file dasar.

5. SmartTTY

SmartTTY adalah untuk platform Windows. Ini menyediakan sistem transfer file SCP yang aman. Ini adalah SSH client multi-tab. Ini memiliki fungsi untuk menyalin file dan direktori dengan SCP on-the-fly dan untuk mengedit file di tempat.

Fitur:

  • Versi terbaru dari SmarTTY menyediakan fitur pelengkapan otomatis, GUI manajemen paket, dll.
  • Ini memungkinkan banyak tab dengan satu sesi SSH.
  • Ini menyediakan Mode Terminal Cerdas dengan fitur penyelesaian otomatis untuk file, folder, & perintah terbaru dan panel navigasi file yang mudah.
  • Ini memiliki terminal hex built-in untuk port COM.
  • Ini akan menampilkan direktori komputer di sesi saat ini melalui panel indeks. Dengan bantuan penjelajah direktori ini, kamu akan dapat menggunakan penyimpanan file.

SmarTTY berbeda dalam desain jika dibandingkan dengan alternatif Putty lainnya. Ini akan memungkinkan kamu untuk mengunduh dan mengunggah satu file dengan protokol SCP. Dengan SCP rekursif, kamu dapat mentransfer seluruh direktori.

6. SSH Client Bitvise

SSH Client dan SFTP untuk Windows ini mudah digunakan dan diinstal. Dengan Bitvise SSH Client, kamu akan mendapatkan satu klik Remote Desktop tunneling dan transfer file SFTP Grafis.

Fitur:

  • Bitvise SSH Client memiliki kemampuan menghubungkan kembali secara otomatis.
  • Dengan memanfaatkan proxy terintegrasi, klien Bitvise SSH memungkinkan penerusan port dinamis.
  • Ini menciptakan jembatan FTP-ke-SFTP.
  • Ini memberikan keamanan melalui algoritme pertukaran Kunci, algoritme Tkamu Tangan, algoritme Enkripsi, perlindungan integritas data, otentikasi Server, dan otentikasi Klien.

Bitvise SSH Client adalah solusi tangguh yang menyediakan semua fitur Putty ditambah beberapa fitur tambahan. Ini dapat digunakan pada semua versi OS Windows yaitu dari Windows XP SP3 ke Windows Server 2003.

7. Terminal

Terminal akan membantu pengembang dan administrator sistem dengan sering masuk ke server Linux dari Komputer Windows. Mendukung koneksi Telnet, SSH, RDP, VNC, RAS. Ini memiliki antarmuka multi-tab.

Ini akan memungkinkan kamu untuk menyimpan id login dan kata sandi dari server jarak jauh dan dengan demikian kamu akan dapat terhubung ke server dengan satu klik.

Fitur:

  • Terminal akan memungkinkan kamu untuk membuka terminal dalam layar penuh serta beralih di antara mode layar penuh.
  • Ini menyediakan fasilitas untuk menangkap tangkapan layar.
  • Ini mendukung berbagai protokol dan itu adalah RDP, VNC, VMRC, SSH, Telnet, dll.
  • Itu dapat membuka kembali koneksi yang disimpan pada restart terminal.
  • Ini akan memungkinkan kamu untuk membuka aplikasi khusus dari jendela Terminal.

Dengan Terminal, kamu akan dapat membuat grup server dan membuka koneksi ke semua server dalam satu klik. Beberapa kredensial pengguna dapat disimpan untuk server yang sama.

8. Ekstensi Chrome SSH

Browser Google Chrome menyediakan ekstensi SSH yang akan berfungsi sebagai SSH client. Versi beta menyediakan kemampuan protokol SSH dasar.

Fitur:

  • Tidak akan ada kebutuhan untuk proxy eksternal.
  • Ini akan menggunakan klien asli untuk terhubung langsung ke server SSH.
  • Ini termasuk klien baris perintah SFTP alfa.

Chrome menyediakan SSH client yang berdiri sendiri. Untuk Chrome OS, ini akan bertindak sebagai aplikasi dan untuk platform lain, ini akan berfungsi sebagai versi ekstensi.

9. mRemoteNG

mRemoteNG adalah versi mRemote dengan fitur tambahan dan bug yang diperbaiki. Ini adalah aplikasi yang dibuat dengan menggabungkan beberapa protokol.

Aplikasi open source ini adalah manajer koneksi jarak jauh dengan tab.

Fitur:

  • mRemoteNG memiliki antarmuka tab yang kuat untuk melihat semua koneksi jarak jauh.
  • Manajer koneksi jarak jauh multi-protokol ini adalah alat sumber terbuka.
  • mRemoteNG mendukung berbagai protokol seperti RDP, VNC, ICS, SSH, Telnet, HTTP/HTTPS, login, dan Raw Socket Connections.

mRemoteNG mendukung berbagai protokol seperti RDP, VNC, ICA, SSH, Telnet, HTTP/HTTPS, rlogin, dan Raw Socket Connections. Jika preferensi kamu adalah open source maka solusi ini harus dicoba.

10. ZOC

ZOC adalah SSH Client dan Terminal Emulator untuk Windows dan Mac OS. Tool berbasis SSH terbuka ini menyediakan fitur Key Exchange, Authentication, Encryption, Static Port, Dynamic Port, SSH Connection via Proxy, SSH Agent Forwarding, dan X11 Forwarding.

ZOC tersedia dalam empat opsi lisensi untuk terminal ZOC yaitu Lisensi untuk ZOC7 ($79,99), Tingkatkan ke ZOC7 dari versi sebelumnya ($29,99), Lisensi Situs ($11998,50), dan 500 atau lebih pengguna (Dapatkan penawaran). kamu dapat memeriksa harga untuk produk lainnya seperti MacroPhone, PyroBatchFTP, dan Mailbell.

Fitur:

  • ZOC menyediakan fitur generator kunci SSH sisi klien, transfer file SCP, dan SSH Keep-Alive.
  • Ini akan memungkinkan Agen SSH dan agen Putty meneruskan antara klien dan server.
  • Enkripsi terbaru seperti ED25519 SHA256, SHA2, atau AES-256ctr didukung.
  • Ini menyediakan fitur seperti kunci publik SSH, Keyboard-interaktif atau otentikasi kata sandi, penerusan port dinamis Andy.
  • Ini mendukung sesi tab dengan thumbnail.

ZOC adalah alat yang andal dan elegan dengan fitur canggih dan daftar emulasi yang luar biasa. Ini akan membantu kamu untuk terhubung ke host dan mainframe melalui Secure shell, Telnet, kabel Serial, dll.

11. FileZilla

FileZilla menyediakan solusi FTP gratis yang berguna untuk transfer file.

FileZilla Client mendukung FTP dan FTP melalui TLS & SFTP. FileZilla Pro hadir dengan dukungan protokol tambahan untuk WebDAV, Amazon S3, Backblaze B2, Dropbox, Google Cloud Storage, dll.

SSH client ini memiliki Antarmuka Pengguna Grafis. Hal ini memungkinkan melanjutkan dan mentransfer file besar.

Fitur:

  • FileZilla menyediakan fitur seperti dukungan drag and drop dan antarmuka pengguna tab.
  • Batas kecepatan transfer dapat dikonfigurasi.
  • Ini memungkinkan pengeditan file jarak jauh.
  • Kamu akan mendapatkan wizard konfigurasi jaringan.
  • Ini menyediakan lebih banyak fitur seperti wizard konfigurasi jaringan, penjelajahan direktori yang disinkronkan, dan pencarian file jarak jauh.

Cross-platform yang cepat dan andal ini mudah digunakan dan tersedia dalam banyak bahasa.

12. XShell

Xshell 6 adalah klien SSH yang kuat. Ini akan memungkinkan kamu untuk membuka windows CMD langsung di dalam XShell seperti tabnya sendiri. XShell menyediakan antarmuka tab. Antarmuka Tab akan mengatur beberapa sesi yang perlu dilihat dan dipantau secara bersamaan.

Dengan bantuan Session Manager Xshell, kamu dapat membuat, mengedit, dan meluncurkan beberapa sesi secara bersamaan.

Xshell memiliki tiga paket harga yaitu Xshell 6 ($99), Xshell 6 plus ($119), dan XManager Power Suite ($349).

Fitur:

  • Xshell menyediakan kustomisasi mendalam dengan memungkinkan kamu mengatur pemetaan kunci dan perintah cepat untuk pengoptimalan efisiensi.
  • Ini menyediakan Compose Pane untuk menyusun beberapa baris string sebelum dikirim ke terminal.
  • Fitur set Sorotan tidak akan membiarkan kamu melewatkan apa pun. kamu dapat menyorot kata kunci atau ekspresi reguler.
  • Ini memberikan keamanan yang luas melalui algoritma enkripsi ujung ke ujung dan beberapa metode otentikasi.

Nah itu tadi beragam SSH Client terbaik untuk Windows yang bisa kamu coba.

Agar tak ketinggalan tulisan seputar teknologi dan beragam informasi menarik lainnya, bisa ikuti di Google News.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1765

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *