Super Cub: Iklan Honda Bekjul dalam Anime Iyashikei 12 Episode

Menonton anime Super Cub rasanya seperti mandi. Memang sangat keseharian dan sederhana, tapi tak pernah gagal untuk menenangkan kita bahkan ketika kita sedang dalam waktu yang buruk.

Super Cub berkisah tentang Koguma, seorang gadis SMA yang pemalu, pendiam dan kesepian yang tak pernah memiliki apa pun yang bisa dia hargai. Seperti yang dijelaskan Koguma, dia tak memiliki apa-apa: tak ada orang tua, tak ada hobi, tak ada teman, dan tak ada tujuan.

koguma honda super cub

Namun, hidup Koguma sedikit demi sedikit mulai berwarna setelah dirinya membeli Honda Super Cub bekas, ini adalah motor bebek jadul alias bekjul. Koguma akhirnya menemukan sesuatu yang bahkan bisa dia nikmati.

Baca juga: Sejarah dan Evolusi Honda Super Cub

Anime ini menceritakan hari-hari penuh petualangan dalam kehidupan Koguma, menunjukkan betapa dia telah berubah dan akan terus berubah, berkat Honda Super Cub.

Super Cub Sebagai Anime Iyashikei

Super Cub itu layaknya pernapasan yang terkontrol, tidak pernah gelisah dan selalu dalam keadaan tenang. Ini adalah anime yang mudah untuk ditonton, terutama bagi pecinta anime Slice of Life seperti saya.

Super Cub adalah kejutan kecil di musim Semi 2021 ini. Awalnya memang sangat tampak sebagai iklan motor Honda, tapi kemudian berfungsi sebagai iyashikei, atau anime healing yang menenangkan batin kita.

Baca juga: Mengenal Cour dan Season dalam Anime

Super Cub tampak seperti anime sederhana pada pandangan pertama, dan jika kamu menontonnya secara langsung, kemungkinan kamu tak akan mengubah pendapat ini bahkan setelah menontonnya.

Karakter-karakter dalam anime hanya berkeliling di berbagai tempat sambil mengendarai motor kesayangan mereka.

koguma honda super cub

Super Cub juga bisa dikategorikan CGDCT (cute girl doing cute things) atau yang sering diistilahkan moe, tetapi pada kenyataannya, ada jauh lebih banyak yang Super Cub tawarkan.

Narasi Super Cub cukup sederhana, tetapi tema yang mengelilinginya sangat menyeluruh. Super Cub secara konsisten mempertahankan nada serius sepanjang 12 episode, yang melengkapi tema yang ditanganinya. Itu tidak berarti ini adalah anime yang menyedihkan.

Super Cub sangat santai untuk ditonton; sebagian karena suasananya yang apik dan tenang, dan sebagian karena sebagian besar peristiwa yang terjadi di anime secara intrinsik ringan dan mudah diikuti.

anime honda super cub

Super Cub Lebih dari Sekedar Iklan Honda

Super Cub mengikuti alur cerita yang agak mendasar dan sebagian besar bergantung pada karakter untuk memajukan plot, yang menempatkan beberapa batasan yang jelas pada skenario potensial.

Karena kurangnya “inovasi”, beberapa bagian dari pertunjukan bisa terasa agak monoton. Ada area lain ketika penulisannya sangat kurang. Misalnya soal latar belakang Koguma yang tak pernah dieksplorasi meski itu menjadi titik pengantar dari karakternya.

koguma honda super cub

Untungnya, Super Cub menyeimbangkan kesederhanaan ini dan menutupi kekurangannya dengan karakterisasi yang substansial. Karakter anime yang paling menarik sejauh ini adalah Koguma, protagonis dari cerita yang sedikit eksentrik. Jika kita mengabaikan fakta bahwa masa lalunya diselimuti misteri tanpa alasan, dia secara mengejutkan adalah karakter yang sangat menyenangkan.

Ketidakmampuan awal Koguma untuk menemukan motivasi dalam hidupnya adalah sesuatu yang sangat beresonansi dengan saya, jadi melihatnya mendapatkan kepercayaan diri dan menciptakan persahabatan sejati adalah hal yang menggembirakan.

Di satu sisi, Super Cub juga merupakan anime yang sangat menggembirakan. Seluruh anime menyampaikan pesan yang umumnya sehat dan optimis, dan semua karakter utama dengan indah mencerminkan pernyataan itu.

koguma honda super cub

Koguma, Reiko, dan Shii, mereka semua memiliki sesuatu yang mereka cintai dari lubuk hati mereka, dan mereka akan melakukan apa saja untuk melindunginya. Pada awalnya, sesuatu itu hanyalah Super Cub dan sepeda Alex Moulton bagi Shii, tetapi ketika ketiganya tumbuh lebih dekat melalui interaksi, mereka secara bertahap membentuk ikatan yang berharga dan tahan lama yang juga tidak ingin mereka hilangkan.

Pada dasarnya inilah yang membuat Super Cub menjadi pengalaman yang menggembirakan. Melihat Koguma dan yang lainnya dengan sepenuh hati mengejar impian mereka dengan jujur ​​​​membuat saya sangat termotivasi dan bersemangat, sesuatu yang hanya bisa dilakukan oleh sedikit anime.

画像

Super Cub membangkitkan ketenangan melalui arah artistik yang memikat, menggabungkan visual cerah yang lembut, ditambah dengan penggunaan karya klasik melankolis.

Super Cub juga mengambil sedikit pendekatan minimalis dalam hal soundtrack-nya. Ada beberapa adegan yang sengaja dibuat tanpa musik, yang merupakan pilihan cerdas mengingat betapa cocoknya dengan suasana anime yang tenang.

Sebagian besar adegan lainnya cocok dengan iringan piano yang tenang, sebagian besar merupakan komposisi kanon, misal dari Mozart dan De Bussy. Efek suaranya cukup bagus.

koguma honda super cub

Lanskap palet yang didominasi warna pastel adalah desain detail yang konsisten dan animasi yang anggun, terutama soal CGI. Berkilau dengan integritas artistik dan prosa penuh nuansa, Super Cub berdiri di garis depan Iyashikei modern.

Tentu saja, ada unsur semacam ideologi esoteris tentang kegembiraan memiliki Honda Super Cub. Untuk merangkul materialisme dan konsumerisme untuk memperoleh kebahagiaan dan melepaskan diri dari depresi. Karena tujuan awal anime ini memang sebagai iklan Honda.

Terima kasih, Honda dan Studio Kai, yang telah menghadirkan anime musim semi ini. Suatu hari mungkin saya akan membeli Super Cub. Mungkin saja.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

2 Comments

    • Ini anime baru, rilis dari awal 2021 dan baru tamat kemarin.

      Kalau anime yg ada bagian balapan motor lawan pesepeda itu yg saya tau dari Golden Boy, anime jadul. Yg di sana motornya juga jenis racing dan merk Italia, Bimota Tesi 1D.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *