15 Studio Anime Terbaik di Jepang yang Masih Aktif

Di balik setiap produksi anime tentunya ada studio anime yang menggarapnya, dan beberapa dari studio ini telah menghasilkan anime hits yang dicintai penggemar.

Industri anime di Jepang sangat besar. Serial seperti Dragon Ball Z sekarang menjadi bagian dari budaya pop, dan film anime seperti Spirited Away adalah beberapa film terbesar dan terbaik sepanjang masa.

Nah, berikut saya ulas deretan studio anime terbaik yang masih aktif hingga saat ini.

1. Toei Animation

toei animation studio anime

Jika nama Toei Animation terdengar asing, maka kamu pasti tahu karya populernya, bahkan meski belum pernah menontonnya.

Dragon Ball dan Sailor Moon adalah dua produksi Toei Animation yang kemudian memiliki kesuksesan global yang besar dan menjadi bagian dari struktur budaya pop.

Toei Animation juga berada di balik serial anime One Piece dan film spin-off-nya, yang merupakan salah satu anime dengan durasi terlama sepanjang masa.

anime toei animation

Sejarah Toei Animation berjalan jauh ke belakang, dan ini adalah salah satu studio anime pertama yang pernah ada.

Didirikan pada tahun 1948 dan awalnya disebut Japan Animated Films. Pada tahun 1956 dibeli oleh Perusahaan Toei dan namanya diubah, pertama menjadi Toei Doga di Jepang dan Toei Animation di seluruh dunia. Hingga akhirnya pada tahun 1998 Toei Doga juga dikenal sebagai Toei Animation.

Film animasi pertamanya, Kitty’s Graffiti, dirilis pada tahun 1957 dan serial animasi pertamanya, Wolf Boy Ken, dirilis pada tahun 1963. Sejak itu, Toei Animation telah merilis ratusan anime dan tetap menjadi salah satu nama terbesar dalam animasi Jepang hari ini.

Baca juga: 10 Anime Terbaik dari Toei Animation

2. Madhouse

studio anime madhouse

Didirikan pada tahun 1972, Madhouse adalah salah satu studio anime Jepang yang paling lama beroperasi dan masih aktif hingga sekarang.

Studio ini dimulai oleh empat animator yang sangat berbakat: Osamu Dezaki, Rintaro, Yoshiaki Kawajiri dan Masao Maruyama. Mereka sebelumnya bekerja di Mushi Production Studio milik Osamu Tezuka.

Sejak awal Madhouse memproduksi serial dan film yang luar biasa, dan tren itu berlanjut hingga hari ini. Produksi Madhouse yang terkenal termasuk Death Note, One-Punch Man, Claymore, dan Cardcaptor Sakura.

anime studio madhouse

Madhouse memiliki reputasi untuk membawa sutradara bintang papan atas, dengan satu contoh menonjol adalah Satoshi Kon. Madhouse adalah studio anime yang bertanggung jawab atas keempat film Kon yang sangat terkenal: Perfect Blue, Paprika, Millennium Actress dan Tokyo Godfathers.

Madhouse juga dikenal karena menarik seniman manga terkenal, seperti Clamp dan Naoki Urasawa, dan karena setia mengadaptasi karya mereka ke dalam format anime.

Selain berkolaborasi dengan studio animasi Jepang lainnya, Madhouse juga bekerja sama dengan studio internasional, misalnya bekerja sama dengan Marvel di berbagai serial animasi seperti X-Men dan Wolverine.

Baca juga: 10 Anime Terbaik dari Studio Madhouse

3. Studio Sunrise

studio anime sunrise

Didirikan pada tahun 1972 oleh mantan karyawan Mushi Production, Sunrise telah berkembang menjadi salah satu studio anime terbesar sepanjang masa.

Sunrise sekarang memiliki lebih dari 10 sub-studio terpisah yang semuanya bekerja di berbagai proyek anime.

Studio ini terkenal karena fokusnya pada genre anime mecha, dan telah menghasilkan hit anime mecha besar seperti seri Gundam dan cabang-cabangnya, baik dalam linimasa Universal Century dan judul-judul tersendiri yang semakin meluas.

Meski begitu, studio tidak membatasi dirinya pada mecha, dan telah menghasilkan seri terkenal lainnya, seperti Cowboy Bebop, Outlaw Star, Inuyasha sampai Gintama.

anime studio sunrise

Fakta menarik tentang Sunrise adalah bahwa banyak karyawannya telah memulai studio mereka sendiri. Sebanyak enam mantan karyawan Sunrise yang berbeda telah mengambil jalan ini.

Hal ini tidak boleh dianggap sebagai kegagalan Sunrise, melainkan pertanda bahwa studio anime ini tahu cara menemukan dan mengembangkan beberapa bakat terbaik di anime.

Baca juga: 12 Anime Terbaik dari Studio Sunrise

4. Studio Pierrot

studio anime pierrot

Studio anime Jepang ini didirikan pada tahun 1979, dan seperti banyak studio lainnya, studio ini dimulai oleh mantan karyawan studio animasi lain. Dalam hal ini para staf berasal dari Tatsunoko Production dan Mushi Production.

Studio Pierrot mengambil namanya dari karakter klasik Pierrot, yang berarti ‘badut’ dalam bahasa Jepang, dan berbasis di Mitaka, Tokyo.

anime studio pierrot

Studio ini telah menghasilkan sejumlah besar serial anime populer, termasuk Yu Yu Hakusho, Naruto, Bleach, Black Clover, Tokyo Ghoul dan banyak lagi.

Dua dari serial anime yang diproduksi oleh studio ini yaitu Yu Yu Hakusho dan Saiyuki telah memenangkan Animage Anime Grand Prix Awards, yang selalu merupakan tanda kualitas.

Baca juga: 10 Anime Terbaik dari Studio Pierrot

5. Kyoto Animation

studio anime kyoto animation

Didirikan jauh pada tahun 1981, Kyoto Animation adalah studio animasi lain yang sudah berjalan lama dengan sejarah yang kaya. Didirikan oleh pasangan Yoko dan Hideaki Hatta, dan dinamai Prefektur Kyoto di mana ia berada.

Etos Kyoto berbeda dari studio animasi lainnya. Daripada menggunakan pekerja lepas dalam proses produksi, Kyoto Animation memiliki tim animator bergaji sebagai staf.

Penekanannya ditempatkan pada menghasilkan pekerjaan yang baik daripada memenuhi kuota produksi. Perlu dicatat bahwa menawarkan in-house training dan memberikan keamanan kerja sangat jauh dari norma di dunia anime Jepang.

kyoto animation chara

Pendekatan ini telah membuat Kyoto Animation mengembangkan gaya yang dapat dikenali, dan studio tersebut telah menghasilkan berbagai anime berkualitas tinggi dan populer, termasuk The Melancholy of Haruhi Suzumiya, Clannad, A Silent Voice, Free!, Violet Evergarden dan banyak lagi.

Sayangnya, terjadi insiden kebakaran di studio Kyoto Animation pada tahun 2019 yang mengakibatkan hilangnya nyawa dan sejumlah besar sumber daya. Sejak itu Kyoto Animation telah membangun kembali dirinya, dan sangat mengharukan untuk melihatnya kembali beraksi.

Baca juga: 10 Anime Terbaik dari Kyoto Animation

6. Studio Ghibli

studio ghibli logo

Studio Ghibli adalah nama besar tidak hanya di film anime, tetapi di film pada umumnya. Studio ini memiliki reputasi untuk memproduksi beberapa film paling sukses sepanjang masa, tidak hanya dalam hal film anime, tetapi sinema.

Didirikan pada 1985 dan dipimpin oleh sutradara legendaris Hayao Miyazaki dan Isao Takahata dengan produser Toshio Suzuki, Studio Ghibli berada di belakang delapan dari 15 film anime Jepang terlaris sepanjang masa.

ghibli animation netflix

Studio ini tidak hanya meraih kesuksesan komersial yang mengejutkan, tetapi juga memenangkan banyak penghargaan, termasuk Oscar untuk film Fitur Animasi Terbaik untuk Spirited Away pada tahun 2003.

Ada terlalu banyak judul anime yang luar biasa untuk disebutkan, tetapi beberapa film yang menonjol adalah Princess Mononoke, My Neighbor Totoro, Grave of the Fireflies, dan Howl’s Moving Castle.

Harta karun sejati dari sebuah studio anime. Kombinasi penceritaan yang kuat dan emotif dengan animasi yang indah dan memukau adalah fitur karya Studio Ghibli, dan sering kali menangani tema yang lebih besar dengan cara yang cekatan.

Baca juga: 10 Anime Terbaik dari Studio Ghibli

7. J.C. Staff

Tomoyuki Miyata, mantan direktur Tatsunoko, mendirikan J.C. Staff pada tahun 1986, menjadikannya salah satu studio anime terlama dalam daftar ini. J dan C singkatan dari Japan Creative, dan kreatif adalah kata yang pasti bisa digunakan untuk menggambarkan studio animasi Jepang ini.

Studio ini memiliki reputasi untuk memproduksi beberapa anime yang paling tidak biasa dan off-the-wall, dari Revolutionary Girl Utena sampai Food Wars! Shokugeki no Soma.

anime studio jc staff

Sejak rilis fitur pertama studio pada tahun 1987, telah menghasilkan aliran serial anime dan film, dengan volume yang dapat dianggap produktif. Beberapa yang menarik termasuk Toradora!, Bakuman, The Disastrous Life of Saiki K., dan musim kedua One-Punch Man.

Baca juga: 12 Anime Terbaik dari J.C. Staff

8. Production I.G

Production I.G. didirikan pada tahun 1987 oleh produser Mitsuhisa Ishikawa dan desainer karakter Takayuki Goto, dan namanya diambil dari inisial mereka. Studio ini dikenal tidak hanya karena serial anime dan filmnya, tetapi juga karena karyanya dalam desain video game.

Beberapa judul paling populer yang pernah dikerjakan oleh Production I.G termasuk Kuroko no Basket, Psycho-Pass, dan Haikyuu!!, tetapi anime paling terkenal yang diproduksi oleh studio tidak diragukan lagi adalah Ghost in the Shell.

anime production ig

Serial anime Ghost in the Shell menjadi hit besar, dan film anime 1990-an karya Mamoru Oshii menjadi sensasi internasional yang bahkan mendapatkan versi live action Hollywood.

Studio ini juga telah mendapatkan reputasi sebagai salah satu pelopor CG dalam anime, sesuatu yang telah menjadi lebih dari standar industri sejak merintis jalan.

Fakta Production I.G lainnya adalah bahwa studio memproduksi animasi di Kill Bill Vol. 1.

Baca juga: 10 Anime Terbaik dari Production I.G

9. Studio Bones

Seperti sejumlah studio lain dalam daftar ini, Studio Bones didirikan oleh mantan anggota studio lain. Dalam hal ini, studio sebelumnya adalah Sunrise, dan mantan anggotanya adalah Masahiko Minami, Hiroshi Osaka, dan Toshihiro Kawamoto.

top anime studio bones

Mereka memisahkan diri dan memulai Studio Bones pada tahun 1998, dan sejak itu berada di belakang sejumlah serial anime hit, seperti Fullmetal Alchemist, Eureka Seven, Bungou Stray Dogs, Mob Psycho 100 dan My Hero Academia.

Tidak ada hubungan buruk antara Studio Bones dan Sunrise Inc., dan studio masih terus berkolaborasi satu sama lain seperti dalam Cowboy Bebop: The Movie tahun 2001.

Tragisnya, anggota pendiri Hiroshi Osaka meninggal karena kanker pada tahun 2007 pada usia 44 tahun. Setelah ini, Makoto Watanabe dan Takahiro Komori diangkat menjadi dewan direksi. Studio Bones memiliki reputasi sebagai studio handal yang mampu menangani segala jenis pekerjaan.

Baca juga: 10 Anime Terbaik dari Studio Bones

10. Ufotable

Ufotable didirikan pada tahun 2000 oleh mantan karyawan divisi Film Animasi Telekomunikasi TMS Entertainment. Meski ini adalah studio yang relatif baru, studio ini masih memiliki sejumlah produksi penting, ditambah kesuksesan yang sangat besar, yang akan kita capai.

Studio ini merilis serial anime pertamanya pada tahun 2002, dan sejak itu telah menghasilkan serial anime yang menonjol seperti Kara no Kyoukai dan Fate/Zero.

Dilanjut dengan dua rute Fate/stay night dengan kualitas produksi jempolan. Lalu Ufotable makin menjadi nama besar dengan menggarap serial dan film Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba.

anime top ufotable

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba adalah serial yang sangat sukses, berdasarkan manga asli dan ditulis oleh staf Ufotable. Film Mugen Train, dirilis sebagai sekuel langsung dari seri pertama acara anime. Film itu kemudian menjadi film Jepang terlaris tahun 2020, dan kemudian mengambil titel sebagai film Jepang terlaris sepanjang masa.

Baca juga: 10 Anime Terbaik dari Studio Ufotable

11. A-1 Pictures

A-1 Pictures adalah salah satu studio lain yang dirintis oleh mantan karyawan Sunrise.

Produser Mikihiro Iwata meninggalkan Sunrise pada tahun 2005 untuk mendirikan A-1 Pictures. Studio ini merupakan divisi dari Aniplex, yang merupakan perusahaan produksi anime Sony Music Entertainment Jepang.

Untuk memulainya, studio anime ini memproduksi banyak anime ramah keluarga, tetapi seiring waktu anime ini telah terdiversifikasi ke gaya lain.

Ini adalah sesuatu yang dilakukan banyak studio, mereka fokus pada satu jenis anime untuk membangun citra diri, dan kemudian mereka bercabang ke genre lain untuk menjangkau lebih banyak penggemar anime dan menghasilkan lebih banyak proyek.

anime studio a-1 pictures

Beberapa proyek paling terkenal yang telah diproduksi A-1 Pictures termasuk Fairy Tail, Sword Art Online, Black Butler dan Seven Deadly Sins.

Baca juga: 10 Anime Terbaik dari A-1 Pictures

12. P.A.Works

Kenji Horikawa, pendiri P.A. Works, sebelumnya bekerja di Bee Train, Tatsunoko Production, dan Production I.G sebelum dia keluar dan menjalankan studionya sendiri.

Mulai bekerja pada tahun 2000, dan untuk beberapa tahun pertama P.A. Works berkolaborasi dengan studio lain dalam produksi, dan studio tersebut tidak benar-benar memproduksi serial anime pertamanya sampai tahun 2008. Anime debut ini disebut True Tears, dan sejak itu studio tersebut terus memproduksi serial anime dan film.

Beberapa acara terkenal lainnya yang telah diproduksi oleh P.A. Works termasuk Hanasaku Iroha, Charlotte, The Eccentric Family, dan Angel Beats. Studio ini tidak fokus pada satu genre anime, melainkan bekerja dalam berbagai genre, seperti anime slice-of-life dan supernatural.

13. Studio Trigger

Meski baru berusia lebih dari satu dekade yang lalu, Studio Trigger telah membuat nama untuk dirinya sendiri sebagai studio yang memproduksi anime yang penuh gaya dan nyentrik.

Didirikan pada tahun 2011 oleh mantan karyawan Gainax Hiroyuki Imaishi dan Masahiko Otsuka, Trigger memilih arah dan berlari di sana.

Imaishi telah menunjukkan bakatnya pada produksi Gainax yaitu Gurren Lagann, mendapatkan pujian atas cara dia menggabungkan animasi yang berani dan bersemangat dengan humor visual yang tajam.

Gaya animasi studio ini telah menjadi semacam ikon.

top 5 anime studio trigger

Serial anime pertama Trigger adalah Kill la Kill, dan ini bisa dibilang masih merupakan karya studio yang paling terkenal. Seri hebat lainnya termasuk Little Witch Academia dan Space Patrol Luluco.

Yang terbaru adalah kesuksesan Cyberpunk Edgerunner yang membuat orang-orang memainkan video game aslinya.

Baca juga: 12 Anime Terbaik dari Studio Trigger

14. MAPPA Studio

MAPPA Studio didirikan pada tahun 2011 oleh mantan karyawan Madhouse Masao Maruyama, dan nama tersebut sebenarnya merupakan singkatan dari Maruyama Animation Project Produce Association.

Alasan Maruyama untuk melepaskan diri dan memulai studionya sendiri adalah karena dia ingin melepaskan diri dari jebakan perusahaan yang dia alami di Madhouse, dan sebagai gantinya melakukan proyek di mana dia memiliki lebih banyak kebebasan kreatif.

anime studio mappa

MAPPA Studio menemukan kesuksesan instan dengan anime pertamanya Sakamichi no Apollon, dan sejak saat itu secara konsisten menghasilkan hit besar, termasuk Yuri!! On Ice, Banana Fish, Jujutsu Kaisen dan musim terakhir dari serial populer Attack on Titan.

Dalam nasib yang ironis, kesuksesan studio membuatnya menjadi salah satu studio animasi paling populer, yang berarti bahwa ia mengembangkan jenis tekanan yang sama yang harus dihindari Maruyama saat meninggalkan Madhouse.

Pada tahun 2016, Maruyama memutuskan untuk keluar dari perusahaan dan meninggalkannya di tangan yang lebih muda, sehingga Manabu Otsuka mengambil alih sebagai CEO, dan MAPPA Studio terus berkembang.

Baca juga: 10 Anime Terbaik Studio MAPPA

15. Wit Studio

Studio anak perusahaan Production IG ini adalah pendatang baru di dunia anime Jepang, tetapi telah berhasil membuat dampak besar dalam waktu singkat.

Didirikan pada tahun 2012 oleh Tetsuya Nakatake, Wit Studio mulai bekerja segera setelah serial anime populer pertamanya, sebuah adaptasi anime dari manga Attack on Titan karya Hajime Isayama.

Seri pertama Attack on Titan muncul di layar pada tahun 2013 dan dalam waktu singkat diangkat sebagai salah satu seri anime terbaik sepanjang masa.

Wit Studio melanjutkan untuk memproduksi dua musim Attack on Titan lagi, sebelum pindah ke MAPPA untuk musim finalnya.

top anime wit studio

Proyek penting lainnya termasuk Owari no Seraph, Vinland Saga, Kabaneri of the Iron Fortress, dan The Ancient Magus Bride. Studio ini sangat dihargai karena kemampuannya untuk menciptakan gaya seni yang khas untuk setiap pertunjukan yang sedang dikerjakannya.

Baca juga: 10 Anime Terbaik dari Wit Studio


Nah itu tadi deretan studio anime terbaik yang masih aktif hingga sekarang.

Agar tak ketinggalan tulisan terbaru soal anime dan beragam informasi menarik lainnya, bisa ikuti di Google News.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *